Jangan Lewatkan Alat untuk Permainan Memanah Ini

58
Jangan Lewatkan Alat untuk Permainan Memanah Ini

Anda suka memanah? Tentu saja Anda perlu belajar dan sering berlatih agar lancar dalam menggunakan peralatan memanah yang tidak gampang digunakan. Peralatan memanah menuntut konsentrasi tinggi dan juga menuntut ketepatan yang baik.

Anda tidak akan berhasil tanpa adanya latihan yang dilakukan secara rutin. Pemilihan alat juga sangat penting bahkan perawatannya pun tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang ingin belajar menggunakan peralatan panah, pahami karakter masing-masing alat berikut ini:

  • Busur

Alat pertama yang perlu Anda pahami dan sangat penting adalah busur (bow). Ada empat macam busur yang digunakan dalam olah raga memanah. Empat macam busur tersebut adalah recurve bow, compound bow, longbow, dan terakhir crossbow.

Recurve bow secara historis digunakan oleh penunggang kuda, dan versi modern dari busur digunakan dalam acara Olimpiade. Busur ini diberi nama recurve karena bentuknya yang berbeda: bagian tengah lengkungan anggota badan mengarah ke pemanah, dan ujung kurva anggota badan menjauh dari pemanah.

CS Biovarnish

Konfigurasi ini memberi kekuatan lebih pada busur, dan lebih sedikit kekuatan yang dibutuhkan untuk menggunakan busur. Recurve bow digunakan untuk mengajar panahan, dan pemula sering mulai dengan recurve barebow, yang hanya memiliki string, sandaran panah, anggota badan dan riser untuk membantu menyeimbangkan busur. Komponen seperti pemandangan, tombol tekanan, clickers dan stabilizer ditambahkan ke busur sebagai siswa panahan menjadi lebih terampil.

Compound bow pertama kali diproduksi pada 1960-an dan melibatkan sistem kabel inovatif, pulleys dan cams eksentrik yang membantu pemanah dalam menahan beban imbang berat pada pengundian penuh.

Sistem ini memberikan waktu kepada pemanah untuk membidik busur yang kuat tanpa menyebabkan kelelahan otot yang berlebihan. Namun, diperlukan banyak kekuatan untuk menarik busur. Compound bow kurang dipengaruhi oleh perubahan suhu dan kelembaban dari busur yang terbuat dari bahan alami, yang memberi mereka akurasi, jarak dan kecepatan panah yang lebih baik. Busur compound biasanya tidak digunakan oleh pemula karena kompleksitas inherennya.

Jangan Lewatkan Alat untuk Permainan Memanah IniLongbow pertama kali tercatat digunakan selama pertempuran pada tahun 1298 dan merupakan senjata yang dominan di medan pertempuran hingga pertengahan abad ke-16. Busur dicirikan oleh kesederhanaannya: busur terdiri dari potongan kayu yang panjang dan sedikit melengkung dengan tinggi yang sama dengan pemanah dan tidak memiliki panah atau pemandangan.

Longbows jauh lebih sulit untuk dibidik daripada busur modern lainnya dan tidak memiliki kecepatan yang hampir sama dengan compound bow atau recurve bow. Longbow membutuhkan lebih banyak latihan dan kesabaran untuk menguasai, tetapi banyak pemanah menikmati tantangan belajar untuk menggunakan longbow secara efektif.

Terakhir adalah crossbows yang diyakini berasal di Cina dan umumnya digunakan dalam pertempuran di zaman Yunani-Romawi dan Abad Pertengahan. Dalam penampilannya, busur silang modern cukup mirip dengan senjata api tetapi memiliki busur pendek yang secara horizontal melekat pada moncongnya.

Busur ditarik dengan cara mekanisme engkol; string tersebut kemudian melekat pada mekanisme pemicu dan terkunci di tempatnya sampai pemanah menyala. Siku memiliki jarak tembak pendek dan perlu bobot imbang yang lebih berat untuk tampil pada tingkat yang sama dengan compound bow dan recurve bow. Busur ini sering digunakan untuk memanah sasaran, tetapi disarankan bahwa peraturan tentang busur silang dapat sangat ketat dan bervariasi antar negara bagian.

  • Anak panah

Ada empat jenis panah yang tersedia: Target, Kompetisi, Berburu, tradisional, dan flu-flu.. Jika Anda menggunakan panah target pastikan anak panah memiliki berat yang sama dengan panah berburu Anda atau Anda akan menemukan perbedaan yang signifikan antara menembak sasaran dan berburu.

Panah berburu adalah panah yang sengaja dirancang untuk kecepatan dan dampak. Tanda panah ini akan bervariasi dalam susunan dan berat materialnya tergantung pada efek yang diinginkan pemburu. Panah yang lebih berat dirancang untuk meningkatkan dampak dan memastikan penetrasi, sementara panah yang lebih ringan dipilih untuk peningkatan kecepatan dan efektivitasnya pada rentang yang lebih panjang.

Panah tradisional terbuat dari kayu dengan bulu untuk fletching dan digunakan oleh beberapa pemburu recurve dan longbow yang lebih memilih gaya berburu yang lebih tradisional. Karena tekanan yang ditempatkan pada anak panah, panah tradisional tidak boleh digunakan dengan busur majemuk. Menggunakan panah tradisional dapat memiliki hasil yang berbahaya jika ditembakkan dari busur majemuk.

Jangan Lewatkan Alat untuk Permainan Memanah IniPanah tradisonal juga membutuhkan perawatan yang perlu Anda lakukan. Perawatan anak panah ini melibatkan bahan Beeswax seperti Biopolish beeswax yang diaplikasikan dalam waktu satu minggu sekali. Perawatan ini dilakukan untuk pencegahan kerusakan anak panah kayu dari jamur dan juga rayap.

Panah Flu-Flu adalah panah yang dirancang khusus untuk burung berburu dan hanya terbang jarak pendek. The fletching pada panah menciptakan drag dan membatasi penerbangan panah.

9 Hal yang Perlu Dilakukan dalam Permainan Memanah

Walaupun hanya hobi, Anda tidak dapat menyepelekan permainan memanah. Selain memahami alat, Anda perlu pemanasan dan beberapa hal lain tentang posisi dan rileksnya tubuh Anda ketika menggunakan alat.

Berikut ini 9 hal yang bisa Anda lakukan untuk kelancaran menggunakan alat panahan dalam permainan memanah.

  1. Gunakan naluri Anda. Archer biasanya akan menarik tali busur dengan tangan kanan mereka, tetapi hanya mengambil busur dan melihat apa yang terasa alami. Jika Anda menggunakan tangan kanan untuk menggambar, mata kanan Anda akan menjadi yang Anda buka untuk melihat target, dan sebaliknya untuk yang kiri.
  2. Posisikan diri Anda. Satu kaki harus menjadi salah satu sisi garis pemotretan. Berdiri dengan kaki selebar bahu, berat bahkan pada kedua kaki dan tubuh Anda pada sudut 90 derajat ke target.
  3. Gambarlah panah Anda. Begitu Anda berada di posisinya, Anda dapat menggambar anak panah dari tabung. Tempatkan pada busur dan geser ke belakang untuk ‘nock’ panah – ini adalah tempat Anda memotong bagian belakang panah (nock) ke tali busur. ‘Bulu ayam’, yang akan menjadi warna berbeda dari yang lain, harus mengarah ke kiri.
  4. Posisikan jari Anda pada tali Curl jari telunjuk Anda di sekitar tali di atas panah dan jari tengah dan jari manis di bawahnya. Senar harus beristirahat hanya melewati sambungan jari-jari pertama Anda.
  5. Bersiaplah untuk menembak. Angkat busur Anda dan tarik kembali senar sampai jari telunjuk Anda di bawah dagu Anda dan senarnya menyentuh hidung Anda. Ini disebut titik anchor Anda. Tutup satu mata dan dapatkan penglihatan di haluan Anda untuk berbaris dengan pusat target Anda.
  6. Bernapaslah dengan mudah. Ambil nafas panjang dan kemudian keluarkan setengah dari itu. Bersihkan pikiran Anda dari segala hal kecuali target, dan bersantai. Biarkan talinya jatuh dari jari Anda, daripada membukanya untuk melepaskannya. Biarkan sisa napas Anda keluar dan tahan posisi Anda sampai Anda melihat panah mengenai target.
  7. Jangan Lewatkan Alat untuk Permainan Memanah IniKunci untuk sukses dalam panahan adalah melakukan hal yang sama setiap saat – dari cara Anda berdiri dan seberapa jauh Anda menarik tali ke seberapa jauh Anda mengeluarkan nafas Anda.
  8. Bangun kekuatan Anda. Sangat sulit untuk melatih otot yang Anda butuhkan untuk memanah di gym. Latihan terbaik yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke posisi menembak dengan busur Anda, tarik kembali tali dan tahan selama 30 detik, rileks selama 30 detik dan kemudian ulangi sebanyak yang Anda bisa.
  9. Gerakan terkecil dapat membuat perbedaan besar, terutama saat Anda mengambil gambar jarak jauh. Panah dapat melakukan perjalanan hingga 60m / detik dan target bisa hingga 90m jauhnya. Satu kedutan dan panahnya bahkan tidak akan mengenai papan. Anda mendapatkan poin terbanyak untuk memukul lingkaran emas. Pusat itu disebut x-ring (bukan bullseye). Anda tidak mendapatkan poin tambahan untuk memukulnya, meskipun itu menentukan siapa yang menang dalam situasi tie-break.
CS Biovarnish