Cat Kayu Terbaik yang Mampu Meningkatkan Nilai Jual Furniture Jepara

Furniture Jepara terkenal karena keindahan ukirannya serta warna natural transparan dengan menggunakan cat kayu terbaik.

Benua Asia yeng terdiri dari berbagai negara memiliki furniture dengan gaya sendiri. Akan tetapi tidak jarang juga furniture yang dibuat dengan kombinasi gaya Barat karena berkembang melalui zaman kolonial. Furniture Asia yang berkembang dengan gaya sendiri terdapat pada negara Indonesia, Burma, India, Pakistan, Jepang, China, dan Monggolia. Berkembanganya furniture ukiran di Yogyakarta berpusat pada kota Jepara, Yogyakarta dan Bali. Ketiga kota tersebut masih bertahan sebagai kota pengrajin kayu hingga saat ini.

Kota Jepara terkenal dengan furniture ukiranya. Ukiran dari kota Jepara sendiri sangat unik dan berwarna natural transparan sehingga membutuhkan cat kayu terbaik pada saat finishing. Ukiran pada furniture mulai berkembang dan maju pada masa RA Kartini. Pada masa inilah ekspor furniture dari Jepara ke Belanda mulai dilakukan dan mengalami naik turun yang signifikan. Para pengrajin mebel Jepara selalu memperhatikan kualitas furniture yang dikerjakan dan menguasai pasar lokal maupun internasional.

Asal Usul Furniture Ukiran Jepara

cat-kayu-untuk-furniture-jepara

Sejarah perkembangan furniture ukiran di Jepara berasal dari pemerintahan Ratu Kalinyamat tahun 1521-1546. Ratu Kalinyamat membangun masjid dan juga makam suaminya yakni Sultan Hadlirin. Hingga saat ini Anda bisa melihat masjid Mantingan dan makam Sultan Hadlirin dengan banyak ukiran dari batu putih.

Ukiran tersebut dibuat oleh Sungging seorang dari Campa (Cambodia) yang merupakan keturunan pengukir yang handal. Ratu Kalinyamat memerintahkannya untuk membuat 114 ukiran pada batu putih. Mulai pada zaman inilah masyarakat Jepara mulai belajar kerajinan ukiran dan diaplikasikan pada kayu.

Ketika masa pemerintahan Ratu Kalinyamat berkahir masyarakat Jepara memasuki masa stagnan dimana tidak ada perkembangan yang signifikan pada produk ukiran. Baru muncul RA Kartini yang mukai mengangkat kerajinan ukiran di Jepara. RA Kartini lebih mengedepankan keindahan desain ukir yang diterapkan pada perabotan rumah tangga yakni furniture.

Kartini mengumpulkan banyak pengrajin ukir dan memberikan mereka modal hingga memasarkan furniture ukiran ke Batavia, Semarang dan Belanda. RA Kartini  lalu mendirikan sekolah ukir bernama “Openbare Ambachtschool” pada 1 Juli 1929.

Setelah Kartini mendirikan sekolah, pemerintah Jepara juga mendirikan komunitas ukir yang dijuluki dengan “Jepara’s Houtsnjiwerk En Meublemaker” namun tidak bertahan lama kemudian tutup. Kerajinan Jepara mulai mengalami penurunan kembali dan kemahiran mengukir dilakukan secara turun temurun hingga saat ini.

Para pengrajin Jepara kemudian mencoba memasuki pasar ekspor kembali dan menguasai pasar lokal seperti di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Pengrajin menjaga kualitas mebel menggunakan cat kayu terbaik dengan warna natural transparan sehingga bentuk dari ukiran terlihat menarik, mewah, berharga tinggi dan tidak cepat rusak. Dengan menggunakan cat, warna kayu ukiran tidak mudah luntur baik untuk furniture indoor dan furniture outdoor.

Cat Kayu Terbaik Meningkatkan Kualitas Furniture Jepara

Menurunnya persebaran furniture Jepara dikarenakan pasar ekspor mebel Bali. Kota Jepara merupakan kota yang miskin di daerah Jawa Tengah sehingga untuk memasuki pasar ekspor membutuhkan modal yang besar. Akan tetapi industri mebel Jepara sempat mengalami kejayaan mulai tahun 1992.

Pada tahun 1998 hingga  tahun 2000 mengalami kenaikan hingga 6 kali lipat dari 4 juta dolar Amerika hingga 24 juta dolar Amerika. Kenaikan ini tidak bisa dipertahankan karena hanya menguntungkan pengusaha eksportir dengan menggunakan kayu dari lokal.

Walaupun mengalami naik turun, funiture ukiran Jepara tidak menurunkan kualitas dari funiturenya. Mereka tetap bertahan dengan pasar lokal dan menggunakan cat kayu terbaik dengan warna natural transparan. Cat akan menambah nilai jual dari furniture agar tidak terlihat pucat dan dari tahun ke tahun warna natural selalu diminati oleh masyarakat.

Apakah produk cat kayu terbaik yang sebaiknya digunakan untuk furniture Jepara? Produk yang paling direkomendasikan para pengrajin saat ini adalah Biovarnish. Cat yang merupakan pernis kayu berbahan dasar air ini membuat furniture akan memiliki nilai jual yang tinggi.