Pentingnya Aplikasi Cat Aman untuk Sangkar Burung dengan Cat Orchid

Aplikasi cat aman untuk sangkar burung menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kenyamanan burung peliharaan.  Cat yang aman untuk sangkar burung juga berfungsi untuk merawat kondisi sangkar. Oleh karena itu, penting untuk memilih bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.

Burung merupakan salah satu peliharaan yang sangat digemari sejak dulu. Begitu meningkatnya peminat yang memilih untuk memelihara burung juga menjadikan produsen sangkar burung meningkat. Estetika sangkar burung menjadi minat pertama teruntuk penggemar burung.

Mereka berasumsi bahwa tempat yang indah akan memberikan kenyamanan burung Anda. Selain keindahan, hal yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah keamanan sangkar burung. Bau yang ditimbulkan pada cat untuk sangkar burung memicu ketidaknyamanan burung. Hal tersebut mengakibatkan burung lebih cepat stres, riskan sakit bahkan kemungkinan mati. Jadi sangat penting sekali bagi penggemar burung untuk memperhatikan cat yang digunakan.

Gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based. Cat tersebut cenderung tidak berbau dan tidak beracun sehingga sangat cocok digunakan untuk sangkar burung Anda. Cat yang memiliki bau yang menyengat biasanya menggunakan cat dengan pelarut minyak. Gunakan cat water based sebagai finishing untuk hasil yang maksimal dan aman.

Hal ini akan sangat berbahaya karena kandungan kimianya yang tinggi. Penggunaan cat aman untuk sangkar burung tidak meninggalkan keindahan sangkar burung Anda. Justru cat aman tersebut akan memberikan kenyamanan serta keamanan pada burung Anda.

Pengaruh Cat Yang Aman Untuk Sangkar Burung

Pada sangkar burung dibutuhkan lapisan yang membuat sangkar lebih tahan lama dan memiliki penampilan yang menarik. Bahan ini adalah cat. Cat yang aman untuk sangkar burung dibutuhkan karena hal ini merupakan salah satu cara untuk menjaga burung peliharaan Anda tetap prima.

Jika Anda lebih cermat saat memperhatikan, selama ini sangkar burung yang diciptakan oleh pengrajin menggunakan bahan kimia berbahaya. Bahan kimia yang digunakan adalah merkuri dan timbal yang merupakan logam berat dan juga formalin. Kedua bahan tersebut merupakan beberapa jenis logam berat yang sangat berbahaya jika akan dihirup.

Selain memenuhi kebutuhan cat untuk sangkar burung, ukuran yang tepat juga harus Anda penuhi. Tidak mungkin Anda memelihara begitu banyak burung hanya dalam satu sangkar saja. Jika Anda memelihara burung sebaiknya Anda memelihara satu pasang saja dalam satu sangkar.

Hal ini juga akan memudahkan burung Anda untuk bertelur. Jika satu sangkar diisi lebih dari satu pasang kemungkinan burung Anda saling bertengkar sangat tinggi. Material dari sangkar burung juga harus dipertimbangkan. Anda tidak bisa begitu saja memilih jenis sangkar dari sembarangan material. Ada dua metarial yang biasanya digunakan untuk membuat sangkar yaitu besi dan juga bambu.

Sangkar dari besi sangat cocok untuk hewan pematuk sepeti lovebird atau parkit. Sangkar yang terbuat dari bambu sangat bagus untuk jenis burung seperti burung dara. Cat aman untuk sangkar burung yang Anda pilih haruslah dapat diaplikasikan pada sangkar material besi dan juga material kayu.

Cat yang Aman untuk Sangkar Burung

Burung merupakan spesies yang memiliki peka terhadap bau. Burung juga seringkali mematuk sangkar burung guna mengasah patuknya, maka dari itu gunakan cat yang aman, ramah lingkungan, tidak beracun dan tidak berbau. Salah satu cat yang aman dan ramah lingkungan adalah cat kayu besi Orchid Enamel Paint.

Cat tersebut merupakan cat multipurpose water based acrylic enamel yang aman dan sesuai dengan standar keamanan internasional seperti dari US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. Bukan hanya aman karena bahan baku pembuatannya, tetapi juga resmi karena telah mengantungi sertifikat yang diperlukan.

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Menggunakan cat water based sangat disarankan untuk finishing sangkar burung Anda. Kandungan kimia yang rendah serta tidak beracun sangat cocok digunakan untuk sangkar burung peliharaan Anda. Proses yang paling mudah adalah aplikasi cat Orchid pada sangkar besi. Anda bisa mengaplikasikan cat Orchid pada sangkar burung dengan mudah setelah diencerkan dengan air bersih.

Tak perlu thinner yang membuat Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan, pengenceran dengan air bersih ini membuat biaya finishing lebih murah untuk dilakukan. Hal ini juga membuat proses finishing lebih aman untuk dilakukan karena tidak ada paparan gas berbahaya akibat pengaruh penggunaan thinner yang bercampur dengan formalin.

Anda juga bisa menggunakan kuas maupun alat spray untuk aplikasinya, fleksibilitas ini tentu saja membuat Anda lebih mudah saat melakukan finishing. Cat Orchid Enamel juga lebih cepat untuk dikeringkan karena Anda tidak membutuhkan penjemuran dibawah sinar matahari langsung. Sangat mudah dan fleksibel bukan? Agar Anda bisa lebih mudah mengaplikasikannya, berikut ini panduan aplikasi cat Orchid untuk sangkar burung.

Cara Aplikasi Cat Orchid untuk Sangkar Burung

Mengaplikasikan cat Orchid Enamel pada sangkar burung sangat mudah untuk dilakukan. Untuk mempermudah aplikasinya, Anda bisa mengikuti langkah aplikasinya dibawah ini:

⇒ Langkah Awal atau Persiapan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membuat pola untuk sangkar burung Anda. Setelah Anda membuat pola sangkar burung Anda, langkah selanjutnya adalah memotong kayu atau bambu menjadi bagian-bagian kecil sesuai dengan pola yang telah Anda buat. Amplas potongan-potongan sangkar burung tersebut sampai rata dan bersih.

⇒ Siapkan Cat Orchid untuk Diaplikasikan

Sebelumnya, gunakan air sebagai pelarut cat dengan takaran air 20% dari cat. Kemudian aplikasikan cat solid atau cat kayu besi Orchid Enamel ke media sangkar burung dengan metode kuas atau semprot. Tunggu sampai kering, aplikasikan kembali Orchid Enamel Paint 3 sampai 4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

⇒ Lakukan Aplikasi Cat Orchid pada Sangkar Burung

Proses aplikasi cat pada sangkar besi sangat mudah karena Anda hanya membutuhkan satu kali aplikasi dengan satu produk saja. Lakukan pengenceran cat Orchid dengan perbandingan 2 bahan : 1 air bersih, lalu encerkan dan siap diaplikasikan.

Gunakan kuas ataupun alat spray untuk mengaplikasikannya, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Tunggu kering sekitar 60 menit setelah diaplikasikan, atau jika ingin lebih maksimal bisa tunggu selama 24 jam.

Proses pengeringan yang dilakukan juga tidak perlu membutuhkan penjemuran dibawah sinar matahari langsung. Cukup diangin anginkan saja dan dibiarkan di ruangan dengan ventilasi yang baik. Setelah kering, sangkar burung bisa langsung digunakan.

⇒ Proses Finishing Sangkar Burung dari Kayu

Bagaimana jika Anda menggunakan produk kayu atau lidi untuk membuat sangkar? Tentu saja Anda juga bisa melakukannya.  Jika Anda ingin melakukan finishing sangkar dari kayu maka Anda membutuhkan satu produk lagi yaitu Bioduco Primer Coat. Agar lebih maksimal, proses aplikasi produk ini sebaiknya menggunakan spray system.

cat primer

Proses aplikasi Primer Coat bisa dilakukan sebelum Anda mengaplikasikan cat kayu besi Orchid Enamel Paint. Aplikasi Bioduco Primer Coat diawali dengan proses pencampuran bahan primer dengan air sebanyak dua bahan primer dengan satu bahan air. Aduk hingga rata kemudian spraykan pada seluruh bagian sangkar atau kerangka sangkar yang belum dirakit.

Tunggu hingga kering sekitar 60 menit dengan suhu ruangan tanpa dijemur pada panas matahari. Jika sudah kering maka Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas nomor 400 hingga halus. Langkah terakhir mengaplikasikan cat kayu besi Orchid seperti aplikasi pada material besi di atas.

Mengapa Anda harus menggunakan primer coat sebelum mengaplikasikan cat kayu besi Orchid pada serat alam? alasanya adalah agar warna kayu tertutup dengan benar dan warna dari sangkar kayu akan didapatkan dengan sempurna. Warna kayu tentu tidak akan tertutup sempurna jika Anda hanya menggunakan cat kayu besi Orchid saja. Selain itu adalah sebagai lapisan perantara antara kayu dan juga cat kayu besi Orchid agar lebih menempel dan juga tahan lama.

Aneka Kandang Hewan Lain yang Cocok Difinishing dengan Cat Orchid

Jika Anda memiliki peliharaan lain selain burung, apakah bisa menggunakan cat kayu besi Orchid? Tentu saja bisa. Hewan adalah makhluk yang sangat sensitif terhadap bau terlebih jenis hewan peliharaan kucing dan anjing, mereka memiliki penciuman yang sangat tajam. Karena cat kayu besi Orchid Enamel adalah produk cat water based yang tidak menimbulkan aroma menyengat. Maka Anda bisa menggunakannya untuk kandang hewan peliharaan Anda yang lainnya.

https://www.youtube.com/watch?v=HZ0KZf5YTa0

Anda bahkan bisa membandingkannya dengan kandang yang sering dijual pada pasar hewan. Kebanyakan jenis cat yang digunakan adalah bahan chrome, sehingga hewan peliharaan Anda akan terjebak didalam kandang yang dilapisi oleh cat yang berbahaya. Kandang adalah produk yang tentu saja akan sering terkena air ketika Anda membersihkannya. Ketika kandang ini terkena air maka karat juga aan mudah timbul dimana karat pada kandang heman sangatlah berbahaya.

Coba bayangkan ketika hewan peliharaan Anda baik itu kucing, burung dan juga anjing di dalam kandang yang berkarat. Ketika terkena kulit pada manusia saja akan menimbulkan iritasi maka begitu pula dengan hewan. Ketika paruh burung bersinggungan dengan tralis besi pada kandang maka bisa saja terkena penyakit tetanus yang dibawa oleh karat. begitu pula halnya dengan kucing dan anjing.

Nah jika Anda menggunakan cat kayu besi Orchid maka karat tidak akan mudah timbul karena cat Orchid sudah dilengkapi dengan bahan anti karat. Jadi walaupun Anda sering membersihkan kandang dengan air maka hasilnya karat tidak akan mudah timbul dan mencemarkan berbagai jenis penyakit.

Demikian ulasan singkat penggunaan cat aman untuk sangkar burung Anda. Gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan agar burung peliharaan Anda tidak stress dan tetap terjaga kesehatannya. Semoga Bermanfaat!