You are currently viewing Tips Paling Tepat untuk Finishing Kayu Dengan Produk Cat Cepat Kering

Tips Paling Tepat untuk Finishing Kayu Dengan Produk Cat Cepat Kering

Cat kayu cepat kering selalu menjadi rujukan agar lebih efisien waktu saat produksi. Gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan pada tahap finishing.

cat-kayu-orchid-terbaik

Dalam proses produksi finishing, waktu merupakan faktor yang penting. Kadangkala cepat atau lambatnya pengeringan merupakan sebuah subjektif dari setiap individu namun dalam produksi masal cepat-lambatnya pengeringan memiliki pengaruh terhadap industri manufakturing mebel atau industri yang berkecimpung dalam konstruksi bangunan berbahan kayu. Maka dari itu, kecepatan pengeringan mempengaruhi efisiensi waktu dalam produksi. Bahkan untuk mencapai waktu pengeringan yang cepat, beberapa industri menggunakan lampu LED.

Memilih cat cepat kering membutuhkan perhatian yang lebih cermat. Banyak cat kayu di pasaran menawarkan beragam keunggulan yang menarik. Untuk mengantisipasi dari kesalahan dalam memilih, alngkah baiknya menggunakan cat yang ramah lingkungan dengan berpelarut air.

Mengenal Cat Kayu Cepat Kering Ramah Lingkungan

Di pasaran Anda dapat menemukan beragam varian merk cat untuk dipilih. Namun, sebagian besar cat yang ditawarkan merupakan cat tidak ramah lingkungan atau menggunakan minyak sebagai bahan pelarut minyak. Cat cepat kering berpelarut minyak merupakan cat yang tidak disarankan untuk digunakan karena kandungan kimianya yang berbahaya.

Bahan yang terkandung dalam cat diantaranya timbal dan merkuri. Apabila kedua bahan ini terhiirup melalui gas yang dikeluarkan cat berpelarut minyak dapat mengakibatkna gangguan kesehatan seperti kinerja hati dan sistem syaraf. Tidak hanya itu, apabila telah masuk dan mengendap dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama maka akan mengakibatkan kanker.

Cat berpelarut minyak tidak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh manusia melainkan juga berdampak buruk pada lingkungan. VOC yang menguap ke udara pada cat cepat kering berpelarut minyak sangat lah tinggi, hal tersebut dapat mengakibatkan pencemaran udara.

Berbeda halnya dengan cat berpelarut air, justru cat ini kebalikan dari cat berpelarut minyak. Cat berpelarut air atau dikenal dengan cat water based sangat ramah lingkungan. VOC yang menguap di udara sangat rendah sehingga kemungkinan kecil sekali akan mengganggu kesehatan maupun lingkungan.

Untuk tampilan solid dengan cat kayu cepat kering, disarankan menggunakan cat water based tersebut karena terjamin keamanannya. Salah satu cat water based untun tampilan solid, Anda dapat menggunakan cat Orchid Enamel Paint.

Cat Kayu Besi Orchid Enamel Paint

Sumber : Youtube Bio Paint

Cat Orchid Enamel paint merupakan cat water based ramah lingkungan dengan varian warna dan tampilan akhir doff maupun glossy. Sehingga, dengan cat cepat kering water based ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan finishing. Cat Orchid ini sangat cocok diaplikasikan pada kusen, jendela, pintu maupun pagar berbahan kayu, mdf, tripleks, maupun bambu, serta besi

Anda cukup menggunakan air dengan takaran 20% dari cat Orchid kemudian aplikasikan pada media sebanyak 4 kali atau lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda tidak membutuhkan topcoat sebagai tampilan akhir karena di dalam cat Orchid sudah mengandung topcoat sehingga lebih praktis dan efisien waktu.

Bagi Anda para pemula, perlu juga untuk mengenal apa saja tips dan trik yang harus dipahami ketika menggunakan cat Orchid. Cat ini merupakan jenis cat enamel yang juga bisa diaplikasikan pada besi sehingga perlakuannya akan sangat berbeda.

Perbedaan aplikasi bisa dilihat dari jenis materialnya. Khusus pada material kayu maka Anda perlu mengaplikasikan Bioduco top coat. Cat ini akan menutup warna kayu dan warna seratnya sehingga tidak akan muncul setelah cat Orchid selesai diaplikasikan. Tenang saja primer coat ini juga merupakan cat cepat kering. Hanya butuh satu jam saja untuk cat bisa mengering.

Berbeda dengan kayu, besi tidak membutuhkan primer coat. Anda bisa langsung mengaplikasikan cat Orchid pada permukaan besi. Baik besi maupun kayu ada beberapa trik khusus agar cat merata, cepat kering dan mengeluarkan warna yang tajam. Berikut ini triknya:

√ Pengamplasan

Sumber : Youtube Bio Paint

Pengamplasan dilakukan baik pada material kayu maupun besi. Keduanya membutuhkan pengamplasan, karena perlu untuk membersihkan permukaan dari kotoran dan minyak. Pengamplasan juga dapat membuat permukaan menjadi lebih halus dan rata.

Gunakan amplas yang tepat. Pertama gunakan amplas dari kasar menuju amplas halus yaitu mulai dari angka 150 hingga 220. Kedua pada pengamplasan lapisan cat Anda membutuhkan amplas yang lebih halus lagi yaitu angka 400. Proses pengamplasan juga dilakukan secara ambang antar lapisan cat.

Pengamplasan juga harus dilakukan searah serat kayu. Jika besi maka Anda perlu mengamplasnya satu arah. Jika terdapat karat Anda bisa mengamplasnya hingga karat benar-benar hilang.

√ Banyak lapisan

Baik kayu maupun besi, Anda perlu mengaplikasikan beberapa jumlah lapisan. Semakin banyak lapisannya akan semakin baik. Namun untuk menghindari cacat finishing pada tiap lapisan cat pastikan cat di bawahnya sudah benar-benar kering.

Setiap lapisan cat juga harus tipis agar lebih mudah mengering dan juga membentuk lapisan coating yang kuat untuk melindungi. Ya, baik material besi dan juga kayu membutuhkan lapisan yang tipis namun berlapis untuk perlindungan dari jamur, rayap dan perubahan cuaca yang menimbulkan karat.

Lapisan yang tipis juga akan mempermudah untuk memperbaiki misalnya terjadi brush mark maka akan lebih mudah menghilangkannya dengan pengamplasan.

√ Ruangan yang bersih dan kering

Jika ingin cat enamel dari merk Orchid cepat kering selain lapisan yang tipis Anda juga harus mempertimbangkan ruangan. Bagaimana ruangan yang harus digunakan dan bagaimana suhu udara yang harus dipersiapkan.

Cat Orchid merupakan cat kayu besi yang tidak perlu penjemuran untuk proses pengeringan. Anda hanya perlu mendiamkan besi atau kayu yang telah dilapisi cat dalam ruangan. Pertama ruangan harus kering, tingkat kering ini bisa dilihat dari suhu ruangan. Kedua adalah ruangan harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Semakin baik sirkulasi udara maka akan membuat ruangan semakin jauh dari kelembaban.

√ Alat finishing

Proses aplikasi cat Orchid disarankan untuk menggunakan kuas. Kuas adalah alat yang paling mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan kuas pada cat enamel maka pastikan arah aplikasi sangat tepat. Cat Orchid memberikan warna solid sehingga jika cat tidak halus dan rata bekas sapuan kuas akan sangat terlihat.

Aplikasikan cat searah saja dan pastikan jenis kuas yang digunakan juga sesuai. Karena cat Orchid adalah cat water based maka sebaiknya Anda menggunakan kuas busa dan kuas nilon. Kedua jenis kuas ini adalah jenis kuas yang akan memberikan hasil sangat rata dan halus.

Jadi, untuk memilih cat cepat kering alangkah baiknya juga memperhatikan kualitas cat. Disarankan menggunakan cat water based, selain efisien waktu juga aman nan ramah lingkungan. Semoga dengan ulasan cat cepat kering ini dapat memudahkan Anda dalam memilih cat untuk kebutuhan finishing.

Keunggulan Cat Kayu dan Besi Cepat Kering Orchid Enamel Paint

Setelah mengetahui secara garis besar mengenai produk cat kayu besi Orchid Enamel, sebaiknya kenali lebih dalam mengenap keunggulan produk ini. Ingin tahu apa saja fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh cat kayu dan besi Orchid Enamel Paint? Simak informasinya dibawah ini:

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - orchid

Gloss / doft finish (optional)

Saat melakukan finishing dengan produk ini, Anda bisa menentukan sendiri tampilan akhir yang akan dihasilkan. Furniture kayu dengan hasil finishing gloss ataupun doft bisa Anda peroleh. Anda hanya perlu menyesuikan takaran pengenceran yang diperlukan agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

Outdoor-indoor used

Cat Orchid Enamel bisa diaplikasikan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Sehingga bisa digunakan untuk furniture dengan finishing solid yang akan diletakkan di ruang keluarga maupun pada mebel taman.

Multi purpose

Orchid Enamel Paint merupakan cat yang multi purpose karena bisa diaplikasikan pada 2 media yang berbeda sekaligus. Yaitu pada media kayu (termasuk serat alam, rotan, bambu, dan sejenisnya), maupun pada media besi.

Water repellence and water resist

Merupakan cat kayu besi yang memiliki ketahanan terhadap air. Dengan lapisan akhir yang anti air, maka media yang difinishing dengan produk ini tidak mudah terkena air. Oleh karena itu, produk ini akan tetap aman meski disimpan di luar ruangan dan diguyur hujan.

⊗ Non toxic and no odors

Diformulasikan dengan bahan yang aman, memiliki kadar VOC rendah bahkan jauh dibawah rata-rata. Maka membuat cat ini tidak beracun dan tidak berbau.

Fungi and alga resistance

Sangat aman diaplikasikan pada kayu karena cat ini memiliki ketahanan terhadap jamur. Bahan anti jamurnya akan bekerja optimal untuk menghalau pertumbuhan jamur pada media kayu.

Rust resistance

Tentunya cat ini bukan hanya aman diaplikasikan untuk kayu melainkan juga untuk besi. Rawan terhadap masalah karat, Anda tak perlu lagi khawatir jika menggunakan cat Orchid Enamel.

Good bonding and flexible

Tak perlu khawatir untuk terlalu sering melakukan finishing ulang karena cat ini akan melekat dengan kuat dan sempurna pada media finishing. Meski demikian, tidak ada lapisan cat yang kaku karena fleksibilitas cat ini yang tinggi.

Quick dry

Memiliki kemampuan cepat kering, Anda bisa mendapatkan kering sentuh setelah cat 60 menit diaplikasikan. Untuk mendapatkan kering packing, biarkan media yang telah difinishing selama 24 jam. Sedangkan untuk mendapatkan kering full curing, diamkan selama 7 × 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan melakukan pengeringan menggunakan oven ataupun dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Easy to apply

Tak perlu khawatir mengenai cara aplikasinya karena cat ini sangat fleksibel dan mudah diapliaksikan. Anda hanya membutuhkan air bersih sebagai bahan pelarut kemudian bisa disesuaikan dengan peralatan yang Anda miliki untuk pengaplikasiannya.

Brush and Spray available

Cat Orchid Enamel bisa diapliaksikan menggunakan kuas maupun spray gun. Sesuaikan dengan alat yang Anda miliki dan kebutuhan finishing Anda.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp dan telepon disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail Klik Disini.

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: Klik Disini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik Disini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik Disini