Koleksi Sangkar Burung Mulai Rusak? Ikuti Langkah Perbaikannya Ini

Sangkar burung merupakan rumah dari burung yang sangat penting untuk diperhatikan dan jangan sampai rusak. Apabila sangkar yang digunakan tidak nyaman maka burung juga tidak akan sehat, bahkan bisa saja sering sakit-sakitan hingga mati. Tentu Anda tidak ingin harga burung yang Anda beli mahal, namun karena masalah sangkar yang tidak memadai burung Anda mati begitu saja.

Pemeliharaan sangkar burung bukan ketika Anda memilih sangkar baru namun untuk kekuatan, katahanan hingga penampilan pun menjadi perhatian yang lebih. Apalagi jika Anda seringkali mengikuti perlombaan. Sangkar akan menentukan kemampaun dari burung Anda. Sayangnya sangkar ini cepat sekali rusak karena sebab-sebab yang memang tidak bisa dihindari.

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Kerusakan dari sangkar burung sendiri seringkali disebabkan oleh faktor cuaca. Sangkar burung yang dijemur seharian di luar ruangan akan cepat rusak karena panas matahari terus menerus. Belum lagi faktor kelembaban dari hujan atau ketika Anda sering memandikan burung dengan air. tidak hanya faktor dari luar namun faktor dari burung sendiri juga sering mempengaruhi. Contohnya saja Anda membeli love bird yang sangat suka mematuk sangkar. Ketika burung seringkali mematuk sangkar maka lapisan cat akan rusak. Ini yang mempercepat umur dari sangkar tidak bertahan lama.

Kotoran burung juga menjadi faktor yang seringkali ditemui merusak sangkar. Anda baru membeli sangkar burung namun dalam 3 bulan saja sangkar sudah rusak total karena kotoran burung. Banyaknya kotoran akan membuat Anda sering membersihkannya. Anda tentu saja menggunakan sabun pembersih untuk membersihkan sangar tersebut yang menimbulkan kerusakan permanen. Itulah beberapa fator pemicu kerusakan yang terdapat pada sangkar burung. Namun kerusakan kerusakan tersebut bisa Anda tangani dengan mengecat ulang sangkar agar tampil selalu baru.

Kenali Kerusakan Pada Sangkar Burung Sebelum Mengecat Ulang

Faktor kerusakan sudah Anda ketahui namun faktor tersebut akan menimbulkan efek yang berbeda. Jenis kerusakan harus Anda ketahui agar ketika mengecat ulang Anda bisa tahu bagaimana cara yang tepat. Jenis kerusakan yang muncul akibat sangkar yang sering dicuci dengan sabun adalah yang paling parah. Karena bahan sabun akan menimbulkan karat pada sangkar besi dan menimbulkan pelapukan pada sangkar bambu. Jika kerusakan para akibat faktor ini maka sebaiknya Anda membeli sangkar yang baru karena untuk mengecat ulang pun akan lebih sulit.

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Jenis kerusakan lain adalah karena faktor cuaca, efek ini yang paling ringan karena cuaca biasanya hanya merusak bagian luar saja. Warna sangkar biasanya akan berubah menjadi lebih kusam karena perubahan cuaca yang ekstrim. Cara mengecatnya sangat mudah karena Anda cukup menghilangkan lapisan cat lama dengan paint remover kemudian mengecat ulang kembali.

Kerusakan sangkar burung yang diakibatkan dari burung yaitu seringnya burung mematuk sangkar memerlukan perlakuan khusus. Jenis sangkar ini pasti adalah sangkar besi tingkat kerusakan biasanya sampai pada permukaan material. Maka setelah Anda menghilangkan lapisan coating yang lama maka lakukan pengamplasan hingga halus agar permukaan material bisa lebih halus dan juga lebih rata. Proses ini juga akan memudahkan proses aplikasi cat ulang.

Tentukan Konsep Refinishing Sangkar Burung

Menentukan konsep refinishing berarti Anda harus memiliki bayangan akan seperti apakah hasil refinishing sangkar burung nantinya. Proses ini tidak jauh berbeda ketika Anda akan melakukan finishing pada sangkar burung kedua kal. Seperti halnya furniture sangkar burung juga memiliki konsep atau gaya. Anda mungkin sudah memiliki jenis sangkar burung baik itu terbuat dari bambu atau besi. Namun bagaimana Anda akan membawa sangkar burung tersebut terlihat lebih menarik dari sebelumnya? Berikut ini beberapa gaya sangkar burung yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Sangkar Burung Minimalis

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Jenis sangkar burung ini adalah yang paling mudah. Bahkan untuk proses finishing Anda tidak perlu berpikir ulang. Konsep minimalis yang dibawa biasanya menggunakan pilihan warna hitam. Baik itu sangkar burung bambu atau besi bisa menggunakan pilihan cat warna hitam.

2. Sangkar Burung Klasik

Koleksi Sangkar Burung Anda Mulai Rusak? Cermati Sangkar Untuk Refinshing Tepat

Anda mungkin memiliki sangkar burung dengan ukiran pada bagian bawah. Jenis sangkar burung ini seringkali digunakan untuk perlombaan. Karena ukiran yang menarik Anda bisa menggunakan cat warna natural yang akan menonjolkan kesan klasik pada sebuah sangkar burung.

3. Sangkar Burung Love Bird

Sarang Love Bird Merah

Jenis sangkar burung love bird bukan hanya digunakan pada jenis burung ini saja namun juga burung yang lainnya seperti kenari. Ciri khas sangkar burung love bird adalah terbuat dari besi dengan warna yang menarik yaitu warna-warna cerah seperti bulu love bird. Anda bisa menggunakan warna cerah seperti kuning, merah, biru, ungu dan lain sebagainya.

Lakukan Refinsihing Dengan Cat Yang Tepat

Anda telah menentukan konsep bagaimana sangkar burung Anda memiliki tampilan akhir. Konsep ini harus Anda pertahankan dengan menggunakan jenis cat yang tepat. Ya pemilihan produk cat harus sesuai karena jika tidak, cat akan mudah sekali rusak karena faktor cuaca dan juga faktor lain yang membuat sangkar burung cepat rusak. Jenis cat yang harus dipilih adalah cat yang kuat dan tahan lama dengan lapisan film tebal melindungi sangkar burung dan melindungi burung dalam sangkar. Jenis cat yang memiliki lapisan tebal adalah cat water based Biovarnish dan cat kayu besi Orchid.

Biovarnish Wood Stain

Cat kayu Biovarnish merupakan pernis kayu yang bagus untuk kebutuhan sangkar burung. Pernis kayu digunakan bagi Anda yang ingin mendapatkan konsep sangkar klasik dan minimalis. Warna natural dari kayu atau bambu akan muncul ditambah lagi dengan ketebalan lapisan film yang kuat menahan cuaca. Pilihan kedua adalah pada cat kayu besi Orchid yang bisa Anda aplikasikan pada sangkar burung dengan konsep minimalis dan konsep sangkar burung love bird. Sangkar yang menggunakan cat kayu besi Orchid akan lebih tahan lama dengan warna solid yang tajam.

Orchid Enamel Paint

Tak hanya lapisan film yang kuat saja namun cat kayu Biovarnish dan Orchid akan memberikan keamanan pada burung yang bertempat di dalam sangkar. Cat dengan bahan dasar air ini tidak akan menimbulkan racun di dalam sangkar burung. Tidak ada kandungan logam berat yang biasanya terdapat dalam cat. Kandungan logam berat ini akan sangat berbahaya bahkan sudah banyak penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa logam berat seperti merkuri, timbal dan formalin menimbulkan penyakit kanker pada hewan percobaan seperti tikus. Bagaimana jika jenis cat berbahaya tersebut digunakan pada sangkar burung maka akan sangat berbahaya. Untuk itu cat kayu water based menjadi solusi yang terbaik.

Jika Anda sudah memiliki jenis cat yang sesuai yaitu cat water based seperti Biovarnish dan Orchid maka tinggal masalah waktu saja Anda bisa melakukan proses aplikasi.

Mengecat Ulang Sangkar Burung Dengan Cat Water Based

Sebenarnya pada kemasan produk water based sudah ada tata cara aplikasi cat. Namun khusus untuk sangkar burung yang akan di refinishing tentu ada beberapa langkah berbeda yang tidak tertera dalam kemasan cat. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara aplikasi cat untuk pengecatan kembali sangkat burung. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam refinishing sangkar burung.

  • Tips pertama berhubungan dengan menghilangkan lapisan cat yang lama. Ada dua alternatif yaitu mengamplas hingga lapisan cat namun akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kedua adalah dengan menggunakan bahan paint remover. Menggunakan paint remover adalah cara yang paling mudah dan juga paling cepat. Lakukan dengan cara perlahan agar sangkar burung tidak patah khususnya sangkar dari bambu.

Mengecat Sangkar Burung

  • Tips kedua adalah cara aplikasi. Ketika sangkar burung pertama kali dibuat maka proses finishing dilakukan sebelum perakitan. Namun proses refinishing dilakukan setelah sangkar burung dirakit. Anda harus melakukan dengan hati-hati. Jika ada bagian sangkar yang akan difinishing dengan warna berbeda maka gunakan isolasi kertas untuk menutupnya. Lalu gunakan kuas atau dengan spray system.
  • Tips ketiga adalah untuk hasil rata dan halus maka pastikan campuran cat seusai dengan aturan pakai cat. Lalu ketika mengaplikasikan lakukan sekali kuas dan tunggu kering, amplas baru ulangi aplikasi kembali. Ini akan mengurangi bursh mark atau bleeding muncul pada sangkar burung.
  • Tips yang keempat adalah pastikan cat yang sudah diaplikasikan benar-benar kering sebelum digunakan. Lakukan pengeringan kurang lebih semalaman sebelum Anda memasukan burung ke dalam sangkar. Bagian ini seringkali terlupakan oleh karena itu seringkali menimbulkan efek sangkar rusak karena belum kering sudah digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.