Gunakan Wood Filler Biovarnish untuk Furniture Cafe yang Rusak

Furniture cafe yang sering digunakan tidak akan terlepas dari beberapa kerusakan. Kerusakan bisa terjadi pada konstruksi maupun permukaan furniture. Seringnya pemakaian menjadi penyebab utama yang tidak bisa dihindari. Sebagai pemilik cafe, Anda harus jeli manakah furniture yang harus segera diperbaiki dan tidak. Terutama pada kursi dengan bantalan kain dan juga bagian atas meja. Dua bagian furniture tersebut yang akan cepat rusak terlebih dahulu.

Reparasi furniture menjadi pilihan yang harus dilakukan. Tidak sembarangan tempat reparasi bisa Anda percaya. Banyak yang akan menawarkan harga tinggi untuk perbaikan sebuah furniture. Tentu saja hal ini akan menguras budget untuk operasional cafe. Ketika akan melakukan reparasi, pastikan anda memilih tempat yang dipercaya, agar hasilnya maksimal.

Apabila kerusakan yang terjadi masih cukup ringan, beberapa pemilik cafe memilih untuk memperbaikinya sendiri. Namun jika kerusakan yang ditimbulkan cukup parah, anda perlu mempertimbangkan untuk membawanya ke tempat reparasi untuk dikerjakan oleh orang yang lebih profesional dalam bidang ini.

 

Macam-Macam Cacat Furniture Cafe yang Harus Segera Diperbaiki

Berikut ini beberapa macam cacat furniture yang perlu anda ketahui:

  • Cacat goresan

Adanya goresan pada top table akibat gesekan akan menciptakan permukaan yang tergores. Goresan juga bisa muncul akibat meja yang sering dibersihkan menggunakan cairan pembersih kimia yang bersifat abrasif pada permukaan lapisan cat. Jika terlalu banyak goresan, akan mudah terlihat dan membuat furniture tampak kusam. Terutama jenis furniture yang dilapisi dengan cat tampilan doff. Masalah ini bisa Anda atasi sendiri yaitu dengan memberikan lapisan wood filler dan pernis kayu.

Memilih Dan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Furniture Untuk Cafe
  • Bekas gelas

Meja cafe yang digunakan sebagai alas minuman panas dan dingin maka lama kelamaan akan muncul bekas gelas. Bekas gelas ini awalnya berwarna putih melingkar sesuai dengan bentuk bawah gelas. Jika masalah ini tidak segera diatasi maka akan semakin parah dan warna akan berubah menjadi kehitaman. Tukang reparasi akan mengamplas dan melapisinya dengan pernis kayu yang baru. Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan mengecat ulang bagian tersebut.

  • Jamur dan rayap

Jamur dan rayap bisa muncul pada furniture Anda akibat pengaruh suhu dalam ruangan. Jika Anda melihat adanya jamur atau rayap pada furniture anda, sebaiknya langsung perbaiki. Masalah ini akan membuat kerusakan pada bagian dalam furniture hingga permukaan. Rayap bisa membuat lubang dalam kayu yang akan merusak furniture. Anda perlu memperbaikinya dengan wood filler yang dicampur dengan serbuk kayu. Isikan pada bagian yang rusak kemudian amplas setelah kering.

  • Siku furniture memulai terbuka

Bahan perekat pada furniture bisa saja kering dan rusak jika furniture sering digunakan. Apabila bagian tersebut tidak segera diperbaiki maka konstruksi furniture cafe akan berkurang kekuatannya. Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengamplas seluruh bagian yang mulai terlepas. Lanjutkan dengan pengeleman. Rekatkan kedua permukaan furniture dengan kuat selama beberapa jam.

Memilih Dan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Furniture Untuk Cafe

Keunggulan Biovarnish wood filler

Berikut ini keunggulan biovarnish wood filler yang perlu anda ketahui:

  • Cepat kering

Pengeringan setelah aplikasi hanyalah 20 menit. Proses pengeringan ini tidak membutuhkan panas matahari. Cukup dengan diangin-anginkan saja wood filler akan mengering.

  • Adhesi yang tinggi

Wood filler juga harus memiliki tingkat adhesi yang tinggi. Jika tidak maka akan sulit untuk wood filler dapat melekat ke permukaan kayu. Wood filler Biovarnish memiliki tingkat adhesi yang tinggi sehingga dapat bertahan lama dan melekat dengan kuat.

  • Tidak ambles

Satu masalah yang sering ditemukan pengrajin furniture adalah wood filler yang digunakan ambles. Artinya mereka harus boros dalam mengaplikasikan filler. Nah produk wood filler Biovarnish ini tidak ambles setelah kering, jadi jangan takut boros.

  • Tidak peeling

Pernah menemukan kasus furniture yang peeling ketika di amplas? Artinya formula yang digunakan salah dan akhirnya tingkat adhesi rendah dan mengakibatkan peeling. Wood filler Biovarnish tidak menimbulkan efek peeling.

  • Ringan di amplas

Proses pengamplasan wood filler seringkali menjadi hambatan. Mengamplas wood filler menghabiskan waktu namun tidak untuk wood filler Biovarnish. Produk ini sangat mudah untuk di amplas, Anda bisa mengamplas dengan cepat karena ringan. Hasilnya Anda bisa mengamplas 2 kali lebih cepat daripada biasanya.

  • Cara aplikasi mudah

Ada banyak sekali cara aplikasi wood filler water based ini. Anda bisa langsung mengaplikasikannya, dicampur dengan serbuk kayu atau dicampur dengan air. Semua proses aplikasi ini akan disesuaikan dengan tingkat kerusakan furniture.

  • Tingkat keamanan tinggi

Wood filler water based Biovarnish berbeda dengan produk lainnya. Tingkat keamanan yang diberikan sangat tinggi sehingga ramah lingkungan. Ketika Anda menggunakannya tidak ada efek samping seperti penyakit dan efek lainnya yang bisa diderita si pengguna.

Varian Warna Pada Wood Filler Biovarnish

Satu lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari wood filler Biovarnish yaitu berbagai warna yang bisa dipilih. Ada empat warna dasar yang mewakili berbagai macam jenis kayu untuk digunakan.

Warna dasar wood filler Biovarnish ini tidak hanya bisa digunakan pada satu jenis kayu saja. Anda juga bisa menggunakan pada jenis kayu yang berbeda dengan tujuan mendapatkan hasil finishing yang sama.

Bahkan Anda juga bisa menggunakannya pada furniture cafe yang telah dilapisi bleaching kayu. Pastikan warna wood filler sesuai dengan warna wood stain apabila Anda ingin memberikan warna natural pada furniture setelah perbaikan selesai dilakukan.

Anda bisa memilih dari empat warna berikut ini:

  • Jati

Warna kayu jati adalah wood filler yang mewakili warna kayu jati yaitu coklat keemasan. Warna ini bisa diterapkan pada semua kayu jati dan juga kayu yang memiliki warna mirip. Misalnya saja warna kayu akasia dan bengkirai.

  • Mahoni

Kayu mahoni sangat berbeda dengan warna kayu lainnya. Warnanya merah tua dan warna ini sangat memberikan kehangatan dalam ruangan. Jika furniture cafe Anda menggunakan kayu mahoni maka perbaiki dengan wood filler Biovarnish warna ini. Selain kayu mahoni Anda juga bisa menggunakannya untuk jenis kayu lain berwarna sama seperti meranti merah.

  • Sungkai

Wood filler dengan warna ini akan memberikan hasil warna yang mirip dengan kayu sungkai yaitu putih kekuningan. Jika Anda ingin melakukan perbaikan pada kayu sungkai pastikan menggunakan wood filler ini. Gunakan juga pada jenis kayu yang memiliki hampir warna senada.

  • Ramin

Warna kayu ramin bisa menggunakan wood filler Biovarnish ramin. Kayu ramin memiliki ciri khas yaitu berwarna putih terang. Nah jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang terang menggunakan warna wood filler yang tepat. Warna wood filler Biovarnish ramin juga bisa digunakan pada kayu jati.

Aplikasi Wood Filler Biovarnish untuk Cacat Furniture Cafe

Memperbaiki cacat furniture dengan wood filler Biovarnish tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda hanya perlu menghilangkan lapisan cat lama dan menggantikannya dengan yang baru.

Sebelum memulai finishing pastikan seluruh permukaan bebas dari debu amplas dan kotoran lain. Penyumbatan pada pori akibat debu akan menimbulkan efek dempul kayu tidak melekat dengan baik.

Proses finishing ini hanya memerlukan wood filler Biovarnish dan top coat saja untuk hasil natural transparan. Cara aplikasi yang mudah hanya melibatkan kuas dan air. Ikuti cara aplikasinya berikut ini:

  • Amplas seluruh permukaan furniture cafe yang cacat. Lanjutkan dengan proses membersihkan debu sisa pengamplasan.
  • Siapkan wood filler Biovarnish dengan warna yang senada. Lanjutkan dengan proses aplikasi langsung tanpa dicampur air. Ratakan wood filler dengan pisau scrape secara merata ke permukaan kayu.
  • Tunggu lapisan mengering lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas alumunium oxide no. 240. Amplas sampai permukaan kayu berubah menjadi warna kayu dengan serat yang terlihat.
  • Lanjutkan dengan aplikasi Biovarnish clear coat gloss yang merupakan pernis kayu. Campurkan clear coat dengan air dan dapatkan viskositas sampai 11-12 detik NK2.
  • Kuaskan larutan cat ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Pastikan Anda hanya mengaplikasikan tipis-tipis saja. Tunggu kering 60 menit jika sudah lanjutkan dengan pengamplasan ambang.
  • Gunakan amplas jenis yang sama namun dengan ukuran amplas 400. Amplas ambang dan bersihkan debu amplas.
  • Lanjutkan dengan aplikasi clear coat kembali ke permukaan kayu secara merata. Diamkan furniture hingga kering selama semalaman dan pastikan benar-benar kering sebelum menggunakannya.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.