Memilih Cat Kayu Biovarnish untuk Furniture Cafe

Menggunakan cat kayu Biovarnish untuk finishing furniture cafe adalah pilihan yang tepat. Furniture cafe akan lebih  awet dan berkualitas jika difinishing dengan cat kayu Biovarnish. Memilih cat kayu Biovarnish untuk finishing furniture cafe adalah hal yang tepat.

Pentingnya Sanding Sealer BioColours Untuk Finishing Meja Cafe

Tujuan orang datang ke cafe adalah untuk bersantai. Tempat duduk yang nyaman dan bersih akan membuat seseorang betah duduk berjam-jam. Keunikan cafe juga bisa menjadi daya tarik yang menguntungkan.

Oleh karena itu memilih furniture cafe yang sesuai perlu teknik tersendiri. Pemilihan bahan finishing untuk furniture cafe juga harus diperhitungkan. Cafe yang digunakan haruslah aman dan ramah lingkungan.

Ingat furniture cafe khususnya meja akan digunakan untuk meletakan makanan. Furniture kayu yang bersinggungan langsung dengan makanan harus menggunakan cat kayu yang aman. Setidaknya cat tidak mengandung bahan organik atau toxic yang tinggi.

Memilih Produk Cat untuk Finishing Furniture Cafe

Apa untungnya mengecat furniture cafe sendiri? Selain murah Anda juga bisa menentukan warna furniture sesuai dengan yang diinginkan. Tidak lagi menyesuaikan dengan furniture yang ada di toko saja. Anda bahkan bisa mendapatkan furniture yang lebih unik lagi.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Apakah produk yang disarankan untuk finishing furniture cafe? Tujuan untuk finishing adalah untuk memberikan perlindungan dan tampilan furniture yang menarik. Pada kasus furniture cafe Anda harus mencari produk yang aman untuk manusia dan aman untuk furniture.

Furniture cafe akan langsung bersentuhan dengan makanan, inilah alasan mengapa Anda harus memilih bahan cat kayu yang aman. Cat kayu Biovarnish untuk cafe bisa menjadi pilihan terbaik untuk proyek finishing Anda.

Cat Kayu Biovarnish untuk Finishing Furniture Cafe

Produk Biovarnish adalah cat kayu yang digunakan untuk menggantikan pernis dan plitur konvensional seperti shellac. Cat ini terbuat dari bahan dasar air sehingga bahan pelarut yang digunakan juga air.

Cat water based sendiri sudah dikenal sebagai bahan cat yang wajib digunakan untuk furniture yang bersinggungan dengan makanan seperti furniture cafe. Alasannya adalah keamanan, bahan organik yang terdapat dalam cat sangat berbahaya apabila melakukan kontak langsung dengan makanan.

Finishing Meja Trembesi

Cat akan mencemari makanan kemudian langsung masuk ke dalam tubuh manusia. Banyaknya kandungan cat yang masuk akan menimbulkan berbagai macam penyakit kanker.

Cat kayu Biovarnish untuk cafe mengatasi segalanya, bahan organik yang digunakan dibatasi sehingga ambang batas yang aman. Semua bahan organik yang digunakan disesuaikan dengan standar ECHA (European Chemical Agency) dari Eropa dan EPA (Environmental Protection Agency) dari Amerika.

Kedua regulasi tersebut adalah regulasi yang digunakan untuk penggunaan semua bahan kimia yang diproduksi termasuk cat. Reputasi cat kayu water based Biovarnish sudah dikenal di kalangan pengrajin Indonesia.

Selain aman untuk furniture cafe, cat juga akan bertahan lama. Cat sangat mudah mengelupas karena pemakaian, namun lapisan cat dari produk Biovarnish yang diberikan sangat kuat bahkan tahan gores. Anda tidak perlu khawatir ketika furniture sering digunakan.

Memilih Dan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Furniture Untuk Cafe

Cat Biovarnish untuk furniture cafe adalah pilihan yang tepat untuk budget. Harga furniture yang mahal dikarenakan bahan finishing yang digunakan juga mahal. Bahan finishing yang biasa digunakan oleh pabrikan adalah cat solvent dimana mereka menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya.

Selain thinner tidak aman untuk furniture, harganya juga mahal. Inilah yang membuat furniture menjadi mahal. Cat kayu Biovarnish hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut. Jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang berlebih untuk membeli bahan pelarut cat.

Cara Aplikasi Cat Biovarnish untuk Furniture Cafe

Jangan khawatir walaupun Anda pemula, karena untuk mengaplikasikan cat Biovarnish tidak membutuhkan alat yang mahal dan sulit dioperasikan. Cat dapat diaplikasikan dengan kuas, syaratnya harus menggunakan kuas nilon atau busa.

Kedua jenis kuas tersebut adalah bahan terbaik yang memiliki bulu tidak menyerap air. Bisa digunakan untuk aplikasi cat bebas brush mark. Anda juga harus memperhatikan bagaimana larutan yang akan digunakan.

Memilih dan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Furniture untuk Cafe

Cat sebelumnya harus dilarutkan dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik per NK2. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur viskositas seperti NK 2 bisa juga menggunakan takaran yang mendekati yaitu 4 bahan : 1 air.

Jika sudah mendapatkan larutan tersebut maka furniture cafe sudah siap diaplikasikan dengan cat kayu Biovarnish.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti :

  • Amplas seluruh permukaan kayu hingga halus dan merata. Bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler sesuai dengan warna yang mendekati kayu. Aplikasikan dengan pisau palet secara merata dan tunggu kering. Setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan lagi hingga warna dan serat kayu terlihat.

  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain yang telah dicampur dengan air. Kuaskan cat merta searah serat kayu. Tunggu sampai kering dan amplas ambang dengan amplas 400 grit. Jika warna kurang tajam aplikasikan liquid stain kembali. Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat, campurkan dengan air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan clear coat ini mengering selama semalaman.

Proses aplikasi cat water based cenderung lebih mudah dibandingkan cat dengan aplikasi spray. Sama-sama memberikan hasil yang halus, Biovarnish akan memberikan sapuan kuas yang sangat ringan.

Terdapat 20 pilihan warna natural yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan furniture cafe. Anda tidak perlu sulit mencampur warna lagi untuk mendapatkan warna yang diinginkan. 20 warna yang tersedia sudah mewakili berbagai warna jenis kayu mulai dari jati, mahoni, walnut, jati belanda, ramin, sungkai dan lain sebagainya.

Cat akan mengering setelah didiamkan selama 24 jam. Anda tidak perlu menjemurnya karena cat akan mengering cukup diangin-anginkan saja. Cat water based akan mengering tanpa panas matahari yang akan merusak dan menggagalkan hasil finishing.

Cara Memilih Furniture yang Tepat untuk Cafe

Apa yang Anda lakukan ketika memilih furniture? Apakah Anda dilihat warnanya, bentuknya yang lucu atau harganya yang murah? Memilih furniture cafe tidak hanya sebatas itu saja, Anda juga harus menyesuaikan dengan lantai yang digunakan, di mana membelinya hingga berapa jumlah yang akan dibeli.

Sebagai panduan, berikut ini apa saja yang harus diperhatikan pemilik cafe ketika sedang mencari furniture yang tepat :

1. Tipe Furniture yang Diinginkan

Bahan yang digunakan untuk membuat kursi akan berbicara pada pelanggan cafe nantinya. Material furniture dapat mencerminkan jenis cafe apa yang Anda bangun. Kursi kayu dan kursi dengan kayu yang tidak di finishing akan menyampaikan suasana yang hangat dan berkualitas.

Mendapatkan Ukuran Meja Makan Minimalis Dan Kursi Yang Tepat

Kursi yang terbuat dari bahan logam akan menimbulkan kesan dingin. Namun ketika Anda menyatukan kedua bahan tersebut, mereka akan saling melengkapi satu sama lain dan memberikan keseimbangan di dalam cafe. Manakah yang menurut Anda akan mencerminkan cafe Anda?

Selain material, ukuran dari furniture juga perlu dipertimbangkan terutama kursi. Kenyamanan pengunjung akan menjadi prioritas. Kursi pada umumnya memiliki ukuran 16, 18, dan 20 inci. Khusus untuk kursi cafe, Anda memerlukan turnover yang lebih tinggi. Pastikan juga jok pada kursi memiliki cushion yang nyaman.

Tinggi sandaran punggung pada kursi juga penting, tidak hanya untuk kenyamanan dan juga dilihat dari segi estetika. Ketinggian kursi sendiri bisa mencapai 30 inci bersama dengan sandarannya, membuat tampilan menarik dan orang yang duduk akan merasa nyaman.

2. Beli Furniture Berkualitas

Jangan membeli sembarang furniture apalagi jika Anda akan mengecatnya sendiri. Bahkan jika Anda akan membeli furniture cafe yang sudah di finishing juga tidak boleh sembarangan. Membeli melalui internet jauh lebih berbahaya karena seringkali orang akan kecewa ketika produk sudah datang.

Kebanyakan dari furniture tersebut tidak memiliki tiga kunci utama yang harus dimiliki furniture cafe. Pertama adalah hasil pembuatan tersebut seringkali tidak dapat digunakan untuk menopang beban yang berat. Kedua adalah tidak memberikan hasil finishing yang aman.

Ketiga adalah para produsen furniture biasanya tidak melakukan uji coba pada furniture yang mereka jual. Sangat sulit untuk mempertanggungjawabkan barang furniture yang dijual secara online tanpa kredibilitas yang terpercaya.

Memilih dan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Furniture untuk Cafe

Anda tentu tidak ingin mendapatkan pengunjung cafe yang terluka karena furniture yang dibeli tidak kuat menopang tubuh mereka. Jadi sebelum membeli furniture pastikan siapa pembuatnya, apakah sudah dilakukan uji coba dan bagaimana ketahanannya.

3. Pilih Furniture Berciri Khas

Tentu saja Anda sebagai pemilik restoran tidak ingin mendapatkan furniture yang sama dengan cafe lainnya. Oleh karena itu memilih furniture yang unik adalah jalan satu-satunya. Keunikan ini bisa menunjukan rasa Anda kepada cafe yang juga akan dirasakan oleh orang lain.

Buatlah survey pada cafe pesaing lainnya dan ciptakanlah gaya lain pada cafe Anda yang lebih menarik. Pengunjung sangat suka dengan cafe yang unik dan tidak ketinggalan kenyamanan furniture.

Walaupun unik, pastikan bahwa Anda nantinya akan mudah merawat furniture. Perawatan furniture sangat penting untuk menjaga furniture tetap tahan lama.

4. Dampak Furniture pada Lantai

Furniture akan berdampak pada lantai, baik itu lantai kayu, karpet dan ubin. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, dan kursi yang ada pada cafe harus menyesuaikan. Anda harus menghindari lantai Anda cepat rusak karena gesekan yang terjadi pada saat menggeser kursi.

Lantai kayu adalah material yang sangat mudah rusak akibat gesekan. Solusinya Anda harus memberikan kaki kursi dan meja yang tidak akan menimbulkan goresan walaupun sangat mahal. Lantai berkarpet adalah yang paling aman karena kursi tidak akan langsung menggores lantai.

Lantai ubin juga membutuhkan alat pelindung kaki kursi sehingga tidak lecet. Dan pelindung kaki kursi ini lebih murah dibandingkan untuk lantai kayu.

5. Sesuaikan dengan Anggaran

Berapakah anggaran yang Anda miliki tentu saja menjadi pertimbangan utama. Anda akan membeli sejumlah kursi dan meja jadi batasi jumlahnya jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas. Apabila Anda memiliki budget berlebih sebaiknya fokus pada kualitas furniture.

Melakukan finishing sendiri pada furniture cafe tentu bisa menjadi jalan keluar untuk menghemat biaya. Artinya Anda harus siap meluangkan waktu lebih dan mengetahui teknik mengecat dengan benar.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.