Apakah Alasan Tepat Harus Memilih Cat Mainan Kayu Water Based?

Cat mainan kayu water based merupakan jenis cat kayu yang aman untuk diaplikasikan pada mainan kayu. Anda perlu menggunakan cat mainan kayu yang aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan. Berbagai bahan kimia berbahaya yang terdapat pada cat solvent based seharusnya tidak boleh ada pada cat mainan kayu.

Cat Mainan Kayu Yang Bagus

Penggunaan cat water based untuk proses finishing mainan kayu memang sangat penting untuk diperhatikan dan digunakan. Anda perlu menjaga dan memperhatikan keamanan bahan yang digunakan pada cat untuk mainan kayu. Tingginya kandungan toksisitas pada cat solvent based memang sangat berbahaya jika digunakan pada mainan kayu yang akan digunakan oleh anak – anak.

Untuk mendapat kualitas mainan kayu terbaik, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas cat yang digunakan untuk finishing mainan tersebut. Ini salah satu alasannya kenapa Anda harus memilih cat mainan kayu water based. Dari kandungan benzena yang toksik hingga aroma yang ditinggalkan, cat water based tetap jauh lebih unggul dari cat solvent based.

Untuk mengenal lebih dalam seperti apa cat water based, Anda bisa menyimak informasi selengkapnya pada artikel ini. Jangan lewatkan rekomendasi cat water based yang sangat cocok digunakan untuk finishing mainan kayu juga dalam artikel ini.

Apa Itu Cat Water Based?

Teknologi cat water based tergolong baru bila dibandingkan dengan cat solvent based. Meski demikian, penggunaan produk water based bukan berarti memiliki kualitas yang lebih buruk dibandingkan dengan cat solvent based. Justru berbanding terbalik, penggunaan cat water based memberikan hasil finishing yang lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan dengan cat solvent based.

Produk cat yang tergolong water based memanfaatkan air sebagai bahan pengencernya. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan cat di pasaran yang memanfaatkan pengencer spiritus atau thinner yang merupakan cat dengan bahan dasar solvent based. Popularitas cat water based memang masih kalah jika dibandingkan dengan cat solvent based. Meski demikian, hal ini diprediksi tidak akan bertahan lama.

Clear Coat Indonesia Water Based Untuk Kayu

Di berbagai negara – negara yang sudah maju seperti Amerika dan Jepang, popularitas cat water based malah sudah mengungguli cat solvent based. Mengapa demikian? Hal ini tentunya berkaitan dengan kualitas cat water based yang lebih unggul dibandingkan dengan cat solvent based. Pemanfaatan cat water based juga lebih aman untuk digunakan pada media finishing mainan kayu.

Dengan bahan baku dan bahan pengencer yang lebih aman untuk diaplikasikan, Anda bisa mendapatkan kualitas mainan kayu yang lebih aman. Anda tentunya tidak mau bukan jika si kecil menggunakan mainan kayu yang tidak aman untuk digunakan? Oleh karena itu, simak terlebih dahulu pembahasan mengenai perbandingan kualitas cat water based dengan cat solvent based. Termasuk pemanfaatannya untuk diaplikasikan pada mainan kayu.

Kualitas Cat Water Based vs Cat Solvent Based

Alasan pertama cat water based mulai menggungguli cat solvent based adalah karena sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Seri cat Bioduco dan Biovarnish dari Bioindustries misalnya karena memiliki standar keamanan yang jauh lebih baik dari kebanyakan cat yang beredar di Indonesia. Cat dari Bioindustries bahkan sudah mendapat sertifikat tanda aman dari United States Environmental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Cat Duco Aman

Cat solvent based sendiri harus diencerkan dengan thinner dan tidak bisa menggunakan air. Selain itu, saat diencerkan dan dan diaplikasikan tentunya akan meninggalkan bau menyengat yang membahayakan kesehatan jika terus Anda hirup. Bau tersebut bahkan sudah ada sebelum Anda memulai untuk mengaplikasikannya karena sudah tercium sejak pertama kali tutup cat dibuka.

Kandungan formaldehyde yang tinggi menyebabkan bau ini tetap awet meski sudah diaplikasikan dan digunakan dalam jangka waktu lama. Resiko keamanan ini memang cukup besar membahayakan kesehatan Anda, selain itu ada bahaya lain yang mengintai yaitu dari segi biaya. Anda membutuhkan biaya lebih banyak untuk menggunakan cat solvent based karena perlu membeli thinner untuk mengencerkannya.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Selain persoalan keamanan, teknologi cat water based yang terus berkembang juga menyebabkan jenis cat ini lebih unggul dalam hal performa hasil finishing. Dibanding cat solvent based, cat water based lebih:

  1. Fleksibel pada perubahan suhu sehingga tak mudah pecah dan mengelupas
  2. Dapat dengan aman diaplikasikan dengan disemprotkan (sistem spray application)
  3. Tidak berbau karena kandungan formaldehydenya rendah
  4. Kualitas estetikanya menyamai atau malah menggungguli cat solvent based

Dilihat dan diteliti dari keempat aspek keunggulan yang dimiliki oleh cat water based, pastikan Anda menggunakannya untuk diaplikasikan pada mainan kayu. Kualitas mainan kayu akan lebih aman untuk digunakan bagi anak maupun dampaknya terhadap lingkungan.

Cat Mainan Kayu Water Based Lebih Baik dari Solvent Based

Selain secara umum lebih unggul, cat mainan kayu golongan water based juga menjadi pilihan lebih baik untuk finishing mainan kayu. Sebab, disamping persoalan kualitasnya, cat mainan kayu water based memiliki standar aman yang tak akan pernah disamai cat solvent based.

Bahkan meski kedua cat sama-sama tak mengandung timbal, merkuri, kobalt, dan ftalat, keduanya memiliki standar aman yang berbeda. Cat mainan kayu water based akan tetap lebih aman karena tak menggunakan pelarut solvent sejenis plitur dan thinner.

Macam-macam-mainan-kayu

 Tahukah Anda pelarut-pelarut seperti thinner dan spiritus banyak mengandung senyawa organik mudah menguap atau Volatile Organic Compounds (VOC)? Kebanyakan senyawa yang tergolong VOC sangat buruk efeknya bagi kesehatan. Contohnya saja formalin dan benzena. Keduanya ditemukan berkorelasi terhadap menurunnya kesehatan fisik dan mental manusia.

Sedangkan pada binatang, banyak studi yang sudah menemukan efek buruk keduanya pada kondisi organ dalam. Organisasi-organisasi besar dunia seperti WHO, FAO, ECHA Uni Eropa, hingga EPA Amerika Serikat juga sangat ketat ketika meregulasikan bahan-bahan semacam ini.

Cara Mengaplikasikan Cat Bioduco pada Mainan Kayu Anak

Sumber : https://www.youtube.com/c/BioPaint

Sebagai salah satu rekomendasi cat yang aman digunakan untuk mainan kayu, aplikasi Bioduco bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Mainan kayu bisa difinishing dengan cepat, aman, dan tepat menggunakan Bioduco Series.

Ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan untuk melaksanakan proses finishing mainan kayu. Diantaranya adalah :

1. Persiapan

Lakukan persiapan finishing mainan kayu dengan melakukan pengamplasan. Lakukan hingga seluruh permukaan halus dan merata. Jangan lupa bersihkan debu sisa pengamplasan.

2. Aplikasikan Bioduco Chalk Paint

Produk Chalk Paint

Pilihlah warna cat Bioduco Chalk Paint yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Aneka warna pastel yang menarik dari Bioduco Chalk Paint akan memberikan nuansa mainan kayu semakin menarik. Anda bisa mengaplikasikan cat ini dengan menggunakan kuas maupun menggunakan alat spray.

Aplikasikan hingga halus dan merata lalu keringkan sekitar kurang lebih 60 menit setelah diaplikasikan. Setelah cukup kering, lakukan pengamplasan secara ambang dengan kertas alumunium oxyde nomor 400. Bersihkan debu sisa pengamplasan.

3. Gunakan Bioduco Top Coat

Sebagai tahap akhir, jangan lupa aplikasikan Bioduco Top Coat untuk menjaga dan merawat hasil finishing menjadi lebih optimal. Tunggu kering setelah 24 jam agar mainan kayu bisa langsung digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.