Pentingnya Memilih Cat Mainan Kayu yang Aman Bagi Anak Bebas Ftalat

Tahukah Anda, tak banyak cat mainan kayu yang aman dan punya standar kredibel? Kebanyakan produk cat yang ada di pasaran tak bisa serta merta digunakan untuk mengecat mainan kayu. Selain kualitasnya sering tak sesuai, standar amannya pun jauh dari kata baik.

Mainan kayu memang merupakan objek yang menarik perhatian anak, terlebih jika memiliki beraneka ragam warna yang menarik. Tak hanya bentuk, warna sering kali menjadi acuan pilihan mainan bagi sang buah hati. Dengan warna yang menonjol dan menarik perhatiannya, anak akan lebih betah bermain dengan ainan kayu tersebut. Namun, yakinkah Anda bahwa mainan kayu yang dijual tersebut merupakan sesuatu yang aman digunakan anak anak untuk bermain?

macam-macam-mainan-kayu

Pastinya sebagai orang tua, Anda berharap si kecil bisa tetap aktif dan aman dari berbagai bahaya. Termasuk bahaya yang terkandung dalam cat yang digunakan untuk finishing mainan kayu. Memberikan mainan kayu yang menarik dan melatih motorik anak pasti akan menyenangkan. Tapi jauh lebih menyenangkan lagi jika ternyata pemilihan mainan kayu yang digunakan juga aman untuk kesehatan si kecil.

Anak kecil terutama balita sangat rentan dengan berbagai bahaya yang ada di sekitar termasuk bahaya dari bahan kimia yang terkandung pada cat mainan kayu. Anda pastinya tetap ingin memberikan yang terbaik agar anak Anda tetap terlindungi dan sehat. Rasa ingin tahu dan kegiatan melatih motorik serta konsentrasi dari si kecil akan tetap berlangsung dengan baik jika Anda menggunakan bahan finishing yang aman.

Ada berbagai bahaya yang mengintai pada mainan kayu yang tidak difinishing dengan proses yang aman. Pengaruh penggunaan bahan yang berkualitas juga menjadi salah satu faktor penentu. Ingin tahu apa saja bahaya mainan kayu yang bisa membuat anak sakit? Simak pembahasannya berikut ini.

Awas Mainan Kayu Bisa Buat Anak Sakit!

Ada beberapa faktor dari mainan kayu yang bisa membuat anak sakit. 2 diantaranya berkaitan dengan kualitas bahan finishing serta kebiasaan anak. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

bahaya anak suka memasukkan mainan ke mulut

⊗ Bahaya anak suka memasukkan mainan ke dalam mulut

Pemilihan cat kayu yang aman sangat krusial karena akan digunakan anak-anak. Kadang, anak bukan hanya menyentuhnya. Anak dalam masa oral pun seringkali menjilat bahkan memasukkan berbagai benda termasuk mainan kayu yang diberikan orangtua.

Hal ini mau tidak mau memaksa Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilihkan mainan kayu bagi sang buah hati. Sebisa mungkin, pastikan mainan kayu yang Anda pilih merupakan mainan kayu yang aman. Termasuk aman untuk digunakan saat anak anak dalam masa oral karena sering menjilat dan memasukkan berbagai benda kedalam mulut termasuk mainan.

⊗ Ftalat Jadi Konsen Utama

Konsen utama yang harus diperhatikan perusahaan mainan kayu dalam memilih cat adalah kandungan ftalat. Ftalat atau phthalate adalah senyawa yang biasanya digunakan sebagai plastilizer dalam cat maupun produk-produk polimer vinil untuk membuat mainan plastik. Pthalate memang bisa membuat lapisan film cat lebih lentur dan smooth. Akan tetapi, bahan ini sangat beracun.

Cat pada mainan kayu bisa saja mengandung ftalat
Cat pada mainan kayu bisa saja mengandung ftalat

Studi ilmiah efek kausal (sebab akibat) ftalat pada manusia memang belum ada. Yang saat ini tersedia hanya studi korelasi –sebab, menjadikan manusia sebagai bahan eksperimen untuk studi kausal tentu tidak etis-. Akan tetapi bahaya ftalat sudah banyak diujicobakan pada binatang mamalia seperti tikus dan mencit. Hasilnya, ftalat terbukti bisa membuat kerusakan organ reproduksi. Jelas tak akan ada orangtua yang mau mengambil resiko ini untuk anaknya.

Selain ftalat, persoalan cat mainan kayu yang aman juga sering menyasar ke logam-logam berat. Timbal, cobalt, dan merkuri adalah tiga contoh logam berat yang tak jarang ditemukan dalam cat. Padahal, ketiganya bisa menyebabkan gangguan organ dalam, penurunan fungsi kecerdasan, dan peningkatan resiko kanker.

⊗ Tingginya kandungan VOC pada cat mainan kayu

Mirip dengan keberadaan ftalat, demikian juga dengan senyawa organik mudah menguap atau Volatile Organic Compounds (VOC). Senyawa VOC seperti formalin jelas tak bisa dihiraukan begitu saja. Beberapa produsen cat yang menggunakan basis solvent tentu tidak asing dengan kandungan formalin atau dalam bentuk formaldehyde yang tinggi.

Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang penting dan mempengaruhi keamanan mainan kayu yang digunakan nantinya. Kandungan formaldehyde yang digunakan pada cat juga tetap akan ada dan membuat mainan kayu menajdi berbau cukup menyengat. Bukan hanya saat difinishing, bau tersebut masih tetap akan ada meski mainan kayu sudah akan digunakan. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan berbahaya.

Bahaya yang akan ditimbulkan akibat bau formaldehyde ini adalah hal yang sangat fatal bagi kesehatan apabila tetap terhirup dalam jangka panjang. Terlebih jika yang menghirup adalah bayi atau anak kecil dibawah usia lima tahun yang masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Masalah kesehatan dengan gejal ringan seperti batuk dan flu bisa menjadi awal pemicunya. Hingga pada hal yang lebih serius hal ini bisa menyebabkan terganggunya fungsi organ organ dalm tubuh hingga menyebabkan penyakit ganas seperti kanker.

Seperti Apa Cat Mainan Kayu yang Aman?

Lalu seperti apa cat mainan kayu yang aman? Pertama, usahakanlah untuk selalu menggunakan cat water based. Jangan pernah menoleransi penggunaan cat solvent based. Cat water based adalah cat yang menggunakan pengencer air. Sedangkan cat solvent based adalah cat yang menggunakan pengencer solvent seperti thinner dan spiritus.

Cat water based lebih aman karena pelarut airnya tak mengandung formalin dan senyawa VOC lainnya. Senyawa-senyawa kelompok tersebut umum ditemukan pada pelarut thinner dan spiritus. Selain lebih aman, pelarut air juga lebih murah, bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis karena pasti tersedia di rumah Anda.

Macam-macam produk cat water based

Selanjutnya, carilah produk cat yang sudah punya label no lead, no phthalate, dan sebagainya. Tapi jangan lantas percaya pada label yang disematkan. Minta tanda bukti atau sertifikat dari pihak ketiga yang kredibel atas label seperti itu. Sebagai contoh, cat mainan kayu water based Bioduco dari Bio Industries yang sudah punya sertifikasi aman.

Sertifikasi keamanan bahan tanpa kandungan berbahaya tersebut berasal dari United States Environmental Protection Agency dan European Chemical Agency. Berbagai varian cat Bioduco pun bukan hanya aman untuk finishing mainan kayu, tapi juga punya kualitas hasil finishing yang bagus. Tersedia dalam varian yang lengkap dan pilihan warna beragam, cat water based yang satu ini sangat layak untuk masuk kedalam daftar cat mainan kayu yang aman untuk digunakan.

Informasi Dan Pemesanan

Anda dapat membeli seluruh varian produk Bioduco secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

 

Anda juga bisa membeli seluruh produk Bioduco secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]