Kreasi Unik Meja Belajar Kayu Anak dengan Cat Duco Chalk Paint

Ada rencana untuk ber kreasi dengan cara membuat meja belajar anak sendiri? Perhatikan desain, jenis material yang digunakan dan juga hasil finishingnya. Anda bisa menggunakan kayu yang terkenal sebagai material paling mudah didapatkan. Karena meja belajar anak hanya akan digunakan dalam waktu tertentu saja sebaiknya pilih kayu palet yang ringan dan mudah diolah. 

Anda juga bisa membuat berbagai macam desain meja belajar bahkan hingga memiliki bentuk yang unik. Pastikan meja belajar yang akan digunakan dibuat dengan seaman mungkin. Hindari menggunakan bagian sudut yang terlalu runcing karena akan membahayakan anak-anak. Anda bisa membuat sudut yang tumpul dan tambahan berbagai bentuk karakter hewan atau tokoh kesukaan anak. 

5 Kreasi Unik Meja Belajar Anak Dengan Bioduco Chalk Paint - meja belajar

Terakhir, pastikan jenis finishing yang digunakan memberikan hasil menarik dan tentunya tidak berbahaya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa cat adalah bahan kimia yang memiliki kandungan toxic. Jumlah toxic pada cat yang akan Anda gunakan nanti bisa saja membahayakan kesehatan lingkungan dan juga manusia. 

Anda bisa mengganti cat konvensional atau berbasis solvent dengan menggunakan produk Bioduco Chalk Paint. Cat ini adalah jenis cat terbaru yang pertama kali muncul di Indonesia. Anda bisa menggunakan cat ini sebagai finishing meja belajar kayu untuk Anda karena keamanan produk ini sudah terjamin. Alasannya tentu saja karena Bioduco Chalk Paint terbuat dari bahan dasar air yang ramah lingkungan. 

Macam-Macam Kreasi Meja Belajar Anak dari Chalk Paint

Kombinasi meja belajar anak dengan finishing chalk paint adalah pilihan yang sangat tepat. Bioduco Chalk Paint sebenarnya merupakan cat primer kayu water based yang memiliki pilihan warna pastel. Anda bisa memilih beragam warna yang lembut dan sangat disukai oleh si buah hati. Anda juga bisa memilih untuk mengaplikasikan satu atau mengkombinasikan beberapa warna sekaligus. 

Teknik finishing dengan Bioduco Chalk Paint sendiri cenderung sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Alat yang perlu digunakan sangat sederhana yaitu kuas, dan bahan pelarutnya sangat mudah dan murah apalagi kalau bukan air. Cat ini tidak menimbulkan bau, jadi Anda bisa melakukan kegiatan mengecat bersama dengan anak agar lebih menarik. Anak-anak juga sekaigus bisa memilih jenis warna yang mereka sukai untuk digunakan. 

5 Kreasi Unik Meja Belajar Anak Dengan Bioduco Chalk Paint - bioduco chalk paint

Sangat menyenangkan bukan jika Anda bisa melakukan finishing bersama dengan sang buah hati tercinta? Selain itu, Anda juga bisa sekaligus melatih motorik anak serta mengasah kemampuannya dalam bidang pewarnaan ini. Apa saja kreasi yang bisa Anda terapkan pada meja belajar anak dengan Bioduco chalk paint? Berikut ini beberapa pilihannya. 

Kreasi Meja Belajar Anak dengan Warna Pastel Unggulan

Bioduco chalk paint adalah cat duco yang memiliki 20 pilihan warna pastel. Namun ada lima warna yang menjadi unggulan dari produk ini. Kelima warna ini juga bisa Anda pilih karena tampilannya yang sangat menarik. Lima warna unggulan tersebut adalah Sea Green, Violet, Pink dan Yellow. Kelima warna ini pasti akan sangat disukai oleh anak Anda. 

5 Kreasi Unik Meja Belajar Anak Dengan Bioduco Chalk Paint - warna pastel

Nah untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda bisa mengaplikasikan cat pada permukaan meja belajar yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Amplas permukaan meja kayu sehingga lebih halus dan merata. Kemudian setelah selesai jangan lupa untuk membersihkan debu amplas dan ikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Aplikasikan Bioduco Wood Putty secara merata pada seluruh permukaan kayu dengan pisau scrape. Tunggu hingga mengering sekitar 60 menit setelah aplikasi. Setelah kering amplas dengan amplas nomor 240. Bersihkan debu sisa pengamplasan tersebut. 
  2. Campurkan Bioduco Chalk Paint dengan air pada perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu dengan halus dan rata. Arahkan ke satu arah saja hingga hasilnya halus dan lebih sempurna. 
  3. Diamkan meja hingga mengering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan secara ambang. Gunakan kertas amplas nomor 400 untuk proses pengamplasan ini. Jika hasilnya kurang sesuai, Anda bisa mengulangi proses pengecatan Chalk Paint sampai 3 lapisan. 
  4. Terakhir, aplikasikan Bioduco Top Coat Gloss yang sudah diencerkan dengan air. Diamkan meja hingga kering sempurna selama 24 jam. 

Kreasi Finishing Meja Belajar dengan Dipoles Beeswax

Proses aplikasi dengan produk ini akan memudahkan Anda dalam hal perawatan furniture hingga jangka waktu yang cukup lama. Meja yang Anda finishing tidak akan dilapisi oleh top coat melainkan diganti dengan bahan poles. Anda harus mengaplikasikan bahan poles ini setiap tiga minggu atau satu bulan sekali. Biopolish Beeswax adalah bahan poles kayu yang aman dan ramah lingkungan karena terbuat dari lilin lebah. 

5 Kreasi Unik Meja Belajar Anak Dengan Bioduco Chalk Paint - biopolish beeswax

Anda harus mulai dengan pilih warna dari Bioduco Chalk Paint yang ingin digunakan kemudian persiapkan meja dengan pengamplasan. Baru lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah aplikasinya berikutnya seperti dibawah ini:

  1. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air pada perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata kemudian kuaskan dengan halus ke seluruh permukaan meja. 
  2. Diamkan lapisan cat hingga mengering kemudian amplas dengan menggunakan amplas nomor 320 atau amplas nomor 400. Amplas secara ambang saja hingga permukaan meja yang difinishing menjadi lebih halus. Diamkan lapisan ini mengering sekitar dua atau tiga jam. 
  3. Kemudian, sebagai penutup rangkaian proses finishing Anda bisa siapkan kain dan oleskan Biopolish Beeswax ke seluruh permukaan meja. Gosok dengan menggunakan kain hingga semua bahan menempel dan permukaan meja tampak sedikit mengkilap. Sangat mudah bukan?

Meja Belajar dengan Tampilan Distress

Ada satu lagi teknik finishing yang banyak digunakan dan tentunya bisa Anda coba yaitu teknik distress. Tampilan ini akan membuat furniture yang Anda miliki tampak lebih berbeda dengan menyisakan warna asli kayu. Jika Anda ingin memanfaatkan kayu bekas, gaya finishing ini juga sangat cocok untuk diterapkan. Langkah aplikasinya juga sangat mudah dan Anda hanya membutuhkan chalk paint serta air. 

5 Kreasi Unik Meja Belajar Anak Dengan Bioduco Chalk Paint - meja belajar distress

Penasaran ingin mengetahui bagaimana cara melakukan teknik finishing yang satu ini? Ikuti langkah aplikasi finishing distress dengan Bioduco Chalk Paint sesuai langkah intruksi berikut ini:

  1. Campurkan Bioduco Chalk Paint yang sudah disesuaikan warnanya pilihan Anda dengan air. Gunakan perbandingan yang sama yaitu 2 bahan : 1 air atau dengan konsentrasi larutan 20%. Aplikasikan dengan cara dikuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.
  2. Diamkan lapisan cat mengering sekitar 1 jam setelah aplikasi. Kemudian amplas pada bagian yang menonjol dari meja seperti siku dengan menggunakan kertas amplas kasar grit 180. Bersihkan debu dan amplas secara merata dan ambang dengan menggunakan kertas amplas nomor 320.
  3. Terakhir, Anda perlu mengaplikasikan Bioduco Top Coat Matte yang sudah dicampur dengan air. Gunakan pengenceran dengan perbandingan yang sama dengan Chalk Paint. Kuaskan ke arah yang sama seperti saat Anda mengaplikasikan Bioduco Chalk Paint. Tunggu meja mengering dengan sempurna selama semalaman  atau 24 jam agar bisa langsung digunakan keesokan harinya.

Kreasi Meja Belajar dengan Gaya Finishing Antik

Anda mungkin juga akan memberikan gaya finishing ini untuk meja belajar anak yang sudah tumbuh remaja. Kesan antik yang menarik ini sebenarnya bisa didapatkan dengan cara yang lebih mudah. Untuk membuat meja dengan finishing antik membutuhkan lapisan yang lebih banyak dibandingkan finishing sebelumnya. 

Antik finish

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena tetap saja cara aplikasinya bisa Anda lakukan dengan mudah. Cukup dengan cara mengikuti beberapa langkah finishing berikut ini:

  1. Campurkan Bioduco Chalk Paint dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu dengan halus merata. Aplikasikan searah saja agar hasilnya lebih sempurna. Tunggu lapisan cat hingga kering tanpa harus dijemur. 
  2. Setelah lapisan cat sudah kering, Anda bisa langsung melanjutkan finishing dengan proses pengamplasan. Anda bisa mengamplas permukaan kayu secara merata dengan menggunakan kertas amplas nomor 320. 
  3. Kemudian, aplikasikan Bioduco Top Coat Matte yang sudah dicampur dengan air bersih. Kuaskan secara merata ke seluruh permukaan meja dan tunggu hingga kering baru di amplas secara ambang dengan kertas amplas 400.
  4. Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish Glaze Brown yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Anda bisa mengaplikasikannya dengan kuas, kemudian diamkan beberapa saat dan diusap menggunakan kain. Usapkan ke satu arah yaitu searah serat.
  5. Terakhir aplikasikan kembali Bioduco top coat segera setelah aplikasi Glaze. Meja kayu akan mengering setelah didiamkan semalaman atau 24 jam. 

Meja Belajar dengan Finishing Rustic

Tak hanya menarik, kesan rustic akan terlihat lebih unik dibandingkan dengan finishing yang lainnya. Hanya saja Anda harus mempersiapkan meja belajar dengan benar. Perlu kerusakan yang terlihat alami, cara paling mudah adalah dengan menggunakan sikat kawat searah serat kayu. 

Rustic

Setelah membentuk kerusakan serta, Anda bisa mengikuti langkah pengecatannya berikut ini. 

  1. Aplikasikan Bioduco chalk paint dengan kuas, sebelumnya encerkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. 
  2. Tunggu lapisan mengering setelah kurang lebih 1 jam diaplikasikan kemudian di amplas dengan menggunakan kertas amplas 320. Lakukan pengamplasan secara merata dan bersihkan debunya. 
  3. Aplikasikan Biovarnish glaze brown atau black sesuai kebutuhan. Encerkan terlebih dahulu dengan sedikit air kemudian baru diusapkan dengan kain kering. 
  4. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte dengan kuas yang sudah diencerkan dengan air. Tunggu lapisan terakhir ini mengering selama 24 jam. 

Lapisan terakhir dari top coat harus ditunggu benar-benar kering selama 24 jam atau bahkan lebih. Jika sudah benar-benar kering meja belajar anak baru bisa digunakan. Artinya cat sudah membentuk lapisan film yang kuat dan melindungi. 

Butuh inspirasi lainnya dengan bioduco chalk paint?

Anda dapat mengakses kanal kami berikut ini untuk info kreasi lainnya:

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.