Ingin Meja Belajar Tampak Menakjubkan? Ikuti Langkah Mudah Ini

Meja belajar bagi seorang anak wajib dimiliki di rumah. Untuk tumbuh kembangnya anak tidak hanya belajar di sekolah namun di rumah orang tua juga harus menyediakan meja belajar yang bisa digunakan baik dari umur kanak-kanak hingga dewasa.

Namun seringkali karena pertumbuhan anak yang sangat cepat para orang tua akhirnya harus memebli meja belajar baru karena sang anak bosan dengan tampilan dari mea belajar mereka. Belum lagi masalah tampilan yang kotor karena sering digunakan dan meja belajar tampak kusam.

Di awal mungkin Anda memilihkan meja belajar kayu dengan finishing yang menggunakan plitur bahkan juga pernis.  Tidak salah Anda memilih meja belajar tersebut karena Anda dapat  menggunakannya pada anak perempuan maupun laki-laki.

Meja belajar dengan tampilan natural juga cocok dikombinasikan dalam ruangan bergaya apapun. Apabila Anda meletakan meja belajar menjadi satu dengan ruangan kamar anak Anda, warna natural dari pernis dan juga plitur akan menyesuaikan pilihan gaya apapun yang Anda terapkan.

Namun seirng waktu warna natural dari pernis atau plitur akan memudar. Anda perlu melapisi ulang dengan lapisan cat pernis dan plitur atau Anda juga bisa mengubahnya dengan warna lain seperti warna solid.

Tidakkah Anda bosan dengan pilihan warna yang itu itu saja dan ingin mencoba hasil finishing yang lainnya? Tentu saja ada banyak cara untuk Anda mendapatkan hasil finishing yang sangat berbeda bahkan menakjubkan. Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda bahkan lebih artistik.

Finishing Bakaran Tanpa Api

Salah satu jenis finishing yang bisa Anda dapatkan tanpa harus bersusah payah adalah finishing bakaran. Dengan finishing bakaran ini Anda akan mendapatkan tampilan kayu terbakar dan menampilkan keindahan dari serat kayu yang berwarna tampak lebih tajam.

Teknik ini sangat terkenal di kalangan profesional woodworking, namun jangan berkecil hati karena kini untuk mendapatkan tampilan finishing bakaran Anda tidak membutuhkan apoi sungguhan. Bahkan alat yang Anda gunakan hanyalah kuas dan juga air.

Jika finishing bakaran sebelumnya membutuhkan torch atau alat yang dapat memetik api dengan tekanan tinggi kini Anda hanya membutuhkan bahan finishing berupa cat water based. Bahan ini akan memberikan hasil yang sangat berbeda dan Anda bisa menggunakannya di waktu siang bahkan malam hari.

Proses pengeringan cat water based pun lebih cepat dibandingkan cat solvent yang membutuhkan panas matahari. Ini sebabnya Anda bisa melakukan kegiatan mengecat ulang meja belajar di waktu malam hari ketika anak Anda sedang tertidur.

Melanjutkan dengan finishing bakaran tanpa menggunakan api, Anda akan memerlukan beberapa persiapan dari meja belajar. Apabila Anda akan melakukan finishing ulang pada meja yang sebelumnya pernah dicat maka hilangkan lapisan tersebut hingga bersih.

Jika perlu gunakan paint remover untuk menghilangkan seluruh lapisan cat yang lama dan gunakan pisau palet agar prosesnya lebih cepat. Selanjutnya haluskan permukaan meja belajar dengan amplas sekitar nomor 15 hingga 240. Pengamplasan berfungsi untuk membuka pori kayu dan memperhalus guna mempermudah lapisan cat untuk meresap ke dalam serat kayu.

Kini Anda sudah mendapatkan meja belajar yang haluas dan siap untuk dilapisi dengan finishing bakar. Perlu diingat keberhasilan dari finishing meja belajar ini juga dipengaruhi oleh jenis kayu yang Anda gunakan.

Misalnya saja Anda menggunakan kayu mahoni yang berserat lurus dan berpadu maka hasilnya tidak akan secantik dari meja belajar yang terbuat dari kayu jati belanda yang cenderung memiliki tampilan bentuk dari serat kayu yang lebh artistik.

Nah yang membedakan keduanya adalah serat maka pastikan meja belajar yang dimiliki anak Anda adalah kayu solid dengan serat kayu yang unik.

Proses Pengecatan Meja Belajar Bakaran

Memulai proses pengecatan untuk hasil bakaran dimulai dengan mengikat kawat paling tidak bagian top table saja. Gunakan sikat kawat dan sikatkan searah serat kayu, jika perlu tekan hingga Anda mendapatkan permukaan kayu yang tampak rustik.

Amplas kembali dengan amplas 240 jika perlu gunakan vakum untuk mengambil sisa debu amplas yang masih berada dalam pori kayu. Jika sudah bersih lap dengan kain bersih dan kering. Untuk bahan yang digunakan siapkan Biovarnish wood stain papua rose yang akan membentuk serat kayu.

Ingin Meja Belajar Tampak Menakjubkan? Ikuti Langkah Mudah Ini

Lapisan akhir yang bisa Anda berikan adalah Biovarnish clear coat. Ada dua jenis clear coat yang bisa Anda gunakan yaitu gloss yang akan memberikan tampilan mengkilap dan tampilan matte untuk tampilan yang lebih natural.

Disarankan untuk meja balajar anak tampilan dari Biovarnish clear coat gloss digunakan. Tampilan ini akan memberikan ketahanan dari goresan dan juga lebh tahan lama.

Siap untuk memulai proses finishing bakaran pada meja belajar anak Anda? Berikut ini langkah mudahnya:

  1. Siapkan meja belajar Anda bisa memulai dari bagian top table terlebih dahulu. Campurkan Biovarnish wood stain papua rose dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Anda bisa menakar menggunakan sendok dan masukan ke dalam gelas plastik. Aduk hingga rata dan siapkan kuas sponge.
  2. Aplikasikan wood stain papua rose ke seluruh permukaan meja belajar. Lakukan searah serat kayu dan tunggu hingga sekitar 8 hingga 10 detik lalu hapus dengan kain lap yang kering. Lakukan pengelapan dalam satu arah serat kayu.
  3. Tunggu lapisan papua rose mengering tana dijemur sekitar 60 menit. Amplas ambang dengan amplas 400 hingga halus. Jika sudah Anda bisa menggunakan lapisan selanjutnya yaitu clear coat gloss.
  4. Siapkan Biovarnish clear coat gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga rata dan siapkan kuas sponge yang sudah dicuci hingga bersih.
  5. Kuaskan clear coat searah serat kayu kemudian tunggu kering hingga semalaman. Anda bisa mendiamkan meja belajar dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Pastikan tidak ada kipas yang menyala agar tidak menimbulkan debu menempel pada meja.

Dengan kelima langkah di atas Anda akan mendapatkan hasil finishing meja belajar yang tampak artistik dengan warna kayu terbakar. Tampilan terbakar dengan lapisan cat ini tentu saja akan lebih mudah daripada Anda menggunakan api sungguhan. Kemudahan tanpa menggunakan gas dan juga api.

Tingkat berbahaya juga lebih rendah, kelebihannya adalah dengan menggunakan lapisan cat dari Biovarnish produk ini tidak akan menimbulkan bau yang membahayakan anak Anda. Jika Anda menggunakan cat Biovarnish adalah pilihan yang aman dan juga lebih nyaman untuk anak-anak Anda.

Keamanan untuk anak Anda adalah sangat penting. Anda tentu tidak ingin menggunakan lapisan cat solvent yang berbahaya untuk meracuni anak Anda di masa depan. Cat water based Biovarnish bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui situs ini. Langsung saja Anda menghubungi nomor yang tertera dalam situs ini.

Keunggulan Biovarnish untuk Finishing Bakaran Tanpa Api

Dilihat dari langkah-langkah pengaplikasikannya, Biovarnish adalah bahan finishing yang tepat menggantikan torch untuk membakar api. Hasilnya pun tak kalah bagus dengan finishing bakaran yang asli. Kamu bahkan tak perlu khawatir soal bahaya api, apalagi jika belum berpengalaman untuk menggunakan torch. 

Biovarnish adalah produk bahan finishing berpelarut air yang proses aplikasinya sangat mudah dan cepat kering. Bagaimana tidak, untuk setiap satu lapisan Anda hanya perlu menunggu selama 60 menit untuk pengeringan. Setelahnya bisa dilanjut proses aplikasi tanpa cacat. 

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan Biovarnish sebagai pengganti torch untuk membakar kayu. Apa saja keunggulannya? Simak berikut ini. 

  • Berbagai warna bakaran

Ciri khas dari kayu yang terbakar adalah warnanya. Tak semua warna stain memiliki tingkat transparansi yang tepat untuk hasil kayu bakaran. Namun Biovarnish wood stain berhasil memberikan warna yang sesuai. Warna papua rose dari Biovarnish memberikan kesan kayu terbakar yang masih bisa memperlihatkan serat kayu. 

Hasilnya kayu tidak tampak gosong tetapi seratnya masih tampak tipis. Selain itu warna gelap kemerahan dari papua rose memberikan efek terbakar yang sangat eksotis. Supaya hasilnya sempurna, perhatikan secara detail bagaimana menggunakan wood stain papua rose Biovarnish. 

  • Kayu tetap mendapatkan perlindungan

Tujuan utama dari pembakaran kayu aslinya bukan sekedar memberikan tampilan eksotis saja. Teknik pembakaran kayu berasal dari Jepang bernama shou sugi ban yang tujuannya adalah pengawetan kayu cedar. Memang benar permukaan kayu dibakar untuk membentuk suatu lapisan pelindung secara alami. 

Biovarnish tak kalah kualitasnya dalam hal perlindungan pada kayu. Selain memberikan tampilan kayu terbakar yang indah kayu juga akan terlindung dari cuaca hingga rayap. Adanya lapisan Biovarnish clear coat sebagai pernis membuat perlindungan kayu semakin maksimal. 

  • Peralatan finishing yang mudah dan murah

Tak seperti pernis kebanyakan, alat dan bahan pelarut yang dibutuhkan sangat sederhana. Anda bisa mendapatkan semua alatnya di toko bahan bangunan terdekat. Seperti kuas yang berbulu halus dari bahan nilon. Kain katun yang bisa diambil dari kaos bekas dan gelas plastik untuk melarutkan bahan cat. 

Bahan pelarutnya bahkan hanya air, di mana Anda tidak perlu membeli thinner seperti yang terjadi jika menggunakan cat solvent. Dimana lagi Anda akan mendapatkan kemudahan aplikasi dengan alat sederhana selain Biovarnish? 

  • Warna bakaran yang bertahan lama

Berkat perlindungan yang diberikan oleh Biovarnish clear coat, maka warna dari finishing bakaran bisa bertahan lama. Transparansi yang diberikan clear coat Biovarnish sangat tinggi sehingga tampak tidak dilapisi pernis. Warna transparan pun juga akan bertahan lama karena kandungan formalin yang rendah. 

Formalin terkenal sebagai bahan yang membuat efek menguning pada pernis. Biasanya paling sering muncul pada pernis solvent. Apalagi jika meja belajar sering terekspos sinar matahari. Dengan Biovarnish transparansi meja belajar kayu bakaran bisa bertahan lebih lama. 

  • Daya rekat yang tinggi 

Daya rekat dari Biovarnish untuk semua lapisannya sangat tinggi. Penting sekali untuk menggunakan cat yang memiliki daya rekat tinggi karena jika terlalu sering panas bisa retak bahkan mengelupas. Efek ini akan memperlihatkan bahwa meja kayu tidak dibakar secara langsung tetapi menggunakan cat. 

Biovarnish mencegah masalah cat mengelupas dalam kondisi apapun. Daya rekatnya yang tinggi dibarengi dengan fleksibilitas. Sehingga jika kayu berubah bentuk karena perubahan cuaca cat akan tetap kuat menempel. 

Tertarik untuk mencoba Biovarnish untuk finishing bakaran? Anda bisa langsung membeli produknya di :

  1. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries
  2. https://www.tokopedia.com/catkayu
  3. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased