You are currently viewing Ikuti 4 Tips Finishing Kayu Jati Belanda agar Tampak Natural Sempurna

Ikuti 4 Tips Finishing Kayu Jati Belanda agar Tampak Natural Sempurna

Kayu jati belanda merupakan jenis kayu yang sering digunakan di Indonesia untuk furniture atau interior lainnya. Untuk menunjang penampilan maka perlu finishing kayu jati belanda yang tepat.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Maka dari itu, banyak perusahaan kayu memanfaatkan kayu dari pohon-pohon yang ada di Indonesia untuk kebutuhan furniture, perabotan, interior dll. Salah satu kayu yang sering digunakan adalah kayu jati belanda.

Kayu jati belanda merupakan jenis kayu yang sering digunakan untuk rangka furniture. Karena jenis kayunya yang mudah dibentuk, memiliki serat yang indah dan murah. Dan untuk menunjang tampilan kayu maka perlu finishing kayu jati belanda agar lebih menarik.

Finishing Kayu Jati Belanda yang Tepat

Kayu jati belanda memiliki warna yang cerah dan serat yang rapi maka sering digunakan untuk furniture atau interior. Bahkan kini, kayu jati belanda sering dibentuk menjadi palet dan digunakan untuk cafe atau restaurant. Walaupun memiliki tampilan yang cerah dan indah, tetap perlu dilapisi coating agar warna lebih tajam dan kayu tetap terlindungi.

Tujuan pemberian coating pada kayu tidak hanya bertujuan untuk memperindah tampilan kayu saja melainkan juga untuk melindungi kayu dari gangguan luar seperti debu, jamur, serangga ataupun mikroorganisme perusak kayu lainnya.

finishing kayu jati belanda

Jika saat ini Anda masih menggunakan cat solvent based, alangkah baiknya untuk mengurangi penggunaan dari cat ini. sebab, jenis cat ini mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan lingkungan. Dampak yang paling fatal dari penggunaan cat solvent based secara terus-menerus adalah kanker. Bahkan menjadi salah satu penyebab dari melebarnya lapisan ozon.

Anda dapat menggunakan cat water based sebagai pengganti cat solvent based karena kandungan bahannya yang jauh lebih aman dan rendah VOC. Volatile Organic Compound (VOC) merupakan senyawa beracun yang meudah menguap ke udara, semakin tinggi kandungan VOC maka semakin berbahaya cat tersebut digunakan. Cat water based lebih ramah lingkungan sebab penggunaan bahan dasar serta pelarutnya dari air. Cat ini memang baru berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir karena minat masyarakat akan cat yang ramah lingkungan semakin meningkat.

Berikut tips finishing kayu jati belanda yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

  1. Ampelas terlebih Dahulu

Pengampelasan bertujuan untuk meratakan serta membersihkan permukaan kayu agar mudah untuk di finishing. Anda dapat menggunakan ampelas mesin ataupun manual. Untuk cara mesin biasanya caranya adalah memutar, hal ini berisiko akan tampilan dari kayu tersebut karena dapat menyebabkan goresan. Sedangkan cara manual lebih rapi namun membutuhkan waktu sedikit lama.

  1. Aplikasi Wood Filler

jensi amplas

Jika Anda menginginkan tampilan close pore pada kayu jati belanda, maka aplikasikan wood filler. Anda dapat menggunakan pisau palet atau kuas lalu diamkan selama setengah jam. Setelah kering sempurna, ampelas kembali

  1. Aplikasikan Wood Stain

wood stain

Wood Stain dapat juga menggunakan plitur atau cat kayu lainnya yang bertujuan sebagai colouring.

  1. TopCoat

biovarnish clea coat

Untuk hasil yang maksimal maka perlu aplikasikan clear coat untuk tahap akhir pada finishing kayu jati belanda ini.

Cat Kayu Ramah Lingkungan

Finishing kayu jati belanda di atas dapat mengggunakan cat water based Biovarnish. Bahkan Biovarnish tersedia dari base coat hingga topcoat sehingga akan mempermudah proses finishing Anda. Cat ini menggunakan bahan-bahan yang aman dan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Untuk informasi atau pemesanan Biovarnish ini, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056