Rahasia Cara Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Jati Belanda

Kayu jati belanda memiliki serat yang unik dan akan sangat bagus jika difinishing dengan efek terbakar. Anda bisa menciptakan efek terbakar saat finishing kayu jati belanda. Untuk mengetahui tentang bagaimana cara membuat efek terbakar pada kayu jati belanda, anda bisa menyimaknya pada artikel ini.

Menyelesaikan proyek kayu berarti Anda sudah masuk ke dalam tahapan finishing atau mengecat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang maksimal tandanya Anda harus memilih alat, memilih bahan finishing serta jenis finishing apa yang ingin Anda dapatkan.

Baca Juga : cara mengecat kayu palet jati belanda dengan warna natural

Baru! Teknik Cara Membakar Kayu Jati Belanda Tanpa Api

Memilih konsep sangat penting karena ada banyak sekali hasil finishing yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan atau bahkan dimana proyek kayu Anda akan diletakan. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, Anda bisa mencoba finishing kayu terbakar.

Finishing jenis ini sangat cocok digunakan pada kayu yang memiliki serat unik dan tidak hanya kayu mahal seperti kayu jati saja Anda bisa mengaplikasikanya. Anda bisa mendapatkan bahan kayu jati belanda yang memiliki harga murah dan juga memiliki serat yang menarik untuk diekspose.

Baca Juga : simak rahasia finishing jati belanda yang jarang orang ketahui

Jadi bagi Anda yang ingin menyelesaikan proyek furnitur atau olahan kayu jati belanda disarankan untuk menggunakan finishing tampilan seperti terbakar ini.

Mengapa Kayu Jati Belanda Cocok untuk Finishing Efek Terbakar?

Ada alasan mengapa kayu jati belanda cocok difinishing dengan efek kayu terbakar. Mungkin Anda sudah pernah mencoba finishing serat buatan menggunakan rubber grain atau Anda pernah finishing transparan.

Finishing rubber grain bisa Anda aplikasikan bahkan pada kayu yang tidak memiliki serat baik seperti veneer. Namun pada serat buatan ini Anda membutuhkan ketrampilan yang baik bahkan Anda perlu belajar untuk menciptakan pola seratnya.

Baca Juga : rahasia finishing kayu natural transparan dengan plitur kayu jati belanda

inishing Furniture Cafe dengan Tampilan Antik

Berbeda dengan kayu jati belanda yang memang sudah memiliki serat menarik. Cara satu-satunya adalah dengan meningkatkan atau menampilkan motif serat kayu jati belanda tersebut. Namun bagaimana caranya? Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan cara lengkap dan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk finishing kayu jati belanda seperti terbakar.

Finishing kayu jati belanda yang kini banyak digandrungi pecinta kayu adalah finishing kayu terbakar. Cara ini lebih artistik dan menciptakan nilai estetika tinggi pada furnitur yang terbuat dari kayu jati belanda daripada hanya finishing natural transparan saja.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing kayu terbakar yang tepat, cat kayu water based menjadi alternatif yang sangat tinggi dan tidak boleh dilewatkan. Cat kayu water based akan memberikan perlindungan tanpa menimbulkan toxic di udara.

Sangat berbeda dengan cat solvent yang akan mengeluarkan toxic ke udara sehingga akan membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Mengenal Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda sebenarnya adalah kayu pinus yang banyak didapatkan di banyak belahan dunia. Kayu pinus dapat tumbuh di negara mana saja. Fungsi utama yang banyak digunakan dari kayu pinus adalah sebagai bahan untuk pengemasan produk ekspor dan juga impor.

Ringannya kayu pinus membuat kayu ini banyak digunakan dan termasuk kayu lunak yang mudah untuk dibentuk. Kebanyakan kayu jati belanda atau pinus ini akan berbentuk palet yang digunakan sebagai alat pengemasan.

Menciptaan Efek Kayu Terbakar Pada Jati Belanda

Namun karena banyaknya barang impor yang masuk ke Indonesia maka kayu jati belanda yang digunakan untuk pengemasan pun juga menumpuk yang akhirnya banyak dijual. Awalnya kayu jati belanda tidak terlalu laku namun karena memiliki serat yang menarik maka kayu ini banyak digunakan .

Bahkan bagi Anda yang menyukai proyek kayu dan ingin memulai karir di bidang ini kayu jati belanda adalah material yang sangat bagus untuk bahan percobaan. Harganya sangat murah dan mudah didapatkan menjadi kelebihan yang bisa Anda manfaatkan.

Warna kayu jati belanda yaitu putih membuat Anda semakin mudah untuk melakukan finishing baik itu finishing transparan ataupun finishing rustik yang memiliki tekstur.

Kayu jati belanda memiliki serat kayu yang sangat unik seperti kayu jati namun kekuatannya sangat beda dengan kayu jati. Sehingga kayu ini hanya bisa diletakan dalam ruangan yang tidak terkena hujan atau panas secara langsung yang akan membuat kayu menjadi lebih cepat rusak.

Proses Finishing Kayu Terbakar Jati Belanda

https://www.youtube.com/watch?v=AlHllQFsCbg

Anda yang ingin mendapatkan finishing kayu terbakar dari jati belanda harus mempersiapkan beberapa alat seperti kuas dari nylon dengan ukuran besar 3 sampai 5 inci sesuai dengan material yang akan difinishing.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan cat kayu water based Biovarnish dengan warna sesuai yang diinginkan. Anda bisa memilih lima warna unggulan yaitu walnut brown, salak brown, light brown, yellow ox atau candy brown. Untuk melihat contoh warna silahkan masuk ke bagian produk.

Bahan finishing yang selanjutnya harus disiapkan adalah Biovarnish Sanding Sealer, Glaze Black dan juga Biovarnish Clear Coat. Keempat produk hanya memmerlukan bahan pelarut air. Anda bisa menyiapkan bahan pelarut air yang memiliki PH ±7.

Menciptaan Efek Kayu Terbakar Pada Jati Belanda

Air yang terlalu asam hanya akan membuat kerusakan. Jadi pastikan Anda mendapatkan bahan pelarut air yang tidak asam. Siapkan juga amplas dan juga kain katun bersih. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Lakukan Persiapan

Siapkan kayu jati belanda yang sudah bersih dari kotoran, debu dan juga minyak kayu. Permukaan harus halus jika Anda ingin mendapatkan permukaan dengan halus. Pastikan Anda telah melakukan pengamplasan dengan benar.

Gunakan Liquid Stain

Campurkan Biovarnish Liquid Stain dengan warna pilihan dan campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air.

produk liquid stain

Pastikan tercampur rata dan kuas hingga rata searah serat kayu. Tunggu mengering sekitar 60 menit lalu amplas dengan kertas amplas aluminium oxide nomor 400. Hilangkan debu amplas.

Aplikasikan Glaze

Campurkan Biovarnish Glaze Black dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air kemudian kuaskan searah serat kayu. Tunggu lima menit baru Anda hapus dengan kain lap yang sudah dibasahi dan diperas. Pastikan glaze tertinggal pada bagian serat di kayu jati belanda. Jika belum terlihat jelas Anda bisa mengaplikasikan glaze kembali.

Gunakan Sanding Sealer

Agar Glaze mengering, campurkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air.

finishing metode spray

Kemudian aduk dan Anda bisa langsung mengaplikasikan dengan spray system. Aplikasikan hingga rata dan tunggu kering sekitar 60 menit dan mulai pengamplasan dengan kertas amplas yang sama.

Aplikasikan Clear Coat

Langkah terkahir adalah dengan mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat Coat. Untuk hasil yang tampak lebih natural Anda bisa memilih Biovarnish Clear Coat Matte yang dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan spray gun. Tunggu Clear Coat mengering selama 24 jam untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Tips Finishing

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas maka Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna yaitu finishing kayu terbakar. Tips yang perlu Anda ikuti adalah selalu aplikasikan cat jika menggunakan kuas adalah searah serat kayu.

Menyapu kuas searah serat kayu akan lebih memberikan hasil yang halus, dan jangan khawatir masalah bekas sapuan kuas. Cat kayu Biovarnish adalah produk cat yang telah dirancang memiliki sapuan kuas halus dan tidak menimbulkan bekas sapuan kuas.

Cat Kayu Pernis

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih halus lagi Anda bisa membalut kuas nylon atau kuas bulu alami dengan kain katun dan aplikasikan cat tipis-tipis saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top