Begini Cara Mengolah Kayu Jati Belanda Untuk Membuat Furniture Anak

Anda ingin menciptakan furnitur di rumah untuk anak Anda? Penggunaan kayu jati belanda kini banyak digemari kalangan DIY yang ingin menciptakan furnitur untuk anak mereka. Desain yang diciptakan bisa bermacam-macam bahkan untuk furnitur anak.

Cara mengolah kayu jati belanda untuk menjadi furnitur anak tidaklah sulit. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan dan juga mempersiapkan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.

Untuk pertama Anda bisa menyiapkan desain. Jika perlu pilih jenis furnitur yang dalat dibongkar pasang sehingga Anda bisa menyimpannya ketika anak sudah dewasa. Anda perlu menentukan desain apakah Anda akan menciptkan furnitur kursi, meja belajar bahkan tempat tidur.

Jika Anda adalah seorang pemula maka sebaiknya pililhlah di awal untuk menciptakan kursi. Pilih desain dan gaya apa yang akan Anda gunakan. Jika ingin memiliki kursi yang unik tambahkan bentuk binatang yang anak Anda sukai seperti gajah, singa, atau burung pada bagian sandaran.

Setelah itu Anda bisa memilih bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan. Pemilhan cat tentu bisa Anda pilih sesuai dengan warna yang disukai oleh anak Anda. Sedangkan untuk keamanan selalu pilih bahan finishing yang bebas dari VOC atau logam berat.

Jenis cat water based adalah pilihan yang tepat. Cat water based akan mengandung rendah VOC sehingga anak Anda yang menggunakannya tidak akan terkontaminasi dari bahaya logam berat.

Rancangan dan bahan finishing telah siap kini Anda bisa memulai untuk menciptakan kreasi kursi kayu untuk buah hati Anda.

Keunggulan Kayu Jati Belanda Sebagai Furnitur Anak

Mengapa Anda harus memilih kayu jati belanda sebagai furnitur anak? Masih banyak jenis kayu di luar sana yang bisa digunakan sebagai furnitur anak. Namun kayu jati belanda memiliki kelebihannya sendiri ketika digunakan sebagai furnitur anak.

Apa saja kelebihan yang diberikan dan bisa Anda manfaatkan? Anda akan mendapatkan berbagai manfaatnya berikut ini:

  1. Ringan

Kayu jati belanda adalah kayu yang sangat ringan. Jika Anda akan melakukan pengolahan maka disarankan untuk menggunakan kayu ini sebagai furnitur anak Anda. Sifatnya yang ringan ini tidak akan membahayakan anak Anda ketika menggunakan furnitur.

Cara Mengolah Kayu Jati Belanda Untuk Furnitur Anak

Pasti Anda sudah mengetahui ketika seorang anak menggunakan furnitur maka apa saja bisa terjadi maka sebaiknya Anda memilih furnitur yang ringan tidak terlalu berat yang akan menimbulkan kecelakaan.

Kursi misalnya ketika anak Anda ingin memindahkan kursi maka tidak akan merasa kesulitan karena bobot kursi yang ringan. Anda akan mendapatkannya dengan mudah.

  1. Kayu lunak

Kayu jati belanda adalah jenis kayu lunak yang sangat mudah untuk dibentuk. Baik itu Anda adalah seorang pemula maupun seorang profesional di bidang perkayuan kayu lunak adalah jenis kayu yang memudahkan pekerjaan.

Dalam hal memotong kayu, atau membentuknya menjadi berbagai macam bentuk hingga proses pengamplasan Anda tidak membutuhkan tenaga yang besar. Proses pemotongan bisa cepat begitupula dengan proses pengamplasan.

Karena kayu lunak sangat mudah diamplas dan menimbulkan permukaan yang halus bahkan rata.

  1. Warna menarik

Kayu jati belanda memiliki warna yang sangat mudah untuk dicat. Warna putih dari kayu jati belanda sangat memungkinkan Anda untuk mengecat dengan berbagai macam warna baik itu warna solid maupun warna natural.

Anda akan mendapatkan warna natural dan serat kayu akan terlihat dengan baik. Begitu juga dengan furnitur anak Anda bisa memberikan warna solid yang akan menutup serat kayu dengan baik.

  1. Murah dan mudah

Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang sangat mudah untuk didapatkan. Masa panen yang cepat dati kayu jati belanda bisa hanya 10 tahunan membuat kayu ini sangat mudah untuk didapatkan.

Di Indonesia sendiri kayu jati belanda bisa Anda dapatkan dengan mudah di pulau besar seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Karena kemudahannya untuk didapatkan kayu jati belanda bisa Anda dapatkan dengan harga yang mura. Biasanya kayu jati belanda dijual dalam bentuk kayu palet karena kebanyakan digunakan sebagai produk untuk packing produk  yang akan di ekspor.

Melihat kelebihan dari kayu jati belanda ini maka Anda tidak akan melewatkannya bukan? Namun satu hal yang perlu Anda ketahui yaitu kayu jati belanda yang memiliki jenis kayu lunak ini sangat bergantung pada jenis bahan finishing yang digunakan.

Bahan Finishing Kayu Jati Belanda yang Tepat untuk Furnitur Anak

Anda akan menggunakan bahan finishing water based yang tepat digunakan pada jenis kayu jati belanda. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui merk dan bagaimana Anda bisa menggunakannya pada furnitur anak Anda.

Merk cat water based yang ditawarkan untuk digunakan pada furnitur anak Anda adalah Biovarnish. Produk ini adalah produk cat yang bisa Anda aplikasikan di kala musim hujan atau lembab karena kemampuannya kering sempurna tanpa bantuan dari panas matahari.

Cara Mengolah Kayu Jati Belanda Untuk Furnitur Anak

Selain itu jika melihat dari kemampuannya digunakan pada furnitur anak aman dan juga ramah lingkungan. Mengapa? Hal ini disebabkan bahan finishing Biovarnish telah sesuai regulasi yang membatasi penggunaan dari VOC.

Ketika Anda justru menggunakan bahan finishing untuk furnitur yang mengandung VOC tinggi maka akan menimbulkan polusi di dalam ruangan dimana furnitur anak Anda diletakan. Jika Anda berniat untuk membuat tempat tidur maka polusi bisa memenuhi ruangan kamar anak Anda.

Sedangkan jika Anda akan menggunakan Biovarnish sebagai pilihan bahan finishing furnitur anak Anda hanya ada air yang menguap di udara. Polusi tidak terjadi dan anak Anda akan aman dari berbagai macam polusi.

Perlindungan pada kayu jati belanda juga dilakukan oleh cat Biovarnish yang bisa Anda dapatkan dari Biovarnish Wood Filler. Produk ini akan menutup pori kayu sehingga mengurangi fungsi pori kayu yang akan menyerap kelembaban udara dan menimbulkan pelapukan.

Produk Biovarnish akan memberikan berbagai macam warna natural furnitur anak yang terbuat dari kayu jati belanda. Warna natural yang disediakan juga beragam Anda bisa mendapatkan furnitur dengan warna asli kayu jati belanda atau memilih menggunakan warna kayu yang lainnya seperti salak brown atau walnut brown.

Cara Mengolah Kayu Jati Belanda Untuk Furnitur Anak

Pemilihan warna dari Biovarnish wood stain yang tersedia juga sangat bervariasi Anda bisa memilih dari 20 warna natural yang tersedia. Sebagai perlindungan akhir bagian paling atas Anda akan mendapatkannya dari Biovarnish Clear Coat.

Sebagai lapisan akhir dari warna transparan ada dua sheen level yang bisa Anda pilih yaitu gloss dan juga death matte. Pemilihan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan furnitur dengan tampilan natural atau tampilan mengkilap.

Namun semua pemilihan tentu tergantung dengan desain dan warna yang telah Anda tentukan di awal. Namun jika Anda menggunakan cat Biovarnish tidak hanya warna yang akan Anda dapatkan namun juga masalah keamanan terbebas dari polusi.

Cara Mengecat Furniture Anak dari Kayu Jati Belanda

Memilih Biovarnish memang cara yang tepat, tetapi untuk mendapatkan hasil sempurna Anda harus tahu bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar. Bagi DIY, tentu sebuah kepuasan sendiri ketika Anda bisa menyelesaikan proyek furniture anak sendiri di rumah. 

Selain tingkat keamanan dan kelengkapan warna naturalnya, Biovarnish juga terkenal sebagai produk yang mudah untuk diaplikasikan. Siapa saja bahkan para pemula bisa mengecat dan menghasilkan tampilan rata serta halus. 

Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan? Anda hanya perlu menyiapkan alat seperti kuas dengan bulu nilon atau busa yang baru. Pastikan untuk menggunakan kuas berbeda dari masing-masing bahan Biovarnish. Siapkan juga amplas alumunium oxide nomor 220, 240 dan 400. 

Terakhir bahan pelarut air yang bersih sangat dibutuhkan, wadah untuk melarutkan seperti gelas plastik, pengaduk dan juga kain kering untuk membersihkan debu. Sedangkan bahan finishing yang dibutuhkan adalah Biovarnish wood filler, wood stain dan juga clear coat. 

Karena digunakan untuk furniture anak, sebaiknya pilih Biovarnish clear coat gloss yang lebih tahan terhadap goresan. Apabila semua peralatan telah disiapkan, Anda bisa mengikuti beberapa langkah aplikasinya berikut ini. 

  • Mempersiapkan furniture anak

Selesai membuat furniture anak, permukaan kayu harus dipersiapkan terlebih dahulu. Kayu masih kotor biasanya tersumbat debu pada bagian pori dan beberapa bekas goresan akibat pengolahan seperti pemotongan. Semua harus dihaluskan dengan menggunakan amplas nomor 220. 

Apabila permukaan kayu terlalu besar, Anda bisa menggunakan hand sander untuk menghaluskan. Amplas hingga permukaan bebas cacat goresan, debu dan kotoran. Raba untuk memastikan tingkat kehalusannya. 

  • Memperbaiki lubang pada kayu

Biasanya furniture memiliki bekas sambungan yang belum rapat atau kerusakan alami kayu seperti lubang bekas serangga. Semua cacat tersebut tentunya perlu diperbaiki supaya Biovarnish nantinya dapat mengisi pori kayu secara maksimal. Hasilnya juga akan lebih halus serta rapi. 

Caranya adalah dengan menggunakan Biovarnish wood filler yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Anda bisa mulai mengambil sedikit wood filler dengan kain katun. Isikan atau gosok ke seluruh bagian permukaan kayu baik itu memutar atau melawan arah serat.

Tunggu wood filler mengering 20 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan. Kali ini gunakanlah amplas nomor 240. Bersihkan debu amplas dengan kain kering yang baru. 

  • Memberikan warna stain pada furniture

Langkah ketiga adalah memberikan warna, jangan lupa pilih terlebih dahulu warna manakah yang menarik untuk digunakan. Anda bisa memilih warna sesuai dengan desain ruangan. Jika sudah mulai dengan melarutkan cat terlebih dahulu. 

Biovarnish wood stain perlu dilarutkan dengan air perbandingan 2:1 supaya mudah untuk dikuaskan. Aduk dahulu hingga larutan tercampur rata dan tidak ada endapan. Baru kuas ke permukaan furniture dan ingat harus searah dengan serat kayu. 

Tunggu stain mengering 60 menit tanpa menjemur furniture. Baru amplas ambang dengan amplas nomor 400. Setelah itu bersihkan kembali dengan kain kering. 

  • Mengaplikasikan pernis Biovarnish

Biovarnish clear coat merupakan pernis water based yang menjadi pelindung pertama pada furniture. Cara aplikasinya pun tak jauh berbeda dengan wood stain yaitu dengan mencairkan terlebih dahulu. Gunakan perbandingkan yang sama yaitu 2:1 dan aduk merata.

Baru setelah itu kuaskan ke permukaan kayu harus searah serat. Bedanya proses pengeringan berlangsung selama semalaman. 

Aplikasi yang mudah bahkan cat yang aman untuk furniture anak, membuat Biovarnish tepat digunakan. Anda bisa melakukan pembelian cat ini melalui :

  1. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  2. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries
  3. https://www.tokopedia.com/catkayu

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.