Merubah Warna Kayu Mahoni yang Kemerahan Menjadi Warna Kayu Jati

Anda ingin mengecat kayu mahoni agar mempunyai warna yang mirip dengan jati? Sebelum memulai, sebaiknya simak langkah aplikasinya disini!

Warna kayu mahoni yang kemerahan seringkali tidak disukai oleh beberapa orang. Namun, seratnya justru banyak digemari karena eksotis dan unik. Kayu ini juga tidak terlalu tahan terhadap panas matahari, sehingga banyak digunakan untuk bahan furniture indoor. Untuk mendapatkan furniture berkualitas dari kayu mahoni, anda dapat melakukan pengecatan agar warnanya berubah bahkan mampu menyerupai warna kayu jati.

Menciptakan dan Merawat Furniture Kayu Mahoni

Dengan seratnya yang eksotis dan unik, sebenarnya hanya perlu sedikit polesan agar warna kayu mahoni berubah dan disukai banyak orang. Langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan bleaching atau pemutihan agar warna kayu dapat diubah menyerupai warna kayu jati. baru kemudian dilanjutkan dengan proses coating.

Sebelum melakukan finishing dan treatment pada kayu mahoni, alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu bagaimanakah karakter dari kayu mahoni. Sehingga akan membantu mempermudah anda untuk mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk melakukan finishing menggunakan jenis kayu ini.

Kenali Karakter Kayu Mahoni Sebelum Finishing

Kayu mahoni termasuk golongan kayu dengan kualitas yang baik namun tingkat ketahanan dan keawetannya berada di bawah kayu jati. Serat kayu mahoni berbentuk lurus dengan tekstur halus dan memiliki pori-pori kecil. Sehingga memudahkan untuk proses aplikasi wood filler. Warna kayu bagian terasnya merah muda cenderung pucat. Adapula kayu mahoni yang berwarna merah tua, mirip dengan warna hati.

Cara Mengecat Kayu Mahoni Menjadi Wa

Pohon mahoni sendiri banyak tumbuh dan ditemukan di pulau Jawa, sehingga ketersediaan kayu mahoni tidak perlu dikhawatirkan. Mahoni tergolong jenis pohon penghasil kayu sehingga hanya memiliki masa tumbuh sekitar 7 hingga 15 tahun saja. Pada dunia industri kayu, mahoni seringkali digunakan sebagai mebel-mebel indoor bahkan handicraft.

Ciri di atas khususnya pada masa tebang yang cepat menjadi alasan mengapa kayu mahoni sering dipilih untuk menggantikan kayu jati. Maka untuk mendapatkan furniture kayu mahoni dengan tampilan kayu jati, diperlukan penurunan intensitas warna kayu mahoni yang kemerahan dengan bleaching kayu.

Mengubah Kayu Mahoni Menjadi Warna Jati

Proses menurunkan warna kayu mahoni dilakukan sebelum mengecat kayu dengan pernis untuk mendapatkan warna kayu jati membutuhkan bleaching kayu. Memilih bleaching kayu berkualitas adalah salah satu cara Anda menjaga kualitas furniture dari kayu mahoni.

Bleaching kayu yang berkualitas adalah bleaching yang akan menurunkan warna kayu tanpa merusak serat kayu mahoni. Jika Anda salah memilih bleaching maka serat kayu akan hilang dan akan sulit untuk mendapatkan tampilan natural kayu jati.

Salah satu produk bleaching kayu yang berkualitas dan sangat cocok untuk menurunkan intensitas warna kayu mahoni adalah White Agent 250. Diformulasikan dengan 25% sodium hypochlorite yang akan menurunkan warna namun tidak merusak serat kayu. Berikut ini cara aplikasinya:

  • Pastikan kayu mahoni sudah kering dengan MC kayu 12% agar minyak kayu tidak naik setelah selesai difnishing.
  • Campurkan White Agent 250 dengan air perbandingan 1 : 1.
  • Kuaskan bahan pada semua permukaan kayu mahoni hingga rata.
  • Tunggu mengering tanpa dijemur dibawah sinar matahari. Bleaching akan bekerja sekitar 4-6 jam dan warna kayu yang cerah akan muncul.
  • Untuk hasil optimal, tunggu hingga semalaman agar warna kayu mahoni tidak kembali lagi menjadi warna merah.
  • Jika sudah ditunggu semalaman, bilas kayu mahoni dengan air yang sudah dicampur detergen. Keringkan dengan diangin-anginkan lalu masuk pada proses pengecatan.

Hasil finishing menggunakan White Agent 250 untuk kayu mahoni akan sangat memudahkan Anda untuk mendapatkan tampilan mirip dengan kayu jati pada berbagai macam jenis mebel.

Cara Mengecat Kayu Mahoni Dengan Cat Water Based

Setelah proses bleaching selesai lakukan proses finishing menggunakan cat motif kayu water based. Penggunaan cat water based akan lebih aman dan ramah lingkungan, selain itu lebih hemat karena anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya.

Cat kayu water based Biovarnish sangat direkomendasikan untuk finishing furniture kayu mahoni agar hasilnya mirip kayu jati. Selain karena aman dan ramah lingkungan, produk ini juga mudah diaplikasikan. Hasil finishingnya juga rata dan halus sehingga akan mampu menjaga kualitas furniture anda.

Ini Ternyata Alasan Kayu Mahoni Banyak Disukai

Aplikasi biovarnish sangat mudah, Anda cukup mempersiapkan bahan mulai dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Clear Coat beserta alat finishing lainnya. Siapkan kertas amplas aluminium oxide no. 240 dan 400. Siapkan air dan juga kuas serta gelas plastik. Berikut ini langkah aplikasinya:

  • Siapkan kayu mahoni yang sudah kering dan selesai dibleaching. Amplas hingga merata, bersihkan debu sisa pengamplasan.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrape ke seluruh permukaan kayu mahoni terutama pada bagian kayu yang cacat. Tunggu kering sekitar 20 menitlalu amplas hingga serat kayu terlihat, hilangkan debu sisa pengamplasan.
  • Campurkan Biovarnish liquid stain warna light brown dengan air perbandingkan 2 : 1. Aplikasikan menggunakan kuas searah serat kayu hingga merata. Tunggu mengering sekitar 30 menit, amplas ambang dengan amplas no 400. Ulangi tahap ini jika perlu.
  • Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish Clear Coat Matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 : 1. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata searah serat kayu.
  • Tunggu cat mengering hinggasemalaman pada ruangan yang bersih dan kering.