Cat Dasar Kayu Yang Bagus Untuk Finishing Warna Candy Brown

1043
Finihshing-kayu-Candy-Brown

Furnitur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dilupakan. Baik bentuknya yang mewah dan sederhana, furnitur akan memenuhi fungsinya masing-masing. Misalnya saja meja yang digunakan untuk meletakan benda dan terdiri dari berbagai macam seperti meja belajar, meja makan, meja rias, dll. Ada pula yang disebut dengan kursi, fungsi dari kursi adalah untuk menobang badan orang yang duduk di atasnya. Maka kursi sendiri sangat penting untuk dibentuk menjadi kokoh dan kuat menopang beban. Masih banyak jenis furnitur lain yang dibutuhkan manusia dan juga memenuhi fungsinya masing-masing.

Tak hanya memenuhi fungsinya masing-masing, furnitur adalah produk yang membutuhkan tampilan menarik. Tanpa adanya tampilan, furnitur akan terlihat tidak menarik. Oleh karena itu dibutuhkan bahan finishing yaitu cat yang akan memberikan penampilan pada bagian luar furnitur. Tampilan pada furnitur ini bisa bermacam-macam yaitu warna solid atau warna natural. Jika Anda ingin mengaplikasikan warna natural maka Anda bisa memilih warna-warna natural yang terdapat pada cat kayu Biovarnish.

Salah satu warna yang sangat banyak diminati adalah warna candy brown, bahkan jenis warna ini  sangat cocok jika Anda menggunakan pada jenis kayu jati belanda seperti yang saat ini sedang banyak dicari dan digunakan. Kayu jati belanda memiliki warna kayu asli yaitu putih. Nah ketika Anda mengaplikasikan kayu jati belanda ini dengan warna candy brown maka Anda bisa mendapatkan hasil warna yang lebih tajam. Namun bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan hasil warna maksimal jika menggunakan jenis kayu lainnya.

Hasil warna dari Biovarnis candy brown ini akan tetap tajam hasilnya dan memiliki tampilan transparan dimana hasil warna akan memperlihatkan serat kayu dengan maksimal. Anda tidak bisa jika hanya memberikan aplikasi satu produk saja. Untuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal untuk semua jenis kayu maka Anda bisa menggunakan produk Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Untuk alat-alat yang digunakan cukup menggunakan kuas, amplas, kain bal, gelas plastik.

Coating Schedule Finihshing Candy Brown Dengan Biovarnish

CS Biovarnish

Finihshing-kayu-Candy-BrownLangkah-langkah finishing menggunakan produk Biovarnish untuk mengejar finishing warna candy brown ini bisa Anda dapatkan sesuai dengan jenis kayu yang digunakan. Namun pada dasarnya Adna bisa menggunakan berbagai jenis kayu untuk mendapatkan hasil finishing furnitur warna candy brown. Warna akhir candy brown ini adalah warna yang terang atau cerah dan cenderung kekuningan. Jika Anda ingin mengaplikasikan cat dasar kayu ini pada jenis kayu yang berwarna terang seperti kayu pinus maka proses aplikasinya lebih mudah.

Jika Anda akan mengaplikasikan pada jenis kayu dengan warna asli lebih gelap seperti warna kayu sonokeling  yang kehitaman dan juga warna kayu mahoni yang cenderung kemerahan maka dibutuhkan proses bleaching terlebih dahulu. Namun untuk pemilihan produk bleaching harus hati-hati karena Anda tentu tidak ingin merusak serat kayu. Pada proses ini Anda bisa menggunakan bahan bleaching White Agent 250 dimana produk ini tidak akan merusak serat kayu karena hasil finishingnya adalah warna natural.

Setelah Anda melakukan proses bleaching maka kayu juga harus dipastikan sudah memiliki kering stnadar yaitu 12-15 persen. Permukaan kayu juga harus bersih dan rata. Setelah proses belaching Anda bisa melakukan pengamplasan untuk permukaan kayu yang berubah menjadi rata dan rapi. Untuk proses pengecatan Anda bisa mengikuti langkah-langkha berikut ini:

  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler warna ramin yang memiliki hasil warna cenderung putih seperti warna kayu. Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler ramin yang sudah dicampur dengan sedikit air kemudian diaduk hingga rata. Aplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan kayu hingga rata setelah itu usapkan kain bal ke seluruh permukaan dengan cara memutar hingga filler masuk ke dalam permukaan pori kayu. Tunggu kering dengan diangin-anginkan saja sekitar 20 menit lalu baru diamplas dengan amplas nomor 240. Proses pengamplasan dapat sedikit ditekan hingga didapatkan permukaan yang serat kayunya terlihat, jangan lupa hilangkan debu amplas.
  2. Campurkan Biovarnish Wood Stain Candy Brown dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian campurkan hingga rata. Jika sudah Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas nylon searah serat kayu. Aplikasikan searah serat kayu hingga rata. Jika sudah diamkan tanpa dijemur pada panas matahari langsung sekitar 60 menit. Jika sudah kering Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas nomor 400 hingga permukaan kayu berubah menjadi lebih rata dan juga halus.
  3. Terakhir Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss. Campurkan Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaduk hingga rata. Setelah itu Anda bisa menggunakan kuas untuk mengaplikasikan searah serat kayu. Jika sudah maka lakukan pengeringan sekali lagi tanpa menjemur pada panas matahari sekitar satu malam untuk mendapatkan kering sempurna.

Gaya Yang Cocok Dengan Finishing Warna Candy Brown

Berbicara masalah gaya, warna candy brown adalah jenis finishing yang cocok digunakan untuk finishing macam-macam furnitur. Anda bisa mewujudkan finishing warna pada berbagai gaya berikut ini:

  1. Mid-Century-Modern-BiovarnishMid Century Modern

Gaya ini lebih memperlihatkan bentuk dan juga warna kayu. Sehingga material kayu yang banyak digunakan pada jenis gaya mid century modern ini. Pada gaya ini jenis kayu yang digunakan adalah jenis kayu plywood yang dikombinasikan dengan plastik atau metal. Untuk mendapatkan hasil interior yang terlihat nyaman warna candy brown akan sangat membantu dengan warna yang ebih terang.

  1. Traditional

Gaya tradisional pada furnitur biasanya mengacu pada inspirasi dari gaya Inggris atau Perancis. Gaya tradisional pada furnitur di dalam ruangan akan memberikan tampilan atau kesan yang hangat, memiliki ruangan yang terlihat luas dengan beberapa ornamen detil, kaya akan warna kayu, serta banyak mengkombinasikan kayu dengan kulit. Warna candy brown adalah jensi warna terang yang kaya dans angat cocok jika digabungkan dengan jenis kulit warna apapun. Di sini Anda bisa mendapatkan hasil yang sangat hangat.

  1. Urban Modern

Gaya ini cenderung berbeda, dimana gaya ini lebih mengarah pada masyarakat urban ( diperkotaan). Maka untuk mewujudkan gaya ini Anda bisa menggunakan berbagai macam gaya digabungkan misalnya gaya minimalis modern, glamor dan juga etnik. Untuk bagian etnik ini Anda bisa menggunakan warna candy brown pada furnitur sebagai penghias ruangan.

  1. Nautical

Gaya nautical ini lebih cenderung ke tampilan hangat, relaxing, dan juga membangun energi positif. Ini mengacu pada jenis tampilan cottage yang khas dengan kayu pada seluruh bagian ruangan tidak hanya furnitur saja. Anda bisa menggunakan warna gelap pada furnitur namun untuk dinding atau langit-langit Anda bisa menggunakan warna candy brown.

 

CS Biovarnish