Finishing Kayu Biovarnish untuk Furniture Cafe Tampil Retro yang Unik

Memiliki cafe dengan furniture retro yang unik bisa Anda peroleh dengan menggunakan cat kayu Biovarnish. Furniture retro yang unik bisa menarik banyak pengunjung untuk datang. Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish untuk mendapat hasil furniture retro yang menarik.

Finishing menjadi bagian yang sangat penting untuk memilih, finishing juga harus memberikan perlindungan terbaik. Alasannya adalah furniture cafe tentu akan sering digunakan dan dibersihkan menggunakan bahan kimia.

Gaya retro, adalah pilihan gaya yang banyak digandrungi oleh anak muda yang datang ke cafe. Gaya ini bisa memberikan nuansa berbeda dari gaya modern yang selalu banyak diberikan cafe lainnya.

Finishing kayu Biovarnish bisa memberikan furniture cafe Anda menjadi gaya retro yang sempurna. Agar lebih mantap dalam memilih gaya ini, maka belajar dulu apa itu gaya retro sehingga dapat memilih warna yang tepat dari cat kayu Biovarnish.

Pentingnya Menggunakan Cat Kayu yang Aman untuk Furniture Cafe

Apabila bahan finishing yang digunakan tidak kuat lapisan cat akan mengelupas dan memperlihatkan furniture yang tidak terawat. Tidak ingin furniture tampak tidak terawat, kamu memiliki solusinya.

Anda perlu mengaplikasikan bahan finishing water based seperti Biovarnish. Finishing kayu Biovarnish untuk furniture cafe akan memberikan perlindungan yang lebih lama daripada yang Anda bayangkan.

Mengecat Dengan Kuas

Lapisan film yang dibentuk aman untuk usaha cafe karena bebas dari bahan kimia berupa bahan organik. VOC (volatile organic compound) adalah bahan yang harus dihindari untuk finishing furniture yang akan berdekatan bahkan bersentuhan dengan makanan.

Bahan pelarut dan bahan dasar air sangat aman digunakan untuk furniture cafe. Tak hanya perlindungan bagi lingkungan, cat ini juga aman jika terkena kulit manusia. Jadi perlindungan baik furniture dan penggunanya akan tetap aman.

Memulai dari keamanan bahan finishing, Anda juga harus mempertimbangkan fokus utama yaitu penampilan. Apakah penampilan yang diberikan oleh cat Biovarnish adalah yang diinginkan?

Tentu saja Anda bisa berekspektasi lebih jika menggunakan produk Biovarnish. Hasil finishing yang diberikan adalah transparan, memiliki varian warna natural yang mewakili berbagai macam jenis kayu. Selain itu Biovarnish juga memiliki dua tampilan gloss dan matte sesuai kebutuhan Anda.

Mengenal Lebih Jauh Furniture Gaya Retro Sesuai tahun

Sebelum masuk ke dalam pemilihan warna, agar Anda tidak salah maka kenali apa itu gaya retro dan mengapa Anda harus memilihnya. Gaya retro sendiri adalah gaya yang bisa berarti berbagai memulai dari kebudayaan pop dan gaya ini bukan termasuk dalam gaya klasik.

Beda juga dengan gaya antik, beberapa kolektor menganggap bahwa furniture retro adalah vintage. Furniture vintage sendiri adalah furniture yang memiliki usia di bawah 100 tahun dan pembuatannya sekitar abad ke 20.

Membeli furniture dengan gaya retro dengan mudah dilakukan di toko barang antik. Jika Anda ingin menggunakan gaya retro, Anda bisa membuat sendiri dengan ciri gaya yang tepat. Sangat mudah membuat furniture gaya retro sesuai dengan ciri yang dicermati pada gaya yang ngetren saat itu.

Gaya retro ini mendefinisikan gaya yang ngetren pada tahun 1950 hingga 1980 gaya ini mencerminkan gaya yang sedang trend kala itu. Masing-masing tahun memiliki ciri gaya yang berbeda.

Anda bisa memilih gaya retro berdasarkan tahun manakah yang sesuai. Berikut ini macam-macam gaya retro berdasarkan dengan tahunnya.

1. Gaya Retro Tahun 1950-an

Tahun-tahun ini bisa dikatakan sebagai awal dekade munculnya furniture retro. Peralatan yang digunakan dalam dekade ini akan menampilkan banyak pengaruh dari furniture modern. Furniture memiliki bagian yang ramping di beberapa sisi, dengan konstruksi yang lebih modern.

Dekorasi ruangan biasanya menggunakan wallpaper dengan motif yang menonjol. Beberapa motif dengan pola yang cerah juga bisa digunakan sebagai perpaduan bahan dalam furniture. Cushion menggunakan kain yang bercorak dengan warna kontras dari kayu.

Finishing Kayu Biovarnish untuk Furniture Cafe Tampil Retro

Kayu mahoni lebih banyak digunakan pada furniture tahun ini. Kayu mahoni lebih banyak ditemukan dengan harga murah. Warna natural transparan kemerahan dari kayu mahoni akan menambah kehangatan ruangan.

2. Gaya Retro Tahun 1960-an

Berpindah dari tahun 1950 ke 1960. Apa yang terjadi di tahun ini tidak jauh berbeda di tahun sebelumnya. Namun warna yang digunakan lebih bervariasi dari tahun sebelumnya. Pada furniture, kain pada cushion memiliki pola yang cerah, psikedelik dengan warna yang sangat bervariasi.

Finishing Kayu Biovarnish untuk Furniture Cafe Tampil Retro

Sedangkan untuk bentuk furniture masih sama yaitu rendah dan ramping khususnya pada kaki kaki kursi. Perabotan yang trendi seperti kursi blow up dan kursi yang dapat dilipat sangat populer.

Warna pada furniture yang digunakan tidak jauh berbeda, yakni warna kayu mahoni saja warna kayu cenderung lebih gelap. Nuansa coklat tua menjadi warna tambahan yang marak digunakan pada tahun 1960 ini.

3. Gaya Retro Tahun 1970-an

Perubahan terjadi pada gaya retro di tahun 1970. Pada tahun ini furniture dengan bentuk ramping berubah menjadi bentuk yang lebih besar. Gaya ramping mulai dilupakan dan perabotan berukuran besar dan tebal mendominasi.

Warna yang digunakan mayoritas adalah warna-warna bumi seperti tanah. Palet warna yang muncul adalah warna hijau alpukat, warna emas, warna kulit jeruk dan warna coklat tanah banyak digunakan.

Pola warna yang cerah berkurang bahkan dekorasi dengan warna cerah sudah tidak lagi digunakan. Anda bisa menggunakan warna bernada bumi untuk seluruh ruangan dan memadukannya dengan baik.

4. Gaya Retro Tahun 1980-an

Motif bunga, inilah yang mencerminkan gaya retro di tahun 1980. Sedikit berbeda dengan gaya di tahun 1970, warna yang banyak digunakan adalah warna pastel. Warna bunga yang sejuk dengan motif lembayung banyak digunakan.

Furniture masih berukuran besar dengan kaki yang rendah dan kecil namun kuat untuk menopang beban furniture. gaya dekorasi yang muncul adalah art deco sehingga tampilan yang khas di daerah Barat sangat kental.

Finishing Kayu Biovarnish untuk Furniture Cafe Tampil Retro

Warna pastel yang digunakan adalah warna kayu terang, berbeda di tahun sebelumnya yang menggunakan warna kayu lebih tua. Warna coklat muda banyak digunakan untuk menyelaraskan dengan motif bunga.

Apapun perbedaan dari gaya retro di tahun-tahun tersebut namun masih dalam satu payung gaya yang sama. Kini saatnya Anda memilih gaya di tahun manakah yang akan dipilih.

Pilihan Warna Biovarnish untuk Finishing Furniture Retro

Kini saatnya Anda menentukan warna dari cat kayu Biovarnish manakah yang akan digunakan sesuai dengan gaya retro yang dipilih. Warna dari Biovarnish Liquid Stain terdiri dari 20 pilihan yang bisa saja menjadi membingungkan bagi Anda.

Tenang saja, kami sudah memilihkan warna yang sesuai dengan gaya retro yang akan Anda pilih dari penjelasan di atas. Berikut ini pilihan-pilihan warna yang bisa dipilih.

Produk Liquid Stain

–> Walnut brown

Warna walnut brown adalah pilihan warna pertama bagi Anda yang ingin mewujudkan tampilan furniture retro seperti pada tahun 1970 an. Warna walnut khas dengan unsur bumi yang mewakili warna tanah. Anda bisa menggunakannya pada furniture retro yang berukuran besar.

–> Salak brown

Warna kedua yang senada dengan walnut brown, warna ini menyerupai warna salak yang juga cocok digunakan pada furniture kayu tahun 1970 an. Namun warnanya lebih mudah dibandingkan warna walnut.

–> Mahogany

Warna ini diciptakan menyerupai warna kayu mahoni. Fungsinya sangat baik digunakan pada kayu mahoni yang dibutuhkan gaya retro tahun 1950 an. Anda bisa menggunakan warna ini pada jenis kayu apapun asalkan warna dasarnya putih dan merah seperti mahoni.

–> Yellow ox

Warna biovarnish ini sebaiknya digunakan untuk furniture cafe retro pada tahun 1980-an. Warna kekuningan yang menyerupai warna kayu pinus ini cocok digunakan pada gaya retro tahun tersebut.

–> Dark Brown

Bagi Anda yang ingin mendapatkan warna pada furniture retro tahun 1960-an maka warna dark brown bisa dipilih. Seperti yang telah dijelaskan warna tahun ini adalah warna kayu mahoni dan warna kayu yang lebih gelap.

–> Papua Rose

Warna ini sangat jarang ditemukan dalam produk lain dan Anda hanya bisa mendapatkannya pada produk Biovarnish. warna ini adalah warna coklat gelap yang cenderung kemerahan. Jadi Anda bisa menggunakannya pada gaya retro seperti tahun 1960 an.

–> Candy Brown

Warna ini menyerupai warna yellow ox yaitu mewakili warna kayu yang terang. Hanya saja warna cerah yang lebih gelap akan didapatkan. Warna terang dari candy brown sangat cocok digunakan pada furniture retro tahun 1980-an.

Cara Aplikasi Biovarnish untuk Furniture Cafe Tampil Retro

Kini Anda sudah mendapatkan pilihan gaya retro dengan warna yang sesuai dari Biovarnish. Saatnya untuk melakukan finishing sendiri atau dengan bantuan profesional. Langkah finishing sangat mudah bahkan sering digunakan DIY pemula.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - biovarnish

Alat yang digunakan adalah kuas dan bahan pelarut yang disiapkan adalah air. Campurkan bahan dan air sesuai dengan takaran yang tepat. Bahan yang dipersiapkan adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain dan Biovarnish Clear Coat.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti untuk finishing furniture cafe gaya retro.

  1. Amplas seluruh bagian furniture, cobalah untuk melakukannya hingga permukaan merata dan halus. Bersihkan furniture dari debu sisa pengamplasan.
  2. Aplikasikan dahulu Biovarnish Wood Filler dengan warna yang senada dengan warna wood stain. Lapisi seluruh permukaan dengan wood filler menggunakan scrape. Tunggu kering selama 20 menit dan amplas hingga serat serta warna kayu terlihat.
  3. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain sesuai warna pilihan dan campurkan dengan air. Dapatkan larutan hingga 11-12 detik NK2. Jika tidak memiliki alat pengukur gunakan perbandingkan yang mendekati yaitu 2 bahan : 1 air. Kumasukkan cat searah serta kayu secara merta.
  4. Tunggu lapisan liquid stain mengering selama 60 menit. Jika sudah kering benar lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Gunakan amplas 400 grit dan bersihkan debu amplas.
  5. Aplikasikan  Biovarnish Sanding Sealer untuk menutup pori serat setelah pengamplasan, dan sekaligus menjadi intermediate coating sebelum diaplikasikan top coat. Setelah aplikasi, tunggu hingga kering sekitar 60 menit dilanjutkan dengan amplas ambang kembali.
  6. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat, campurkan dengan air menggunakan perbandingan yang sama. Kumasukkan cat ke permukaan searah serat kayu. Proses pengeringan akan membutuhkan waktu semalaman.
Finishing Kayu Biovarnish Untuk Furniture Cafe Tampil Retro

Lapisan finishing kayu Biovarnish untuk furniture cafe ini akan mengering selama 24 jam. Kunci agar dapat mengering sempurna adalah dengan mendiamkannya dalam ruangan. Jangan jemur di bawah panas matahari langsung karena cat tidak akan kering sempurna.

Jika Anda mendapatkan warna liquid stain belum sesuai yang diinginkan, Anda bisa mengaplikasikannya sekali lagi. Pastikan Anda mendapatkan warna yang sesuai sebelum mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.