Tampilan Furniture Gaya Retro Vintage dengan Cat Kayu Biovarnish

Gaya retro vintage akhir ini sering digunakan dari sisi cat kayu furniture, karena unik sekaligus menimbulkan suasana nostalgia. Dalam menciptakan gaya retro vintage, cat kayu Biovarnish memberikan peranan penting. Pada tahun 1950a hingga 1980an dimana gaya retro dan vintage lahir banyak menggunakan furniture material kayu dengan warna natural transparan.

Cat kayu Biovarnish memiliki ketajaman warna yang baik apabila digunakan pada kayu atau semua material alam seperti bambu, rotan dan juga pelepah pisang. Koleksi warna yang dimiliki bermacam-macam mulai  dari warna cokelat terang hingga gelap sesuai dengan kayu dan gaya yang diinginkan. Jika Anda meginginkan gaya retro vintage maka warna yang dipilih biasanya warna natural terang seperti warna yellow ox, light brown, light walnut atau warna kayu jati.

Selain tampilan dalam hal ini warna cat kayu Biovarnish mudah untuk digunakan. Mudahnya cat kayu Biovarnish untuk digunakan yaitu adalah untuk aplikasi dengan kuas dan juga air saja. Cat yang mudah dikuaskan dengan air ini tidak akan menimbulkan brush mark. Jika serat alam terlihat dengan transparansi yang bagus maka cat tersebut tidak mengandung formalin karena tidak memiliki efek yellowing yang menandakan kandungan formalin tinggi.

Tampilan untuk retro vintage biasanya adalah gloss di mana dapat dipenuhi oleh Biovarnish Clear Coat Gloss. Level glossy dari Biovarnish adalah 85% serta diaplikasikan juga dengan kuas.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Retro Vintage

Gaya retro vintage adalah perpaduan dari gaya lama tahun 50 hingga 80an. Sebelum masuk dalam katagori retro vintage pahami terlebih dahulu dari setiap katanya.

  • Vintage

Gaya vintage berbeda dengan gaya klasik. Jika gaya klasik berumur lebih dari 100 tahun yang lalu, maka apakah vintage? Arti kata dari vintage seringkali menjebak. Arti kata vintage seringkali dihubung-hubungkan dengan wine dari Perancis yang atinya “anggur yang dipetik pada saat musimnya”. Tetapi ada juga yang mengartikan bahwa vintage adalah waktu pada saat diprodukis misalnya saja mercedes vintage tahun 1960an. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa vintage adalah lamanya waktu produksi sebuah produk.

Vintage adalah benda yang dapat mepresentasikan gaya vintage tahun 1950an. Tetapi juga memiliki arti benda berkualitas pada waktu produksi tertentu. Sehingga kualitas benda pada tahun produksi tertentu dikenali  bahwa produk tersebut dibuat pada tahun itu. Lebih lengkapnya juga suatu gaya dapat dikatakan vintage apabila tidak kurang dari 20 tahun lamnya.

  • Retro

Gaya retro berkaitan dengan menghidupkan kembali benda yang sudah pernah menjadi trend khususnya dalam nostalgia gaya atau gaya lama. Furniture retro mungkin tidak terlalu tua tetapi lebih mengarah pada penggunaan gaya lama walaupun diproduksi modern ini. Gaya retro memiliki tampilan yang ringan, jika membandingakn tamilan retro tahun 1950an dan 1960an sangat berbeda. Gaya reto dari tahun 1950an lebih mengedepankan tampilan warna yang lebih natural seperti warna kulit dengan background atau wallpaper yang memiliki pola garis keras.

Jika melihat dari pengertian vintage dan retro maka dapat diambil kesimpulan bahwa tahun dari kedua gaya terbuat adalah sekitar tahun 1950an hingga 1980an. Sedangkan untuk tampilannya mengedepankan warna natural dengan perpaduan kulit yang membuatnya lebih mewah. Gaya ini tidak harus menggunakan furniture dengan umur atau memang dibuat tahun tersebut tetapi hanya bentuk dan gaya saja yang diduplikasi.

Kualifikasi Furniture Retro Vintage

Sebelum masuk ke dalam contoh gaya retro vintage, maka sebaiknya pelajari dahulu apa saja yang termasuk kualifikasi dari furnitute retro vintage ini.

  1. Memberikan keunikan pada rumah

Furniture retro vintage menjaid lebih karena gaya ini adalah gaya tahun 50-80an. Walaupun furniture tersebut dibuat secara masal atau pabrikan tetap memiliki keunikan tersendiri dan juga tidak murahan.

Hasilny akan memberikan penampilan yang tidak biasa dan memeberikan dekorasi individualis bahkan menampilkan penampilan yang elegan tanpa harus menggunakan jenis furniture yang baru. Anda bisa memilih furniture yang berbentuk mid-century modern yang direka ulang hingga sampai detail pada asesoris. Anda juga bisa memilih koleksi dari berbagai era dan mengkombinasikan untuk mendapatkan tampilan yang harmonis.

Jika Anda memanfaatkan furniture dari berbagai era maka harus adalah salah satu bagian yang sama seperti pemilihan warna. Selain warna Anda juga harus menyamakan tingkat formalitasnya sehingga furniture waktu kapan pun memiliki tampilan yang sama.

  1. Budget yang tidak mahal

Bisanya jika Anda membeli furniture bergaya modern atau model terbaru pasti dibandrol dengan harga yang mahal. Jika Anda menggunakan retro furniture Anda tidak membutuhkan banyak budget untuk membeli yang baru. Anda bisa datang di tempat barang bekas untuk mendapatkan furniture dengan setengah harga. Tentu saja agar tampilan tampak baru Anda cukup mengubah tampilan atau mempercantiknya dengan cat Biovarnish.

Dengan cara tersebut maka Anda akan mendapatkan harga murah dalam mewujdukan retro furniture.

  1. Ramah lingkungan

Menggunakan furniture retro vintage adalah salah satu cara dalam menyelamatkan planet. Anda tidak membeli furniture baru dimana akan menambah penebangan pohon. Selain itu kayu bukanlah material yang dapat mengeluarkan gas berbahaya ketika terkena panas atau dingin.

Untuk refinishing furniture retro vintage ini juga diperlukan bahan baku cat yang aman dan ramah lingkungan seperti cat kayu water based Biovarnish.

Contoh-Contoh Furniture Retro Vintage

furniture retro dengan cat Biovarnish

    1. CafeGaya retro vintage dapat diaplikasikan pada cafe. Warna yang dipilih adalah warna terang, semua furniture berwarna natural dan bisa ditambahkan lukisan berukuran besar pada salah satu dindingnya.

  1. BedroomFurniture bedroom ini adalah salah satu set dengan kaki-kaki berukuran pendek dan mengecil pada bagian bawahnya. Warna kayu jati sangat memukau dan memberikan nostalgia tahun 1960an.
  2. Living Room

furntiure retro ruang tamu

Ruang keluarga sekaligus ruangan bersantai memiliki furniture yang tidak jauh berbeda dengan furniture ruang tidur.  Sofa yang digunakan menggunakan kulit warna hitam. Adanya perapian membuat ruang lebih hangat.

4. Dining room

dining table retro dengan cat Biovarnish

Ruang keluarga sekaligus ruangan bersantai memiliki furniture yang tidak jauh berbeda dengan furniture ruang tidur.  Sofa yang digunakan menggunakan kulit warna hitam. Adanya perapian membuat ruang lebih hangat.

5. Bathroom

furniture ruang kamar mandi dengan cat tahan air

Tampilan kamar mandi dengan gaya retro vintage ini sangat simpel. Pada closet bisa diberikan kayu sedangkan warna yang dipilih pun adalah warna walnut brown.

Gunakan Cat Kayu Biovarnish Untuk Semua Furniture Retro Vintage

Melihat dari pilihan-pilihan warna contoh furniture retro vintage di atas, warna kayu jati sangat mendominasi. Pilihan warna jati dari Biovarnish pun cukup legkap mulai dari warna red teak, gardena teak dan dark teak. Warna yang dihasilkan sangat tajam bahkan lapisan film yang diciptakan sangat kuat sehingga Anda dapat menggunakannya pada furniture indoor maupaun outdoor.

Bagi furniture teras yang sering terkena panas matahari atau furniture kamar mandi yang sering terkena air cat kayu Biovernish dapat melindunginya. Perlindungan ini tentu akan mencegah tumbuhnya jamur dan juga mengusir mikro organisme perusak kayu seperti rayap. Jika Anda ingin mewujudkan finishing furniture retro vintage maka Anda harus menggunakan cat kayu Biovarnish.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU