Mengenal Jenis-Jenis Mebel Gaya Minimalis dan Finishingnya

    44
    Mengenal Jenis-Jenis Mebel Gaya Minimalis dan Finishingnya

    Apakah Anda sudah memilih mebel yang tepat untuk hunian baru? Atau Anda sedang melakukan renovasi rumah dan belum menentukan mebel apa yang nantinya akan digunakan? persiapkan dari sekarang karena ada banyak gaya, warna dan juga ukuran yang harus Anda pilih. Memilih mebel bukan hanya sekedar memilih furniture secara sembarangan ada banyak faktor yang perlu diperhatikan.

    Dalam artikel ini Anda akan mempelajari apa saja yang harus diperhatikan dan penjelasannya. Untuk itu mari dimulai dengan memilih gaya apa yang cocok dan akan diterapkan pada rumah Anda. Pemilihan gaya ini harus dipertimbangkan sejak awal. Anda akan kesulitan jika tidak memberikan gaya dengan tepat karena warna cat dinding juga harus sesuai dengan warna mebel yang akan dibeli.

    Salah satu gaya yang paling banyak digunakan untuk saat ini adalah gaya minimalis. Hunian dengan gaya minimalis  banyak digemari karena gaya ini yang paling simpel dan mudah untuk ditata. Tidak perlu banyak mebel atau perabotan hiasan lainnya yang harus dibeli. Anda akan sangat menghemat budget jika menerapkan gaya ini.

    Tidak hanya rumah dengan ukuran kecil saja yang menggunakan gaya minimalis namun juga rumah berukuran besar dan mewah bisa menerapkan gaya ini. Nah bagaimana dengan jenis-jenis mebel dari gaya minimalis ini? Ada beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan dan menjadi tolak ukur ketika membeli mebel di toko furniture yakni sebagai berikut ini:

    1. Ukuran
    CS Biovarnish

    Bagaimana dengan ukuran yang dibutuhkan pada sebuah hunian? Jika Anda sedang memilih mebel minimalis sesuaikan dengan ukuran ruangan dimana Anda akan meletakannya. Furnitur tidak boleh terlalu besar dan juga tidak boleh terlalu kecil. Anda harus bisa meletakannya di dalam ruangan dan membuatnya tidak terlihat penuh.

    Untuk memastikan ukuran ini, ukurlah lebar pintu di mana pintu akan masuk kemudian ukur panjang dan lebar ruangan dimana Anda akan meletakannya. Pilih  ukuran mebel dengan lebar yang mencukupi untuk masuk melalui pintu rumah.

    1. Ornamen

    Apakah mebel dengan gaya minimalis memiliki banyak ornamen? Jawabannya adalah tidak. Gaya minimalis adalah gaya yang mengutamakan kesederhanaan namun Anda bisa mendapatkan kesan mewah di dalamnya. Kesan mewah tidak harus dinyatakan dengan ornamen yang banyak seperti ukiran atau lapisan cat bergambar.

    Bentuk dan ukuran furnitur saja sudah cukup untuk memperlihatkan gaya minimalis. Bentuk yang lurus dengan sedikit lengkung akan mempercantik ruangan. Dekorasi dalam ruangan akan cukup memberikan sedikit ornamen yang tidak terlalu ramai di dalam ruangan.

    1. Warna

    Unsur warna dalam desain minimalis sangat penting. Mebel dengan warna yang natural seperti warna kayu atau warna terang seperti putih atau justru warna gelap seperti warna hitam adalah pilihan warna yang tepat. Tentu saja pemilihan warna tersebut juga perlu disesuikan dengan warna dinding yang Anda miliki.

    Mengenal Jenis-Jenis Mebel Gaya Minimalis dan FinishingnyaJangan memilih warna mebel yang sama dengan dinding karena ruangan akan terlihat mati. Pilihlah warna mebel yang kontras dengan warna dinding Anda sehingga tidak akan membuat ruangan monoton. Memberikan sedikit kesegaran dari vas berisi bunga asli juga akan memperindah ruangan.

    Jika melihat jenis-jenis mebel dengan gaya minimalis ini maka Anda tidak akan kesulitan mendapatkannya. Tidak terlalu banyak mebel dalam satu ruangan juga merupakan kunci sukses untuk mewujudkan rumah dengan gaya minimalis ini. Jika Anda akan mengisi ruang tamu pastikan hanya mebel penting seperti sofa, bangku dan juga coffee table saja yang berada di sana. Anda mungkin tidak membutuhkan meja samping atau meja sudut.

    Kenali Finishing yang Cocok untuk Mebel Minimalis

    Jika berbicara soal finishing, tidak hanya warna saja yang dilibatkan namun faktor lain seperti ketahanan dan juga perlindungan yang diberikan juga harus diperhatikan. Di mana Anda akan meletakan mebel adalah kunci penting di mana Anda akan memilih bahan finishing yang digunakan.

    Pilihlah cat outdoor atau cat indoor sesuai kebutuhannya. Banyak pakar yang mengatakan agar tidak menggunakan cat indoor untuk finishing mebel outdoor. Hal itu memang benar karena cat indoor tidak memiliki ketahanan yang baik seperti cat outdoor maka jika digunakan pada mebel luar ruangan akan mudah rusak atau tidak tahan terhadap panas dan hujan.

    Nah sudah paham bukan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam finishing furnitur gaya minimalis. Mari kita pahami faktor lainnya yang akan mempengaruhi hasil finishing berikut ini:

    • Proses aplikasi

    Gaya minimalis akan menuntut Anda untuk mendapatkan hasil finishing mebel yang halus dan juga rata. Untuk mendapatkannya maka proses aplikasi cat dengan spray system sangat disarankan. Berbeda dengan aplikasi roll atau aplikasi kuas yang akan meninggalkan bekas sehingga merusak hasil finishing.

    Proses finishih gaya minimalis juga berbeda dengan gaya rustik yang justru menuntut ketidaksempurnaan. Hasil yang halus dan rata hanya dapat diperoleh dengan spray system yang aplikasinya halus.

    • Bahan cat

    Apakah yang Anda pikirkan ketika mendengar bahan cat? Tentu ada unsur kimia di dalamnya. Nah ini sangat penting karena unsur kimia ini seringkali disepelekan padahal sangat berpengaruh dengan kondisi udara di dalam ruangan.

    Ketika Anda menggunakan bahan cat yang mengandung banyak racun maka pengaruh buruk terhadap udara dalam ruangan akan meningkat. Cat solvent yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya akan menguap dan udara dalam ruangan akan menjadi beracun. Tentu saja Anda akan menghirupnya dalam waktu yang lama.

    Lebih baik menggunakan bahan cat yang aman seperti cat kayu water based yang bebas bahan kimia tinggi serta aman untuk lingkungan. Cat water based yang cocok untuk digunakan adalah cat Bovarnish.

    Produk Biovarnish sebagai produk untuk gaya minimalis tidak akan mengecewakan karena Anda akan mendapatkan hasil tampilan yang memuaskan. Lapisan cat yang rata dan halus bisa didapatkan dengan menggunakan alaty semprot atau dengan kuas.

    Cat ini sangat cocok bagi pemula yang ingin mencoba menggunakan keahlian mengecat sendiri dengan mudah. Ada banyak warna natural yang akan didapatkan karena pilihan warna yang sangat beragam.

    Menggunakan cat kayu Biovarnish pada mebel tidak terbatas pada mebel dalam ruangan namun Anda juga dapat menggunakannya pada mebel luar ruangan seperti pada teras atau balkon. Jika Anda ingin menggunakan cat kayu Biovarnish pastikan Anda menggunakan larutan air yang tepat.

    Pada kemasan cat Anda bisa mengikuti arahan aplikasi dengan mudah. Ada tiga produk yang perlu digunakan untuk finishing mebel kayu pori tertutup yakni wood filler, wood stain dan terakhir adalah top coat, ketiga-tiganya bisa Anda dapatkan dalam merk Biovarnish.

    Cat kayu Biovarnish yang terbuat dari water based justru akan memberikan sisi transparan yang sangat tinggi bahkan hasilnya akan tahan lama. Perlindungan yang diberikan oleh lapisan film meliputi, tahan gors, panas dan juga hujan.

    CS Biovarnish