Ini Dia Aplikasi Aneka Cat Warna Lemari Kayu Minimalis yang Sempurna

Artikel ini bertujuan memberi Anda inspirasi tentang 7 Langkah Aplikasi Cat Warna untuk Lemari Kayu Minimalis.

7 Langkah Aplikasi Cat Warna untuk Lemari Kayu Minimalis

Bila dibagi maka pilihan warna di atas adalah dua warna yaitu warna solid dan juga warna natural atau alami. Masing-masing aplikasinya akan menggunakan jenis cat yang berbeda dan prosesnya juga berbeda.

Mari kita mulai dengan proses pengecatan untuk mendapatkan warna solid. Seperti apakah jenis cat yang seharusnya digunakan? Jika Anda ingin mengejar lemari kayu berpenampilan minimalis maka cat yang sebaiknya digunakan adalah cat berbahan dasar air.

Produk-Bioduco-warna-solid

Cat dengan bahan dasar air misalnya seperti Bioduco. Cat ini akan memberikan transparansi yang tahan lama karena bahan pelarutnya adalah air. Tentu hal ini akan sangat membantu untuk tampilan lemari matte.

Matte sangat bergantung dengan tampilan yang transparan. Selain itu produk Bioduco juga menyediakan warna yang sama seperti warna-warna pada gaya minimalis. Anda bisa menggunakan warna putih, hitam dan juga abu-abu.

Ada dua tampilan yang bisa Anda peroleh yaitu matte dan gloss dari Bioduco top coat. Semua proses dilakukan dengan pistol semprot agar hasil finishingnya rata dan halus. Bagaimana proses lengkap aplikasinya?

Berikut ini langkah-langkah mengecat dengan Bioduco yang bisa Anda ikuti.

1. Lakukan Pengamplasan

Amplas seluruh permukaan lemari kayu dengan amplas kasar. Gunakan mesin amplas untuk mendapatkan hasil finishing yang rata. Bersihkan debu sisa pengamplasan dengan kain microfiber yang telah dibasahi.

2. Gunakan Wood Putty

Aplikasikan dempul kayu yaitu Bioduco Wood Putty dengan pisau palet merata ke seluruh permukaan kayu. Diamkan hingga dempul mengering kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan. Amplas dengan kertas amplas 240 hingga permukaan halus dan bersihkan debu amplas.

3. Aplikasikan Primer Coat

Encerkan Bioduco primer coat untuk menutup warna kayu asli dan seratnya. Dapatkan viskositas 11-12 detik baru tuangkan ke tabung pistol semprot. Semprotkan cat ke seluruh permukaan lemari hingga merata.

Cat Primer Duco Dasar Kayu

Tunggu lapisan primer kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Jangan lupa bersihkan debu amplas kembali.

4. Lakukan Pewarnaan

Larutkan Bioduco Solid Colour sesuai warna yang telah dipilih dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Semprotkan cat ke seluruh permukaan hingga menutup dengan baik.

Tunggu lapisan cat mengering kemudian baru amplas ambang dengan amplas 400. Anda bisa mengulangi proses aplikasi hingga cat memiliki warna yang diinginkan.

5. Gunakan Top Coat

Encerkan lagi Bioduco Top Coat dengan air hingga mendapatkan larutan yang sama seperti sebelumnya. Semprotkan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan tunggu kering selama semalaman.

Hasil finishing bisa Anda dapatkan keesokan harinya. Ada beberapa tips agar hasil finishing maksimal, pertama jangan pernah jemur lemari untuk mempercepat proses pengeringan. Cukup dengan mengangin-anginkannya di dalam ruangan.

Kedua pastikan seluruh ruangan bersih dan bebas debu. Setelah mengamplas Anda wajib membersihkan debu amplas. Ketiga adalah bersihkan tabung pistol semprot setiap akan mengganti cat.

Warna lemari kayu minimalis bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan Anda. Oleh karena itu, melakukan finishing lemari kayu minimalis sendiri lebih menyenangkan karena bisa berkreasi dengan warna. Perhatikan juga cat yang digunakan untuk mendapat warna lemari kayu minimalis terbaik.

Finishing Lemari Kayu Pinus

Berbagai macam jenis gaya untuk rumah bisa Anda pilih. Tema tema menarik bisa dipilih sesuai dengan selera atau ukuran rumah. Hunian yang berukuran kecil paling banyak mengadopsi gaya minimalis.

Gaya minimalis merupakan gaya yang mengedepankan fungsi dan simple. Tidak banyak ornamen, jadi furniture yang digunakan lebih menonjolkan sisi fungsi. Misalnya saja lemari tanam di dalam dinding.

Lemari yang ditanam tentu akan menghemat ruang dan pintu lemari sliding tidak akan membuat Anda kesulitan untuk membukanya. Lemari kayu juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Material kayu sendiri lebih banyak digunakan untuk berbagai macam gaya tidak terkecuali gaya minimalis. Furniture lemari sendiri sangat penting untuk sebuah hunian. Fungsinya untuk menyimpan pakaian atau benda penting lainnya juga sekaligus bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Tidak sedikit pintu lemari kayu dipasang oleh kaca, sehingga menjadi multifungsi. Inilah yang disebut sebagai desain minimalis. Tertarik dengan gaya ini? Yuk kita intip bagaimana mewujudkan gaya ini mulai dari furniture lemari kayu.

Pilihan Warna dengan Gaya Minimalis

Lemari bisa diletakan dimana saja dan ukurannya bisa bervariasi. Kabinet juga merupakan salah satu lemari hanya saja berukuran lebih pendek daripada lemari pada umumnya. Lemari kayu dengan gaya minimalis dapat dilihat dari bentuk dan juga pilihan warna yang digunakan.

Mulai dari bentuk, lemari tidak memiliki banyak ornamen dan terlihat sangat simpel. Bentuk lemari seperti box persegi panjang adalah bentuk yang sangat umum untuk digunakan. Anda bisa menambahkan kaca pada salah satu bagian pintu lemari.

Beralih dari bentuk menuju warna. Banyak sekali pilihan warna yang digunakan untuk lemari bergaya minimalis. Seperti apakah warna yang bisa Anda gunakan? Berikut ini beberapa pilihannya.

√ Warna Putih

Putih adalah warna favorit yang banyak dipilih untuk menampilkan gaya minimalis. Dimana rumah bergaya minimalis, pasti akan memberikan warna putih di seluruh bagian ruangan. Warna putih juga bisa diterapkan pada lemari kayu yang akan Anda buat.

Putih mencerminkan ruangan yang bersih selain itu juga membuat ruangan menjadi lebih luas. Jika Anda menggunakan lemari kayu yang ditanam di dalam dinding maka warna dinding yang putih dan warna lemari yang putih bisa menjadi kesatuan yang menarik.

√ Warna Abu-abu

Pilihan warna selanjutnya adalah abu-abu, mengapa Anda harus memilih warna ini? Abu-abu akan memberikan kesan yang cukup terang. Jika Anda menggunakan dinding berwarna putih, warna abu-abu akan menyerap cahaya yang berlebihan masuk ke dalam ruangan.

Lemari yang dicat dengan warna abu-abu sebaiknya dilapisi dengan lapisan akhir matte. Artinya lemari tidak akan memantulkan cahaya terlalu berlebihan.

√ Warna Hitam

Tidak selalu cerah menjadi pilihan yang baik untuk seluruh ruangan bergaya minimalis. Anda bisa menciptakan warna yang kontras dari dinding ruangan yang putih dan furniture berwarna hitam termasuk lemari.

Efek yang diberikan oleh warna hitam pada ruangan adalah kesan elegan. Jika Anda mengacu pada gaya minimalis modern, maka terapkan konsep warna kontras dengan lemari yang dicat hitam.

√ Warna Natural

Tidak ada yang pernah salah jika Anda tetap memilih warna natural. Seperti yang sebagian besar orang lakukan, warna ini dapat diterapkan untuk semua gaya. Jika Anda akan memilih lemari kayu yang terbuat dari kayu solid, maka finishing warna natural akan menjadi rujukan yang terbaik.

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah

Tampilan natural akan memberikan kesan alam dan kehangatan dalam ruangan. Tentu porsinya harus dibatasi. Misalnya Anda menggunakan warna natural pada lemari dalam ruang tidur, sebaiknya gunakan warna tersebut pada lemari saja dan warna lain untuk mebel lainnya.

Dari beberapa pilihan warna di atas, manakah warna yang akan Anda pilih? Tentu saja jika Anda ingin mendapatkan warna-warna yang menari, pelajari lebih dalam bagaimana gaya minimalis bekerja.

Perhatikan juga tata letak ruangan, penempatan lemari yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.