Cara Menggunakan Dempul Wood Putty Untuk Mengatasi Pori Kayu

Wood putty adalah salah satu jenis dempul kayu yang merupakan produk dengan bentuk dan viskositas cukup padat. Biasanya dempul kayu wood putty digunakan sebagai pengisi lubang, celah-celah, dan retakan pada material kayu yang masih mentah atau belum diolah atau bahkan belum difinishing. Wood putty juga memiliki fungsi untuk menciptakan permukaan yang rata pada kayu. Produk wood putty harus memiliki kemampuan seperti mudah untuk diaplikasikan, kemampuan mengisi yang baik, dan tidak memiliki kelemahan seperti mudah untuk menyusut.

Wood putty dapat diaplikasikan baik itu menggunakan pisau pallet atau yang menggunakan box putty, dan juga bisa menggunakan mesin aplikasi yang ringan dan juga berat. Bahan-bahan yang membuat wood putty antara lain adalahalkyd resin, nitroselulosa, latex dan juga epoxy serta urethane resin. Tampilan dari wood putty bisa tidak berwarna atau dalam tampilan warna putih. Bahkan bisa juga dalam variasi warna cokelat yang mirip dengan warna kayu.

Jika melihat kemampuan dari wood putty dan juga fungsinya mengisi kerusakan pada kayu, maka jika dilihat lebih lanjut wood putty tidak hanya dapat digunakan pada kayu yang belum dibentuk. Namun wood putty bisa juga digunakan untuk memperbaiki kayu atau bahkan furniture yang sudah pernah difinsihing.

Itu artinya, produk wood putty sangat penting digunakan dalam semua pekerjaan tukang kayu baik di awal finishing maupun pada saat proses refisnihing. Mengenal produk wood putty yang akan digunakan pun sangat penting sehingga Anda akan mendapatkan cacat kayu yang diperbaiki dan bisa bertahan lebih lama.

Untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga selesai. Anda akan mendapatkan berbagai macam solusi tentang finishing kayu yang bahkan produk yang bisa Anda aplikasikan agar furniture bisa bertahan dengan baik.

Dempul Wood Putty Untuk Memperbaiki Kusen Kayu Keropos

Anda memiliki masalah kusen kayu keropos karena rayap yang sudah merusak hampir 30 persen dari kusen? Anda bisa menggunakan berbagai macam cara seperti mengganti kusen dengan kusen yang baru. Namun Anda tentu harus mempersiapkan uang yang cukup banyak untuk proses penggantian.

Cara Menggunakan Wood Putty Untuk Memperbaiki Kayu

Jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah dalam proses aplikasi, maka Anda bisa langsung melakukannya menggunakan dempul kayu wood putty. Anda tidak perlu mencari kusen baru dan memasangnya. Namun Anda bisa langsung mengaplikasikan wood putty.

Ingat, fungsi dari wood putty adalah untuk mengisi. Fungsi ini pun bisa Anda aplikasikan untuk memperbaiki kusen kayu yang rusak karena rayap. Namun, ada perlakuan berbeda di sini. Anda harus mengaplikasikan bahan anti rayap, agar mati dan tidak merusak kusen kayu kembali setelah diperbaiki menggunakan wood putty.

√ BioCide Insecticide

Cara Menggunakan Wood Putty Untuk Memperbaiki Kayu

Untuk mengatasi rayap Anda bisa menggunakan bahan BioCide Insecticide yang telah dicampur dengan air. Pertama-tama bersihkan kusen kayu dari bubuk kayu yang ditimbulkan akibat rayap. Setelah itu, campurkan BioCide Insecticide dengan air perbandingan 30%. Jika sudah, Anda bisa menguaskan semua bahan campuran ke dalam kusen kayu lalu tunggu sekitar satu jam agar obat bekerja dan menunggu kering. Jika sudah kering maka Anda bisa mulai untuk mengaplikasikan wood putty.

√ Wood Putty + Serbuk Kayu

Kusen keropos ada berbagai macam, sehingga pengaplikasian wood putty pun berbagai macam. Jika kusen Anda sudah rusak dengan rayap hingga parah, misalnya saja rayap sudah merusak hingga 30% dari kusen kayu dan masuk ke dalam kayu. Maka Anda bisa mencampurkan wood putty dengan sebuk kayu. Cara ini sangat efektif untuk mengisi bekas keropos dari kayu sehingga dapat terisi dengan baik.

Pastikan serbuk kayu yang Anda campurkan dengan wood putty adalah serbuk kayu yang halus. Karena jika Anda menggunakan serbuk kayu yang masih kasar hasil permukaan kayu pun akan menjadi kasar. Aplikasikan wood putty dengan pisau pallet dan isilah bagian keropos hingga terisi dengan benar. Jangan khawatir akan permukaan kayu yang tidak rata karena nantinya Anda bisa meratakan dengan baik menggunakan amplas kayu.

Jika bagian keropos sudah terisi dengan benar maka tunggulah kering biasanya akan memakan waktu sekitar 20 menit saja. Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas aluminium oxide no. 240. Jika permukaan kayu masih belum rata Anda bisa langsung mengaplikasikan kembali wood putty saja tanpa campuran serbuk kayu. Tunggu kering kembali kemudian Anda bisa langsung mengamplas kembali.

Permukaan kusen yang sudah rata, siap untuk Anda aplikasikan kembali menggunakan cat duco atau cat kayu warna solid pilihan.

Penggunaan Wood Putty Untuk Refinishing Furniture

Selain untuk memperbaiki kusen kayu yang keropos ada fungsi lainnya dari wood putty yaitu untuk proses refinishing. Seringkali furniture yang sudah berumur lama memiliki kondisi yang tidak terlalu baik. Banyak cacat di sana sini khususnya penampilan. Akibat sering digunakan maka goresan pun akan timbul. Jika tidak, kayu yang rusak seperti halnya kasus kusen kayu yang keropos bisa terjadi pada perabot Anda.

Maka untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan wood putty untuk mengatasi permasalahan refinishing furniture di rumah. Penggunaan wood putty pada permukaan furniture yang akan direfinishing pun bisa Anda lakukan sendiri.

Cara Menggunakan Wood Putty Untuk Memperbaiki Kayu

Aplikasi wood putty pada refinishing furniture bertumpu pada apakah lapisan cat pada furniture yang lama sudah benar-benar hilang. Jika Anda ingin melakukan proses refinishing menghilangkan lapisan cat yang lama berfungsi untuk membuka pori kayu kembali sehingga wood putty bisa masuk ke dalam pori kayu dengan baik dan benar.

Anda bisa menggunakan bahan kimia khusus yang dapat menghilangkan lapisan cat lama. Hati-hati, biasanya bahan kimia ini sangat keras sehingga perlu bahan perlindungan pada tubuh Anda. Jika furniture lama sudah benar-benar hilang dari lapisan coating yang lama maka Anda bisa langsung mengaplikasikan wood putty.

Proses aplikasi wood putty sangat mudah, Anda bisa mengaplikasikannya langsung dengan dilarutkan terlebih dahulu agar mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa mengaplikasikan tergantung dengan bahan pelarut wood putty tersebut. Jika sudah dilarutkan Anda bisa langsung mengaplikasikan menggunakan kain bal dengan diputar ke seluruh permukaan kayu.

Aplikasikan hingga semua permukaan kayu berubah menjadi rata. Jika sudah rata tunggu wood putty berubah menjadi kering kemudian Anda bisa langsung mengamplas hingga permukaan berubah menjadi halus. Jika dalam furniture terdapat cacat kayu seperti retakan maka isilah cacat tersebut dengan wood putty hingga terisi penuh. Lalu tunggu kering.

Jika Anda sudah mendapatkan permukaan kayu yang rata dan juga halus maka langsung saja untuk mengecat sesuai dengan warna yang diinginkan.

Mengenal Macam-Macam Dempul Wood Putty

Fungsi wood putty memang sangat banyak. Sebelum Anda mencari produk yang terbaik Anda harus mengetahui ada berapa macam jenis wood putty yang beredar di pasaran. Di Indonesia bahkan di dunia ada dua jenis wood putty yang digunakan yaitu wood putty water based dan wood putty solvent. Sesuai dengan bahan yang digunakan, air dan solvent adalah bahan pelarutnya.

√ Wood Putty Solvent Based

Sebelum menggunakan keduanya pahami terlebih dahulu kemampuan dari kedua jenis wood putty tersebut. Pertama adalah wood putty solvent. Bahan yang digunakan adalah campuran dari resin dan juga solvent. Keduanya membutuhkan thinner ketika Anda akan mengaplikasikan wood putty pada permukaan kayu.

Dalam hal ini, wood putty solvent memiliki kandungan logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Kandungan timbal, merkuri, dan juga formalin sangat banyak bahkan ditambah lagi dengan thinner sebagai pelarutnya. Anda bisa mencium bau ammonia yang sangat menyengat ketika pencampuran berlangsung.

Dari segi kesehatan memang sangat berbahaya, namun mengapa produk wood putty hingga saat ini masih banyak digunakan? Masalah kesadaran akan kesehatan ditambah lagi dengan harga yang murah sangat menjadi alasan utama para pengrajin masih menggunakannya.

√ Wood Putty Water Based

Jika Anda sudah sadar akan kesehatan ini maka sebaiknya Anda menggunakna wood putty water based yang sangat berlawanan efeknya dan hasilnya. Wood putty water based adalah bahan yang bisa Anda aplikasikan dengan pelarut air, bahkan tanpa mengandung logam berat yang berbahaya. Bahan pembentuk dari wood putty hanyalah campuran binder dan juga air. Jadi tidak akan ada efek kesehatan jangka panjang dan jangka pendek bahkan bagi keturunan Anda.

Anda bisa mulai membedekannya dengan aroma yang keluar dari wood putty. Jika wood putty solvent mengeluarkan bau ammonia yang sangat kentar, wood putty water based tidak mengeluarkan bau yang sangat lembut.

Bahkan proses kecepatan kering bisa Anda bandingkan langsung. Dalam keadaan lembab wood putty solvent akan lama mengering dibandingkan dengan wood putty water based. Masalah kecepatan kering juga seringkali menjadi problem yang dihadapi oleh para pengrajin. Pesanan kerajinan atau furniture yang mendesak terlambat selesai akibat wood putty yang lama mengering.

Jika dibandingkan tentu saja Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika menggunakan wood putty water based baik dari sisi kesehatan dan proses aplikasi yang mudah dan cepat.

Merk Wood Putty BioDuco Terbaik Di Indonesia

Anda mungkin akan memilih wood putty water based. Namun apakah semua merk produk wood putty water based di Indonesia memiliki kualitas yang sama? Jawabannya belum tentu karena campuran binder yang mengandung logam berat tetap akan digunakan hanya saja kadar yang diberikan pada wood putty water based yang baik sangat rendah.

Dempul Wood Putty

Salah satu merk wood putty water based yang banyak digunakan bahkan banyak dicari tidak lain adalah BioDuco Wood Putty. Produk ini akan memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Dimulai dari proses aplikasinya yaitu menggunakan pisau pallet atau bisa menggunakan kain ball.

BioDuco Wood Putty akan memberikan kecepatan kering dalam suhu ruangan normal saja 20 menit kuncinya hanya ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahan pelarut air cepat mengering tanpa harus terkena langsung dengan panas matahari.

Di Indonesia masih minim dengan produk wood putty water based sehingga sangat patut dicoba Anda menggunakan merk BioDuco. Untuk warna yang tersedia ada dua macam yaitu warna abu-abu dan putih yang bisa Anda gunakan sesuai dengan warna yang diatasnya.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Produk Bio?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "BioDuco"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.