Cara Dempul Kayu Jati Biovarnish VS Buatan Sendiri

Saat membutuhkan dempul kayu jati, Anda bisa menggunakan dempul buatan sendiri ataupun dempul Biovarnish. Tentu saja ada perbedaan antara cara dempul kayu jati buatan Anda sendiri dengan Biovarnish. Untuk mengetahui perbandingan cara dempul kayu jati Biovarnish dengan dempul buatan Anda sendiri, simak ulasannya di artikel ini.

Ketika permukaan kayu rusak, maka perbaikan wajib dilakukan oleh pengrajin. Banyak langkah yang bisa dilakukan dalam rangka perbaikan. Dempul adalah salah satu produk yang banyak digunakan dalam proses perbaikan permukaan kayu yang rusak.

Terlengkap! 10 Merk Dempul Kayu Di Indonesia

Fungsi dempul yang utama adalah untuk memperbaiki cacat pada permukaan kayu. Dempul akan mnegisi permukaan kayu yang rusak dan mengubahnya menjadi permukaan yang datar. Permukaan yang datar akan memudahkan lapisan cat diatasnya untuk meresap ke pori kayu.

Menggunakan dempul untuk finishing furniture atau olahan kayu yang lainnya sangat penting. Jika Anda menghendaki finishing yang merata dan halus dempul kayu wajib digunakan.

Masalah penggunaan dempul kayu bisa disesuaikan dengan kerusakan yang timbul pada kayu. Kerusakan atau cacat kayu ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Faktor Penyebab Cacat Kayu yang Perlu Diperbaiki

Berikut ini beberapa faktor penyebab cacat kayu yang perlu diperbaiki:

–> Lubang Bekas Paku

Cacat kayu yang paling sering muncul adalah cacat karena bekas paku. Bagi Anda yang akan mengolah kayu bekas maka masalah lubang paku harus dirapikan terlebih dahulu.

–> Lubang Bekas Rayap

Mengenal Macam-Macam Fungsi Dempul Kayu Terbaik - Kayu Rusak Kena Rayap

Kayu adalah material yang udah berayap. Substrat kayu adalah makanan rayap dan akan menimbulkan bekas sarang pada bagian dalam. Anda bisa memperbaiki sarang bekas rayap dengan dempul kayu.

–> Permukaan Kasar (Pemotongan Tidak Rapi)

Memotong kayu dengan pisau yang tumpul akan mengakibatkan permukaan yang kasar. Permukaan kasar ini bisa diatasi dengan pendempulan.

–> Permukaan Kasar karena Pengamplasan

Kasus ini sering terjadi pada lantai kayu. Pengamplasan lantai kayu memerlukan alat yang jika penggunaannya tidak benar akan membentuk permukaan melingkar bekas pengamplasan.

–> Siku Furniture Mulai Renggang

Beberapa furniture menggunakan siku yang di lem atau direkatkan dengan sistem dowel. Karena penggunaan maka siku bisa saja memulai terbuka. Anda bisa mengatasinya dempul kayu untuk mengembalikannya seperti semula.

Inilah jenis cacat kayu yang harus segera diperbaiki oleh dempul kayu. Apabila tidak segera dilakukan perbaikan maka efeknya bisa berdampak pada kerusakan yang berlanjut. Kerusakan akan terjadi terus menerus karena kerusakan membuat pori kayu terbuka. Pada bagian pori kayu terbuka inilah penyerapan kelembaban dan memberikan kesempatan pada rayap untuk kembali lagi.

Ketika kerusakan dibiarkan saja maka furniture tidak akan bertahan lama. Khususnya pada lantai kayu yang sering digunakan. Tidak hanya rayap saja namun jamur yang menjadi penyebab utama pelapukan juga bisa muncul.

Dempul kayu sendiri bisa Anda beli di toko bahan bangunan terdekat. Merk dan harga dempul sangat bervariasi. Penggunaan dempul tidak terkecuali pada jenis kayu apapun. Anda bahkan perlu mengaplikasikan dempul pada kayu jati.

Walaupun kayu jati terkenal dengan bahan resin yang tidak disukai serangga, menggunakan dempul juga akan menghalangi kedatangan para rayap. Kayu jati adalah jenis kayu dengan harga yang sangat mahal, jadi sangat penting jika Anda menggunakan dempul kayu untuk menutupi cacat dan menutup pori kayu.

Anda bisa menciptakan dempul kayu sendiri atau pilih untuk membelinya di toko bahan bangunan. Dempul kayu yang dibuat sendiri tentu memiliki fungsi berbeda dan cara aplikasi yang berbeda.

Dempul Kayu Jati Buatan Sendiri

Sebelum masuk pada dempul kayu jati yang bisa Anda beli, belajar dulu apa dempul kayu buatan sendiri ini. Para DIY dan pengrajin kayu yang ingin berhemat biasanya akan memilih dempul kayu buatan sendiri atau homemade ini.

Perbandingan Cara Dempul Kayu Jati Biovarnish dan Buatan Sendiri

Dempul kayu buatan sendiri adalah dempul yang terbuat dari bahan serbuk kayu dan juga lem kayu. Kedua bahan ini akan dicampur hingga membentuk bahan pasta yang bisa diisikan pada cacat kayu yang berlubang.

Anda perlu menggunakan serbuk kayu yang benar-benar halus. Kebanyakan para profesional kayu akan menggunakan serbuk bekas amplas yang sudah disaring. Jika Anda menggunakan serbuk kayu yang kasar atau masih berukuran besar maka hasilnya tidak halus.

Percampuran harus menggunakan jumlah bahan yang tepat, tidak boleh terlalu cair atau terlalu kental. Anda harus bisa menggunakannya sebagai bahan isian dan mudah dibentuk.

Jenis serbuk kayu yang digunakan harus memiliki warna yang sama dengan warna kayu jati. Sehingga hasilnya tidak akan terlalu berbeda, bahkan Anda tidak akan bisa melihat bagian cacat pada furniture kayu.

Lem yang digunakan adalah lem kayu berwarna putih. Jika Anda akan mencampurkannya dengan lem sebaiknya pilih jenis lem water based atau lem putih water based. Lem putih water based memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lem putih dari bahan solvent.

Cara Dempul Kayu Yang Baik Dengan Serbuk Kayu

Sangat mudah membuatnya, hanya saja Anda harus segera cepat mengaplikasikannya karena kedua bahan ini akan cepat mengering. Anda juga harus mengamplas sekuat tenaga untuk menghilangkan bekas lem.

Bisa dibilang proses palikasnya sangat sulit karena Anda harus berhati-hati agar lem tidak mengenai tangan. Sebaiknya gunakan sarung tangan untuk proses aplikasi. Lem juga akan mudah mengeras pada pisau palet sehingga setelah digunakan harus segera dibersihkan.

Dempul Kayu Jati Biovarnish

Apabila Anda akan memilih untuk membeli dempul kayu jati maka pilihlah produk Biovarnish. Alasannya adalah produk ini merupakan produk dempul kayu water based yang artinya tidak akan pada dampak lingkungan yang berbahaya.

Dempul kayu Biovarnish water based ini memiliki pilihan warna jati yang berbeda dengan merk dempul water based lainnya. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing natural maka jangan lupa untuk menggunakan Biovarnish Wood Filler warna jati ini.

Kemudahan cara aplikasinya berbeda dengan dempul kayu yang dibuat sendiri. Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus bingung dengan bahan pelarut. Proses aplikasi tergantung dengan jenis lubang yang akan diperbaiki.

Apabila lubang berukuran besar maka campurkan terlebih dahulu dempul dengan serbuk kayu yang halus. Kemudian lanjutkan dengan pengisian pada bagian lubang kayu yang rusak.

Biovarnish untuk Furniture Cafe yang Rusak

Apabila tidak ada kerusakan pada permukaan furniture maka Anda bisa langsung mengaplikasikannya merata dengan scrape. Fungsinya adalah untuk mengisi pori kayu sehingga furniture kayu dapat terlindungi dengan maksimal.

Bahkan tidak hanya warna kayu jati saja yang bisa Anda pilih, Anda bisa memilih warna sungkai, mahoni, dan ramin sesuai kebutuhan finishing. Kayu jati yang dilapisi oleh Biovarnish Wood Filler tidak akan menampakan cacat kayu yang sebelumnya terlihat.

Hasil Dempul Kayu Buatan Sendiri VS Biovarnish

Apabila dibandingkan antara dempul kayu Biovarnish dan dempul yang dibuat sendiri, maka Anda akan lebih mudah memilihnya. Perbandingan ini bisa dilihat dari berbagai macam aspek mulai dari persiapan hingga hasilnya.

Berikut ini perbandingan antara dempul yang dibuat sendiri dan dempul kayu Biovarnish:

1. Bahan yang dipersiapkan

Ketika mempersiapkan dempul buatan sendiri, Anda perlu menggunakan wadah khusus, lem kayu putih dan serbuk kayu yang halus. Alat aplikasi yang akan digunakan adalah pisau palet.

Perbandingan Cara Dempul Kayu Jati Biovarnish Dan Buatan Sendiri

Jika menggunakan dempul kayu Biovarnish Anda hanya perlu mempersiapkan dempul dan pisau scraper. Pada kasus tertentu Anda juga bisa menambahkan air dan serbuk kayu yang halus.

2. Hasil warna

Pewarnaan dari dempul buatan sendiri hanya dapat dilakukan dengan wood stain. Anda perlu mengaplikasikan wood stain untuk menutupi warna lem yang muncul. Seringkali muncul bekas lem ketika lapisan wood stain atau pernis sudah mengering.

Dempul kayu Biovarnish akan menyerap wood stain atau pernis dengan baik. Warna yang dihasilkan sangat natural sehingga Anda tidak akan bisa membedakan bagian mana yang diperbaiki. Karena daya serap yang baik untuk lapisan cat di atasnya maka akan mengurangi resiko minyak kayu yang naik.

3. Pengamplasan

Pengamplasan adalah proses yang seringkali membosankan. Proses pengamplasan dempul kayu buatan sendiri akan lebih berat karena sifat lem kayu yang sangat keras. Dipastikan Anda membutuhkan hand sander untuk memperingan pekerjaan.

Gunakan Formula Dempul Kayu Terbaik Tidak Ambles

Pengamplasan Biovarnish Wood Filler sangat mudah dan ringan. Bahkan Anda tidak perlu khawatir akan efek peeling karena tingkat adhesi yang diberikan pada pori kayu sangat kuat. Anda bahkan bisa mengamplas permukaan secara manual.

4. Kecepatan kering

Dempul yang dibuat sendiri akan lebih cepat kering sehingga ketepatan aplikasi sangat dibutuhkan. Sekali Anda sudah meletakan adonan pada cacat kayu akan sulit untuk memindahkannya apabila salah aplikasi. Banyak belajar untuk cara aplikasi yang tepat dibutuhkan jika menggunakan dempul ini.

Biovarnish Wood Filler adalah tipe dempul yang sangat cepat kering. Anda tetap dengan mudah memindahkannya atau membentuknya ketika dempul belum mengering dengan maksimal. Kecepatan keringnya mencapai 20 menit sebelum kering benar dan siap untuk di amplas.

5. Ketahanan

Hasil finishing dari dempul buatan sendiri bisa saja menjadi retak dan tidak tahan terhadap panas matahari. Terutama jika Anda menggunakan lem kayu dari solvent. Panas akan menimbulkan keretakan antara pori kayu dan lem berkurang.

Wood Filler Cepat Kering Dan Tidak Peeling

Biovarnish Wood Filler telah dirancang khusus untuk bisa menghadapi perubahan suhu panas dan dingin. Anda tidak lagi hanya dapat menggunakannya pada furniture indoor namun juga untuk furniture outdoor.

6. Cara membersihkan

membersihkan dempul kayu buatan sendiri sangat sulit karena bahan lem kayu yang akan langsung meresap ke pori sekali diaplikasikan. Jika lem terkena pada area lain seperti karpet atau permukaan kayu yang sudah rapi maka akan timbul cacat. Sangat sulit untuk membersihkannya tanpa menggunakan bahan kimia khusus.

Apabila dempul kayu Biovarnish jatuh pada area yang tidak diinginkan maka Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Cara membersihkannya cukup memanfaatkan air saja. Dempul akan mudah dibersihkan walaupun sudah mengering.

Pintu Berlubang Karena Rayap Segera Atasi Dengan Dempul Kayu Biovarnish 5

Bila dilihat dari cara aplikasi, kemudahan Biovarnish lebih banyak dibandingkan dengan dempul kayu buatan sendiri. Pada dempul buatan sendiri Anda harus bekerja keras dengan adonan yang tepat dan cepat kering.

Pencampuran antara lem kayu dan serbuk kayu perlu banyak percobaan hingga akhirnya mendapatkan bahan yang bisa menutup cacat kayu dengan sempurna. Sedangkan Biovarnish Wood Filler telah diproduksi dengan formula yang terbaik.

Formula ini membuktikan bahwa ketahanan dari Biovarnish Wood Filler bisa bertahan lebih lama dalam hitungan tahunan. Bagi Anda yang takut menggunakan dempul kayu jati dengan bahan solvent bisa menggunakan Biovarnish.

Biovarnish terbuat dari baha air yang aman sehingga tidak akan menimbulkan polusi udara dalam ruangan. Tidak perlu takut bahaya polusi Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler sesuai yang dibutuhkan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.