You are currently viewing Tips Memilih Dempul Kayu Jati Terbaik untuk Proyek DIY

Tips Memilih Dempul Kayu Jati Terbaik untuk Proyek DIY

Bingung memilih dempul kayu jati yang bagus karena terlalu banyak merk di pasaran? Pendempulan kayu jati tidak bisa dianggap remeh dan menggunakan produk sembarangan karena dempul berperan penting dalam  memperbaiki kerusakan pada kayu jati. 

Walaupun kayu jati memiliki kualitas yang keras dan tahan lama bukan berarti bebas dari cacat permukaan. Beberapa cacat akan tetap ditemukan seperti permukaan yang tidak rata atau pada furniture jati akibat adanya bekas paku. 

Apabila Anda menginginkan hasil finishing yang halus dan merata maka dibutuhkan dempul untuk mengisi pori sekaligus memperbaiki cacat kayu.

Mengenal Perbedaan Dempul Kayu Jati Solvent dan Water Based

cara mengaplikasikan dempul kayu jati wood filler

Kerusakan yang terjadi pada kayu, baik itu lubang, retakan, bahkan bagian yang mulai lapuk bukan berarti menghalangi Anda menggunakan kayu jati untuk proyek DIY. Untungnya Anda masih punya dua pilihan wood filler untuk memperbaiki kerusakan tersebut. 

Kedua pilihan tersebut adalah dempul kayu jati water based dan solvent based. Keduanya berbeda dari formulasi dan bisa digunakan untuk berbagai macam perbaikan kayu. Baik itu bekas lubang paku hingga fungsinya untuk menyembunyikan bekas warna pada serat kayu. 

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan secara teknik aplikasi berbeda. 

Wood Filler Water Based

Komposisi yang digunakan untuk menciptakan wood filler ini adalah campuran bahan selulosa, serat kayu atau gypsum. Wood filler jenis ini tidak menimbulkan bau menyengat. 

Beberapa produk hanya mengandung sedikit volatile organic compound atau voc. Cara mengaplikasikannya sendiri bisa langsung atau dicampurkan dengan air. Waktu kering yang dibutuhkan wood filler ini lebih cepat yaitu sekitar 20 menitan. 

Anda juga tidak perlu takut kotor selama penggunaan, karena jika campurannya tumpah atau mengotori ruangan, wood filler ini bisa dibersihkan dengan air sabun atau air hangat. 

Baca Juga :  Tips DIY Rak Gundam Ala Ariel Noah, Isi Waktu Luang di Masa Pandemi

Wood Filler Solvent Based

Jenis wood filler ini terbuat dari bahan vinyl atau epoxy. Kandungan voc-nya lebih tinggi dari filler berbahan air dan ciri khasnya memiliki bau yang cukup menyengat. Wood filler solvent based membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering yaitu sekitar satu jam. 

Apabila Anda ingin membersihkan bekas wood filler solvent based yang mengotori ruangan maka dibutuhkan thinner atau aseton. Soal harga dempul kayu jati solvent based lebih mahal. 

Kebanyakan orang memilih menggunakan wood filler ini untuk proyek furniture luar ruangan, karena kelebihannya lebih baik seperti tahan terhadap air, kelembaban dan panas serta udara dingin yang ekstrim. 

Tips Pemilihan Dempul Kayu Terbaik untuk Proyek Anda

Kini saatnya menentukan manakah dempul kayu jati terbaik yang sebaiknya digunakan. Mengingat kayu jati bukanlah jenis kayu yang murah, Anda harus memilih bahan-bahan finishing yang berkualitas juga. 

Bagi Anda yang tak ingin salah memilih apalagi untuk proyek DIY yang skalanya besar, bisa memilih dengan kelima tips berikut ini. 

Tips 1. Formulasi untuk Segala Kebutuhan

Setiap wood filler diciptakan untuk kebutuhan yang lebih spesifik, karenanya kemampuannya pun berdasarkan formulasi. Beberapa produk diciptakan khusus untuk memperbaiki cacat pada permukaan seperti lubang kecil, goresan tipis atau cacat tekstur. 

Ada juga wood filler yang fungsinya hanya untuk mengisi pori kayu sehingga memperhalus permukaan kayu jati. 

Tips 2. Mengecek Kepekatannya

Kepekatan dempul kayu jati perlu diperhatikan karena beda kepekatan akan berbeda juga fungsinya. Dempul yang memiliki kepekatan lebih bahkan hampir berbentuk padatan kebanyakan digunakan untuk mengisi celah atau lubang besar. 

Berbeda dengan dempul yang lebih encer atau kental seperti adonan kue biasanya digunakan untuk menutup pori. Jenis dempul dengan kepekatanini digunakan pada finishing close pore

Baca Juga :  Finishing Recycle Vintage dan Aplikasinya pada Bangku Kayu Lawas

Hal ini disebabkan dempul kayu yang kepekatannya kental bisa mengisi pori kayu dengan cukup baik. Secara umum konsistensi ini mempengaruhi kemampuannya menutup pori atau lubang pada kayu. 

Tambahan tips saat aplikasi dempul yang lebih padat untuk mengisi lubang bisa ditekan menggunakan scrape atau jari sampai dasar lubang. Dengan begitu pengisian akan lebih maksimal. 

Tips 3. Pemilihan Warna yang Tepat

Dempul juga memiliki pilihan warna, karena tujuannya adalah untuk finishing warna natural maka Anda perlu memilih sesuai warna kayu. Bisa juga memilih yang sesuai dengan warna stain atau hasil finishingn nantinya. 

Kebanyakan produk dempul kayu atau wood filler di Indonesia memiliki tiga pilihan warna umum yaitu jati, mahoni serta ramin. 

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan warna sesuai yang diinginkan. Apabila ketiga warna tersebut tidak sesuai, Anda bisa memilih yang mendekati. Kemudian agar warnanya sama, Anda perlu menambahkan sedikit stain. 

Apabila ingin menggunakan langkah ini, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa wood filler yang digunakan bisa dicampur dengan stain. 

Tips 4. Mengetahui Cara Mengaplikasikannya

Tips yang selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana cara aplikasi dari dempul. Setiap produk memiliki cara aplikasi berbeda tergantung kegunaan. Khusus jenis dempul yang digunakan indoor, Anda perlu mengaplikasikannya sesuai peruntukkannya. 

Karakter dari dempul indoor adalah akan terlalu cepat keras dan menyusut jika terkena cuaca ekstrem secara langsungm, misalnya panas atau dingin terlalu ekstrim. Jadi cara aplikasinya pun harus lebih hati-hati. 

Namun, selama Anda tahu bagaimana cara mengaplikasikannya dan sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa memilih dempul tersebut. 

Tips 5. Kualitas Pengemasan  

Cara terakhir menentukan dempul kayu jati yang kualitasnya baik adalah dengan memperhatikan kemasannya. Ada dempul yang dikemas dalam bentuk kaleng dan ukurannya beragam. 

Baca Juga :  Pilihan Warna Wood Stain untuk Kursi Tamu Bergaya Klasik

Ada juga dempul yang dikemas berbentuk tube yang memang praktis tapi biasanya lebih mahal. Ada juga jenis kemasan khusus untuk dempul solvent yang terdiri dari dua bahan. Satu bahan dempul satu lagi adalah hardener. 

Jika Anda ingin menggunakan dempul berulang kali sebaiknya pilih wood filler yang kemasannya dari kaleng plastik. Sehingga dempul masih bisa digunakan ulang dan penyimpanannya aman. 

Produk Dempul Kayu Jati Terbaik untuk Digunakan 

Produk dempul kayu jati wood filler Biovarnish

Jika bertanya apakah jenis dempul kayu terbaik yang sebaiknya Anda gunakan, Biovarnish Wood Filler adalah pilihannya. Wood filler berbasis air ini bisa Anda gunakan dengan mudah serta tidak menimbulkan bau. 

Soal warna, terdapat pilihan tambahan selain mahoni, jati dan ramin. Anda akan mendapatkan lebih banyak warna untuk menyesuaikan proyek DIY di rumah. Biovarnish Wood Filler bisa digunakan untuk finishing proyek indoor maupun outdoor. 

Tekstur Biovarnish Wood Filler ini lebih kental untuk mengisi cacat lubang, sedangkan untuk mengisi pori Anda tinggal menambahkannya dengan sedikit air. Jika kerusakan lubang cukup besar Anda bisa mencampurkan Biovarnish Wood Filler dengan serbuk kayu agar adonannya cukup untuk mengisi kerusakan lubang.