Formula Dempul Kayu Terbaik yang Hasil Akhir Aplikasinya Tidak Ambles

Ada banyak produk dempul kayu di pasaran yang dirancang untuk mengisi lubang kecil yang tertinggal di kayu dengan knot, paku dan busuk. Tetapi lubang yang lebih besar membutuhkan produk yang akan memungkinkan Anda memperbaiki lubang tanpa mengkhawatirkan produk yang retak atau jatuh dari proyek kayu Anda di masa depan. Dua bagian lem epoksi akan cukup mengembang untuk mengisi lubang, tetapi produk kering sulit untuk dikeruk. Menambahkan serbuk gergaji ke lem membuat epoxy lebih lentur tanpa kehilangan kemampuan untuk menempel pada kayu.

Gunakan Formula Dempul Kayu Terbaik Tidak Ambles

  • Aplikasikan cat di sekitar lubang yang Anda butuhkan untuk mengisi kayu Anda. Rekaman itu akan melindungi kayu yang mengelilingi lubang, menjaganya tetap bersih.
  • Singkirkan dua bagian epoxy dalam mangkuk plastik sekali pakai. Banyak produk epoksi di pasar datang dalam dispenser jenis plunger yang memungkinkan Anda untuk mengeluarkan jumlah produk yang benar pada saat yang bersamaan.
  • Campurkan epoksi dua bagian dengan tongkat kayu selama minimal 2 menit. Lanjutkan mencampur saat Anda menambahkan serbuk gergaji halus ke epoxy. Serbuk gergaji harus menjadi konsistensi bedak talek. Lanjutkan untuk menambahkan serbuk gergaji ke epoxy sampai Anda memiliki pasta tebal. Semakin banyak serbuk gergaji yang Anda tambahkan, semakin mudah untuk mengamplas produk setelah mengering.
  • Aplikasikan campuran epoksi dengan pisau dempul plastik. Dorong epoxy ke dalam lubang. Gosok kelebihan epoxy dari permukaan.
  • Biarkan campuran epoksi untuk menyembuhkan untuk waktu yang disarankan oleh produsen. Lepaskan pita pelukis setelah campurannya sembuh.
  • Pasir permukaan lubang yang dipenuhi epoxy dengan amplas 80-grit untuk menghaluskan produk. Ikuti dengan amplas 120-pasir untuk memadukan perbaikan dengan kayu di sekitarnya.

Kelemahan Perbaikan Lubang Dengan Lem

Cara aplikasi di atas adalah cara aplikasi yang telah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Bahkan nenek moyang kita telah banyak menggunakan cara tersebut untuk memperbaiki lubang pada kayu. Cacat pada kayu memang tidak dapat dihindari karena cacat tersebut muncul bahkan ketika kayu masih berbentuk pohon.

Cacat kayu yang diakibatkan oleh berbagai macam masalah seperti cuaca bahkan serangga ini dapat diatasi memang dengan campuran dempul kayu yang terdiri dari serbuk kayu dan lem. Namun perlu Anda ketahui, cara tersebut memiliki banyak kelemahan. Anda akan menemukan kelemahan tersebut dan nantinya akan sangat mempengaruhi tampilan dari furnitur yang sedang difinishing saat ini.

Ada beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui berikut ini :

Gunakan Formula Dempul Kayu Terbaik Tidak Ambles

  • Proses pengeringan yang lama karena lem tidak dapat meresap ke dalam pori kayu. Ini akan memperlambat pekerjaan Anda. Bahkan Anda perlu waktu lebih lama hingga beberapa hari hanya untuk menyelesaikan proses finishing.
  • Pengamplasan keras karena sifat lem yang mengeras dan tidak lentur seperti dempul. Lem akan berubah menjadi keras ketika mengering. Anda perlu alat khusus untuk proses pengamplasan.
  • Hasil yang ambles karena lem menguap dan berkurang karena mengeras. Permukaan kayu menjadi tidak rata apabila Anda menggunakan campuran lem dan serbuk kayu.
  • Permukaan tidak merekat dengan baik. Ketika proses pengamplasan campuran lem dan serbuk kayu bisa mengelupas karena tidak ada perekatan yang maksimal ke dalam pori kayu. Membuat lubang tidak tertutup dengan sempurna.

Cara paling baik untuk menghindari berbagai kelemahan tersebut adalah menggunakan wood filler atau dempul kayu. Produk tersebut telah dirancang khusus untuk memperbaiki lubang pada kayu. Anda akan lebih mudah menggunakannya bahkan agar tidak ambles Anda bisa mencampurkannya dengan sebuk kayu.

Jika Anda telah mencampurkannya dengan serbuk kayu maka wood filler bisa langsung diisikan ke dalam lubang kayu dan ditunggu kering. Bahkan untuk proses pengeringan tidak lama Anda cukup mendiamkannya saja hingga sekitar 20 menit dan bisa mengamplas dengan kertas amplas no. 240.

Hasilnya permukaan kayu yang berlubang akan berubah menjadi halus dan rata.

Tips Aplikasi Dempul Kayu / Wood Filler Tidak Ambles

Kayu dempul atau wood filler adalah teman terbaik tukang kayu. Tersedia dalam berbagai warna, dempul kayu adalah zat yang digunakan untuk mengisi lubang dan ketidaksempurnaan dalam kayu. Untuk meningkatkan kemungkinan berhasil memperbaiki proyek kayu, disarankan untuk membiasakan diri dengan beberapa dasar dempul kayu. Produsen menghasilkan jenis kayu dempul tertentu dalam warna populer serta dempul kayu standar yang membutuhkan pewarnaan. Penting untuk menentukan sejauh mana Anda bersedia pergi untuk memperbaiki barang sebelum membeli produk dempul kayu.

— Jenis —

Dua jenis dempul kayu yang paling umum adalah berbasis nitroselulosa dan berbasis akrilik. Bubuk kayu berbasis nitrocellulose mengering sangat cepat, menjadikannya solusi ideal untuk proyek cepat. Bahan dibersihkan dengan pernis tipis atau aseton sebelum menyembuhkan. Dempul kayu berbasis akril membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeringkan, tetapi mudah dibersihkan dengan air sebelum disembuhkan, menjadikannya pilihan ideal untuk proyek ketika waktu penyelesaian tidak penting.

— Warna yang Cocok —

Produsen proyek dempul kayu membuatnya semudah mungkin bagi Anda untuk menemukan warna dempul yang cocok dengan proyek Anda dengan menghasilkan berbagai pilihan putties berwarna. Warna dempul kayu yang umum termasuk light oak, butternut, maple, ebony, kayu jati, cherry fruitwood dan light birch. Warna yang sulit dicocokkan mungkin membutuhkan penggunaan perangkat campuran yang mencakup selusin warna; bila dicampur, mereka menghasilkan dempul kayu berwarna kustom yang sesuai untuk proyek Anda. Ketika semuanya gagal, perpaduan warna akrilik artis dengan dempul berbahan dasar air atau warna minyak artis dengan dempul berbasis pelarut untuk mencocokkan warna proyek Anda. Tip cepat lainnya adalah mengumpulkan beberapa serbuk gergaji dari proyek yang bisa diterapkan dan mencampurnya dengan dempul kayu untuk mendapatkan kecocokan yang lebih dekat.

— Aplikasi —

Gunakan Formula Dempul Kayu Terbaik Tidak Ambles

Menerapkan dempul kayu memerlukan menekan bahan ke gores atau gouge menggunakan pisau dempul standar. Tipe lain dari metode aplikasi adalah kapas, tongkat kerajinan atau jari Anda. Tekan material ke area yang terkena dan biarkan kering. Hilangkan adonan kayu yang berlebihan sebelum mengering. Tes cepat untuk menentukan apakah dempul kayu kering dan siap untuk digunakan adalah menekan ujung ibu jari Anda ke dalam dempul. Jika memberi atau indentasi, biarkan material mengering untuk waktu yang lebih lama.

— Pengamplasan Kayu —

Sebuah blok pengamplasan dengan amplas halus atau alat osilasi genggam yang dilengkapi dengan amplas 220-pasir melakukan pekerjaan yang baik untuk merapikan perbaikan dempul kayu dan proyek-proyek mereka. Setelah diampelas, area tersebut dinodai untuk memadukannya dengan penyelesaian proyek yang berlaku.

— Pewarnaan Kayu —

Pewarnaan dempul kayu tergantung pada jenis perbaikan. Beberapa jenis perbaikan mengharuskan mereka diampelas dan diwarnai agar sesuai dengan proyek yang berlaku. Tingkat penyerapan bervariasi antara berbagai jenis putties kayu dan spesies kayu yang berbeda. Ketika menodai proyek, uji dempul kayu dan noda pada sepotong kayu bekas. Isi gouge dengan dempul dan biarkan mengering. Pasir dan noda area untuk menentukan apakah memang cocok. Sesuaikan warna dempul sesuai untuk menciptakan kecocokan yang cocok.