5 Persiapan Mengecat yang Tidak Boleh Dilewatkan untuk Hasil Sempurna

Mengecat bukanlah sebuah hal yang sepele walaupun sering dilakukan seorang DIY, sudahkah melakukan persiapan dengan benar? Sebagus apapun teknik yang kamu lakukan, persiapan dalam mengecat juga sangat penting. Banyak yang mengabaikan soal persiapan pengecatan ini dan akhirnya hasil tidak memuaskan. 

Melalui persiapan yang lengkap dan tepat, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengecat yang rapi dan juga bersih. Persiapan ini dimulai dari mempersiapkan ruangan, bahan dan alat serat substrat kayu yang hendak di finishing. Anda tidak bisa melakukannya sembarangan atau melewatkan salah satu langkah saja. 

5 Persiapan Mengecat Yang Harus Anda Lakukan - Workshop Kayu

Melewatkan satu langkah akan berujung pada hasil finising yang tidak rapi. Jika Anda masih bingung, ketahuilah macam-macam persiapan yang wajib dilakukan pada artikel kali ini. Persiapan ini sudah biasa dilakukan oleh para profesional. Tugas Anda hanya perlu meniru dengan tepat. 

Persiapan Ruang Mengecat

Ruangan adalah komponen yang terpenting dan Anda bisa memulai dengan memilihnya. Sebaiknya bekerjalah pada ruangan beratap dan bukan outdoor. Ruangan terbuka hanya akan membuat angin membawa debu dan mengotori permukaan cat yang masih basah. 

Ada beberapa tips bagi Anda untuk mempersiapkan ruangan yang tepat, berikut ini tipsnya:

  • Siapkan ruangan yang bersirkulasi udara baik. 
  • Ruangan juga harus memiliki penerangan khusus yaitu lampu bahkan pada siang hari. 
  • Siapkan meja kerja yang fleksibel. Anda mungkin bisa mempertimbangkan alat gantung untuk mengecat dengan lebih mudah. 
  • Ruangan juga harus bersih dan tidak berangin, akan lebih baik jika tidak menggunakan kipas angin atau AC. 
  • Pisahkan ruang memotong kayu dan mengecat karena Anda tentu tidak ingin serbuk kayu menempel pada cat yang masih basah. 
  • Sesuaikan ukuran ruang dengan ukuran furniture atau kayu yang hendak dicat. Pastikan Anda masih memiliki ruang gerak yang nyaman. 

Kenyamanan saat bekerja berasal dari persiapan ruangan. Disinilah Anda harus mempersiapkan ruangan yang tepat. 

5 Persiapan Mengecat Yang Harus Anda Lakukan - Ruangan Mengecat

Persiapan Mengamplas

Persiapan dalam tahapan ini meliputi pemilihan jenis amplas dan teknik mengamplas. Pemilihan harus didasarkan dengan bagaimana permukaan kayu saat ini. Permukaan kayu bisa saja terlalu kasar, maka amplas yang dipilih juga harus kasar. Yuk intip bagaimana pemilih amplas yang lebih lengkap:

  • Amplas kayu yang belum di finishing adalah nomor 150-220. Jika masih terlalu kasar Anda bisa menggunakan amplas yang lebih kasar lagi. 
  • Jenis amplas yang digunakan adalah aluminium oxide karena bisa digunakan mengamplas secara kering. 
  • Khusus untuk mengamplas lapisan antar cat nantinya harus yang sangat halus yaitu nomor 320 hingga 400. Semakin halus maka akan semakin baik. 
5 Persiapan Mengecat Yang Harus Anda Lakukan - Mengamplas

Setelah memilih amplas yang tepat, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan. Teknik ini berfungsi untuk mempersiapkan substrat kayu dengan sangat maksimal. Apa saja teknik yang harus Anda perhatikan ketika mengecat? Berikut ini ulasannya:

  • Amplas harus menggunakan landasan yang merata. Anda bisa menggunakan mesin amplas atau dibalut dengan balok kayu. Jika permukaan kayu bergelombang Anda bisa menggunakan busa agar amplas menyesuaikan dengan permukaan kayu. 
  • Gantilah amplas jika pasir di permukaannya sudah habis atau berubah menjadi halus. Sehingga pengamplasan bisa dilakukan dengan lebih cepat. 
  • Pengamplasan harus dilakukan mengikuti serat kayu. Jika berlawanan maka akan muncul efek kasar. Efek ini akan terlihat setelah pernis atau cat diaplikasikan nantinya. 

Pengamplasan adalah teknik yang sangat mudah sebenarnya, hanya saja membutuhkan kesabaran para aplikatornya. Karena masing-masing jenis kayu memiliki karakteristik masing-masing. Bisa saja prosesnya akan cepat atau justru semakin lama. 

Persiapan Mengecat pada Bahan Finishing

Saatnya memilih bahan finishing yang akan sangat menentukan apakah permukaan kayu berubah menjadi lebih halus, proses mengecat lebih mudah dan hasilnya memuaskan. Tentunya tidak ada bahan finishing yang sempurna, Anda hanya perlu memilih sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan. 

Di antara berbagai macam jenis bahan finishing, Biovarnish series kini banyak digunakan di kalangan DIY dan juga pengrajin kayu. Bukan hanya pernis saja, tetapi Biovarnish juga menyediakan Wood Filler dan Wood Stain. Ketiga produk ini  bisa diaplikasikan secara berurutan seperti pada umumnya. 

5 Persiapan Mengecat Yang Harus Anda Lakukan - Cat Kayu

Apa yang membuat Biovarnish series ini menjadi pilihan terbaik? Berikut ini berbagai keuntungan yang akan didapatkan oleh para penggunanya:

  • Proses aplikasi lebih cepat

Kecepatan proses aplikasi dipengaruhi oleh peranan cat yang sangat cepat kering. Tidak perlu waktu berjam-jam untuk setiap lapisan coating mengering. Karena terbuat dari bahan dasar air, cat bisa mengering dengan lebih cepat selama 60 menit. Itupun tidak membutuhkan pengeringan dengan dijemur. 

Kecepatan waktu kering tentunya akan menghemat waktu aplikasi. Anda tidak perlu menunggu dua hingga tiga hari untuk menyelesaikan finishing. Cukup dengan meluangkan waktu beberapa jam saja cat akan mengering maksimal. 

  • Menutup permukaan kayu secara sempurna

Apakah Anda sering melihat finishing kayu yang tidak rata? Masih ada efek finishing ini, alasannya pernis atau cat tidak menutup secara sempurna. Biovarnish disisi lain justru memiliki keunggulan ini. Lapisan cat akan menutup permukaan kayu secara sempurna karena tarikan kuas yang sangat ringan. 

  • Pilihan warna natural beragam

Biovarnish wood stain menyediakan beragam warna natural, Anda bisa mengubah warna kayu pinus menjadi mahoni atau jati. Pilihan yang beragam tentunya akan sangat mempermudah Anda menggunakan sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

  • Perlindungan maksimal

Apa saja perlindungan yang akan dihasilkan oleh Biovarnish? Semua perlindungan yang meliputi ketahanan terhadap panas, hujan hingga perubahan cuaca. Sinar UV yang biasanya mengubah warna kayu pun akan dilindungi oleh pernis water based ini. 

Persiapan Substrat Kayu

Mengamplas adalah salah satu persiapan dari substrat kayu, tapi ada beberapa persiapan yang lainnya. Khususnya pada jenis furniture yang hendak di refinishing. Ada beberapa proses persiapan yaitu sebagai berikut ini:

  • Tutupi bagian logam atau kaca

Jika Anda hendak melakukan finishing pada meja rias atau kusen jendela maka sangat penting untuk menutup bagian kaca dan juga logam agar tidak terkena cat. Sehingga hasilnya akan sangat rapi. Bagian tersebut nantinya akan dibuka setelah pengecatan selesai. 

  • Siapkan alas mengecat

Apabila Anda hendak mengecam didalam ruangan dimana furniture tersebut diletakkan maka bersihkan ruangan. Furniture bisa saja terlalu besar untuk dipindahkan ke ruang kerja. Maka untuk menghindarinya, Anda bisa memberikan alas terpal ukuran agar tidak mengotori lantai. 

  • Bersihkan semua debu dan kotoran

Setelah selesai mengamplas pastikan sekali lagi bahwa permukaan kayu sudah bersih. Tidak ada bekas debu amplas atau debu lainnya hingga kotoran kering yang melekat. Semakin bersih maka akan semakin baik untuk hasil maksimal. 

5 Persiapan Mengecat Yang Harus Anda Lakukan - Mengecat

Persiapan Proses Pengeringan Cat

Selesai mengecat, Anda juga harus mempersiapkan ruangan pengeringan. Ruang ini harus bersih dan juga kering. Ingat, karena Anda akan menggunakan Biovarnish maka tidak ada perlu penjemuran. 

Furniture kayu cukup diletakkan di ruangan mengecat yang terpisah dari ruang pemotongan kayu. Jangan tumpuk furniture kayu yang masih basah, Anda bisa meletakkannya di atas alas khusus. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.