Tips Perawatan Furniture Outdoor

69
Ingin Furniture Outdoor Anda Awet? Lakukan Cara Ini

Furniture outdoor memerlukan perlakuan yang berbeda dari furniture indoor. Apabila Anda tidak pernah memperhatikan perawatan furniture indoor secara berkala tidak masalah. Namun Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada furniture outdoor. Perawatan furniture outdoor dan pemberian lapisan cat perlu diperhatikan. Jika salah maka furniture yang terbuat dari bahan alam akan cepat rusak.

Kayu, rotan, bambu bisa digunakan sebagai furniture outdoor, namun sebagai ganti untuk mendapatkan furniture yang tahan lama cat dan bahan perawatan lainnya perlu diperhatikan. Tidak semua jenis cat dan perawatan serat alam akan memberikan efek perlindungan yang kuat.

Lebih jelasnya Anda bisa menyimak artikel ini yang akan membahas mengenai jenis-jenis cat yang cocok untuk furniture outdoor dan perawatan tambahan apa saja yang harus digunakan.

Mengenal Cat dan Metode Perawatan Furniture Outdoor Yang Tepat

CS Biovarnish

Pernahkah Anda menilai atau membandingkan antara satu produk cat dengan yang lainnya? Apakah hasil yang diberikan sesuai dengan yang Anda harapkan? Jika Anda sudah pernah melakukannya pasti akan terlihat jelas antara cat indoor dan outdoor. Mulai dari warna, ketebalan hingga tampilan glossy sangat berbeda.

Cat indoor pasti tidak memiliki tampilan kilap setinggi cat untuk outdoor. Sedangkan untuk cat outdoor Anda akan menemukan hasil tampilan dengan kilap tinggi. Hasil ini dikarenakan furniture outdoor sangat mudah terkena goresan, gloss yang tinggi akan menyamarkan goresan.

Hal-hal seperti inilah yang harus dimiliki oleh produk cat outdoor. Semua furniture kayu, rotan dan juga bambu untuk outdoor memerlukan perlindungan terbaik dari jenis cat berkualitas. Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan tersebut gunakanlah cat BioColours.

Cat ini adalah cat water based yang dapat digunakan pada berbagai jenis bahan serat alam. Dimulai dari kayu, turunan kayu, anyaman rotan hingga furniture bambu membutuhkan perlindungannya. Hasil finishing yang diberikan sama seperti pernis dan plitur. Anda tidak perlu khawatir akan masalah efek menguning yang muncul pada cat solvent.

Bahan dasar dan pelarut air membuat BioColours hanya mengandung formalin penyebab efek warna menguning tersebut muncul. Cara aplikasinya pun sama dan sangat mudah yakni menggunakan spray gun. Finishing menggunakan spray gun pasti sudah tidak asing lagi di dunia profesional dan DIY.

Perlindungan yang diberikan pada furniture outdoor pun bervariasi sehingga membuatnya semakin awet. Perlindungan terhadap panas, hujan, dan perubahan cuaca sangat kuat. Cat yang sudah diaplikasikan akan mengeras dan lentur. Kayu dan serat alam akan mengalami perubahan bentuk karena perubahan cuaca. BioColours akan mengikuti perubahan bentuk material untuk menghindari cracking.

Inilah yang dibutuhkan untuk perawatan furniture outdoor agar lebih awet yakni cat BioColours. Mendapatkan hasil finishing yang sempurna dengan BioColours Anda perlu menggunakan empat series produk dimulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain dan juga top coat.

Cara Aplikasi BioColours untuk Furniture Outdoor

Banyak cara yang bisa digunakan untuk aplikasi, namun untuk hasil maksimal Anda perlu menggunakan spray gun dan juga kompresor. Jangan lupa untuk menyiapkan ruang kerja yang bersih dan juga kering. Ventilasi udara harus baik karena bagian inilah yang akan mempercepat proses pengeringan cat water based.

Ingin Furniture Outdoor Anda Awet? Lakukan Cara Ini
Mengecat dengan alat semprot

Apakah sudah siap untuk melakukan finishing furniture outdoor? Berikut ini langkah-langkah yang tepat:

  • Siapkan furniture kayu dan serat alam lainnya. Amplas permukaannya hingga halus dan rata. Bersihkan sisa debu amplas.
  • Aplikasikan BioColours wood filler dengan pisau palet. Ratakan bahan ke seluruh permukaan furniture. Tunggu wood filler mengering selama 20 menit kemudian amplas dengan amplas nomor 240. Amplas hingga warna serat kayu terlihat.
  • Aplikasikan BioColours wood stain sesuai warna yang dipilih. Campurkan 2 bahan dengan 1 air ke dalam wadah dan aduk rata. Tuangkan ke dalam tabung spray kemudian semprotkan ke seluruh permukaan furniture. Tunggu lapisan kering 60 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Gunakan amplas 400 kembali dan bersihkan debu amplas. Apabila warna kurang tajam atau gelap lakukan pengecatan sekali lagi.
  • Aplikasikan BioColours sanding sealer yang sudah dicampur dengan air. Gunakan 2 bahan : 1 air yang dicampur rata dan tuangkan ke dalam tabung spray. Lakukan penyemprotan ke seluruh permukaan furniture dan tunggu kering selama 60 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang amplas 400.
  • Lakukan proses setting warna untuk mendapatkan warna hasil akhir yang diharapkan. Campur wood stain, topcoat dan air untuk kebutuhan setting warna ini. Jika sudah diperoleh warna yang diharapkan dan sudah diperoleh kering amplas, lakukan amplas ambang sebelum aplikasi topcoat.
  • Aplikasikan BioColours Top coat gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata kemudian tuangkan ke dalam tabung spray. Lanjutkan penyemprotan lapisan akhir ini. Tunggu top coat mengering hingga 24 jam dan semalaman. Furniture outdoor kini sudah siap digunakan dan dipacking setelah kering.

Proses finishing harus dilakukan secara berurutan karena setiap lapisan memiliki fungsinya masing-masing yang tidak boleh dilewatkan. Anda akan mendapatkan furniture outdoor yang terlindungi dengan baik melalui lapisan film yang kuat dan tahan lama.

Perawatan Lanjutan Furniture Outdoor

Apakah perawatan lanjutan yang perlu diperhatikan pemilik furniture? Tentu saja baik itu furniture teras yang diletakan di bawah atap atau furniture taman yang langsung terkena cuaca maka perawatan tidak boleh dilewatkan. Apabila Anda tidak memperhatikan perawatan maka rayap dan jamur akan tumbuh dalam beberapa bulan, khususnya pada furniture yang langsung bersentuhan dengan tanah.

Kelembaban tanah akan terserap ke dalam kaki furniture sehingga kandungan air akan merembes ke dalam substrat kayu. Kelembaban yang tinggi inilah yang akan membuat furniture segera berjamur dan berayap.

Menjaga furniture outdoor tetap aman sebaiknya berikan perlindungan plastik pada kaki-kaki furniture. Jangan lupa juga untuk memoles furniture setiap bulannya. Memoles furniture berfungsi untuk memperkuat lapisan cat akhir yakni top coat sekaligus memberikan penampilan yang menarik pada furniture.

Setelah selesai dipoles furniture akan selalu terlihat baru. Selain itu melakukan poles kayu setiap bulannya akan membuat Anda selalu memperhatikan kekuatan dan kelayakan penggunaan furniture outdoor. Pasti akan ada beberapa bagian yang cepat rusak dan warna pudar dan harus segera diperbaiki.

Ada banyak bahan poles furniture kayu yang bisa digunakan salah satunya adalah Biopolish Linseed Oil. Produk ini dirancang khusus sebagai bahan poles furniture seperti meja dan kursi kayu. Hasilnya furniture akan mendapatkan perlindungan tambahan dan akan tampak cerah usai dipoles.

Ingin Furniture Outdoor Anda Awet? Lakukan Cara Ini
Memoles furniture

Proses pemolesan juga sangat mudah Anda hanya perlu menggunakan kain katun yang putih, bersih dan kering. Ambilah sedikit bahan poles kemudian usapkan secara memutar dan searah serat kayu pada permukaan furniture. Gosok hingga bahan habis dan furniture terlihat mengkilap.

Seluruh bahan poles akan menyebar ke seluruh permukaan furniture sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecatan ulang hanya untuk mendapatkan tampilan yang baru. Proses aplikasi harus dilakukan dengan rutin karena udara, kelembaban, panas dan hujan akan menghilangkan lapisan poles kayu.

Namun ingat melakukan poles kayu tidak boleh berlebihan karena akan meningkatkan kelembaban pada permukaan furniture outdoor dan justru memicu pertumbuhan jamur. Jadi pastikan Anda menggunakan dalam jumlah dan waktu yang tepat.

CS Biovarnish