Memilih Sanding Sealer Tahan Air untuk Furniture Outdoor Warna Natural

Menggunakan Sanding Sealer tahan air sangat diperlukan untuk furniture outdoor. Agar kinerja sanding sealer lebih maksimal, gunakanlah produk yang tahan air. Furniture outdoor Anda akan lebih terawat dan terlindungi dengan baik setelah diaplikasikan sanding sealer tahan air.

Warna Finishing Jati Dengan Biovarnish Pada Furniture Outdoor

Mengerjakan proyek DIY adalah hal yang sangat menyengankan bukan? Bagi Anda yang suka dalam tahapan finishing maka kini saatnya melakukan eksplorasi lebih jauh lagi dengan menggunakan cat kayu tahan air. Anda bisa menggunakannya untuk segala proyek finishing furniture outdoor. Anda pasti sudah paham betul jika sebuah furniture otudoor memerlukan perlindungan yang berbeda dibandingkan dengan furniture indoor bukan?

Furniture outdoor harus mampu menahan segala kerusakan yang diakibatkan oleh perubahan cuaca dar panas dan hujan. Jika furniture tidak bisa tahan terhadap gangguan tersebut maka rayap dan juga jamur akan segera menyerang menimbulkan kerusakan yang parah. Tentu saja furniture outdoor yang telah susah payah dibuat tidak akan bertahan lama.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan apa merk sanding sealer yang bagus dan mengapa harus menggunakannya. Selain itu mengetahui cara aplikasi sanding sealer yang benar di awal akan memberikan kesempatan Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Pentingnya Sanding Sealer Tahan Air Pada Proses Finishing

Pernahkah Anda mengetahui jenis finishing yang akan diterapkan pada furniture? Apakah Anda akan menerapkan finishing open pore atau Anda justru akan memilih finishing close pore. Keduanya akan memberikan efek yang berbeda bahkan pemilihannya bisa juga berdasarkan dengan jenis kayu.

Pada finishing natural Anda bisa menerapkan finishing close pore atau open pore. Finishing close pore bukan hanya berarti Anda akan melakukan finishing dengan warna solid. Namun pada intinya Anda akan mengisi pori kayu dengan benda padat yakni filler, bukan dempul.

Finishing Close Pore

Jika dalam teorinya, jenis finishing ini lebih baik digunakan pada jenis kayu lunak yang memiliki pori halus. Sehingga pori kayu yang memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap kelembaban akan dihalangi oleh filler yang telah menutup pori kayu.

Lapisan wood filler sendiri akan menutup pori kayu namun tetap memperlihatkan serat kayu dengan baik. Wood filler tersedia dalam warna yang terbatas jadi untuk menghindari perbedaan warna dengan kayu seringkali penggunaannya dicampur dengan stain demi menyamakan warna kayu.

Pastikan Memilih Sanding Sealer Tahan Air untuk Furniture Outdoor

Finishing Open Pore

Sekarang beralih pada finishing open pore. Melakukan finishing open pore artinya memberikan pori kayu tetap terbuka. Ada dua pilihan dalam finishing ini yakni membiarkan furniture kayu tidak terlindungi dengan lapisan coating. Namun sebagai gantinya penggunaan bahan poles kayu harus dilakukan untuk melindungi kayu lebih tahan lama dari dalam.

Pilihan kedua adalah dengan memberikan lapisan coating yang lebih simpel yakni sanding sealer dan juga topcoat. Jika Anda memilih pilihan ini maka penggunaan sanding sealer tahan air sangat penting, dimana sanding sealer akan bekerja sebagai cat dasar kayu sekaligus sebagai lapisan intermediate.

Manfaat sanding sealer di bagian ini tidak boleh dilupakan. Anda harus memilih dengan benar manakah sanding sealer yang benar-benar tahan air dan tahan panas. Lapisan ini akan menjadi cat dasar menggantikan wood filler untuk menutup pori kayu. Apabila tidak kuat maka cat akan mudah retak.

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Salah satu merk sanding sealer tahan air yang direkomendasikan adalah Biovarnish. Sanding Sealer Biovarnish adalah sanding sealer water based yang dirancang khusus agar bisa tahan air dan juga tahan panas. Perubahan cuaca tidak akan mempengaruhi kekuatannya karena ikatan yang dibentuk sangat kuat di dalam pori kayu.

Ada banyak keuntungan jika menggunakan sanding sealer Biovarnish selain tahan air dan tahan panas. Pada proses aplikasinya Anda akan menemukan kecepatan kering yang tinggi serta hasil yang maksimal. Tidak perlu bingung dengan finishing saging, kulit jeruk bahkan lapisan yang mengelupas.

Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer Tahan Air

Cara menggunakan Sanding Sealer Biovarnish pun cukup mudah. Jika Anda memilih finishing open pore maka Anda cukup menggunakan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Pilih terlebih dahulu apakah hasil yang ingin Anda dapatkan.

Apakah ingin tampilan mengkilap atau tampilan natural, pilihan ini terdapat pada Biovarnish Clear Coat gloss dan juga matte. Apabila ingin furniture yang lebih tahan gores gunakan Biovarnish Clear Coat gloss.

Beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut ini:

  • Sanding Sealer Biovarnish
  • Clear Coat Biovarnish
  • Amplas alumunium oxyde nomor 400
  • Gelas plastik
  • Pengaduk
  • Kain lap bersih dan kering
  • Kompresor
  • Spray gun

Cara aplikasi Biovarnish :

1. Persiapan

Bersihkan permukaan furniture dengan benar, setelah diamplas hingga halus jangan lupa untuk menghilangkan semua sisa debu amplas. Pengamplasan wajib dilakukan sebelum proses aplikasi karena akan membuka pori kayu agar lapisan sanding sealer bisa menempel dengan benar. Siapkan kompresor dan nyalakan.

2. Gunakan Sanding Sealer

Selagi kempresor menyala campurkan sanding sealer dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Untuk mendapatkan cairan yang tepat gunakan alat NK 2 dan dapatkan 11-12 detik. Namun jika tidak memilikinya gunakan sendok biasa untuk menakar. Aduk larutan hingga benar-benar tercampur.

Pastikan Memilih Sanding Sealer Tahan Air Untuk Furniture Outdoor

Masukan larutan sanding sealer ke dalam tabung spray gun namun jangan sampai penyuh cukup ¾ tabung. Setelah itu mulai semprotkan ke permukaan kayu. Mulai atur untuk jarak penyemprotan 15 cm jauhnya dan tegak lurus atau sejajar dengan permukaan. Semprotkan dari kiri ke kanan kemudian atas bawah. Maka akan terbentuk cross spray yang benar-benar membuat partikel cat masuk ke dalam pori kayu.

Tunggu lapisan sanding sealer mengering dengan benar. Tanpa dijemur di panas matahari langsung furniture akan mengering kira-kira 60 menit. Jika sudah kering benar lakukan pengamplasan. Proses amplas dilakukan secara ambang hanya untuk membentuk goresan halus yang mempermudah lapisan cat di atasnya yakni top coat menempel karena pori kayu sudah tersegel dengan baik. Jangan lupa hilangkan debu amplas untuk hasil yang halus. Cuci tabung spray gun dengan air bersih.

3. Aplikasikan Clear Coat

Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air bersih dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan yang sama yakni 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk rata dan tuangkan kembali ke dalam tabung spray gun jangan terlalu penuh. Lakukan proses penyemprotan yang sama dengan aplikasi sanding sealer tadi.

Clear Coat

Jika sudah selasai dan top coat merata tunggu kering lapisan akhir ini selama 24 jam atau semalaman. Sebelum Anda menggunakan furniture pastikan lapisan cat sudah kering benar agar tidak menimbulkan cacat finishing yang tidak diinginkan.

Jika langkah di atas diikuti maka lapisan film yang terbentuk sangatlah kuat. Lapisan ini akan menghalangi panas dan hujan mengubah warna kayu menjadi pudar. Selain itu ketahanannya terhadap goresan sangat baik.

Belum lagi kedua produk Biovarnish ini sudah mengandung bahan anti jamur dan anti rayap sehingga tidak masalah jika Anda akan meletakan furniture di atas tanah langsung. Asalkan jenis kayu yang digunakan juga berkualitas seperti kayu jati sehingga jamur dan rayap tidak mudah timbul.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com