Ini Dia Produk Sanding Sealer Berkualitas untuk Semua Jenis Kayu

Menggunakan sanding sealer yang berkualitas adalah pilihan tepat untuk finishing berbagai jenis kayu, sanding sealer berkualitas akan memberikan hasil finishing terbaik. Sanding sealer berkualitas akan membuat hasil finishing natural transparan menjadi lebih optimal.

Produk Cat Biovarnish

Para pengrajin furniture khususnya mereka yang mengerjakan proyek finishing tidak boleh salah memilih bahan finishing terutama sanding sealer. Bagi mereka yang mengerjakan furniture outdoor, indoor, furniture kamar mandi harus menyesuaikan tempat di mana furniture akan diletakan. Jika Anda adalah salah satu diantara pengrajin ini maka pastikan jenis kayu dan bahan finishing telah sesuai.

Ada banyak bahan finishing yang hanya dirancang untuk digunakan pada furniture dalam ruangan saja atau pada furniture luar ruangan. Adapula sanding sealer kayu yang dirancang untuk bisa digunakan pada furnitur indoor atau outdoor. Apa bedanya dan bagaimana cara mengetahui itu adalah sanding sealer berkualitas yang cocok digunakan pada jenis kayu apapun?

Percobaan adalah satu-satunya cara untuk mengetes apakah sanding sealer menghasilkan tampilan sempurna dan mudah digunakan. Tidak ketinggalan harga yang diberikan apakah juga sesuai dengan budget yang diberikan. Maka proses finishing pada sebuah pabrik furniture tidak bisa singkat, mulai dari pemilihan bahan finishing hingga selesai finishing kering dapat dipacking membutuhkan waktu lebih dari satu minggu.

Sanding sealer adalah cat dasar kayu yang dibutuhkan pada finishing natural. Bahan ini telah dikenal sejak lama dan belum ada yang menggantikannya. Sanding sealer yang berkualitas bisa masuk ke dalam pori-pori kayu ukuran apapun. Hasilnya sanding sealer akan masuk ke dalam pori, menyegelnya dengan baik sehingga tidak ada kelembaban, jamur dan rayap yang bisa masuk atau tumbuh melalui pori tersebut.

Mengenal Jenis Pori-Pori Kayu

Kenali jenis pori kayu sehingga akan lebih mudah mengatahui sanding sealer manakah yang akan berkualitas untuk digunakan. Penggunaan kayu solid atau kayu buatan seperti plywood tetap membutuhkan sanding sealer. Paling mudah adalah plywood karena tidak ada pori kayu namun membutuhkan sanding sealer yang memiliki daya rekat paling baik.

Pori adalah lubang kecil yang digunakan pohon untuk bernapas. Pada saat pohon sudah ditebang dan menjadi kayu, pori ini akan tetap memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban, inilah penyebab dari kerusakan pada furniture yang sering terjadi.

Pori kayu berbeda pada setiap jenis pohon. Pori kayu inilah yang juga membentuk serat atau alur serat katu. Pernahkah Anda melihat alur serat kayu jati yang berlekuk? Nah itulah bentuk alur yang terbuat dari pori dengan ukuran yang berbeda-beda.

Ada dua macam pori yang membentuk serat bisa ditemukan. Pertama adalah end grain dimana pori akan terlihat ketika kayu dipotong secara berlawanan arah serat. Ada pula plain grain ketika kayu dipotong sesuai dengan arah serat kayu. Teknik pemotongan kayu harus benar karena menentukan kayu akan kuat digunakan sebagai furniture.

Berikut ini jenis pori-pori kayu yang ada di berbagai macam jenis kayu :

1. Open grain / pori kayu terbuka

Jenis dari pori kayu ini berukuran besar dan biasanya terdapat pada jenis kayu lunak. Jenis kayu yang memiliki pori kayu terbuka berukuran besar akan lebih baik digunakan pada furniture dalam ruangan saja. Karena pori kayu terbuka tidak aman digunakan pada furniture outdoor yang akan terkena panas atau hujan secara langsung.

Sanding sealer yang digunakan juga akan cukup boros karena akan meresap ke dalam pori kayu yang berukuran lebih besar.

2. Close grain / pori tertutup

Sanding Sealer Berkualitas untuk Semua Jenis Kayu

Pertumbuhan kayu dengan close grain ini memperlihatkan bahwa kayu memiliki pori kayu berukruan kecil. Jika terdapat lingkaran pertumbuhan kayu maka letaknya akan lebih berdekatan. Kayu dengan jenis pori ini akan lebih kuat dan lebih baik digunakan sebagai furniture outdoor. Jenis kayu yang termasuk dalam katagori close grain adalah kayu jati, merbau, ulin dan lain-lain.

Sanding sealer yang digunakan tentu saja tidak akan boros karena Anda tidak akan membutuhkan banyak pori yang menyerap. Karena pori kayu kecil efek pinhole yakni salah satu cacat finishing juga akan terhindari.

3. Figured wood

Jenis kayu ini adalah kayu dengan pori yang artistik. Ada banyak mata kayu yang bisa diekspose dengan menarik. Kebanyakan kayu dengan jenis ini akan digunakan pada kerajinan atau sebagai kayu material alat musik. Ada banyak bentuk serat yang tampak sehingga menambah keindahannya.

4. Exotic

Kayu dengan tampilan exotic dari Indonesia yang sangat terkenal adalah kayu sonokeling. Selain kayu ini sangat keras, kayu sonokeling juga memiliki tampilan exotic. Ciori kayu exotic adalah memiliki serat seperti kulit zebra dan warnanya bervariasi kebanyakan memberikan warna kontras dari belang yang didapatkan.

Sanding sealer wajib digunakan karena selain menutup pori kayu, sanding sealer juga akan bekerja memberikan warna natural dan transparan. Perlindungan terbaik dari perubahan cuaca akan diberikan pada jenis kayu yang mahal ini.

Setelah mengenal pori kayu selanjutnya adalah memilih dan menggunakan sanding sealer. Menggunakannya pada furniture harus sesuai dengan arahan tepat untuk hasil dan perlindungan maksima.

Jenis Sanding Sealer Berkualitas Serta Cara Penggunaannya

Ingin mendapatkan sanding sealer berkualitas, Anda perlu mencoba produk Biovarnish. Produk ini adalah produk yang dirancang khusus untuk menutup pori semua jenis kayu. Baik pori besar atau kecil akan ditutup dengan sempurna dan mendapatkan hasil maksimal.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Nah sebagai salah satu jenis sanding sealer water based Biovarnish termasuk bahan finishing rendah VOC (volatile organic compund) yang membahayakan lingkungan. Keamanannya ini membuat sanding sealer sangat mudah digunakan pada furniture yang telah selesai dibentuk.

Berikut ini cara aplikasi sanding sealer pada berbagai jenis furniture :

  1. Persiapan dilakukan dengan pengamplasan, penutupan bagian yang tidak akan dicat dan juga membersihkan area kerja dan material dari debu dan kotoran sisa amplasan. Area harus benar-benar bersih untuk hasil halus, rata dan sesuai keinginan.
  2. Pencampuran Biovarnish Sanding Sealer bisa dilakukan dalam gelas plastik dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Masukan larutan pada tabung alat semprot baru atur tekanan angin dan jarak yang digunakan untuk menyemprot.
  3. Semprotkan sanding sealer dengan arah yang benar ke seluruh permukaan kayu mulai dari arah vertikal kemudian dilanjutkan horisontal agar sanding sealer benar-benar masuk ke dalam pori kayu.
  4. Tunggu lapisan pertama mengering tanpa dijemur kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Lakukan pengamplasan seambang mungkin agar tidak menghabiskan lapisan sanding sealer. Bersihkan debu bekas pengamplasan.

Apabila proses aplikasi sanding sealer telah selesai Anda bisa melanjutkannya dengan aplikasi top coat atau clear coat yang sesuai. Pastikan juga lapisan akhir menggunakan cat water based yang bisa merekat dengan baik di atas sanding sealer Biovarnish.

Clear Coat

Jika kesulitan mencarinya Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat yang tersedia dalam dua jenis tampilan yakni gloss dan juga matte. Keduanya bisa digunakan pada furniture dalam ruangan atau luar ruangan. Perlindungan yang diberikan sama-sama kuat sehingga terjamin ketahanannya.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Bioindustries"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU