You are currently viewing 5 Syarat Sanding Sealer Berkualitas untuk Finishing Kayu

5 Syarat Sanding Sealer Berkualitas untuk Finishing Kayu

Sanding sealer adalah lapisan coating yang akan mendukung kualitas pernis. Jika biasanya Anda hanya langsung menggunakan pernis pada permukaan kayu, sedikit efek buruk mungkin akan dirasakan.

Efek buruk tersebut akan muncul setelah beberapa lama furnitur kayu digunakan. Misalnya saja, Anda mengecat kursi kayu di teras langsung dengan pernis. Warna kayu mungkin akan lebih cepat memudar, ditambah lagi pernis yang mungkin akan mengelupas sebelum waktunya. 

Alasannya adalah pernis tidak melekat dengan baik pada pori kayu. Coating mudah mengelupas karena perubahan cuaca. Warna juga mudah memudar karena dampak dari sinar uv. 

Sebagus apapun pernis yang digunakan, efek tersebut biasanya akan tetap muncul. Anda sangat disarankan untuk selalu memperhatikan tata cara penggunaan sanding sealer. Selain itu, pengetahuan tentang kualitas sanding sealer juga menjadi satu keharusan, karena peranan penting sanding sealer ini. 

Kualitas Sanding Sealer yang Perlu Jadi Perhatian 

Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas dari sanding sealer adalah dengan mengujicobakannya. Anda bisa membeli beberapa jenis produk sanding sealer kemudian mengetesnya satu per satu pada sebuah substrat kayu. 

Percobaan kualitas ini sudah sering dilakukan pada pabrik furnitur untuk tahu seperti apa kualitas cat yang digunakan. Khususnya untuk produk furniture ekspor yang memiliki ketentuan kualitas produk sangat terperinci. 

Namun, tidak masalah juga jika Anda melakukannya sendiri di rumah sehingga tahu manakah produk yang wajib digunakan setiap kali ingin finishing kayu. Berikut ini beberapa syarat kualitas sanding sealer berkualitas baik yang perlu diperhatikan. 

1. Memiliki Daya Tutup yang Baik

Finishing kayu dengan sanding sealer

Hal pertama yang menjadi syarat adalah kemampuan daya tutup produk tersebut. Semakin baik daya tutupnya maka akan menghasilkan tampilan finishing halus dan merata. 

Semua jenis kayu memiliki ukuran pori yang berbeda. Pori-pori inilah yang perlu ditutup oleh lapisan coating. Namun hanya sanding sealer yang memiliki kemampuan untuk menutupnya secara merata. Apabila daya tutup ini baik, artinya produk berkualitas bagus. 

Daya tutup ini bisa dilihat jika hasil finishing merata. Nantinya lapisan coating di atasnya juga akan memiliki tampilan halus. 

2. Memiliki Daya Rekat yang Tinggi

Syarat kedua adalah soal kerekatan coating mengunci di dalam pori kayu setelah diaplikasikan. Sanding sealer yang dikuas atau disemprotkan akan masuk ke dalam pori kayu kemudian mengunci sehingga tidak mudah mengelupas. 

Kemampuan inilah yang menjadikannya berkualitas karena akan menentukan apakah coating dapat bertahan dalam waktu yang lama. Syarat ini juga yang akan menentukan apakah perlindungan yang diciptakan nantinya maksimal. 

Khususnya jika Anda akan meletakkan furnitur di luar ruangan seperti kursi taman atau kursi teras. Cuaca dingin dan panas yang mengakibatkan perubahan bentuk dari kayu akan membuat lapisan coating mudah mengelupas. 

Apabila sanding sealer memiliki daya rekat kuat, Anda tak perlu khawatir soal perubahan bentuk kayu tersebut. 

3. Memiliki Hasil Warna Transparan

Sanding sealer merupakan cat dasar kayu perlu memiliki warna yang transparan. Sama halnya dengan clear coat, produk tidak boleh mudah berubah warna seperti menguning ketika terkena sinar uv. 

Apabila coating yang digunakan mengalami perubahan warna atau setelah diaplikasikan warnanya tidak transparan maka dapat dipastikan kualitasnya buruk. Oleh karena itu pada saat Anda melakukan uji coba cek tingkat transparansinya. 

Pastikan bahwa Anda masih dapat melihat warna kayu dan bentuk seratnya secara jelas sehingga hasil finishing kayu nantinya benar-benar transparan. 

4. Mudah untuk Diampelas

Syarat lainnya adalah sanding sealer yang sudah kering harus mudah di ampelas. Salah satu fungsi dari sanding sealer adalah untuk memberikan kehalusan pada permukaan kayu. Fungsi ini jugalah yang mendukung hasil finishing kayu natural jadi lebih indah. 

Namun jika produk yang Anda gunakan sulit untuk di ampelas maka untuk mendapat tampilan yang indah akan semakin sulit. Kemudahannya untuk diampelas ini bisa langsung dirasakan ketika mengampelas secara ambang. 

Biasanya saat silakukan ampelas, akan muncul serbuk kayu yang merupakan sisa cat serta bulu-bulu kayu yang masih belum halus. Saat diampelas ambang Anda akan merasakan sangat ringan dan permukaan lebih cepat berubah menjadi halus. 

Selain itu juga, lapisan coating akan tetap bertahan karena daya rekatnya yang bagus. Coating akan tetap menempel baik pada permukaan kayu atau tidak mengelupas. 

5. Menggunakan Pelarut Air

Apabila Anda mencari sanding sealer yang aman maka produk dengan bahan pelarut air sangat dianjurkan.  Seperti yang diketahui bahwa cat, termasuk sanding sealer banyak mengandung solvent, oleh karena itulah bahan pelarut yang digunakan adalah thinner. 

Thinner sendiri mengandung solvent tinggi dan tidak baik untuk lingkungan termasuk kesehatan manusia. Partikelnya yang masuk ke dalam tubuh melalui udara saat Anda menyemprotkannya bisa mengganggu kesehatan setelah jangka waktu tertentu. 

Oleh karena itu, akan lebih aman jika menggunakan sanding sealer yang mengandalkan air sebagai bahan pelarutnya. Hal ini menandakan bahwa kandungan solvent dari cat telah dibatasi hingga mencapai batas aman untuk digunakan manusia. 

Jadi, tidak ada pengaruh kesehatan yang muncul akibat sering menghirup partikel dari cat saat diaplikasikan. Selain itu pada proses pengeringan, hanya larutan air saja yang menguap sehingga tidak menimbulkan polusi udara. 

Sanding Sealer Berpelarut Air yang Sebaiknya Digunakan

Produk finishing kayu Biovarnish sanding sealer

Untungnya produk sanding sealer dengan bahan pelarut air kini sudah bisa Anda dapatkan di Indonesia. Produk lokal yang tak kalah bersaing dengan produk cat water based impor, yaitu Biovarnish Sanding Sealer. 

Bukan hanya kelebihan karena bahan pelarutnya saja, Biovarnish Sanding Sealer juga memiliki beberapa keunggulan lain sebagai berikut. 

1. Waktu Pengeringan yang Cepat

Secara teknis, Biovarnish Sanding Sealer lebih cepat kering dengan estimasi kering sentuh 20 menit dan siap untuk di ampelas 30 hingga 60 menit. Proses pengeringan juga tidak harus dilakukan penjemuran langsung di bawah sinar matahari. 

Anda hanya perlu membiarkan kayu yang sudah dilapisi sanding sealer di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup baik. Dengan begitu coating akan lebih cepat kering. 

2. Harga yang Bersaing di Pasaran

Soal harga Anda tidak perlu khawatir, dengan kualitas yang diberikan sesuai dengan syarat sanding sealer berkualitas di atas Anda tidak akan membayar dengan harga yang mahal. 

Di pasaran harga Biovarnish Sanding Sealer pun cukup bersaing dan tak buat Anda kebobolan dompet. 

3. Cara Aplikasi yang Mudah 

Soal cara mengaplikasikannya, produk ini cukup mengandalkan kuas bulu nilon atau kuas busa saja. Dengan menggunakan teknik yang tepat, hasil finishingnya juga dipastikan akan halus. 

4. Lapisan Coating yang Fleksibel

Keunggulan lainnya dari Biovarnish Sanding Sealer adalah akan membentuk lapisan coating yang fleksibel. Karena lapisannya sudah diformulasikan menyesuaikan karakter dan sifat ph kayu. Saat kayu berubah bentuk maka lapisan coating akan mengikutinya. 

Banyak keunggulan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Biovarnish Sanding Sealer. Sebagai produk berkualitas baik tentu saja Anda tidak boleh melewatkannya.