You are currently viewing Fungsi Sanding Sealer Pada Finishing Kayu Natural

Fungsi Sanding Sealer Pada Finishing Kayu Natural

Bagi Anda yang masih pemula dalam bidang finishing perlu tahu lebih mendalam apa saja fungsi sanding sealer dan seberapa penting untuk diaplikasikan. 

Sebuah furnitur kayu dengan warna natural biasanya diberi lapisan sanding sealer dan clear coat untuk menambah perlindungan pada furnitur. 

Mengapa harus menggunakan lapisan sanding sealer? Mengapa furnitur tidak dilapisi langsung dengan pernis atau clear coat saja? Mungkin Anda sebagai pemula memiliki pertanyaan ini. 

Pentingnya Sanding Sealer untuk Finishing Kayu Natural 

Sanding sealer sendiri merupakan maincoat atau lapisan utama yang fungsinya adalah membentuk struktur utama dari beberapa lapisan coating. Bukan hanya itu , sanding sealer juga memiliki fungsi lain yaitu memberikan perlindungan pada lapisan coating di bawahnya. 

Dilihat dari kedua fungsi tersebut, sanding sealer bisa dikatakan sangat penting untuk semua jenis finishing kayu terutama warna natural dan transparan.

• Sanding Sealer Menutup Pori Kayu

Tujuan utama kayu diberi lapisan coating adalah untuk menutup pori sehingga proses pembusukan kayu karena oksidasi dan air menjadi lambat. Sanding sealer yang merupakan bahan lapisan dasar cat akan menutup pori kayu. 

Usai kayu dilapisi oleh wood filler, sanding sealer akan mengunci pori lebih kuat lagi sehingga kerusakan akibat perubahan cuaca dan rayap akan teratasi. Dengan begitu furnitur akan jadi lebih terlindungi. 

• Sanding Sealer Mempermudah Proses Pengampelasan

Permukaan kayu yang kasar dan sulit untuk dihaluskan oleh ampelas akan lebih mudah ketika sudah dilapisi oleh sanding sealer. Lapisan coating dari sealer tersebut akan membuat bulu kayu berubah tegak dan keras. 

Pada saat proses pengampelasan bulu kasar tersebut akan lebih mudah terpotong dengan kertas ampelas. Cukup diampelas secara manual dengan tangan pun akan lebih mudah. 

Baca Juga :  Persiapan dan Cara Aplikasi Cat Water Based untuk Hasil Sempurna

Baca Juga : Fungsi Sanding Sealer Pada Finishing Kayu Natural

• Sanding Sealer Menciptakan Tekstur Halus

Bukan hanya pori kayu saja yang akan tertutup dengan baik tetapi juga beberapa tekstur kayu yang tidak rata atau cacat. Bagian cacat tersebut akan mengganggu penampilan furnitur sekaligus menurunkan harga jual. 

Melalui lapisan sanding sealer inilah tekstur yang tadinya kasar akan berubah menjadi lebih halus lagi. Jadi sanding sealer sangat penting untuk diaplikasikan saat finishing kayu. 

Ciri-Ciri Sanding Sealer yang Berkualitas

Di pasaran, banyak dijual produk sanding sealer. Namun, Anda harus tahu manakah yang kualitasnya terbaik agar ketika diaplikasikan pada furnitur Anda bisa lebih optimal. Salah membeli sanding sealer akan berdampak buruk pada hasil finishing.  Mulai dari pori tidak tertutup dengan rapi dan saat mengampelas permukaan kayu tetap tidak rapi dan halus.

Ada dua ciri yang bisa diperhatikan pada saat Anda menggunakan sanding sealer dengan kualitas terbaik.  Ciri pertama adalah daya raket kuat, sehingga lapisan film yang dibangun nantinya akan lebih kuat. Lapisan kuat ini akan membuat permukaan tidak mudah retak apalagi mengelupas. Anda jadi lebih nyaman dan mudah untuk menggunakan furnitur. 

Ciri kedua adalah kemampuanya untuk pori kayu yang mempengaruhi daya tutupnya. Sanding sealer tidak akan bekerja membuat permukaan kayu menjadi halus jika daya tutupnya buruk.  Furnitur yang tadinya didambakan supaya memiliki tampilan indah dan menarik tidak akan terwujud. Penyebabnya cacat kayu masih saja muncul dan membuat tekstur furnitur terasa kasar. 

Oleh karena itu akan lebih baik untuk mencoba sanding sealer sebelum mengaplikasikannya langsung pada furnitur. Anda harus tahu apakah kedua ciri tersebut terdapat produk yang digunakan. 

Baca Juga :  Kursi Kayu Jati di Rumah Mulai Kusam? Atasi dengan Ini

Produk Sanding Sealer Water Based Terbaik

Produk sanding sealer water based dari Biovarnish

Berbicara soal produk, Anda tentu mencari yang terbaik untuk menghasilkan coating berkualitas. Di antara semua produk, Biovarnish sanding sealer adalah pilihan terbaiknya. Sanding sealer water based ini menjadi produk andalan para pengrajin dan penghobi kayu. 

Produk ini terbuat dari bahan water based acrylic yang mampu menciptakan lapisan dasar dan intermediate pada permukaan kayu. Dengan hasil warnanya yang transparan,  finishing warna natural atau transparan bukan masalah yang rumit. 

Didukung dengan kemudahan aplikasinya, Biovarnish Sanding Sealer hanya butuh kuas berbulu nilon atau kuas busa saja untuk aplikasi. Bahan pelarut yang dibutuhkan hanya air dan cara aplikasinya dijamin memudahkan Anda yang pemula sampai profesional. 

Beberapa Keunggulan Biovarnish Sanding Sealer

Dikatakan sebagai produk terbaik tentu disebabkan oleh beberapa keunggulan yang dihadirkan. Bukan hanya cara aplikasi mudah dan modal minim saja, namun secara hasil dan juga teknisnya Biovarnish sanding sealer adalah coating water based yang unggul. 

Berikut ini beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh Biovarnish sanding sealer untuk Anda. 

• Mampu Diaplikasikan pada Semua Media Kayu

Diformulasi agar sesuai dengan karakter substrat kayu, Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk semua media kayu. Mulai dari plywood, kayu solid, MDF bahkan untuk substrat kayu seperti rotan, pandan, maupun pelepah pisang.

• Lapisan Film yang Fleksibel

Kelebihan lain dari Biovarnish sanding sealer adalah lapisan film yang dibentuk lebih tahan benturan. Keuntungan ini didapatkan berkat lapisan coating yang dihasilkan fleksibel. Jadi ketika terdapat perubahan bentuk dari furnitur akibat cuaca, coating akan mengikutinya.

Daya Tutup dan Daya Sebaran yang Baik

Fungsi sanding sealer saat finishing kayu natural akan maksimum ketika produk yang digunakan memiliki daya tutup yang baik. Biovarnish Sanding Sealer tak hanya mengandalkan data tutup tetapi juga memiliki daya sebar luas, membuat Anda jadi lebih hemat. 

Baca Juga :  Cat Kayu Anti Air dan Panas yang Cocok untuk Furniture Rumah

• Daya Rekatnya sangat Kuat

Lapisan coating yang dibentuk juga tidak mudah mengelupas apalagi retak, karena Biovarnish Sanding Sealer memiliki daya rekat yang tinggi. Setelah kering, walaupun terkena perubahan cuaca yang cukup ekstrem namun coating tidak akan mudah rusak. 

• Formulasi Low VOC

Sebagai cat water based, Biovarnish Sanding Sealer menjadi coating yang sangat disarankan karena formulasinya rendah kandungan volatile organic compound atau voc. Formulasi tersebut telah disesuaikan dengan beberapa sistem dari sistem regulasi, di anaranya Reach-ECHA dan US-EPA. 

• Waktu Kering yang Cepat

Secara teknis, keunggulan dari Biovarnish adalah waktu kering yang tergolong lebih cepat. Waktu kering sentuhnya adalah 20 menit dengan kering siap ampelas adalah 60 menit. Berbeda sekali dengan produk lain yang waktu keringnya sampai berjam-jam. 

• Lebih Hemat

Ketika Anda menggunakan sanding sealer water based, soal harga cukup kompetitif dengan produk lainnya. Tak perlu lagi membeli thinner. Anda juga akan lebih hemat lapisan clear coat atau top coat.

Menggunakan sanding sealer adalah wajib jika Anda ingin finishing kayu baik warna natural atau transparan. Biovarnish Sanding Sealer menjadi pilihan terbaiknya karena semua fungsi sanding sealer akan jadi optimal.