Finishing Natural Patio dengan Sanding Sealer Outdoor

18
Finishing Natural Patio dengan Sanding Sealer Outdoor

Finishing furniture outdoor tidak sesulit yang dibayangkan. Asalakan menggunakan bahan finishing yang tepat maka furniture akan tetap tahan lama. Penampilan dari furniture otudoor atau patio memiliki resiko lebih mudah atau cepat luntur. Perubahan cuaca dan juga kelembaban di luar ruangan mengakibatkan warna kayu menjadi lebih cepat pudar.

Baik itu furniture yang telah difinishing atau tidak. Namun kesempatan ketahanan yang lebih lama awet warnanya akan didapatkan patio yang sudah difinshing dengan benar. Kebanyakan patio menggunakan finishing warna natural kayu dibandingkan dengan warna solid.

Alasannya dengan warna natural maka furniture akan lebih dekat dengan alam. Bahkan akan meningkatkan tampilan dimana furniture tersebut diletakan baik itu di halaman depan atau belakang rumah.

Bagi Anda yang ingin menggunakan patio sebagai furniture di halaman maka pastikan terlebih dahulu bahwa furniture telah dilapisi dengan bahan cat yang terbaik salah satunya adalah sanding sealer outdoor.

Mempertahankan Warna Patio Tetap Awet

CS Biovarnish

Warna natural bukan hanya warna kayu saja, ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Dahulu finishing hanya melapisi furniture dengan cairan seperti pernis atau plitur yang memiliki warna transparan. Namun kini ada banyak warna natural yang bisa Anda pilih.

Jika Anda menggunakan kayu jati Anda bisa memberikan warna kayu sonokeling atau sebaliknya. Ada banyak bahan kimia yang mendukung perbedaan warna kayu bisa didapatkan dengan mudah. Warna ini bisa dipilih dalam produk wood stain.

Hanya saja jika Anda tidak menggunakan jenis wood stain dan tambahan lapisan dari produk lainnya maka warna cat juga akan mudah memudar. Pada dasarnya ada dua lapisan di atas wood stain dan dibawahnya yang dibutuhkan yakni sanding sealer outdoor dan juga top coat.

Sanding sealer outdoor berfungsi sebagai lapisan dasar, penggunaannya setelah aplikasis wood filler. Sanding sealer akan mengunci pori kayu sehingga kelembaban tidak akan menyerap pada patio mengingat letaknya di luar ruangan. Sandings ealer juga berfungsi sebagai lapisan yang memperkuat lapisan wood stain d atasnya.

Wood stain akan mudah menempel dan tahan lama apabila sanding sealer telah diaplikasikan terlebih dahulu. Jadi peranan sanding sealer dalam semua finishing natural sangat penting. Selain sanding sealer dibutuhkan juga lapisan top coat yang berada di atas lapisan wood stain.

Finishing Natural Patio dengan Sanding Sealer OutdoorTop coat ini merupakan lapisan terakhir berwarna bening atau transparan yang akan mempertajam warna wood stain yang selesai diaplikasikan. Selain mempertajam perlindungan juga akan diberikan sehingga warna dari wood stain tidak akan mudah luntur seiring waktu.

Nah inilah tiga lapisan penting yang perlu Anda aplikasikan jika ingin memiliki patio yang lebih tahan lama.

Pencegahan Jamur dan Rayap Pada Patio

Lapisan coating dari sanding sealer dan top coat berfungsi untuk memberikan perlindungan patio dari luar. Namun penggunaan patio di luar ruagan tetap memilki resiko kerusakan yang diakibatkan oleh jamur dan juga rayap sangat tinggi. Maka diperlukan bahan khusus yang bisa mengatasi timbulnya rayap dan jamur.

Kedua produk yang bisa digunakan adalah BioCide Insecticide dan juga BioCide SFP. BioCide Insecticide adalah produk yang harus diaplikasikan sebelum patio masuk ke dalam proses pengecatan. Cara menggunakannya juga sangat mudah Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air kemudian menguaskan ke seluruh permukaan patio.

Jemur agar obat meresap ke dalam kayu sehingga bisa memberikan perlindungan dari dalam ruangan. Selanjutnya untuk aplikasi BioCide SFP Anda bisa menggunakannya saat proses finishing. BioCide SFP digunakan dengan dicampur pada top coat, ini akan memmperkuat lapisan top coat dari kemunculan jamur permukaan.

Nah inilah yang harus Anda kuasai yakni cara aplikasi yang benar menggunakan produk yang tepat. Cat yang tepat untuk dicampurkan dengan kedua produk anti jamur dan anti rayap ini adalah produk cat water based.

Produk Water Based untuk Patio dan Cara Aplikasinya

Apakah produk yang cocok digunakan mulai dari wood filler, wood stain, sanding sealer dan juga top coat. Keempat produk cat water based ini terdapat dalam rangkaian produk BioColours. Cat kayu BioColours adalah produk cat kayu yang dirancang untuk menghasilkan finishing transparan dengan tampilan mengkilap atau natural.

Keempat produk ini perlu dilakukan secara berurutan dengan benar yakni sebagai berikut ini:

  1. Pengamplasan material perlu dilakukan untuk menghasilkan finishing patio yang halus dan rata. Dilanjutkan dengan membersihkan bekas debu pengamplasan atau kotoran lain dengan kain kering dan bersih.
  2. Selanjutnya dilanjutkan dengan aplikasi wood filler. Pilih BioColours wood filler sesuai dengan warna kayu. Lakukan aplikasi dengan pisau palet merata ke seluruh permukaan patio. Diamkan furniture hingga menjadi kering dan mulai amplas kembali dengan amplas 40. Sampai serat dan warna kayu terlihat.
  3. Dilanjutkan dengan aplikasi sanding sealer outdoor BioColours. Campurkan sanding sealer dahulu dengan air kemudian aduk rata. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu kemudian tunggu lapisan mengering. Amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  4. Lapisan ketiga adalah wood stain, Anda bisa memilih warna BioColours wood stain sesuai dengan kebutuhan kemudian campurkan dengan air. Aduk rata dan semprotkan menggunakan spray gun ke seluruh permukaan patio. Tunggu lapisan kering dan amplas kembali secara ambang dengan amplas 400.
  5. Lapisan terakhir adalah top coat, Anda bisa mencampurkan BioColours top coat dengan air dan BioCide SFP. Aduk rata dan semprotkan ke seluruh permukaan. Jangan lupa gunakan masker karena aplikasi tambahan dari bahan anti jamur cukup keras. Setelah lapisan terbentuk tunggu kering sekitar 24 jam dan baru patio bisa digunakan.

Apabila Anda memiliki waktu luang dan ingin mendapatkan hasil patio lebih tahan lama dan mengkilap gunakan bahan poles kayu. Menggunakan poles kayu hanya perlu dilakukan satu bulan sekali. Anda bisa menggunakannya pada patio yang difinishing denganhasil gloss.

Proses pemolesan sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kain kering dan Biopolish Linseed Oil. Oleskan Biopolish pada seluruh permukaan patio sambil digosok dan ditekan. Anda perlu mengaplikasikannya tipi-tipis saja hingga lapisan berubah menjadi mengkilap.

Melakukan pemolesan satu bulan sekali akan membuat patio setidaknya lebih tahan lama beberapa tahun kedepan. Anda tidak perlu bermasalah dengan budget yang dikeluarkan untuk membeli perabotan yang baru. Pastikan saja untuk proses pemolesan Anda tidak terlalu tebal mengaplikasikannya karena jika terlalu tebal akan menimbulkan kelembaban dan mengundang jamur.

Aplikasi bahan poles tidak terbatas pada kayu saja, jika Anda memiliki patio yang terbuat dari bambu atau anyaman rotan, bahan poles akan membantu menambahkan tampilan yang cemerlang seperti baru kembali.

Nah inilah cara finishing patio menggunakan sanding sealer outdoor sampai cara perawatannya yang sangat mudah. Anda tidak perlu takut untuk mengeluarkan banyak uang karena produk-produk ini dijual dengan harga murah.

 

CS Biovarnish