Sanding Sealer : Salah Satu Bahan Finishing yang Penting untuk Kayu

Penggunaan sanding sealer saat melakukan finishing kayu adalah hal yang penting, hasil finishing kayu akan lebih maksimal dengan sanding sealer. Jika anda ingin melakukan finishing kayu natural, sanding sealer adalah bahan finishing yang tepat untuk digunakan. Sanding Sealer dapat digunakan untuk finishing interior dan eksterior, serta dapat digunakan untuk Lantai Kayu.

Sudahkah Anda menggunakan sanding sealer untuk bahan finishing Anda? Jika belum maka Anda harus mencoba untuk menggunakannya. Sanding sealer adalah salah satu bahan finishing yang memberikan warna natural atau transparan pada kayu dan juga berfungsi untuk menjadi lapisan atas sekaligus lapisan bawah.

Sanding Sealer, Bahan Finishing Yang Penting Untuk Kayu

Pentingnya Aplikasi Sanding Sealer dalam Finishing Kayu

Pentingnya sanding sealer dalam aplikasi pada furniture kayu adalah untuk menutup pori-pori kayu. Sanding sealer yang berfungsi sebagai main coat ini akan menutup pori kayu sehingga tidak berfungsi untuk menghisap kelembaban udara dan akan menghambat proses kerusakan pada furniture kayu.

Sebagai lapisan main coat juga berfungsi sebagai melindungi lapisan coating di bawahnya, menutup serta memperbaiki adanya cacat pada kayu. Dari bagian estetika, sanding sealer juga memiliki fungsi untuk menghaluskan tekstur sekaligus memperindah tampilan dari media kayu yang telah difinishing.

Sanding Sealer, Bahan Finishing Yang Penting Untuk Kayu

Jika Anda ingin menggunakan sanding sealer maka pelajari terlebih dahulu apa saja jenis sanding sealer yang beredar di pasaran. Untuk mendapat kualitas finishing natural terbaik dengan sanding sealer, pastikan anda menggunakan sanding sealer yang berkualitas.

Jenis Sanding Sealer untuk Finishing Kayu

Terdapat dua jenis sanding sealer yang dapat anda gunakan untuk finishing natural pada kayu. Yaitu sanding sealer solvent based dan sanding selaer water based. Kedua jenis sanding sealer ini tentu memiliki perbedaan, baik dari kandungan bahan yang terdapat didalamnya, cara aplikasi, hingga hasilnya.

Sanding sealer solvent based adalah bahan finishing yang menggunakan thinner sebagai pelarutnya. Thinner adalah bahan yang cukup berbahaya dalam sisi kesehatan. Dalam jangka panjang gangguan kesehatan karena penggunaan thinner terus menerus dapat merusak syaraf dan juga gangguan pernapasan.

cat water based vs solvent based

Hal tersebut diakibatkan adanya logam berat seperti formalin dan merkuri bahkan kandungan logam berat yang berbahaya lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan bahan finishing yang aman dan bebas dari gangguan kesehatan tersebut maka gunakanlah sanding sealer water based yang tidak menggunakan thinner sebagai pealrutnya.

Sanding sealer water based adalah bahan finishing yang terbuat dari air dan menggunakan bahan pelarut air. Apabila dilihat dari segi budget, dibandingkan dengan sanding sealer yang menggunakan thinner sanding sealer water based akan lebih hemat. Anda tidak perlu membeli thinner dengan harga 32 ribu per kalengnya, Anda cukup menyediakan air sebagai bahan pelarut.

Selain itu, sanding sealer water based juga lebih aman untuk digunakan karena tidak menggunakan bahan kimia  seperti thinner untuk pelarutnya. Jika anda ingin menggunakan sanding sealer yang lebih mudah dan aman, anda bisa memilih menggunakan sanding sealer water based.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Yang Mudah

Saat anda memulai proses finishing, anda pasti perlu melakukan tahap persiapan. Begitu juga saat anda ingin mengaplikasikan sanding sealer. Anda perlu melakukan pengamplasan pada permukaan kayu untuk menghaluskan permukaan kayu agar hasil finishing anda lebih maksimal.

Sanding Sealer, Bahan Finishing Yang Penting Untuk Kayu

Langkah aplikasi sanding sealer saat finishing kayu :

  • Lakukan pengamplasan pada seluruh permukaan kayu hingga halus merata. Langkah ini juga dapat membantu anda memotong bulu kayu sebelum diaplikasikan sanding sealer. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan.
  • Encerkan sanding sealer sesuai dengan petunjuk dan jenis sanding sealer yang anda gunakan. Jika anda menggunakan sanding sealer water based, anda bisa mengencerkannya dengan air bersih pada perbandingan 2:1. Kemudian anda bisa mengaplikasikan sanding sealer dengan kuas maupun spray gun.
  • Aplikasikan sanding sealer secara halus dan merata. Tunggu kering sempurna lalu lanjutkan dengan proses pengamplasan. Proses ini dilakukan untuk memotong bulu kayu dan menghaluskan permukaan finishing nantinya.
  • Ulangi proses aplikasi sanding sealer agar hasil finishing furniture kayu menjadi lebih maksimal. Tunggu lapisan sanding sealer mengering sempurna. Lakukan pengamplasan secara ambang menggunakan kertas amplas nomor 400. Pastikan untuk membersihkan debu sisa pengamplasan tersebut.
  • Setelah sanding sealer diaplikasikan, anda bisa melanjutkan proses finishing menggunakan lapisan top coat. Aplikasi ini juga berguna untuk melindungi lapisan sanding sealer pada furniture bekerja lebih lama dan maksimal.

Rekomendasi Merk Sanding Sealer Terbaik

Menggunakan sanding sealer water based untuk mendapatkan hasil finishing natural adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk mendapatkan hasil finishing terbaik dan berkualitas.  Merupakan bahan lapisan sanding sealer acrylic water based, produk ini diformulasikan khusus untuk finishing kayu exterior – interior.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Biovarnish Sanding Sealer juga aman dan ramah lingkungan, sehingga anda akan lebih nyaman saat mengaplikasikannya. Diformulasikan mengikuti ketentuan keamanan bahan kimia sesuai regulasi ECHA dan US-EPA adalah bukti dari kualitas terbaik Biovarnish Sanding Sealer.

Sanding sealer Biovarnish juga sangat fleksibel untuk anda aplikasikan, anda hanya perlu menggunakan air bersih untuk mengencerkan kemudian memulai proses aplikasi. Anda bisa menggunakan kuas maupun alat spray untuk mengaplikasikannya. Saat menggunakan kuas, sebaiknya gunakan jenis kuas nylon atau gunakan kuas busa. Selain lebih mudah, hasil finishing juga tidak akan menghasilkan brush mark.

Lapisan film Biovarnish Sanding Sealer berfungsi sebagai lapisan dasar plitur atau wood coating transparan color. Produk ini berfungsi untuk menutup pori-pori, mengunci warna stain, memudahkan proses pengamplasan sempurna serta meningkatkan glossy dan daya tahan cuaca pada lapisan topcoat.

Selain mudah untuk diaplikasikan, produk Sanding Sealer water based ini juga cocok diaplikasikan untuk finishing  berbagai media. Diantaranya adalah pintu, kusen, toys dan handicraft berbahan kayu atau bahan sejenis kayu, seperti plywood, MDF, HDF, bambu, rotan, dan lain sebagainya.

Keunggulan Biovarnish Sanding Sealer

Ada berbagai keunggulan dari Biovarnish Sanding Sealer yang dapat anda peroleh saat mengaplikasikan produk ini, diantaranya adalah:

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer
  • Aman dan ramah lingkungan
  • Mudah dikuas dan disemprot
  • Mudah rata (self leveling)
  • Tidak ndlewer (no sagging)
  • Cepat kering
  • Mudah diamplas
  • Menutup pori dan mengunci warna
  • Meningkatkan tingkat glossy
  • Meningkatkan daya tahan terhadap cuaca

Berbagai keunggulan produk ini dapat anda peroleh saat melakukan finishing natural kayu menggunakan Biovarnish Sanding Sealer. Produk ini akan mengering sempurna tanpa perlu anda jemur dibawah sinar matahari langsung. Anda cukup mengeringkannya dengan cara membiarkannya selama 60 menit pada suhu ruangan.

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish Sanding Sealer?

Anda bisa membeli Biovarnis Sanding Sealer dan berbagai varian produk Biovarnish lainnya di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.