4 Cara Mudah Finishing Sanding Sealer Memanfaatkan Metode Spray

Penggunaan sanding sealer dengan metode spray saat melakukan finishing layak Anda coba. Proses finishing dengan aplikasi sanding sealer menggunakan metode spray akan lebih mudah. Anda perlu menggunakan metode spray agar proses finishing menjadi lebih cepat dengan hasil yang optimal.

5 Trik Mudah Cara Mengecat Motif Urat Kayu Sungkai Lebih Menarik

Anda bisa menyemprotkan berbagai macam jenis bahan finishing transparan pada kayu menggunakan metode mulai dari kuas, namun jangan lupakan hasil terbaik tetap dipegang oleh aplikasi spray. Walaupun hasil finishing yang dihasilkan berwarna transparan, namun jika menggunakan kuas tetap saja akan menghasilkan finishing dengan bekas sapuan.

Menggunakan metode semprot akan menghasilkan finishing yang rata setiap lapisannya sehingga akan terlihat perbedaan yang sangat jelas khususnya pada finishing top table , kabinet atau bagian atas sebuah furniture.

Beberapa pemilik rumah yang memiliki hobi dengan finishing biasanya memiliki perlengkapan mulai dari kompresor dan berbagai macam jenis spray gun yang digunakan. Bagi yang tidak memiliki perlengkapan alat semprot, beberapa industri mesin seringkali membuka persewaan peralatan semprot yang harganya relatif terjangkau.

Selain aplikasi metode semprot, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah proses pengamplasan. Proses pengamplasan ini tentunya tidak boleh terlewatkan. Persiapan substrat kayu dan pengamplasan setiap lapisan cat perlu diperhatikan jika hasil finishing yang ingin didapatkan adalah rata dan juga halus.

Manfaat Sanding Sealer dan Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Aplikasi

Jenis sanding sealer yang mudah diamplas biasanya lebih ringan pada proses pengamplasan, tidak akan mengelupas dan tidak akan mudah memudar warnanya. Tingkat penetrasi sanding sealer pada pori kayu sudah maksimal sehingga pada proses pengamplasan tidak akan membuang banyak lapisan yang sudah menempel.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Produk sanding sealer yang ditawarkan untuk lebih mudah dalam proses aplikasi khususnya pengamplasan adalah Sanding Sealer Biovarnish. Produk ini merupakan sanding sealer water based yang proses aplikasinya menggunakan alat semprot. Demi hasil yang transparan, sanding sealer water based adalah pilihan yang tepat.

Alasannya adalah bahan dasar air dan juga bahan pelarut air tidak mengandung formalin yang menimbulkan efek kekuningan kemudian hari. Sama halnya pada lapisan akhir yakni Biovarnish Clear Coat. Warna transparan yang diharapkan didapatkan setelah selesai finishing kayu akan bertahan lebih lama.

Biovarnish Sanding Sealer sendiri bukan hanya produk water based biasa. Penetrasi ke dalam pori kayu sangat kuat sehingga menjamin ketahanan yang lebih lama. Proses pengamplasan sanding sealer bisa dilakukan secara manual dan ambang saja. Hanya dengan kertas amplas aluminium oxide no. 400 permukaan sanding sealer bisa berubah menjadi halus dalam sekejab.

finishing metode spray

Sedangkan peralatan lain yang dibutuhkan cenderung pada pemilihan spray gun.Manakah jenis spray gun yang akan memberikan hasil finishing terbaik. Salah satu jenis spray gun yang banyak digunakan adalah HVLP, para profesional sering menggunakannya. Pilihan ini berdasarkan pada kemudahan mengatur tekanan dan memilih ukuran nozzle. Bagi pemula disarankan untuk menggunakan nozzle ukuran 1.

Sisanya adalah peralatan ringan seperti amplas 400, gelas plastik untuk mencampur sanding sealer, pengaduk, kain lap bersih dan kering. Setelah peralatan dan produk sanding sealer disiapkan, maka substrat kayu sudah siap untuk dilapisi cat.

Cara Finishing Metode Spray Sanding Sealer

Tidak ada cara lain untuk menghindari partikel cat yang menyebar di udara ketika alat semprot digunakan. Jadi Anda juga harus mempersiapkan peralatan yang dapat digunakan untuk melindungi diri seperti masker dan sarung tangan. Karena Anda menggunakan Biovarnish Sanding Sealer maka bau yang dikeluarkan tidak akan menyengat seperti halnya sanding sealer solvent.

Jika Anda mengecat di dalam ruangan pastikan terdapat exhaust fan yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas udara agar di dalam ruangan selalu memiliki udara yang bersih. Jika Anda akan melakukan pengecatan di luar ruangan pastikan cauca sedang panas dan lakukan di bawah atap misalnya seperi di car port.

Sudah siap untuk proses finishing dengan Biovarnish Sanding Sealer? Berikut ini langkah-langkah mudahnya:

1. Siapkan tempat bekerja

Cara Sanding Kayu Jati Belanda, Tips Dan Trik Bagi Pemula

Temukan tempat yang baik untuk bekerja. Tutup area lantai dan meja kerja dengan koran. Jenis meja kerja yang terbaik adalah Anda bisa memutar furniture dengan mudah sehingga pengecatan tidak berhenti dan bisa rata. Tutup semua area kayu yang tidak ingin dicat. Pastikan lampu menyala atau terdapat cahaya terang yang menerangi substrat kayu sehingga terlihat jelas bagian yang dicat.

2. Siapkan peralatan semprot dan campurkan cat

Pencampuran Biovarnish Sanding Sealer dilakukan di gelas plastik dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Pengadukan harus rata kemudian isikan pada tabung alat spray, isilah tidak lebih dari ¾ bagian. Tutup spray gun dan coba untuk menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu yang tidak terpakai. Jika hasilnya sudah sesuai maka Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna nantinya.

3. Aplikasi lapisan pertama

Setelah alat sudah siap, Anda bisa meneruskan dengan proses aplikasi lapisan cat yang pertama. Proses aplikasi lapisan pertama ini harus tipis jangan terlalu tebal. Jangan bergerak terlalu lama atau penumpukan cat terjadi di satu titik. Terus jalankan tangan pada saat aplikasi. Gunakan jarak 15 hingg 20 cm saat menyemprot.

5 Hal Penting Saat Memilih Pernis Kayu Water Based Atau Solvent

Anda bisa memulai dengan aplikasi horizontal kemudian dilanjutkan dengan aplikasi vertikal. Cara ini memungkinkan sanding sealer untuk masuk dan meresap ke dalam pori kayu secara maksimal.

4. Pengamplasan

Kecepatan kering Biovarnish Sanding Sealer lebih cepat dibandingkan cat water based yang lainnya. Proses kering ini akan membutuhkan waktu selama 60 menit saja. Dalam waktu ini Anda tidak boleh menjemur karena panas akan merusak lapisan cat. Apabila sudah kering lanjutkan dengan proses pengamplasan.

Tingkat kering sempurna memudahkan lapisan cat untuk diamplas secara cepat. Proses pengamplasan dilakukan dengan cara ambang menggunakan kertas amplas 400. Pada permukaan kayu yang rata gunakan balok yang dililitkan kertas amplas kemudian amplas. Hilangkan debu amplas dengan kain yang kering dan bersih.

Lapisan sanding sealer pada substrat kayu sudah terbentuk dengan baik. Lapisan mantel yang mengelilingi kayu sudah kuat dan siap untuk dilapisi cat selanjutnya seperti top coat atau wood stain. Namun ingat setiap lapisan cat harus diamplas agar lapisan cat di atasnya dapat merekat dengan baik.

Apabila Anda ingin berhasil dan mendapatkan finishing yang maksimal, ikuti beberapa tips aplikasi sanding sealer mudah amplas berikut ini:

  • Apabila terdapat tetesan cat pada permukaan kayu yang membekas segera amplas ketika sudah kering. Lakukan pengamplasan pada area tersebut hingga hilang bekasnya.
  • Apabila muncul blistering atau gelembung udara artinya cat tidak menempel dan gelembung yang muncul dari pori akan sangat terlihat. Setelah kering amplas hingga semua efek blistering menghilang dan lapisi sanding sealer sekali lagi.

Kunci utama pada saat muncul masalah setelah sanding sealer diaplikasikan Anda harus tenang. Jangan panik dan tunggu lapisan mengering baru diamplas. Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer adalah cara tercepat mengatasi masalah-masalah tersebut karena kemudahan pengamplasannya.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.