Cara Menggunakan Sanding Sealer pada Meja Belajar

178
Cara Menggunakan Sanding Sealer pada Meja Belajar

Mendapatkan ide untuk menlakukan proyek baru dalam hobi pekerjaan kayudi rumah? Isi akhir pekan Anda dengan berbagai macam proyek baru dan memanfaatkan produk sanding sealer. Ya salah satu produk finishing yang perlu digunakan untuk segala macam finishing natural. Anda mungkin bisa menciptakan furnitur yang berbentuk menarik dan kokoh namun belum tentu dengan finishing.

Bagi Anda yang ingin mengisi akhir pekan ini untuk finishing meja belajar, maka pelajari terlebih dahulu bagaimana cara memilih jenis kayu yang bagus untuk finishing natural. Bahkan hingga pada produk cat apa yang berkualitas untuk digunakan.

Tips Memilih Material Kayu untuk Hasil Finishing Natural

Ada banyak alasan mengapa orang menjadi pekerja kayu. Ini adalah hobi yang baik jika Anda ingin mengembangkan kesadaran. Anda harus fokus jika Anda tidak ingin merusak proyek yang sedang Anda kerjakan atau yang lebih buruk dapat melukai diri sendiri.

Pengerjaan kayu juga bisa sesederhana atau teknis yang Anda inginkan. Anda dapat bereksperimen dengan alat, teknik, finishing, dan sebagainya. Ada sesuatu untuk semua orang, terlepas dari tingkat keterampilannya.

CS Biovarnish

Apa pun alasan Anda memilih kayu sebagai hobi, Anda tidak bisa melupakan dasar-dasarnya. Di sini kita akan berbicara tentang beberapa tips memilih kayu terbaik untuk proyek meja belajar  terbaru Anda.

  1. Jangan Menghindar dari Kayu Lunak

Tentu saja, Anda menginginkan kayu yang paling tahan lama untuk proyek furnitur Anda. Namun, jika Anda seorang pemula atau jika Anda ingin menghemat uang, tidak apa-apa untuk memilih ke kayu lunak, seperti pinus, cedar, cemara, dan kayu merah.

Juga, jika Anda bekerja di meja kerja, misalnya, Anda dapat menggunakan campuran kayu keras dan kayu lunak. Dasarnya bisa menggunakan pinus, sedangkan bagian atas dan kaki bisa menggunakan kayu maple atau beech. Anda dapat memilih kayu keras untuk bagian-bagian yang perlu tahan lama dan memilih kayu yang lebih lunak untuk area-area yang tidak akan sering terkena goresan.

  1. Ketahui Pengaruh Kelembaban Terhadap Stabilitas Kayu

Tahukah Anda bahwa peningkatan kelembapan membuat kayu bertambah lebar? Anda harus mempertimbangkan ini ketika memilih kayu untuk eja belajar atau proyek pintu.

Meskipun tidak masalah menggunakan kayu yang kurang stabil untuk panel, Anda harus memilih opsi yang lebih stabil (yaitu, kayu dengan serat vertikal stabil) untuk rel dan stiles. Tips: Lebih mudah untuk memilih jika Anda memahami bagaimana kayu dipotong dari pohon.

  1. Periksa Cacat Kayu

Cara Menggunakan Sanding Sealer pada Meja BelajarHanya karena ketahanan adalah prioritas nomor satu Anda, bukan berarti Anda harus melupakan cacat kayu, seperti mata kayu, lubang serangga, getah, dan sebagainya. Ketika memilih kayu untuk proyek meja belajar Anda, pertimbangkan juga betapa mudahnya untuk bekerja dengannya.

Jika Anda tidak menggunakan alat-alat listrik, ini bahkan lebih penting. Bekerja dengan alat-alat tangan adalah sulit. Jangan membuat diri Anda lebih sulit dengan harus berurusan dengan papan kayu yang ditekuk atau dipelintir.

  1. Pertimbangkan Kayu Eksostis

Ketika digunakan sebagai lantai, kayu eksotis memberikan tampilan kontemporer. Juga, dibandingkan dengan kayu keras domestik, kayu eksotis lebih keras dan lebih padat.

Jika Anda ingin proyek furnitur Anda memancarkan getaran modern, spesies eksotis, seperti Walnut Brasil, Cypress Australia, dan Purpleheart, adalah pilihan yang baik.

  1. Beli dari Penyedia Kayu Tepercaya

Tidak dapat menemukan yang Anda cari di toko kayu lokal Anda? Cobalah untuk memperluas pencarian Anda ke pabrik dan dealer yang spesialisasinya adalah kayu kelas furnitur.

Jangan lupa untuk membaca ulasan online dan lihat apakah toko yang Anda pertimbangkan membawa berbagai macam produk. Terutama dengan kayu keras eksotis, Anda ingin bekerja dengan pemasok tepercaya yang dapat membantu Anda menemukan potongan kayu yang sempurna untuk proyek khusus Anda.

Cara Melakukan Finishing pada Meja Belajar

Jika Anda sudah menemukan dimana akan membeli kayu dan jenis kayu apakah yang terbaik untuk digunakan maka selanjutnya Anda bisa memepelajari bagaimana finishing natural yang tahan lama dan memperlihatkan keindahan serat kayu eksotis yang digunakan. Ada banyak bahan finishing yang dapat digunakan untuk mendukung finishing warna natural.

Cara Menggunakan Sanding Sealer pada Meja BelajarAda pernis, plitur, wood stain dan juga sanding sealer. Sebenarnya dalam sebuah finishing yang lebih tahan lama Anda tidak hanya membutuhkan satu jenis bahan cat saja namun beberapa bahan. Misalnya saja Anda ingin memberikan warna pada kayu pinus menjadi warna kayu mahoni, maka Anda membutuhkan perpaduan antara wood stain warna mahoni dan terakhir ditutup dengan lapisan pernis.

Menggunakan cara tersebut maka furnitur meja belajar akan memilki lapisan film serta warna kayu mahoni yang tepat. Namun di sini ketika Anda akan menggunakan kayu eksotis maka Anda tidak membutuhkan pewarna wood stain lagi, Anda hanya membutuhkan sanding sealer dan top coat saja serta perawatan yang dilakukan satu bulan sekali.

Apabila Anda memilih menggunakan sanding sealer maka Anda memerlukan meja belajar yang sudah diamplas dengan halus dan tidak ada serat yang tertutup debu. Sanding sealer water based yang memberikan hasil finishing transparan dan tidak menguning akan tepat untuk digunakan.

Produk BioColours sanding sealer akan membantu Anda mewujudkannya. Tanpa efek menguning dan aplikasi yang mudah berikut ini Anda sudah mendapatkan meja belajar dengan natural transparan.

  1. Siapkan meja belajar yang sudah halus dan rata. Amplas seluruh bagian tepat sebelum Anda memulai mengecat. Bersihkan seluruh debu amplas bisa juga mengandalkan vakum agar pori kayu benar-benar bersih.
  2. Kemudian Anda bisa mulai mempersiapkan BioColours sanding sealer. Campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata tuangkan larutan ke dalam tabung alat semprot dan mulai aplikasikan. Semprotkan secara merata dengan teknik semprot cross cut. Tunggu lapisan mengering tanpa harus dijemur. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.
  3. Lapisan akhir adalah BioColours top coat matte, untuk mendukung tampilan natural maka warna matte akan berfungsi dengan baik karena tingkat kilau yang cukup rendah. Sebelum aplikasi sama Anda perlu mencampurkan top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan semprotkan larutan ke permukaan meja belajar kayu. Khusus lapisan akhir ini Anda perlu menunggu kering selama 24 jam sebelum akhirnya dapat digunakan.
  4. Untuk perawatan furnitur agar lebih tahan lama Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax yang dioleskan ke permukaan meja belajar setiap satu bulan sekali. Gunakan kain katun kering dan ambil Beeswax, oleskan sambil ditekan ke seluruh permukaan meja. Jangan terlalu banyak karena Anda akan membuatnya lembab, kunci keberhasilannya adalah aplikasikan dengan tipis-tipis saja.

Proses aplikasi yang mudah akan membantu mendapatkan lapisan film kuat dan tebal namun tetap lentur untuk mengikuti perubahan bentuk dari meja kayu. Jadi di masa mendatang Anda pun tidak perlu khawatir akan kerusakan yang muncul akibat cuaca atau suhu bahkan serangga.

CS Biovarnish