Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer?

Fungsi sanding sealer tidak terbatas hanya pada furniture saja. Jika dibandingkan dengan bahan finishing lainnya, Biovarnish sanding sealer memiliki fungsi yang lebih luas. Jangkauan aplikasinya tidak hanya terbatas pada furniture kayu tetapi juga untuk lantai kayu. Produk ini tidak hanya terkenal di kalangan pabrik furniture saja.

Siapa yang akan menyangka ketika lantai kayu diberikan sanding sealer akan bertahan lebih lama. Para pemilik rumah pasti selalu mengidamkan rumah dengan lantai kayu yang bertahan lama. Tanpa perawatan yang rumit, belum lagi mengingat harga lantai dari kayu yang sangat mahal.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Menggunakan lantai kayu di iklim tropis seperti Indonesia ini membuat pemilik rumah harus waspada sejak awal. Kelembaban yang merupakan musuh terbesar kayu harus segera diatasi dengan penggunaan bahan finishing yang tepat. Salah satunya adalah aplikasi sanding sealer.

Proses aplikasi sanding sealer yang sangat luas akan melindungi lantai kayu baik dalam ruangan dan juga luar ruangan. Hanya saja rangkaian prosesnya berbeda dan juga produk top coat yang digunakan. Tidak ingin dikecewakan dengan sanding sealer merk lainnya? Yuk cermati penggunaan Biovarnish sanding sealer pada kayu berikut ini.

Rangkaian Aplikasi untuk Lantai Kayu Dalam Ruangan

Lantai kayu dalam ruangan membutuhkan perlindungan yang berbeda. Mengingat lantai interior seperti kamar atau ruang tamu tidak akan terpapar sinar UV secara langsung. Sehingga perlindungan yang dibutuhkan bisa lebih sedikit atau menggunakan top coat biasa.

Jika menggunakan merk Biovarnish maka rangkaian produk yang digunakan adalah Biovarnish wood filler, sanding sealer dan terakhir clear coat gloss. Ketiga produk ini harus diaplikasikan secara berurutan sehingga mendapatkan lapisan film yang kuat.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Biovarnish

Proses aplikasinya bisa menggunakan roller atau pad, dan pastikan Anda telah memiliki mesin pengamplas lantai. Jika sudah, ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini.

Persiapan Ruangan dan Aplikasi Wood Filler

Siapkan ruangan yang bebas dari furniture, amplas permukaan kayu hingga menjadi halus. Jika masih kasar, gunakan amplas nomor kecil dan beralih hingga nomor 220. Setiap kali selesai mengamplas, sedot debu bekas amplas dengan vakum. Pastikan agar jendela tidak terbuka sehingga debu dari luar ruangan tidak masuk.

Campurkan Biovarnish wood filler sehingga menjadi kental dan mudah diaplikasikan. Tuang di tengah ruangan kemudian ratakan ke seluruh permukaan dengan pad. Tunggu lapisan wood filler mengering selama 20 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Wood Filler

Amplas wood filler harus menggunakan nomor 240 hingga warna kayu dan seratnya terlihat. Pastikan Anda membersihkan debu kayu sekali lagi hingga tidak akan mengotori hasil finishing.

Mengaplikasikan Sanding Sealer Biovarnish

Langkah kedua pengecatan adalah aplikasi sanding sealer. Biovarnish hanya membutuhkan bahan pelarut air. Jadi siapkan sanding sealer ke dalam wadah terpisah kemudian tambahkan air. Gunakan perbandingan air 2 bahan : 1 air. Jangan lupa aduk merata hingga tidak ada endapan.

Lanjutkan dengan meratakan sanding sealer dengan rolet. Jangan lupa ikuti arah serat dan sebaiknya dilakukan dari bagian pinggir lantai. Aplikasi harus dipastikan Anda selesai di bagian pintu ruangan agar tidak menginjak cat yang masih basah.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Aplikasi Sanding Sealer

Tunggu sanding sealer di atas lantai kayu mengering. Kurang lebih membutuhkan waktu 60 menit. Setelah kering amplas permukaannya secara ambang saja. Anda bisa menggunakan mesin atau manula dan pastikan amplas 400 digunakan. Sedot debu bekas pengamplasan.

Mengaplikasikan Clear Coat Gloss Biovarnish

Langkah terakhir adalah mengaplikasikan clear coat gloss. Mengapa gloss? Karena lantai adalah area yang sangat mudah tergores karena sering diinjak. Oleh karena itu Anda membutuhkan tampilan mengkilap yang dapat mengaburkan bekas goresan selain itu juga mudah dibersihkan.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Biovarnish Clear Coat

Campurkan Biovarnish clear coat dengan air dan aduk merata. Perbandingan yang digunakan 2 bahan : 1 air. Kemudian roller clear coat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Anda bisa menggunakan arah mengecat seperti sebelumnya.

Tunggu lapisan terakhir kering selama 24 jam sebelum Anda menggunakan ruangan dan mengembalikan furniture.

Rangkaian Aplikasi untuk Lantai Kayu Luar Ruangan

Apakah aplikasi lantai indoor dan outdoor berbeda? Jika dilihat dari prosesnya ada yang sama yaitu menggunakan sanding sealer dan juga wood filler. Hanya saja Anda membutuhkan wood stain yang akan memberikan warna pada kayu. Selain itu jenis top coat yang digunakan adalah polyurethane water based yaitu Biothane.

Keempat produk harus diaplikasikan secara berurutan dan pastikan proses aplikasi saat cuaca cerah. Tentu saja Anda tidak ingin cat yang masih basah rusak karena terkena hujan yang tiba-tiba turun. Cek kembali prakiraan cuaca hingga dua atau tiga hari kedepannya.

Persiapan Finishing Lantai

Cara mempersiapkan lantai kayu tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Pastikan di atas lantai kayu tidak terdapat furniture atau benda lainnya. Jika cuaca terlalu berangin Anda bisa menutupi sekitar lantai dengan terpal sehingga debu tidak mengotori.

Amplas permukaan lantai kayu dengan mesin amplas perlahan. Ganti kertas amplas yang telah aus. Bersihkan debu dengan mesin vakum kemudian siapkan Biovarnish wood filler. Pilih warna wood filler yang tepat sesuai dengan stain yang nanti akan digunakan.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Wood Filler Aplikasi

Campurkan wood filler dengan air hingga menjadi sedikit encer. Aduk hingga merata kemudian tuangkan ke atas permukaan lantai kayu. Ratakan wood filler ke seluruh permukaan kayu hingga merata baru tunggu kering dan amplas.

Mengaplikasikan Stain pada Lantai Kayu

Stain yang digunakan adalah Biovarnish liquid stain dan pilihlah warna yang tepat. Fungsi dari liquid stain adalah memberikan warna sehingga kayu akan tampak lebih indah. Warna natural tetap dapat memperlihatkan keindahan serat kayu.

Cara aplikasinya campurkan liquid stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk hingga merata dan lanjutkan dengan proses aplikasi ke satu arah. Anda bisa menggunakan pad atau roller untuk meratakannya.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Liquid Stain

Tunggu liquid stain menjadi lebih kering dan Anda bisa mengamplasnya secara ambang. Khusus liquid stain Anda bisa mengaplikasikan ulang jika warna nya terlalu pucat.

Mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer

Pastikan selesai mengaplikasikan liquid stain Anda mengamplas dan membersihkan debunya. Kayu kini memiliki warna yang lebih tajam sehingga sanding sealer akan berfungsi untuk menjaga warna tersebut.

Cara aplikasinya sama, campurkan dengan air kemudian roll ke seluruh permukaan lantai kayu. Pastikan Anda melakukan ke arah sesuai serat kayu. Setelah kering amplas dan bersihkan debu amplasnya.

Mengaplikasikan Polyurethane Water Based

Menggunakan Biothane sebagai top coat akan membuat lantai kayu menjadi lebih terjaga warna dan seratnya. Didesain khusus untuk mencegah kerusakan kayu dari sinar UV, rayap, kelembaban hingga air maka cocok diaplikasikan pada lantai kayu luar ruangan. Jika Anda ingin mengaplikasikannya langkahnya tidak jauh berbeda dengan clear coat.

Campurkan Biothane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk merata dan roll ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 24 jam.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.