Beragam Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid supaya Tahan Lama

Meskipun memasang lantai kayu solid biasanya lebih mahal daripada menggunakan ubin atau keramik, lantai ini adalah investasi yang layak dipertimbangkan, menurut data dari National Association of Realtors. Survei menunjukkan bahwa 54 persen pembeli rumah bersedia membayar lebih untuk sebuah rumah dengan lantai kayu solid.

Pertanyaannya yang sering muncul ketika Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu solid adalah apa cara terbaik untuk membersihkan dan merawat lantai populer itu. Supaya tampilan alaminya tetap terjaga dan terus mengkilap. Berikut cara membersihkan lantai kayu solid.

Permukaan lantai yang telah difinishing sering menggunakan bahan urethane atau poliuretan. Yaitu salah satu perawatan yang paling populer saat ini dan biasanya diterapkan pada lantai kayu setelah diaplikasikan untuk melindungi mereka dan membuatnya lebih tahan lama dan tahan air.

Hasil akhir finishing puliurethane ini menciptakan pelindung. Ada tiga jenis finishing permukaan lantai kayu menurut Pusat Informasi Hardwood Amerika yaitu berbasis air, berbasis minyak dan asam yang diawetkan.

Rumah yang dibangun sebelum 1970, termasuk tempat tinggal bersejarah, mungkin memiliki lantai kayu asli yang dilapisi dengan pernis, lilin atau lak. Ini membutuhkan perlakuan pembersihan yang berbeda.

Pusat Informasi Hardwood Amerika mengatakan jenis finsihing ini bekerja dengan menembus kayu untuk mewarnai papan dan membentuk lapisan film pelindung. Menggunakan lapisan lilin setelah pewarnaan memberikan penghalang terhadap kerusakan dan membuat lantai menjadi berkilau seperti satin berkilau rendah yang indah.

Cara Mencegah Lantai Kayu Kotor

Tidak mengenakan sepatu di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga lantai kayu tetap bersih. Cara ini akan secara signifikan mengurangi kotoran, pasir dan pemakaian sehari-hari, yang mengurangi waktu pembersihan.

National Wood Flooring Association, atau NWFA, lebih spesifik dan memperingatkan untuk tidak berjalan di lantai kayu dengan sepatu olahraga, dan sepatu hak tinggi. Sementara Anda tidak bisa selalu meminta tamu untuk melepas sepatu di depan pintu, bisa mempersiapkan sandal khusus di dalam rumah yang terbuat dari kain.

Tidak peduli apa pun jenis lantai kayu yang Anda miliki, NWFA menyarankan agar tidak menggunakan produk pembersih yang digunakan untuk vinyl atau lantai ubin. Bahan tersebut tidak disarankan karena kayu akan menjadi licin dan tampak keruh dengan cepat.

Cara lain yang harus dihindari mengepel lantai dengan air dan bahan kimia pembersih lantai. Karena genangan air dapat menumpulkan finish, merusak kayu dan meninggalkan residu merubah warna. Jika lantai yang diberi lilin menjadi kusam, coba gosok permukaannya saja.

Cara Terbaik untuk Membersihkan Lantai Kayu Keras

Membersihkan poliuretan sebagai bahan finishing lantai kayu keras (untuk lantai yang dipasang setelah tahun 1970) dimulai dengan menyedot debu, menyapu atau mengepel debu di permukaan.

  • Menyedot debu. Vakum setiap hari lantai kayu Anda, atau setidaknya seminggu sekali dengan penyedot ruangan khusus yang biasa Anda gunakan untuk karpet. Penghisapan secara teratur membantu menghilangkan debu dan partikel kotoran yang memainkan peran utama dalam menggores dan menumpulkan permukaan lantai.
  • Memilih sapu, Anda hanya boleh menyapu pada bagian yang terkena kotoran saja. Karena menggunakan sapu hanya akan memindahkan debu saja. Jika terdapat kotoran Anda bisa memilih membersihkan dengan kain mikrofiber yang dibasahi untuk mengangkat debu.
  • Mengepel dengan lap basah Jika Anda ingin membersihkan lantai kayu Anda secara alami, pengepelan basah harus dilakukan dengan larutan sederhana seperti sabun netral pH (seperti sabun pencuci piring) dan air. Untuk mulai mengepel, basahi pel dengan menggunakan larutan yang sudah disiapkan, peras sepenuhnya, dan lap ke arah serat kayu.

Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid

Tetapi hindari kain atau kain yang meneteskan air. Jika lantai Anda basah atau lebih buruk, keringkan segera untuk menghindari goresan!

  • Teknik lain: Setelah lantai disapu atau dikosongkan, taruh larutan pembersih pilihan Anda dalam botol semprot dan siram lantai, kemudian gunakan lap atau kain pel microfiber kering searah dengan serat kayu.

Penting untuk diperhatikan bahwa hanya karena lantai yang bersih tidak berarti itu akan berkilau. Jika lantai telah kehilangan keharumannya, mungkin sudah waktunya untuk memurnikannya secara profesional. Apa pun yang Anda lakukan, jangan sampai finishing poliuretan Anda rusak.

Cara Membersihkan Lantai Kayu Tua

Lantai yang belum difinishing berlilin, seperti di rumah tua dan bersejarah, serta lantai kayu solid yang bahan finsihingnya telah rusak, tidak boleh dibersihkan dengan air atau cairan pembersih, yang dapat menembus, mengotori atau melapisi kayu.

Sebaliknya, menurut ahli pembersihan, menyapu dengan sapu berbulu lembut dan menyedot debu harus dilakukan sebagai perawatan utama. NWFA mengatakan untuk menghindari menggunakan pel basa. Jangan basahi lantai yang sudah dilapisi wax atau lilin.

Di luar perawatan dasar, memoles membersihkan lantai kayu sekali atau dua kali setahun akan membuat mereka tetap berkilau. Anda bisa memilih bahan poles khusus lantai kayu seperti Biopolish Linseed Oil yang akan memberikan lantai kayu tampilan mengkilap dan memperbaharui bahakan mempertahankan lapisan finishing di atasnya.

Lantai kayu yang difinishing dengan shellac kuno tidak umum di sebagian besar rumah. Namun, bahan finishing tersebut kurang baik untuk lantai kayu solid. Jika Anda berniat merecoating lantai kayu rumah kuno Anda maka gunakan puliurethane water based yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah menggunakan kuas.

Perawatan yang dibutuhkan pun tidak sulit yaitu hanya dengan bahan poles kayu yang memang diperuntukan untuk lantai kayu yaitu Biopolish Linseed Oil. Cara aplikasi cukup mudah yaitu hanya dengan kain katun bersih dan digosokan tipis saja ke bagian seluruh permukaan lantai kayu. Lakukan perawatan rutin ini selama 1 bulan sekali.

Cara Membersihkan Lantai Kayu Plywood

Lantai kayu buatan dibuat dengan lapisan tipis kayu keras yang menyatu di atas dasar plywood. Bahannya lebih kuat dan lebih tahan lama daripada kayu solid biasa, dan sebagai hasilnya telah menjadi pilihan yang populer.

Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid

Prosedur pembersihan untuk jenis kayu ini sama dengan lantai kayu solid dengan finishing poliurethane. Tetap bersih setiap hari dengan menyapu dan menyedot debu dan gunakan pel yang sedikit basah sesuai kebutuhan.

Cara Membersihkan Lantai Kayu Cat Solid

Lantai kayu yang dicat solid membuat pernyataan gaya yang kuat dan merupakan cara cerdas untuk menyamarkan lantai kayu dalam bentuk yang kurang sempurna. Untuk membersihkan lantai kayu yang dicat, menyapu, vakum atau debu-pel secara teratur. Hindari menggores atau merusak permukaan yang dicat dengan menghindari pembersih yang kasar dan memilih sabun sederhana dan solusi air untuk mengepel basah. Para ahli menyarankan untuk mengeringkan permukaan secepatnya dengan tangan untuk menghindari kelembapan yang tidak perlu.

Produk Poliuretane Terbaik untuk Melapisi Lantai Kayu

Selain membersihkan sebagai langkah perawatan lantai kayu, memberikan lapisan cat polyurethane yang berkualitas juga jadi langkah yang tepat. Anda bisa memberikan lapisan polyurethane yang baru ketika lantai sudah mulai kusam hingga banyak lapisan yang mengelupas. 

Melapisi lantai kayu dengan cat tertentu harus menggunakan produk yang tepat. Jika tidak kerusakan tidak dapat diperbaiki dengan baik. Ketahanan lapisan coating pun juga tidak bisa lama. Di antara semua produk polyurethane, Biothane adalah produk dalam negeri yang sangat disarankan. 

Biothane merupakan bahan finishing lantai kayu yang kuat dengan pelarut air. Ada dua jenis Biothane yang bisa dipilih yaitu PU1k dan PU2k. Perbedaanya hanya terdapat pada tingkat perlindungan nya. PU1k sangat cocok digunakan untuk lantai kayu dalam ruangan. Karena kemampuannya dalam menahan goresan dan kelembaban. 

Sedangkan PU2k cocok digunakan untuk lantai yang lebih sering digunakan seperti deck kolam renang atau lantai lobi kantor dan hotel. Lantai kayu tersebut termasuk memiliki trafik yang tinggi digunakan. Sehingga perlindungannya pun harus berbeda. Kedua jenis Biothane memiliki kualitas unggul, baik dalam cara mengaplikasikan hingga perlindungannya. 

Kualitas Cara Aplikasi hingga Perlindungan dari Biothane

Di Indonesia masih cukup sulit menemukan produk polyurethane yang menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Kebanyakan masih mengandalkan solvent seperti thinner. Sayangnya produk cat dengan pelarut solvent mengeluarkan aroma keras yang membawa zat organik. 

Thinner adalah penyebab utama mengapa cat solvent sangat berbeda. Berbeda dengan Biothane yang mengandalkan air untuk proses pelarutan. Otomatis cat tidak menimbulkan masalah pada lingkungan melalui udara. Adapun keunggulan dari kualitas Biothane adalah sebagai berikut:

√ Memiliki tampilan gloss yang menyamarkan goresan

Alasan utama memilih tampilan glossy pada lantai kayu bukan soal keindahan saja. Namun tampilan gloss memiliki kemampuan dalam menyembunyikan cacat goresan karena penggunaan. Pasir di atas lantai akan merusak lapisan coating, namun tak terlalu terlihat. 

Biothane memiliki tingkat glossy sampai 85% yang artinya cukup tinggi. Sehingga ketika lantai kayu sering digunakan Anda tak perlu khawatir akan masalah cacat goresan. 

√ Perlindungan dari kelembaban

Tak seperti pernis, bahan polyurethane justru lebih tahan terhadap kelembaban. Bahkan jika lantai kayu digunakan pada wilayah dapur yang sarat akan kelembaban. Anda tak perlu lagi takut akan muncul bekas noda karena tetesan air yang mengotori lantai. Asalkan Anda langsung membersihkan air maka tak akan muncul bekas noda air. 

Lapisan filmnya yang kuat dan lebih baik, akan membuat lantai kayu tahan kelembaban bahkan air. Anda bisa dengan nyaman memiliki lantai kayu di bagian balkon rumah atau teras. 

√ Memberikan warna transparan

Warna transparan diberikan oleh Biothane tanpa mengurangi kualitas warna kayu asli atau warna stain di bawahnya. Anda tetap bisa mendapatkan keindahan warna dan serat kayu. Ditambah lagi warna yang transparan ini bisa bertahan lama. Walaupun lantai sering terekspos sinar matahari, sinar uv tak akan merusak permukaan kayu. 

Warna transparan akan bertahan lama tanpa berubah menguning atau memutih karena sinar uv. 

√ Sangat mudah diaplikasikan

Anda tak perlu merogoh uang banyak untuk melakukan finishing lantai dengan Biothane. Karena bahan pelarutnya hanyalah air, maka dengan kata lain tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli pelarut. Air yang digunakan adalah air bersih dengan pH standar kurang lebih 7. 

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.