Permukaan Terbaik yang Harus Diciptakan Pada Lantai Kayu

Menggunakan lantai kayu di rumah? Saatnya bagi Anda untuk bisa lebih memperhatikan lantai. Jika memilih kayu sebagai material lantai maka perlindungan dalam bentuk lapisan coating harus benar-benar dijaga. Anda tidak boleh menggunakan bahan finishing sembarangan karena akan mempengaruhi ketahanan serat penampilan. 

Cat khusus untuk lantai harus diaplikasikan sehingga lebih tahan terhadap kelembaban, panas dan penggunaan. Lantai kayu yang paling sering digunakan seperti area ruang keluarga dan juga dapur perlu lapisan coating yang lebih kuat. 

Anda bahkan bisa memberikan jenis lapisan coating yang berbeda. Namun tetap harus memberikan tampilan menarik yang tahan lama. Apakah jenis cat yang sebaiknya diaplikasikan pada kayu agar bisa menciptakan permukaan terbaik?

Pastikan Anda menemukan jenis cat yang memberikan perlindungan tahan lama. Penampilan lantai juga harus diperhatikan, jika Anda ingin memberikan gaya tertentu pada ruangan, pastikan warna yang dipilih tepat. 

Penampilan yang Paling Banyak Digunakan

Pada saatnya memilih penampilan untuk lantai kayu ada banyak sekali pilihan baik itu warna dan juga tingkat mengkilapnya. Untuk masalah warna, Anda bisa memilih cat sesuai dengan warna asli kayu. Pilih warna yang hampir sama agar hasilnya tidak jauh berbeda. 

Selain warna hal terpenting adalah memilih sheen level atau tingkat kilap yang diberikan. Masing-masing orang memiliki selera yang berbeda, pengukuran dari tingkat kilap ini bisa melalui sudut 60 derajat dan berdiri di atas lantai. 

Semakin tinggi tingkat kilapnya maka semakin tinggi pula refleksi cahaya yang bisa Anda lihat. Efek yang diberikan pada lantai dengan tingkat kilap terlalu tinggi adalah debu. Semakin banyak debu yang bisa Anda lihat apabila tidak menjaganya dengan benar. 

Jadi penampilan apakah yang sebaiknya diterapkan pada lantai kayu? Saat ini tampilan gloss atau satin paling banyak digandrungi. Khusus untuk gloss tingkat kilap dibatasi hanya sampai 80 hingga 85% saja. Satin banyak dipilih karena tampilannya tidak mengkilap sekali dan lebih rendah daripada gloss.

Jenis Bahan Finishing Terbaik untuk Diaplikasikan

Bahan terbaik dari yang terbaik untuk lantai tidak diragukan lagi adalah bahan polyurethane. Bahan finishing ini lebih kuat dibandingkan dengan pernis kayu biasa. Anda bisa mengaplikasikannya pada furniture kayu yang diletakan di luar ruangan. Ketahanannya terhadap perubahan cuaca sangat baik. 

Hasil finishing yang diberikan transparan, dan ada dua jenis polyurethane yang tersebar. Pertama adalah bahan yang terbuat dari solvent. Polyurethane solvent adalah cat yang memerlukan thinner dimana kandungan logam berat lebih tinggi. Resiko kesehatan yang ditimbulkan dari polyurethane jenis ini lebih tinggi. 

Sebaiknya Anda menggunakan polyurethane yang terbuat dari bahan dasar air. Perlindungan pada lantai yang diberikan sama baiknya. Hanya saja untuk kesehatan cat berbasis air lebih aman karena kandungan logam beratnya telah dibatasi. 

Tidak hanya itu saja, polyurethane juga memiliki ketahanan lebih baik dalam hal penampilan. Anda tidak perlu takut kayu berubah warna kekuningan. Kandungan logam berat yang rendah mempengaruhi transparansi bisa bertahan lebih lama. 

Produk Polyurethane Terbaik untuk Lantai Kayu

Saatnya Anda menemukan produk polyurethane terbaik yang harus digunakan. Anda bisa menggunakan merk Biothane, yang merupakan polyurethane water based aman dan ramah lingkungan. Bahan ini bisa diaplikasikan dengan alat apapun dan memberikan tampilan gloss terbaik. 

Tingkat glossy yang diberikan adalah 85% dimana cat akan menutup cacat pada kayu seperti jejak kaki. Ada banyak keunggulan lainnya yang diberikan oleh Biothane. Berikut ini macam-macam keuntungan yang akan diberikan. 

  • Tidak menimbulkan bau, cat tidak mengganggu pernapasan akibat bau menyengat yang dikeluarkan toxic. Karena kandungan toxic terbatas jadi akan lebih nyaman. 
  • Aplikasi mudah, Anda cukup mencampurkannya dengan air dan mengaplikasikan dengan kuas atau roller. 
  • Daya rekat yang kuat sekaligus fleksibel. Cat mampu menyesuaikan perubahan bentuk dari lantai kayu sehingga tidak menimbulkan retakan. 
  • Setelah kering lantai akan lebih mudah untuk dibersihkan. Anda cukup membersihkan debu dengan alat vakum untuk menghilangkan debu yang kotor. 
  • Ketahanan terhadap air, panas dan perubahan cuaca sangat tinggi. Walaupun terkena air dan panas secara langsung cat tidak mudah mengelupas. 
  • Tahan terhadap bahan kimia, apabila Anda mengotori dengan cairan khusus tidak akan menimbulkan efek yang terlalu berbahaya bagi lapisan coating. 

Langkah-Langkah Finishing Lantai Kayu

Jika Anda hendak menggunakan Biothane untuk melapisi lantai kayu, pelajari apa saja bahan finishing yang yang turut mendukung. Ada dua pilihan yang bisa Anda dapatkan, pertama adalah dengan memberikan warna. Jika ingin memberikan warna pada lantai kayu Anda membutuhkan wood stain baru aplikasi Biothane. 

Pilihan kedua adalah memberikan sanding sealer baru Biothane untuk tampilan natural transparan. Jika jenis kayu yang digunakan cukup eksotik sebaiknya pilih cara kedua. Anda cukup memberikan sanding sealer sebagai cat dasar. 

Gunakan sanding sealer dari Biovarnish yang aplikasinya mudah sekaligus kompatibel jika digunakan untuk polyurethane water based. Bagaimana proses aplikasinya? Ikuti langkah-langkah berikut ini. 

Persiapan Lantai Kayu sebelum Finishing

Siapkan lantai kayu agar layak di finishing. Amplas seluruh permukaan kayu kemudian bersihkan semuanya dari debu. Anda bisa menyewa alat untuk mengamplas lantai kayu sekaligus berfungsi sebagai buffer agar lantai lebih mengkilap nantinya. 

Anda harus mempersiapkan lantai kayu agar hasil finishingnya merata dan juga halus. Saat mengamplas Anda bisa membuka jendela, namun pada saat mengecat sebaiknya tutup. Hindari angin yang membawa debu dan akan menempel pada permukaan cat yang masih basah. 

Proses Aplikasi Sanding Sealer

Siapkan Biovarnish sanding sealer kemudian campurkan dengan air di wadah yang lain. Aduk hingga tidak terdapat endapan kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan lantai kayu. Anda bisa menggunakan roller dan pastikan searah dengan serat. 

Tunggu lapisan coating kering dan Anda bisa menunggu selama 60 menit. Jika sudah lanjutkan pengamplasan dengan kertas amplas yang lebih halus. Anda bisa mengamplas secara ambang saja. Jangan lupa bersihkan debu amplas kemudian. 

Apabila sanding sealer belum rata pengaplikasikannya, ulangi sekali lagi. Pastikan Anda mengulangi langkah yang sama seperti sebelumnya. 

Proses Aplikasi Biothane

Lapisan terakhir adalah Biothane, Anda harus memastikan permukaan bersih dari debu. Kemudian campurkan Biothane dengan air di wadah yang berbeda. Baru aplikasikan dengan roller ke seluruh permukaan kayu. Jangan lupa mulai dari bagian pinggir baru ke tengah. 

Pastikan Anda berhenti di pintu setelah mengecat. Diamkan lapisan terakhir ini selama semalaman. Hindari menggunakan ruangan apabila lapisan cat belum kering. Keesokan harinya Anda harus mengecat apakah lapisan coating benar-benar sudah kering. 

Menunjang tampilan yang mengkilap pada lantai kayu agar tahan lama, cobalah untuk memolesnya. Manfaatkan mesin buffer yang telah Anda sewa untuk memoles permukaannya agar menjadi lebih licin lagi. Proses buffer hanya sebentar dan dilakukan saat lantai sudah benar-benar kering.

Artikel "Coating Schedule"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.