Memilih dan Mengecat Lantai Kayu sangat Mudah dengan Cara Ini

Lantai yang dicat akan menciptakan hasil yang luar biasa. Ada banyak jenis cat dan juga warna cat yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menggunakan cat lantai kayu sederhana warna duco, finishing kayu dengan wood stain dan pernis lantai. Cara mengecat lantai kayu relatif mudah dan murah untuk mengubah lantai Anda menjadi berpenampilan menarik.

Jika Anda memiliki papan lantai kayu baru, Anda mungkin tidak perlu melakukan banyak hal untuk membuatnya terlihat luar biasa, terutama jika Anda memiliki lantai kayu berkualitas baik. Jika itu masalahnya, Anda hanya perlu menggunakan cat kayu water based warna transparan atau menggunakan pernis kayu solvent.

Bagaimana jika Anda mengecatnya hitam? Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda untuk mendapatkan hasil finishing dengan warna yang benar-benar berbeda. Bukan warna natural namun warna hitam pekat?

Apakah yang akan terjadi dan bagaimana efeknya dalam ruangan. Anda tidak salah jika ingin memberikan warna hitam, putih bahkan biru sekalipun pada lantai kayu rumah Anda. Hanya saja Anda harus bisa memilih warna yang tepat.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara memilih warna lantai kayu duco yang tepat sesuai dengan berbagai macam aspek yang ada dalam ruangan Anda.

Cara Mudah Memilih Warna Lantai Kayu yang Tepat

Sangat mudah untuk mendapatkan hasil lantai kayu yang menarik jika Anda menggunakan cat yang berkualitas baik. Karena cat berkualitas tentu akan memberikan kelebihan dari sisi penampilan dan juga dari sisi perlindungan pada lantai kayu.

Lantai putih sangat populer, tetapi Anda dapat dengan mudah menggunakan apa pun dari warna netral, warna cat di lantai yang terang dan bahkan hitam dan mendapatkan tampilan yang menakjubkan. Anda mungkin memutuskan untuk memfinishing lantai kayu dengan warna duco dan mengkilap. Banyak yang akan tergantung pada anggaran Anda, tetapi meskipun warna cat penting, Anda juga harus mempertimbangkan:

  • jumlah cahaya alami di ruangan
  • jumlah lalu lintas harian dan
  • apakah cat tahan lama dan tahan pakai.

Anda tentu ingin mendapatkan jenis cat yang akan memberikan lantai kayu berumur lebih panjang dan berpenampilan sama atau bahkan selalu baru.

Lantai dicat putih telah populer selama beberapa waktu. Warna putih sangat bagus untuk papan tua dan membawa cahaya dan ruang ke dalam ruangan tetapi warna ini juga bisa sulit untuk menjadi sempurna, jadi jangan bingung jika ada celah atau ketidaksempurnaan dan warna cepat kotor. Itu adalah bagian dari pesona papan kayu tua.

Pilih warna cat Anda seolah-olah Anda memilih warna karpet.

  • Pilih warna cat yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Jika dekorasi rumah Anda klasik atau vintage pilih warna cat yang akan memberian kesan bersih dan lama. Lantai yang dicat dengan warna putih atau warna krem sangat cocok pada gaya rumah Anda tersebut.
  • Warna gelap menunjukkan kotoran, lecet dan aus dan rusak lebih mudah. Warna gelap juga menggelapkan ruangan, menyerap cahaya.
  • Warna yang lebih gelap membuat ruangan terlihat lebih kecil dan lebih berat. Warna yang lebih ringan membuat ruangan terasa lebih besar dan cerah.
  • Putih tetap menjadi salah satu warna cat yang paling populer, karena berabad-abad lamanya, cocok dengan hampir semua dekorasi rumah dan ada begitu banyak nuansa putih dari warna sejuk hingga hangat agar sesuai dengan gaya dekorasi apa pun.

Cat untuk lantai  harus memberikan perlindungan yang baik. Anda perlu menggunakan poliuretane seperti Biothane yang akan memberikan perlindungan pada lantai kayu Anda. Bahkan ketika terjadi perubahan musim akan mencegah pemuaian kayu atau penyusutan yang terlalu banyak.

Produk Biothane juga akan menjaga lantai kayu agar tidak mudah timbul goresan.

Memulai Proses Pengecatan Lantai Kayu

Jika Anda bekerja dengan papan lantai yang ada, pengamplasan lantai benar-benar diperlukan untuk menghilangkan finishing yang ada dan menciptakan permukaan yang halus untuk mengecat.

Pemilihan Warna Dan Pengecatan Lantai Kayu

Tanpa langkah ini, lantai Anda mungkin tidak menyerap cat Anda. Bahkan Anda membutuhkan dempul. Ketika selesai mengamplas Anda akan mendapatkan permukaan lantai kayu yang tidak rata. Kerusakan tersebut dapat ditambal dengan dempul kayu untuk mendapatkan hasil yang lebih rata dan halus.

Saat mengecat, tutupi ruang di bawah pintu dengan plastik agar debu tidak keluar dan hindari merusak lantai Anda.

Setelah Anda menyiapkan permukaan lantai kayu Anda dapat:

  1. Menyiapkan peralatan mengecat seperti sander listrik, bahan cat yang akan digunakan beserta pelarutnya. Alat mengecat bisa menggunakan kuas atau roll.
  2. Siapkan ruangan dengan benar mulai dari menutup dengan lakban pada bagian yang tidak ingin dicat seperti lis bagian bahwa dinding, kusen pintu dan jendela. Jika perlu turunkan dan pindahkan beberapa dekorasi dinding atau ruangan.
  3. Pastikan Anda tahu mulai dari mana mengecat lantai kayu. Anda harus mengecat dari pinggir dan mulai ke tengah dan berakhir pada pintu. Jangan salah aturan dalam mengecat karena Anda bisa terjebak di dalam ruangan.
  4. Pastikan Anda sudah mengetahui warna yang akan digunakan dan sudah mencampurnya bahkan jika perlu aplikasikan pada daerah lantai kayu yang belum tidak terlalu terlihat untuk mengecek warna.

Jangan langsung mengaplikasikan cat secara tebal karena cat akan menggenang di lantai kayu dan akan lebih lama kering. Cat yang menggenang akan menimbulkan lapisan cat terlelu tebal dan tidak melindungi namun justru akan merusak penampilan dan permukaan lantai kayu.

Alasan lain mengapa lantai harus dicat secara tipis adalah agar cat lebih cepat mengering dan Anda bisa melakukan aplikasi lapisan selanjutnya dengan mudah.

Pemilihan Warna Dan Pengecatan Lantai Kayu

Untuk keawetan yang tahan lama, gunakan primer dan cat berbahan dasar water based untuk papan lantai. Anda tidak akan beramsalah dengan bau seperti halnya ketika menggunakan cat solvent. Anda tidak akan bermasalah dengan cat yang mudah rusak atau memberikan tampilan menguning di kemudian hari.

Cat water based baik itu warna transparan atau warna duco tidak akan menimbulkan efek menguning karena kandungan formalin yang sangat rendah. Sebaliknya cat solvent memiliki kandungan formalin tinggi yang mengakibatkan efek menguning cepat muncul bahkan dalam hitungan bulan.

Cara Aplikasi Cat Pada Lantai Kayu

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna pada lantai kayu yaitu sebagai berikut ini:

  1. Lakukan pengamplasan pada lantai kayu yang belum difinishing dengan amplas nomor 150 untuk mempercepat penghalusan. Vakum lantai untuk membersihkan semua kotoran dan debu amplas.
  2. Aplikasikan sanding sealer Biovarnish dan tunggu kering hingga sempurna. Anda bisa mengamplas setelah lapisan sealer kering. Anda hanya perlu menunggu 60 menit untuk kering dan bisa memulai pengamplasan dengan amplas 400 grit. Lakukan vakum pada lantai serelah selesai mengamplas. Anda bisa langsung mengulangi jika warna kayu masih kentara.
  3. Setelah lantai kering dan bersih langsung aplikasikan Biovarnish liquid stain. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti aplikasi sanding sealer. Dan selesai pada langkah vakum.
  4. Terakhir Anda bisa mengaplikasikan Biothane dan tunggu kering selama 24 jam sebelum Anda memulai memasang furnitur kembali.

Biovarnish dan Biothane, Kombinasi Terbaik untuk Lantai Kayu

Dilihat dari langkah aplikasi cat pada lantai kayu di atas, produk Biovarnish dan Biothane adalah yang digunakan. Apa itu Biovarnish dan Biothane? Mengapa keduanya harus digunakan? Keduanya merupakan bahan finishing yang terbaik untuk lantai kayu. Biovarnish berfungsi untuk membuat lapisan dasar dan warna kayu menjadi apik. 

Biothane disisi lain memberikan perlindungan yang tak akan didapatkan lantai hanya dari pernis biasa. Anda perlu menggunakan kedua produk ini karena sama-sama menggunakan pelarut air. Hindari untuk memadukan salah satu produk dengan cat solvent, karena lapisan cat tidak akan menempel. 

Masing-masing produk memiliki kelebihannya sendiri. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Biovarnish:

  • Menutup pori kayu

Biovarnish sanding sealer bekerja sebagai cat dasar kayu. Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori kayu sehingga nantinya pori lantai tertutup. Ketika pori tertutup dengan baik, kayu tidak akan menyerap kelembaban. Kemampuannya merendam air di dalam akan berkurang. 

  • Menciptakan permukaan yang lebih halus

Sanding sealer Biovarnish juga akan menciptakan permukaan kayu yang lebih halus. Walaupun tadinya tekstur kayu kasar dan memiliki beberapa cacat tekstur bukan masalah. Sanding sealer akan menghaluskan permukaannya sehingga hasil finishing pada lantai akan lebih rapi. 

  • Memperkuat lapisan coating di atasnya

Dengan menggunakan sanding sealer, stain dan juga Biothane di atasnya akan memiliki kerekatan yang lebih baik pada permukaan kayu. Sehingga ketahanan coating pada lantai tak perlu diragukan lagi. Walaupun kayu memuai atau menyusut coating tidak akan mengelupas atau retak. 

  • Memiliki banyak pilihan warna natural

Tak perlu bingung lagi menentukan warna mana yang sebaiknya digunakan. Biovarnish liquid stain memiliki 20 pilihan warna dari berbagai jenis kayu. Anda bisa menduplikasi warna kayu jati, mahoni, oak, walnut atau warna kayu eksotis lainnya. Yang pasti tampilan serat kayu tetap terlihat. 

Selain kelebihan dari produk Biovarnish, Biothane juga memiliki keunggulan sendiri. Sebagai lapisan terakhir pada coating peranannya sangat besar. Apa saja itu? 

  • Menahan sinar uv merusak warna kayu

Lapisan coating dari Biothane memiliki ketahanan untuk mencegah sinar uv merusak warna asli kayu. Ditambah lagi walaupun lantai sudah sering terkena panas matahari, warna tetap awet. Karena lapisan transparan dari Bioithane tak berubah menguning atau memudar menjadi putih. Kekuatan polyurethane menjadi rahasia utama mengapa produk ini laris dipasaran. 

  • Memiliki ketahanan terhadap air

Tak hanya sanding sealer saja yang mencegah kelembaban meresap ke dalam lantai kayu. Biothane juga memberikan ketahanan terhadap air. Jika lantai kayu sering terkena air hujan atau terkena tumpahan air, maka kayu tak akan langsung meyerap. Seolah-olah lantai memiliki lapisan dari bahan plastik yang mencegah air masuk ke pori. 

  • Menyamarkan kerusakan akibat goresan

Satu lagi yang membuat tampilan lantai kayu bisa bertahan lama, adalah karena Biothane tahan terhadap goresan. Ada sihir dibalik lapisan Biothane, karena sesering apapun lantai digunakan, tampilan goresan tidak akan nampak. Dipengaruhi oleh tampilan gloss, Biothane mampu menyamarkan kerusakan akibat goresan. 

Baik itu Biovarnish dan Biothane sama-sama aman dan satu lagi kelebihannya yaitu mudah digunakan. Setiap lapisan Biovarnish hanya perlu 60 menit saja waktu keringnya. Waktu ini tentu lebih cepat dibandingkan cat sejenis dari produk lain yang membutuhkan waktu kering beebrapa jam. 

Biothane juga tak perlu ditunggu kering selama berhari-hari. Lapisan ini akan kering dalam waktu semalaman. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU