Melakukan Finishing Tepat Pada Lantai Kayu Ulin

14
Melakukan Finishing Tepat Pada Lantai Kayu Ulin

Bagi sebagian orang, gagasan mengecat lantai kayu dengan warna duco adalah sebuah kesalahan, sama seperti mengecat kayu gaharu. Namun pada kenyataannya, ini adalah cara yang menarik untuk menambahkan tampilan yang cerah dan nyaman ke sebuah rumah dengan interior bergaya Cape Cod. Anda tidak akan melakukan kesalahan dan merusak namun justru memperbarui dan mencerahkan ruangan. Mengecat dengan warna duco sama sekali bukan proyek yang sulit, terutama dibandingkan dengan mengecat menggunakan wood stain dan poliuretane.

Kayu ulin adalah salah satu jenis kayu yang tepat untuk digunakan sebagai lantai kayu. Kekuatannya tidak kalah baik dengan kayu jati atau kayu merbau. Namun untuk penampilannya cukup pucat yang membuat Anda memiliki pilihan untuk mewarnai lantai kayu dengan cat duco atau dengan wood stain.

Jika Anda ingin mendapatkan gaya yang berbeda dan ruangan yang cerah maka Anda bisa memilih cat duco sebagai pelapis lantai kayu. Cat duco akan menutup warna asli kayu ulin dan memberikan penampilan yang benar-benar berbeda.

  • Memilih warna

Pilih warna dengan cara yang sama seperti karpet yaitu white adalah pilihan klasik, tetapi kami menyarankan Anda mungkin ingin mempertimbangkan pilihan lain, tergantung pada ruangan. Untuk ruang bermain atau ruang anak-anak, Anda bisa menggunakan pastel atau bahkan warna yang cerah. Untuk beranda atau ruang terbuka keduanya merupakan pilihan klasik untuk lantai yang dicat  salah satu favorit saya adalah biru muda dengan sedikit warna biru kehijauan, yang memberikan perasaan pantai yang segar. Jika Anda memiliki dinding yang belum selesai, Anda mungkin memilih untuk mengecat dinding dengan warna putih atau warna yang lebih terang dari warna lantai pilihan Anda, untuk tampilan yang terkoordinasi.

  • Lantai dicat stensil
CS Biovarnish

Ide populer lainnya adalah menggunakan lebih dari satu warna dan membuat pola dengan stensil, garis, atau desain apa pun yang Anda inginkan itulah keindahan bekerja dengan cat. Banyak kondominium yang kini menggunakan lantai parket dengan warna natural kayu dan menurut banyak orang tampilan tersebut sangat membosankan.

  • Memilih cat yang tepat untuk lantai

Pemilihan cat tradisional untuk lantai selalu alkyd untuk hasil akhir yang sangat tahan lama, tetapi baru-baru ini cat alkid telah dilarang untuk penggunaan interior karena emisi VOC yang tinggi. Solusinya adalah produk yang disebut cat water based. Anda bisa menggunakan cat BioColours Bioduco yang memiliki pilihan warna duco beragam.

Cat yang menggunakan bahan pelarut air ini sangat mudah untuk digunakan bahkan Anda akan mendapatkannya tahan lama untuk lantai rumah Anda. Untuk kemilau, semi-gloss adalah pilihan yang tepat karena akan sangat mudah untuk dibersihkan dan kotoran tidak mudah melekat. Bahkan ketika ada goresan cat masih memiliki lapisan film yang kuat.

  • Rahasia untuk mengecat lantai

Rahasia untuk pekerjaan mengecat lantai yang besar adalah persiapan yang matang. Mulailah dengan membersihkan lantai dengan menghilangkan minyak atau kotoran yang tersisa. Amplas lantai sepenuhnya untuk menghilangkan sebanyak mungkin lapisan urethane atau varnish. Akhiri dengan menghilangkan debu amplas menggunakan vakum yang akan mengambil debu atau kotoran hingga pada sela-sela lantai kayu ulin.

Melakukan Finishing Tepat Pada Lantai Kayu Ulin
Ruang tidur lantai kayu warna putih.

Jika Anda berencana untuk mengecat pola, rekatkan bagian yang tidak dicat dengan selotip pelukis. (Jika Anda menggunakan dua warna atau lebih, ulangi setiap langkah secara bergantian dengan setiap warna berikutnya).

  • Alat yang Anda butuhkan

Rol membuat pekerjaan menjadi lebih cepat, tetapi cenderung meninggalkan bekas yang akan membuat lantai menjadi tidak rata bahkan m\justru meberikan tekstur yang menggaggu. Pilihan yang lebih baik adalah kuas nylon setinggi empat inci, yang memudahkan cat untuk diatur sehingga memberikan hasil yang halus dan tingkat kemilau yang tepat. Kuas dapat Anda pasangkan ke gagang sapu atau tiang pendek tidak akan membuat punggung dan lutut Anda lelah.

Anda bisa mengaplikasikan secara tipis saja pada setiap lapisan cat. Dan setiap lapisan Anda perlu menunggu hingga kering benar. Karena Anda menggunakan cat water based BioColours maka waktu kering yang dibutuhkan tidak lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit saja cat akan mengering dengan baik.

Namun pada lapisan terakhir Anda perlu menunggu sekitar 24 jam sebelumlapisan terkahir benar-benar kering.

  • Pekerjaan yang dilakukan dengan baik

Anda dapat berjalan di lantai dan bahkan memasang kembali furnitur Anda setelah 72 jam, tetapi hindari lalu lintas yang padat atau menyeret perabotan di lantai yang baru dicat selama dua minggu ke depan, untuk memungkinkannya kering sepenuhnya.

Tidak perlu menambahkan lapisan sealer yang jelas; Alison menunjukkan, banyak sealer berbasis minyak dapat menambahkan semburat kuning tidak menarik yang dapat mengubah warna lantai. Lantai yang dicat akan bertahan selama dua atau tiga tahun.

Jika Anda memutuskan untuk kembali ke lantai kayu berwarna natural Anda selalu bisa mengamplas dan mulai dari awal.

Langkah-Langkah Finishing Kayu Ulin dengan Warna Solid

Anda sudah mendapatkan apa yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan pengecatan. Bahkan untuk warna sudah Anda pilih dengan mudah. Kini saatnya Anda mulai dengan pekerjaan mengecat yang sesungguhnya.

Melakukan Finishing Tepat Pada Lantai Kayu Ulin
Contoh kayu ulin untuk lantai yang difinishing patina.

Bukan pekerjaan yang sulit memang hanya membutuhkan kesabaran dan juga membutuhkan persiapan yang benar-benar matang.

Putuskan dari ruangan mana Anda akan bekerja dan dimana Anda akan meletakan furnitur. Siapkan ruangan yang bersih dan bebas dari furnitur agar Anda bisa lebih mudah untuk bekerja. Pastikan Anda menutup semua bagian yang tidak akan dicat seperti saklar lampu, kusen dan juga lis dinding.

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Aplikasikan dempul kayu yang sudah dicampur dengan air dan aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan lantai kayu dengan pisau palet. Tunggu kering dan amplas hingga menjadi halus. Lakukan vakum untuk menghilangkan debu amplas.
  2. Gunakan BioColours Primer Coat untuk menutup warna dan serat kayu. Pastikan Anda sudah mencampurkan bahan dengan air sesuai petunjuk pada label. Setelah itu Anda bisa langsung mengaplikasikan dengan kuas. Tunggu kering dan mulai amplas kembali dan lakukan vakum debu amplas. Pastikan warna dan serat kayu sudah tertutup dengan primer coat jika belum Anda bisa langsung mengaplikasikan primer coat kembali.
  3. Campurkan BioColours Bioduco dengan warna yang sudah dipilih dan dicampur dengan air sesuai petunjuk pada label. Setelah itu aplikasikan dengan kuas satu arah untuk mendapatkan hasil yang halus. Setelah itu tunggu kering dan Anda bisa langsung mengamplas dan hilangkan debu amplas dengan vakum.
  4. Terakhir aplikasikan Biothane. Campurkan Biothane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air setelah itu Anda bisa langsung mengapliasikan dengan kuas. Aplikasikan hingga rata dan satu arah seperti Anda mengaplikasikan lapisan sebelumnya. Tunggu lapisan terakhir ini kering selama 24 jam. Setelah benar-benar kering Anda bisa mulai memindahkan furnitur ke dalam ruangan.