Ingin Lantai Kayu Mengkilap Tahan Lama? Ini Tips Perawatannya

Membuat lantai kayu agar mengkilap dan tahan lama bukan hal yang sulit. Anda bisa melakukan perawatan agar lantai kayu bisa mengkilap dan tahan lama. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara merawat lantai kayu agar tetap mengkilap dan tahan lama.

https://www.youtube.com/watch?v=_6pQZbkeN9E

Sangat mudah mendapatkan lantai kayu solid dengan warna natural yang mengkilap. Yang tersulit adalah bagian perawatannya. Semua perawatan lantai kayu harus dilakukan dengan rutin.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan perawatan rutin selain untuk menjaga tampilan pada lantai kayu solid. Anda akan segera mengetahui apabila terdapat masalah yang serius pada beberapa bagian lantai kayu Anda dan mengambil tindakan perbaikan dengan cepat.

Baca Juga : ingin dapatkan finishing outdoor furniture yang awet dan tahan lama

lantai kayu mengkilap

Kayu solid apapun jenisnya tetap memiliki pori kayu yang berfungsi untuk meresap kelembaban dan air. Fungsi ini akan mempercepat pertumbuhan rayap dan jamur sehingga lantai Anda mudah rusak. Hasilnya Anda akan mengganti seluruh lantai dan mengeluarkan uang yang sangat banyak.

Baca Juga : cara finishing lantai kayu awet dan tahan lama dengan cat waterbased ini

Berbeda jika Anda telah mencermati bagaimana perawatan rutin yang wajib dilakukan ini. Anda tidak perlu khawatir masalah lantai yang rusak, selama Anda merawatnya dengan benar lantai kayu akan bertahan lebih lama daripada yang Anda perkirakan.

Cara Merawat Lantai Kayu

Keindahan dan daya tahan lantai kayu solid menjadikan mereka salah satu pilihan terbaik yang dapat dilakukan oleh pemilik rumah ketika tiba waktunya untuk memutuskan lantai. Namun lantai kayu keras dapat rusak jika perawatan tidak diambil untuk melindungi mereka dari ancaman lingkungan dan pemakaian sehari-hari.

Baca Juga : cara memilih cat untuk finishing lantai kayu awet dan tahan lama

Lantai kayu membutuhkan banyak perawatan dan perhatian, tetapi hasilnya akan sangat maksimal. Karena lantai yang dirawat dengan baik akan tetap dalam kondisi bagus selama bertahun-tahun. Berikut ini langkah yang wajib diingat bagaimana Anda bisa melakukan perawatan lantai kayu.

√ Jaga Lantai Kayu Keras Anda Bersih

Ancaman paling umum untuk lantai Anda adalah kotoran yang dapat menggores dan menumpulkan permukaan. Solusinya di sini adalah pembersihan rutin dengan sapu dan menyedot debu.

lantai kayu mengkilap

Selain melindungi lantai rumah atau bisnis Anda, pembersihan rutin juga memiliki manfaat membuat bangunan jauh lebih menarik.

√ Jauhkan Lantai Kayu Solid Anda dari Air

Air adalah ancaman yang sangat kuat untuk lantai kayu karena dapat menyebabkan warping, sehingga tumpahan harus segera dibersihkan.

Pastikan Anda menggunakan pel yang sedikit basah saat mengepel lantai. Ini juga bagus untuk terus mengecilkan minimum. Sebaliknya, menyapu secara teratur dengan sapu berbulu halus akan membuat lantai kayu keras bebas dari kotoran yang dapat menggores atau menumpulkan lantai jika dibiarkan mengembang.

√ Lindungi Lantai Kayu Anda dari Furniture

Goresan dan bekas kaki furnitur adalah beberapa ancaman paling umum pada lantai kayu padat. Untungnya, mudah untuk menjaga terhadap lecet dan goresan dengan tips perabotan yang tersedia di sebagian besar toko perbaikan rumah. Anda bisa melakukan perawatan dengan meletakkan perakat pada kaki furniture. Pastikan bagian kaki furniture tidak akan menyentuh lantai kayu secara langsung.

pertumbuhan rayap dan jamur

Bahkan dengan tips untuk memindahkan perabotan yang terbaik adalah mengangkat furnitur ketika memindahkannya. Bukannya menyeretnya ke lantai karena tentu saja menyeret furniture di atas lantai kayu akan berpotensi merusak lantai kayu. Menggeser furnitur akan membuat Anda tidak menyadari bahwa ujung furniture telah membuat goresan besar yang tertinggal di permukaan lantai kayu.

Karpet adalah bagian umum di rumah yang telah memasang lantai kayu. Tetapi seperti furnitur, karpet juga dapat menggores lantai jika terlalu sering diseret atau digerakkan terlalu banyak. Oleh karena itu, selalu disarankan agar bantalan tanpa selip digunakan dengan karpet. Punggung karet ini melindungi lantai dan mencegah karpet bergeser dan menyebabkan orang tersandung dan jatuh.

√ Perhatikan cakar binatang peliharaan

Kita semua mencintai hewan peliharaan kita, tetapi kuku anjing adalah cara lain agar lantai kayu keras dapat tergores. Menjaga kuku-kuku ini tetap terpangkas adalah cara terbaik untuk menghindari goresan yang dapat ditinggalkan hewan peliharaan.

Selain hewan peliharaan kita, kita juga bisa merusak lantai dengan alas kaki kita. Pelaku yang paling mungkin adalah sepasang sepatu hak tinggi. Tidak mengenakan sepatu hak di rumah adalah cara terbaik untuk melindungi lantai.

√ Hindari Sinar Matahari Berlebihan

Pemilik rumah harus berhati-hati terhadap potensi bahaya yang diakibatkan oleh terpaan sinar matahari di lantai yang terbuat dari kayu keras. Sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan memudar dan perubahan warna, jadi berhati-hatilah untuk memastikan bahwa tidak ada area lantai kayu yang menerima terlalu banyak sinar matahari langsung.

Tahan Lama, Inilah Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai

Gorden dan tirai mungkin dapat Anda gunakan untuk meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari. Tetapi  penggunaan lapisan UV untuk jendela juga bisa menjadi langkah lain untuk melindungi lantai Anda dari sinar matahari yang keras.

Sebuah tikar juga dapat membantu menutupi bagian lantai yang sangat terbuka. Selain itu, jika Anda memiliki area pemudaran kayu yang terbuka, beri matras di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan tingkat sinar matahari yang sama di tempat lain dapat membantu meratakan warna. Meskipun hasilnya akan menjadi lantai yang lebih pucat.

√ Noda di Kayu Keras

Kayu keras dapat diwarnai oleh bahan seperti tinta dan anggur. Sementara noda kering mungkin perlu pengamplasan, tumpahan segar dapat ditangani dengan pembersihan cepat. Namun, penting agar Anda tidak membersihkan noda menggunakan terlalu banyak air. Karena hal ini dapat menyebabkan kayu menyerap banyak air dan membengkak. Untuk alasan yang sama, hindari membiarkan genangan air tetap berada di atas kayu. Selalu bersihkan dengan cepat.

Genangan air, kerusakan akibat goresan adalah perawatan yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dilupakan. Jika Anda ingin hal ini berlangsung maka Anda perlu menjaga semua dengan baik. Salah satu perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan adalah memberikan lapisan wax.

√ Gunakan Biopolish

Produk wax yang bisa Anda gunakan saat ini adalah Biopolish Linseed Oil. Biopolish Linseed Oil adalah produk poles kayu yang akan memberikan hasil mengkilap dan perlindungan penuh. Produk ini perlu diaplikasikan satu bulan sekali. Fungsinya adalah memberikan tampilan mengkilap pada lantai kayu yang tidak difinishing dan memberikan peningkatan tampilan kilap pada lantai kayu yang dipernis atau dipolitur.

Jadi Anda bisa menggunakannya baik pada lantai kayu yang difinishing maupun tidak. Untuk proses aplikasi Anda hanya perlu menyiapkan buffer dan memoles secara tipis pada seluruh bagian lantai kayu. Proses ini dilakukan agar lantai kayu meresap lapisan Biopolish. Lantai Anda tidak akan menjadi licin selama Anda mengaplikasikannya dengan tipis.

Lapisan Biopolish yang terlalu tebal hanya akan membuat lantai kayu menjadi licin karena kandungan minyak yang diberikan terlalu banyak. Selain menciptakan lantai yang licin jamur atau serangga seperti rayap akan muncul ini karena kelembaban di lantai kayu solid menjadi meningkat. Bukankah akan menguntungkan Anda jika menggunakan produk poles yag hemat?

Tampilan kilap dan ketahanan dari kayu pun akan menjadi semakin lama. Bagi kayu yang tidak difinishing lapisan Biopolish akan  meresap memberikan perlindungan dari dalam. Sedangkan pada lapisan lantai yang difinishing, Biopolish akan memperkuat lapisan cat di bawahnya sehingga tidak mduah tergoresa dan berjamur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top