Persiapan Finishing Lantai Parket Kayu Sonokeling agar Sempurna

Mempelajari cara mengecat ruang interior dan eksterior dapat menjadi mudah, dan Anda dapat menemukan betapa menarik hasil yang diberikan sehingga memberi rumah Anda tampilan baru yang luar biasa. Hanya perlu beberapa langkah untuk mempelajari cara menyiapkan permukaan lantai kayu sonokeling agar Anda dapat bergerak untuk mengecat seperti laykanya seorang profesional.

Kecuali Anda benar-benar suka mengecat Anda benar-benar harus menyiapkan permukaan dengan benar sebelum mengecat. Pengalaman menunjukkan bahwa menyiapkan permukaan yang sesuai sebelum mengecat adalah langkah pertama dan terpenting dari proyek pengecatan lantai kayu.

TIP: Berikan banyak waktu untuk menyiapkan permukaan. Ikuti instruksi produk cat yang digunakans dan rencanakan langkah-langkah untuk menyiapkan permukaan sebelum mengecat dengan tepat. Mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama daripada proses mengecat.

Mengetahui Jenis Kerusakan Pada Lantai Kayu Sonokeling

Perawatan lapisan film adalah salah satu aspek terpenting dari perawatan lantai kayu jangka panjang. Dalam beberapa kasus, keadaan lantai kayu mungkin tidak cukup parah untuk membutuhkan recoating ulang. Dalam situasi ini, menutup lantai dapat menjadi opsi yang layak. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipertimbangkan saat menentukan apakah akan harus melakukan recoating ulang pada lantai kayu sonokeling Anda.

Pertama dan terutama, jenis dan tingkat kerusakan menentukan perawatan lantai. Ada beberapa jenis kerusakan yang dapat dipertahankan oleh lantai kayu. Masing-masing dapat mempengaruhi apakah recoating adalah opsi terbaik untuk lantai.

Berikut jenis kerusakan umum pada lantai kayu :

  • Kerusakan Permukaan : Penyok dan goresan mungkin akan kembali, tetapi masih akan tetap berada di permukaan lantai dan bahkan mungkin menjadi lebih jelas setelah lapisan cat baru telah diterapkan.
  • Pola Pakai : Pola keausan mengindikasikan hilangnya lapisan pada lantai yang ada di daerah dengan lalu lintas tinggi, biasanya menghasilkan serat kayu yang terbuka. Pola keausan dapat ditutup kembali untuk melindungi lantai dari kerusakan lebih lanjut, tetapi akan sering menerima lapisan cat baru yang berbeda dari lantai yang tersisa, akan tetapi tidak enak dipandang, dan mungkin menjadi lebih jelas setelah pelapisan baru telah diterapkan kecuali jika ditujukan sebelum recoating.
  • Kerusakan Air : Lantai yang ditopang secara permanen dapat ditutup kembali, tetapi ketika sudah mendapatka genangan air bagaimanapun juga lantai kayu akan tetap rusak akibat jamur dan juga rayap. Tidak hanya itu sistem adhesi juga akan mulai terkikis dan berkurang.

Selanjutnya, penting untuk menentukan apakah ada kontaminasi permukaan (termasuk lilin dan banyak produk perawatan lainnya) yang dapat memengaruhi pelekatan bahan cat. Penting untuk menguji keberadaan kontaminan ini sebelum mengulang lantai untuk menghindari kegagalan.

Selalu bersihkan lantai sebelum menguji kontaminan dan sebelum lapisan perawatan apa pun. Proses ini termasuk menggunakan produk pembersih lantai kayu yang direkomendasikan oleh produsen yang melakukan finshing pada lantai kayu. Pembersihan lantai termasuk ekstraksi kotoran, atau kontaminasi dari permukaan lantai serta tepi miring, celah, atau simpul terbuka.

Persiapan Mengecat Lantai Kayu Sonokeling agar Sempurna

Selalu uji di beberapa area lantai untuk memastikan hasil akhir akan menempel dengan benar. Area uji harus digunakan untuk memeriksa kontaminan serta menguji pelekatan akhir dan kompatibilitas. Lemari mungkin bukan area uji terbaik karena produk perawatan sering digunakan di lantai utama, tetapi tidak selalu di lemari. Pengujian dalam satu area tidak menjamin kinerja atau kompatibilitas yang dapat diterima.

Persiapan dan Pengecatan Lantai Kayu Sonokeling

Lantai sonokeling akan secara alami berubah warna dari waktu ke waktu pada bagian yang sering digunakan. Warna kayu sonokeling gelap sehingga ketika lantai kayu sering digunakan terutama pada bagian pintu masuk warna akan berubah menjadi lebih terang.

Anda pasti akan menemukannya di beberapa bagian rumah seperti dapur dan lantai dekat kamar mandi, karena air akan mengganggu permukaan lapisan cat dan warna kayu akan berubah.

Anda bisa melakukan pengecatan ulang sendiri mulai dari pengamplasan hingga recoating. Namun perlu Anda ingat bahwa persiapan dalam mengecat lantai kayu adalah hal yang sangat penting Terlebih lagi jika Anda akan melakukannya sendiri.

Mengecat bukanlah hal sulit namun Anda memang harus teliti untuk melakukannya. Berikut ini persiapan mulai dari mengamplas hingga pada bagian menyengangkan yaitu mengecat lantai kayu sonokeling yang bisa Anda pahami.

Untuk proses pengamplasan, ini dapat dilakukan dengan tangan, tetapi jauh lebih cepat di area yang lebih luas untuk menggunakan mesin sander lantai.

1. Pengamplasan

Sebaiknya gunakan sander yang dapat disambungkan ke ekstraktor debu, yang tidak hanya melindungi diri Anda dari partikel berbahaya, tetapi juga memastikan area kerja yang lebih bersih. Untuk mesin yang keras, perlindungan telinga yang memadai juga dianjurkan.

Dengan semua pemeriksaan keamanan di tempat, dan ruangan dibersihkan dari furniture, maka tahap pengamplasan lantai kayu sonokeling Anda dapat dimulai.

Sangat penting pada tahap ini untuk memulai dengan tingkat amplas yang tepat. Anda bisa memulai dengan amplas 36 grit. Angka 36 adalah amplas paling kasar, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan lapisan minyak lilin keras yang keras dan area yang terlalu usang.

Untuk pengamplasan awal, perlu dicatat bahwa kebutuhan untuk mengganti ke cakram amplas akan lebih besar daripada menjelang akhir proses. Ini karena untuk menghilangkan kotoran dan lapisan cat lama selin itu juga permukaan kayu yang kasar perlu dibersihkan.

Mulailah proses pengamplasan dengan mempertahankan kecepatan konstan di seluruh papan. Konsistensi ini memastikan bahwa beberapa area papan tidak diamplas lebih dari yang lain. Terlalu banyak pengamplasan area tertentu dapat menyebabkan perbedaan setelah selesai pengamplasan.

2. Aplikasi Wood Stain

Dengan lantai kayu sonokeling selesai diampelas kembali ke kayu yang gundul, tahap selanjutnya adalah menutup lantai dengan cat  yang Anda pilih. Waktu antara pengamplasan akhir dan aplikasi baru harus seminimal mungkin. Ini akan memastikan bahwa lantai yang baru saja diampelas tidak ditandai dalam keadaan tidak terlindungi.

Persiapan Mengecat Lantai Kayu Sonokeling agar Sempurna

Tergantung pada produk finishing yang Anda pilih, proses aplikasi dari titik ini akan berbeda. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain sonokeling yang dicampur dengan air dan aplikasikan menggunakan kuas panjang.

Warna wood stain sonokeling akan mempertahankan dan memeprtajam warna sonokeling asli. Aplikasikan wood stain ke seluruh permukaan lantai sarah serat dan pastikan Anda mendapatkan campuran yang tepat.

3. Aplikasi Biothane

Tunggu hingga kering kemudian Anda bisa mengaplikasikan produk Biothane yang juga dicampur dengan air. Produk ini adalah poliurethane berbasis air yang memberikan warna transparan pada lantai kayu, dan memberikan lapisan film yang tebal, kuat dan lentur.

Aplikasikan seraah serat kayu untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Proses kering membutuhkan waktu 24 jam sebelum Anda dapat menggunakan ruangan dan mengembalikan furnitur kembali ke tempatnya.

Maka proses recoating lantai kayu sonokeling di rumah Anda telah selesai. Anda tidak akan mendapati warna yang luntur atau warna yang cerah dari lantai kayu sonokeling rumah Anda.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.