3 Alasan Penting Mengecat Lantai Kayu Serta Tips Merawatnya

Alasan mengecat lantai kayu mungkin sangat beragam dari setiap orang. Demikian juga bagi Anda yang mungkin memiliki alasan tersendiri kenapa ingin mengecat lantai kayu yang saat ini digunakan di rumah.

Anda tidak akan pernah mendengar seseorang menyarankan Anda untuk mengecat lantai kayu melalui acara TV. Bahkan Anda juga tidak akan mendengar seorang kontraktor menyebutkan mengapa Anda harus mengecat lantai kayu. Anda juga tidak akan mengetahui alasan mengapa lantai kayu Anda harus dicat sesegera mungkin.

Jarang Menggunakan Cat Kayu Yang Tidak Mengkilap? Ternyata Ini Kegunaannya

Hal yang jarang dibicarakan ini adalah salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan dengan benar. Namun dibalik alasan Anda mengecat ada sejarah yang kuat untuk melakukan perbaikan lantai kayu hanya dengan cat.

Meski demikian, sebenarnya ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengenai pembahasan pengecatan lantai kayu. Walaupun jarang diperhatikan dan dibahas, mungkin sudah saatnya Anda berfikir untuk melakukan pengecatan pada lantai kayu di rumah. Ingin tahu apa saja alasan yang mendasari Anda perlu mengecat lantai kayu? Simak ulasan selengkapnya di artikel ini ya.

Alasan Mengapa Harus Mengecat Lantai Kayu

Berikut ini beberapa alasan yang mengharuskan Anda melakukan pengecatan terhadap lantai kayu. Diantaranya adalah:

1. Gaya

Anda mungkin tidak akan memperhatikan masalah apakah lantai kayu Anda tidak pernah ketinggalan zaman, tetapi lantai kayu sama dipengaruhi oleh tren desain seperti warna di dinding Anda atau tirai di ruang tamu Anda.

Panduan Finishing Lantai Kayu Yang Sering Digunakan

Tentu, kayu abu-abu midtone sudah populer sekarang, tetapi espresso adalah trend gaya lima tahun yang lalu. Sebelum itu? Honey oak, cherry, dan sejumlah warna wood stain lainnya.

Jika lantai kayu keras Anda tidak kompatibel dengan tampilan rumah Anda, cat adalah cara yang bagus untuk memperbaikinya. Warna gelap atau terang, warna hangat atau dingin dengan menggunakan cat, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan lantai Anda dengan sisa dekorasi Anda.

2. Menciptakan Sejarah

Mengecat lantai, khususnya di rumah tua dengan warna solid misalnya, mungkin tampak tidak biasa hari ini, tetapi itu adalah cara yang umum dan lebih disukai untuk finishing lantai di masa lalu.

Rumah-rumah pertanian dari tahun 1800-an, rumah-rumah bergaya Victoria, perkebunan Inggris – Anda akan menemukan lantai dicat di rumah-rumah tua mulai dari yang sederhana hingga yang sangat mewah. Itu menambahkan warna dan perlindungan ke kamar dan tangga sebelum pengembangan sealant kayu modern.

Selama era Victoria, banyak rumah ditutupi dengan cat. Anda dapat menganggap ledakan warna ini dengan ketersediaan pasar massal yang tiba-tiba dari berbagai warna yang lebih luas.

Pembangunan memberikan warna-warna baru itu untuk melapisi di setiap permukaan lantai atau rumah kayu, sering menambahkan detail ke sebuah ruangan dengan mengecat batas atau pola di lantai. Dapur dihiasi dengan pola, tangga memiliki warna kontras, dan kamar tidur lantai atas dilapisi dengan warna pucat untuk mencerahkan ruangan dan mencegah kesuraman musim dingin.

3. Praktis

Mungkin Anda siap untuk mengakui bahwa lantai yang dicat dapat memberi rumah Anda tampilan yang Anda inginkan. Cara ini dianggap lebih mudah dan berwarna daripada hanya mempolitur kayu?

Belum tentu! Refinishing lantai adalah pekerjaan utama dan sebagian besar berantakan. Sanders melempar debu ke mana-mana, jadi kamar harus dikosongkan, ditutup, dan dibersihkan setelahnya. Plus, pewarnaan dan finsihing berikutnya membutuhkan waktu beberapa hari untuk aplikasi dan pengeringan.

Alasan Penting Mengecat Lantai Kayu

Sebagai perbandingan, mengecat lantai adalah proyek yang jauh lebih cepat pengamplasan debu ringan dan rendah sebelum priming, kemudian satu hingga dua lapis cat yang kering hanya dalam waktu beberapa jam.

Selain itu, ada keadaan ketika cat menawarkan kinerja yang unggul. Kayu keras tua mungkin telah diperhalus berulang kali, sehingga lantai terlalu tipis untuk bertahan dari pengamplasan lain. Karena lukisan tidak memerlukan pengamplasan yang dalam, Anda dapat mempertahankan lantai alih-alih mengganti atau menutupinya.

Lapisan yang tidak tembus cahaya dapat meredakan masalah umum lainnya di rumah yang lebih tua. Banyak lantai yang lebih tua ditambal ketika lantaidibuka, radiator dihapus, atau papan rusak diperbaiki. Cat memecahkan variasi warna dan butiran dari pekerjaan patch, meninggalkan produk akhir yang lebih bersih dan lebih halus.

Gunakan cat dasar dan cat yang keras, dan Anda mungkin akan mencegah goresan atau chipping. Cat teras bekerja dengan baik di pengaturan lalu lintas tinggi, dan kemiringan yang lebih tinggi akan mengering lebih keras.

Ketika Anda mendapatkan goresan, Anda dapat dengan cepat dan tanpa disentuh menyentuhnya dengan sikat sesuatu yang pasti tidak dapat Anda lakukan dengan lantai dengan wood stain. Dan seperti lantai wood stain, lantai kayu yang dicat dapat dibersihkan dan digosok, tanpa cat yang diperlukan!

Beberapa Tips Tentang Warna Lantai

Lebih ringan tone warna yang digunakan sebenarnya lebih baik. Lantai yang dicat lebih cerah akan memantulkan lebih banyak cahaya alami daripada kayu cokelat.

Tapi jangan sampai Anda memilih warna yang terlalu terang! Memilih dengan lantai putih benar bisa menjadi langkah yang berisiko. Ini akan menunjukkan setiap titik gelap yang jatuh ke lantai, bersama dengan kotoran dan noda. Gunakan beberapa warna lebih gelap ke warna abu-abu pucat untuk efek yang serupa dan lebih praktis.

Alasan Penting Mengecat Lantai Kayu

Hitam bisa memberikan efek yang dramatis, tetapi seperti warna putih sebenarnya warna hitam juga akan menunjukkan debu. Sebagai rekomendasi untuk Anda yang ingin memilih warna hitam, sebaiknya pilihlah warna gelap yang akan menjadi pilihan efektif. Seperti biru dongker atau navy, dark grey, dan sebagainya.

Buttery yellows adalah warna favorit yang terkesan tradisional untuk dapur, ruang cuci, dan lorong. Perlu nuansa ceria di ruang tamu formal atau kamar tidur utama Anda? Coba warna hijau tua, merlot, atau biru laut.

Campurkanlah berbagai warna yang akan digunakan. Tetap dengan netral untuk sebagian besar lantai, dan mengimbangi furnitur dengan karpet area warna-warni yang dicat. Atau sorot tepi ruangan dengan garis lebar warna yang membentang di pinggir.

Tips Memilih Jenis Cat untuk Mengecat Lantai Kayu

Mengecat lantai ruangan adalah prospek yang menarik yang dapat mengubah seluruh tampilan ruang. Namun mengetahui dari mana harus memulai dapat menjadi sesuatu yang membingungkan ketika Anda menatap deretan demi deretan cat atau pilihan warna. Panduan ini akan memandu Anda melalui proses untuk menciptakan pekerjaan pengecatan.

Hal pertama yang Anda ingin rencanakan adalah ruang lingkup proyek. Akan mudah bagi ruang lingkup proyek untuk “bekerja” saat Anda berada di toko melihat semua pilihan warna yang luar biasa. Tiba-tiba Anda berencana untuk mengecat ulang setiap ruangan di rumah, terlepas dari waktu atau kendala biaya. Pastikan untuk merencanakan proyek mana yang ingin Anda selesaikan sehingga Anda tidak keluar jalur.

Bagaimana cara memilih warna? Ini mungkin bagian yang paling menyenangkan dari pekerjaan mengecat, tetapi juga salah satu yang perlu dicoba. Memilih warna yang tepat tepat adalah memakan waktu, dan membutuhkan usaha dan pemikiran. Berikut beberapa kiat untuk memilih warna yang Anda sukai selama bertahun-tahun.

√ Mulai dengan contoh warna

Mulai dengan contoh warna cat untuk mendapatkan rasa warna yang Anda cari. Bawalah mereka pulang dan tempelkan di lantai atau tempelkan di belakangnya, dan diamkan selama beberapa hari. Mata Anda umumnya akan mulai tertarik ke arah satu jangkauan warna. Contoh warna juga berguna untuk membandingkan dengan pelapis furnitur, gorden dan sejenisnya untuk memastikan semuanya berkoordinasi.

√ Periksa dengan Pencahayaan

Penting untuk memeriksa sampel di siang hari dan dengan lampu yang berbeda. Hal ini membuat perbedaan besar dalam nada warna, yang mungkin Anda sukai saat senja tetapi memutuskan merasa norak pada pagi hari. Jangan lupa untuk mempertimbangkan efek pencahayaan internal Anda (semua lampu lantai, pencahayaan di atas kepala, dll.) Ketika Anda memiliki sampel di lantai juga.

Mengecat Lantai Kayu dengan Biovarnish

Untuk rekomendasi pewarnaan lantai kayu natural, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan cat water based dari Biovarnish. Memilih menggunakan warna natural dan sesuai dengan jenis kayu yang digunakan merupakan sesuatu yang baik untuk dilakukan.

Biovarnish merupakan cat water based pengganti plitur kayu konvensional yang berbahan shellac gum. Tentunya produk cat Biovarnish telah diformulasikan dengan bahan yang lebih aman dan tidak menggunakan shellac gum. Cara pengaplikasiannya juga tidak rumit dan sangat sederhana, cukup menggunakan air bersih untuk mengencerkannya dan Anda langsung bisa mengaplikasikannya menggunakan berbagai metode.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini langkah aplikasi pengecatan lantai kayu dengan Biovarnish yang bisa Anda ikuti:

1. Lakukan Persiapan

Anda perlu melakukan persiapan terlebih dahulu, baik pada media lantai kayu maupun pada bahan finishing yang akan digunakan. Lakukan pengamplasan terlebih dahulu hingga seluruh permukaan media halus dan merata, lalu bersihkan debu sisa pengamplasan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan produk yang akan digunakan pada proses finishing lantai kayu. Pilih warna dan siapkan produk apa saja yang akan digunakan untuk proses finishing. Encerkan wood stain, sanding sealer dan clear coat yang akan digunakan dengan air bersih pada perbandingan 2 produk : 1 air.

2. Aplikasikan Wood Stain

Setelah selesai pada proses pengamplasan, Anda bisa langsung mengaplikasikan wood stain. Pilih warna wood stain yang mirip dengan jenis kayu. Atau, bisa juga Anda pilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasikan dengan halus dan merata hingga seluruh permukaan lantai kayu tertutupi cat dengan baik.

Tunggu mengering sekitar 60 menit setelah diaplikasikan lalu lakukan pengamplasan secara ambang. Gunakan kertas amplas nomor 400 lalu bersihkan debunya. Jika hasilnya belum sesuai dengan keinginan Anda, lakukan pengecatan ulang.

3. Gunakan Sanding Sealer

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Aplikasi Sanding Sealer

Selanjutnya, gunakan Sanding Sealer untuk melapisi wood stain yang telah diaplikasikan sebelumnya. Cara aplikasinya sama persis dengan wood stain. Pengapliakasian produk ini bisa membantu lapisan wood stain lebih meresap kedalam serat kayu dan membuat material kayu pada lantai lebih awet untuk digunakan.

4. Gunakan Clear Coat

Terakhir, lakukan pengaplikasian Clear Coat Biovarnish. Dari segi aplikasi, produk ini bisa digunakan dengan cara yang sama dengan wood stain maupun sanding selaer. Tetapi untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan pengeringan selama 24 jam.

Proses pengeringan tidak perlu dilakukan dibawah sinar matahari langsung, cukup biarkan lantai kayu mengering dengan sendirinya meski hanya diangin anginkan.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com