Finishing Lantai Kayu Merbau agar Kuat dan Tahan Lama

90
Finishing Lantai Kayu Merbau agar Kuat dan Tahan Lama

Anda mengenal kayu merbau? Kayu yang memiliki ketahanan dan juga kekuatan seperti kayu jati ini seringkali dijadikan lantai kayu. Kekuatannya pun sangat tinggi sehingga tida jarang juga digunakan sebagai konstruksi rumah atau bahkan pembangunan jembatan.

Jika Anda ingin memiliki rumah kayu maka untuk pembuatan lantai disarankan untuk menggunakan kayu merbau. Warna kayu yang cokelat tua akan menambah keindahan dalam ruang rumah Anda dan memberikan kesan hangat.

Untuk mempertajam warna dari lantai kayu merbai maka Anda bisa memberikan lapisan pernis kayu water based yang aman dan juga tahan lama.

Salah satu jenis pernis yang direkomendasikan di sini adalah pernis kayu water based Biovarnish. Produk Biovarnish akan memberikan keindahan serat lurus dari kayu merbau dan juga meningkatkan atau mempertajam warna kayu.

CS Biovarnish

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara mengecat atau finishing lantai kayu merbau dengan pernis kayu water based Biovarnish.

Langkah-Langkah Finishing Lantai Kayu Merbau dengan Biovarnish

Selain menggunakan Biovarnish sebagai tahapan terakhir Anda bisa menggunakna produk Biothane yang akan memberikan ketahanan pada lantai kayu. Lapisan film yang dibentuk adalah lapisan film yang kuat, tebal namun juga lentur.

Bahan-bahan yang perlu Anda gunakan antara lain adalah mesin sander untuk lantai dengan kertas amplas grit 400 dan amplas grit 240. Siapkan juga vakum dan terkahir produk Biovarnish wood filler warna jati, wood stain warna dark teak dan terakhir Biothane.

  1. Siapkan lantai kayu dengan cara diamplas dengan amplas grit 240. Pastikan semua bagian teramplas. Lakukan pembersihan debu amplas dengan vakum dan debu amplas hilang.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler jati yang telah dicampur dengan air hingg mudah untuk diaplikasikan. Aplikasi menggunakan pisau scrape berukuran besar hingga rata pada semua bagian lantai kayu merbau. Tunggu kering dan amplas kembali dengan kertas amplas nomor 240. Hilangkan debu dengan vakum.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain dark teak yang telah dicampur dengan aor perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan pad atau dengan roll. Aplikasikan hingga semua bagian lantai kayu merbau terlapisi. Tunggu kering sekitar 60 menit dan Anda bisa mulai mengamplas dengan amplas 400. Lakukan penghilangan debu amplas kembali dengan vakum.
  4. Aplikasikan Biothane yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan ; 1 air kemudian aplikasikan dengan roll atau dengan pad. Setelah itu tunggu kering selama semalaman. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang memasuki ruangan. Sehingga hasil akhir pun akan rata serta halus bebas kotoran.

Setelah Anda melakukan finishing lantai kayu merbau Anda bisa langsung menggunaan ruangan. Anda akan mendapatkan lantai kayu dengan warna yang tajam. Jika ingin mendapatkan lantai kayu yang tahan lama Anda harus mengikuti perawatan lantai kayu merbau yang tepat.

Anda akan mempelajari bagaimana cara merawat lantai kayu merbau dengan berbagai macam cara berikut ini.

Perawatan Lantai Kayu Merbau

Lantai kayu adalah investasi yang berharga untuk setiap rumah khususnya pada kualitasnya, keindahan dan juga ketahanan yang melebihi keunbggulan yang diberikan oleh pabrik kayu. Tidak mengherankan bahwa kayu solid adalah salah satu pilihan lantai paling populer sebagai lantai kayu.

Anda baru saja memasang lantai kayu merbau dan terlihat cantik, jadi sekarang bagaimana? Bersamaan dengan kepemilikan lantai kayu merbau, tanggung jawab untuk menjaga agar tetap dalam kondisi yang baik untuk mempertahankan keindahan aslinya juga harus Anda lakukan.

Finishing Lantai Kayu Merbau agar Kuat dan Tahan Lama
Sera kayu dan warna kayu merbau bagus untuk lantai.

Sebagian besar pemilik lantai kayu tahu bahwa semakin baru kayu, semakin banyak finishing yang masih berada di lantai dan karenanya tampilan lebih mengkilap, yang umumnya membuatnya lebih mudah dibersihkan. Namun seiring berjalannya waktu dan lantai semakin banyak rusak, tidak akan ada lagitampilan mengkilap sehingga membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, pemilik lantai kayu harus merawat kayu keras mereka untuk memperpanjang umur dan membuatnya tetap terlihat yang terbaik!

Namun, sebagian besar pemilik lantai kayu merbau membuat sejumlah kesalahan karena mereka tidak tahu cara merawat lantai kayu keras mereka dengan benar sehingga menghasilkan goresan, lecet atau kerusakan signifikan pada lantai, merusak kemilaunya. Jika kayu keras rusak berat, satu-satunya solusi adalah dengan refinishing lantai dan memproduksinya, yang bisa sangat memakan waktu dan mahal.

Pemeliharaan dan perawatan lantai kayu sedikit berbeda berdasarkan jenis lantai kayu yang digunakan. Ada beberapa kiat umum untuk membantu mempertahankan umur kayu keras Anda dan mempertahankan keindahan aslinya selama bertahun-tahun mendatang!

Bisa dibilang bagian terpenting dari perawatan lantai kayu keras dimulai dari hari ketika lantai kayu Anda dipasang. Mengadopsi rutinitas pemeliharaan tahunan, bulanan, bahkan harian sangat penting untuk menjaga kayu merbau Anda dalam kondisi terbaik. Ada banyak jadwal dan metodologi pemeliharaan kayu keras di luar sana tetapi di sini ada satu yang kami yakini akan memberi Anda hasil yang menjanjikan.

  1. Perawatan Harian Menghilangkan Debu

Setelah membeli lantai kayu keras, hal pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik baru adalah memastikan bahwa mereka memiliki sapu berbulu lembut berkualitas dan ruang hampa dengan sikat yang lebih lembut yang tidak akan terlalu kasar dan menggores kayu keras Anda yang baru. Menyapu dan membersihkan debu setiap hari adalah salah satu kebiasaan yang paling diremehkan namun termudah yang dapat diadopsi oleh pemilik rumah dengan lantai kayus untuk memperpanjang umur dan keindahan lantai mereka. Membersihkan dan menyapu setiap hari akan membantu menjaga kotoran dan debu dari lantai Anda untuk mencegah goresan yang berbahaya.

  1. Perawatan Mingguan dengan Vakum

Sekali atau dua kali seminggu, penting untuk mengosongkan debu dengan masuk di antara papan kayu merbau Anda dan area yang sulit dijangkau lainnya. Vakum menghilangkan partikel kotoran dan debu yang tersisa di kayu keras Anda, bahkan setelah menyapu setiap hari.

  1. Perawatan Bulanan dengan Poles Kayu
Finishing Lantai Kayu Merbau agar Kuat dan Tahan Lama
Ruang keluarga dengan lantai kayu merbau.

Sebulan sekali atau lebih, pemilik kayu harus menggunakan perawatan lantai yang dirancang untuk menambahkan kilau dan kondisi ke lantai kayu merbau. Poles kayu merbau Anda dengan Biopolish yang akan membantu memberikan lapisan mengkilap pada lantai kayu merbau dan mencegah pengikisan kayu keras Anda secara merusak, menjaganya tetap dalam kondisi prima! Produk ini tidak dimaksudkan untuk penggunaan harian atau mingguan, tetapi cocok untuk digunakan sebulan sekali atau lebih. Pastikan untuk membaca instruksi produk dengan sangat hati-hati!

  1. Perawatan empat bulanan

Jika Anda menemukan lantai kayu Anda terlihat agak kusam, kemungkinan waktu untuk menyegarkan lantai Anda dengan waxing dan buffing. Langkah ini penting dilakukan secara berkala, tetapi sekali lagi jangan terlalu sering mengotori lantai Anda. Namun, jika kayu merbau Anda telah difinishing dengan pernis maka jangan lakukan cara ini. Melakukannya akan mengganggu lantai kayu dan membuatnya menjadi licin.

  1. Perawatan tahunan dengan Sealing

Melapisi lapisan film ulang lantai Anda adalah langkah yang harus diambil setiap tahun. Sealer lantai membantu mengembalikan keindahan lantai kayu Anda terutama dengan meningkatkan finishingnya. Ada beberapa produk sealer lantai di luar sana, tetapi sekali lagi pastikan untuk mengikuti petunjuk produk.

Jika Anda menggunakan Biothane maka Anda tidak perlu menggunakan sealer dan hanya mengulangi lapisan Biothane saja. Namun perlu diperhatikan jika lantai kayu merbau Anda benar-benar sudah rusak.

CS Biovarnish