Merek Dempul Kayu yang Bagus untuk Kayu Merbau

Warna kayu merbau yang merah hingga hitam membutuhkan produk dengan merk dempul kayu yang bagus untuk finishing warna natural transparan.

Kayu merbau memiliki karakter yang khas dan tidak sama. Akan tetapi kekuatanya tidak jauh berbeda dengan kayu jati. Kayu merbau yang masih banyak stok dan tumbuh di papu ini termasuk mudah untuk didapatkan. Sama seperti serat alam lainnya, kayu merbau memiliki permukaan yang tidak rata, tekstur yang kasar dan juga memiliki pori. Dalam hal ini kelemahan tersebut harus ditutupi atau dihilangkan dengan dempul kayu.

Baca Juga : rekomendasi merek cat yang bagus untuk finishing kayu bengkirai

Produk dempul saat ini sudah sangat banyak didapatkan di pasaran. Dari jenisnya baik itu dempul logam, dempul kayu maupun dempul untuk dinding ada berbagai macam merk. Untuk mendapatkan merk dempul kayu yang bagus Anda harus melakukan survey baik langsung ke toko besi maupun melalui media online.

Karakter dempul kayu yang bagus adalah memiliki tarikan yang panjang, Anda bisa mengetasnya ketika mengaplikasikan dalam susbstrate kayu. Dempul yang memiliki tarikan panjang berarti dempul tersebut benar-benar masuk ke dalam pori. Lalu dempul juga tidak mudah retak (cracking) Sifat dempul yang tidak lentur karena kesalahan formula bisa mengakibatkan dempul retak. Keretakan ini akan mengganggu proses finishing.

Baca Juga : rekomendasi merek cat untuk lemari kayu jati yang bagus

Khusus untuk kayu merbau yang keras maka dempul kayu harus dipilih yang menimbulkan warna natural transparan. Kayu merbau dengan warna yang cantik sayang sekali jika tidak diperlihatkan. Warna dempul harus menyatu dengan warna kayu merbau agar ketika nanti diaplikasikan plitur akan tampak sama rata.

Mengenal Karakter Kayu Merbau untuk Finishing yang Sesuai

Karakter Kayu Merbau

Sebelum menentukan merk dempul kayu yang bagus untuk finishing warna natural kayu merbau, ada baiknya mengenal karakter kayu merbau terlebih dahulu. Sehingga jelas apa alasan dibalik pemberian dempul kayu pada kayu merbau.

  1. Bentuk, ukuran dari kayu merbau bisa mencapai tinggi 50 meter. Batangnya bebas dengan cabang sekitar 20 meter. Pohon kayu merbau memiliki akar papan yang tinggi dan tebal. Pepagannya berwarna abu-abu terang atau cokelat pucat, halus dengan bintil-bintil kecil lentisel. Serat kayu merbau kebanyakan lurus dengan tekstur kasar dan merata. Walaupun rata, kayu merbu tetap membutuhkan produk dengan merk dempul kayu yang bagus.
  2. Kualitas, kayu merbau adalah kayu berat dengan berat jenis 0.63-1.04 pada kadar air 15%. Kayu merbau memiliki daya susut yang rendah sehingga ketika Anda melakukan pengeringan kayu tidak banyak memiliki cacat. Dengan berat jenis dan daya susut yang rendah kayu merbau termasuk golongan kayu kelas kuat I-II dan awet kelas I. Kayu merbau tahan terhadap rayap kayu kering dan jamur pelapuk kayu.
  3. Warna, kayu merbau memiliki warna kayu gubal kuning pucat sampai kuning muda. Sedangkan untuk kayu terasnya memiliki warna kelabu cokelat sampai cokelat kehitaman. Warna kayu merbau hampir sama dengan kayu mahoni yang memiliki kualitas dan harga lebih murah.
  4. Fungsi, penggunaan kayu merbau sering digunakan dalam konstruksi seperti balok, tinang dan bantalan baik rumah ataupun jembatan. Walaupun begitu kayu merbau juga bagus digunakan untuk furniture indoor ataupun outdoor dilihat dari segi warna dan kualitasnya.

Merk Dempul Kayu yang Bagus

Setelah mengerti karakter kayu merbau saatnya Anda menentukan merk dempul kayu yang bagus manakah yang akan dipilih. Dari sini Anda bisa memilih dempul dengan merk Biovanrish Wood Filler. Dempul yang ditawarkan cocok dengan karakter kayu mahoni terlebih untuk finishing warna natural transparan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top