Mengintip Cara Aplikasi Dempul Kayu yang Tepat untuk Warna Sesuai

Banyaknya merk dempul maka terkadang membingungkan cara aplikasi dempul yang tepat dan merk dempul manakah yang sesuai dengan kayu. Temukan solusinya di sini.

Siapa yang tidak mengenal proses finishing? Proses ini teramat penting sebagai langkah awal melindungi jenis kayu apapun. Ada banyak sekali cara finishing kayu mulai dari menggunakan spray system, dengan kuas, dengan bal, dengan roller, dengan dicelupkan.

Dan ada berbagai macam cara lainnya karena pada dasarnya finishing adalah untuk melapisi kayu menggunakan cat. Cara-cara tersebut dilakukan sesuai dengan ukuran media. Misalnya untuk meja yang berukuran besar maka Anda dapat menggunakan spray system atau dengan roll agar aplikasi lebih cepat selesai.

Karena tidak mungkin bukan Anda akan melakukan finishing dengan cara kuas saja. Hasil finishing sendiri ada dua macam yaitu close pore dan juga open pore bedanya adalah dalam penggunaan dempul kayu. Jika Anda menginginkan pori-pori kayu tertutup maka gunakanlah finishing dengan hasil open pore.

Sedangkan untuk finishing kayu close pore maka dibutuhkan dempul kayu. Pori-pori ini akan ditutup dan tidak akan bekerja dalam menyerap kelembapan. Lalu manakah hasil finishing yang paling Anda minati?

Dalam finishing close pore maka Anda akan menggunakan dempul kayu. Cara aplikasi dempul kayu semua merk pada dasarnya adalah sama dan tidak terlalu sulit. Untuk jenis dempul kayu sendiri ada dua yaitu dempul kayu solvent dan juga dempul kayu water based. Jika Anda menggunakan dempul kayu solvent maka dibutuhkan bahan pelarut solvent seperti thiner atau spiritus karena bahan dasar pembuat dempul adalah solvent.

Sedangkan untuk dempul kayu water based maka dibutuhkan bahan pelarut air karena bahan pembuatnya adalah air. Untuk kedua jenis dempul tersebut tergantung dengan warna yang ingin Anda dapatkan dan disesuaikan dengan warna kayu.

Cara Aplikasi Dempul Kayu pada Umumnya

Berbagai macam merk dempul pada dasarnya cara aplikasi dempul tidak jauh berbeda. Dempul kayu yang digunakan untuk mengahasilkan warna natural disebut dengan wood filler. Sedangkan untuk dempul yang menghasilkan warna solid disebut dengan wood putty.

Pada cara aplikasi berikut tidak masalah Anda akan menggunakan wood putty atau wood filler karena cara aplikasinya sama. Sedangkan untuk jenisnya dempul kayu water based lebih baik dibandingkan dengan dempul kayu solvent.

Hal ini disebabkan karena kandungan dempul dari solvent sangat berbahaya yaitu logam berat dan berbahaya bagi tubuh manusia di masa mendatang. Mungkin Anda tidak akan mersakannya secara langsung tetapi jika Anda menghirup gas yang dihasilkan dempul tersebut tentu akan sangat berbahaya dan bisa saja menimbulkan penyakit kanker di masa mendatang. Untuk itu gunakan dempul kayu water based yang lebih aman.

dempul kayu

Berikut ini cara aplikasi dempul yang lebih mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja bahkan tanpa bantuan tukang.

Pertama

Siapkan alat-alat terlebih dahulu seperti amplas, bahan pelarut baik itu air atau solvent tergantung dengan dempul yang Anda gunakan. Selanjutnya pisau pallet dan kain katun bersih dan kering. Siapkan media kayu yang sudah bersih permukaannya rata dan bebas dari debu atau kotoran. Untuk media kayu yang belum bersih Anda bisa menggunakan amplas terlebih dahulu tetapi jangan lupa untuk membersihkan sisa debu amplas.

Kedua

Persiapkan dempul kayu yang akan Anda gunakan. Bisa dicampurkan dengan bahan pelarut sesuai dengan jenisnya. Lalu aplikasikan pada cacat kayu yang cukup dalam dengan pisau pallet. Sedangkan pada pori-pori kayu atau permukaan kayu yang sudah rata, aplikaskan dengan kain putih dan kering. Aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kayu.

Ketiga

Tunggu dempul kayu hingga kering. Jika Anda menggunakan Biovarnish Wood Filler maka Anda hanya menunggu sekitar 20-30 menit saja tanpa dijemur pada panas matahari. Jika Anda menggunakan dempul kayu dari solvent, Anda bisa menjemurnya di bawah panas matahari dan menunggu kering sekitar 1 hingga 20 menit.

Keempat

Jika media kayu sudah kering maka Anda bisa melakukan pengamplasan hingga permukaan kayu halus dan kering. Lakukan perabaan untuk memastikan permukaan sudah halus, jangan lupa pastikan juga serat kayu sudah terlihat. Jika pada cacat kayu yang dalam permukaan masih belum rata, Anda bisa melapisi dengan dempul kembali hingga didapatkan permukaan yang lebih rata dan halus. Setelah dempul sudah sleelsai diaplikasikan Anda bisa mulai melakukan proses coloring.

Memilih Warna Dempul Sesuai dengan Jenis Kayu

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara aplikasi dempul yang benar maka akan tidak terasa sulit bukan? Anda bisa melakukannya di waktu senggang Anda. Lalu permasalahan selanjutanya adalah jenis dempul apakah yang cocok? Lalu bagaiamana dengan warna dempul yang sesuai? Untuk jenis atau merk dempul yang bisa Anda andalakan adalah Biovarnish Wood filler.

Jenis dempul ini adalah dempul kayu water based yang sudah sesuai dengan standar luar negeri yaitu ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Sehingga tidak ada kandungan berbahaya seperti logam berat di dalamnya. Jika Anda menggunakan Biovarnish Wood Filler ada tiga jenis warna yang bisa Anda gunakan yaitu Biovarnish Wood Filler jati, Biovarnish Wood Filler ramin dan Biovarnish Wood Filler Mahogany.

Untuk penjelasan tiga produk Biovarnish Wood Filler Anda bisa melihatnya berikut ini:

Biovarnish wood filler ramin

1. Biovarnish Wood Filler Ramin

Produk Biovarnish Wood filler ramin sangat cocok digunakan untuk kayu ramin yang menonjolkan warna terang seperti putih atau kekuningan. Bahkan warna ramin ini tidak terbatas penggunaannya pada jenis kayu ramin saja Anda bisa menggunakannya pada jenis kayu lain. Tentu saja hasil yang akan diberikan adalah warna putih, untuk jenis kayu lain yang bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler ramin ini seperti kayu pinus, kayu jati belanda, kayu albasia, kayu ulin, kayu sungkai, dan lain sebagainya.

BIOVARNISH-WOOD-FILLER-MAHONI

2. Biovarnish Wood filler mahogany

Untuk produk ini seperti namanya tentu akan memberikan warn yang tidak jauh seperti kayu mahoni yaitu kemerahan. Jika Anda menggunakan kayu mahoni maka pilihlah produk dempul Biovarnish Wood filler mahogany ini. Untuk jenis kayu lain yang ingin diberikan warna mahogany Anda bisa menggunakannya peda jenis kayu merbau, kayu bengkirai, kayu eboni, kayu sonokeling, dll.

Cara Aplikasi Dempul Wood Filler

3. Biovarnish Wood filler Warna Jati

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kayu jati. Jenis kayu jati adalah kayu kelas no, I dan sangat diminati oleh banyak masyarakat. Baik itu jenis kayu jati tua dan kayu jati muda dapat menggunakan Biovarnish Wood Filler Jati ini. Dan tidak terbatas pada kayu jati saja Anda bisa menggunakannya produk dempul kayu ini demi mendapatkan hasil warna seperti warna kayu jati.

Ketiga jenis warna dan produk tersebut memiliki cara aplikasi dempul yang sama seperti yang telah dijabarkan di atas. Untuk hasil menarik Anda memang harus melihat warna dasar kayu, misalnya saja warna kayu putih terang tetepi Anda ingin memberikan warna kemerahan seperti mahoni maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler mahoni. Tetapi tidak sebaliknya jika Anda ingin warna terang pada jensi kayu warna gelap, Anda tidak bisa meggunakan warna terang seperti ramin karena warna kayu asli adalah kemerahan. Kecuali jika Anda melakukan bleaching terlebih dahulu dengan WA 250.

Pembelian produk Biovarnish sendiri bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Anda juga bisa menghubungi nomor 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.