4 Pilihan Warna Menarik Plitur Kayu Jati Water Based yang Pasti Aman

Pemilihan warna plitur pada kayu jati harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar furniture yang harganya ratusan juta rupiah tersebut tetap bisa aman dari kerusakan. Pemilihan politur atau plitur yang benar sebagai bahan finishing akan mengurangi kerusakan yang terjadi pada furniture

Plitur sebagai bahan finishing ini telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan terus berkembang hingga saat ini. Perkembangannya bahan finishing menghasilkan banyak merek yang saat ini beredar di pasaran. Masing-masing produk ini memiliki keunggulan berbeda, lalu manakah plitur kayu terbaik yang harus Anda gunakan? 

Ada 2 faktor yang harus diperhatikan dalam memilih plitur yang berkualitas untuk furniture. Pertama adalah warna yang dihasilkan mampu menunjukkan tampilan unik dari kayu. Kedua adalah dari segi keamanan, karena banyak plitur yang terbuat dari campuran bahan kimia yang cukup berbahaya bagi kesehatan, juga lingkungan. 

Plitur kayu jati yang berkualitas akan memberikan warna terbaik, aman dan ramah lingkungan serta memberikan perlindungan terbaik. Ketika Anda berhasil memilih produk yang bagus di pasaran, maka dijamin kayu jati akan memiliki penampilan menarik dan tahan lama serta sangat aman untuk kesehatan dan lingkungan. 

Plitur Aman untuk Furniture Kayu Jati

Untuk memudahkan serta meminimalkan estimasi waktu Anda dalam meilih produk plitur yang tepat, cukup menggunakan Biovarnish Wood Stain untuk perlindungan furniture kayu jati di rumah. Mengapa Biovarnish Wood Stain? Produk finishing ini memberikan beragam keuntungan khususnya dalam hal tampilan warna. 

Menilik keamanan dari Biovarnish Wood Stain, biasanya cat atau plitur mengandung bahan utama solvent. Berbeda dengan produk plitur pada umumnya Biovarnish menggunakan bahan dasar air serta bebas dari bahan kimia berbahaya. 

  • Tidak menimbulkan bau

Bagaimana cara mengetahui tingkat keamanan plitur kayu jati yang bagus? Cek dari aroma yang keluar. Ketika pertama kali membuka kaleng cat, Anda tidak menemukan aroma menyengat bahkan membuat pusing atau memabukkan. Plitur yang tidak bau dikarenakan suatu  produk plitur kandungan formalin yang sangat rendah , sehingga tidak ada amonia yang keluar dan tercampur ke udara. 

  • Mematuhi regulasi Eropa dan Amerika

Sebuah produk bisa dilihat keamanannya dengan mengecek apakah ada regulasi kesehatan yang diikuti. Nah Biovarnish mengikuti salah satu regulasi di Eropa yaitu European Chemical Agency (ECHA). Dalam regulasi ECHA disebutkan bahwa kandungan logam berat dalam bahan finishing khususnya plitur harus di bawah 100 mg per liternya. Sedangkan Biovarnish hanya mengandung 50 mg per liternya. 

Selain regulasi di Eropa, satu lagi regulasi yang menyoal kesehatan dan dipatuhi oleh Biovarnish adalah Environmental Protection Agency (EPA) dari Amerika. Isi dari regulasi ini kurang lebih sama yaitu membatasi penggunaan logam berat di dalam plitur. Inilah alasan mengapa Biovarnish layak disebut sebagai bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan. 

4 Pilihan Warna Menarik Plitur Kayu Jati

Menerapkan standar keamanan yang tinggi, tidak berarti pilihan warna dari produk plitur Biovarnish tidak memperhatikan estetika warna yang menjadi salah satu faktor penting dalam dunia furniture. Pilihan warna yang banyak akan memberi kesan indah dan estetik tampilan dari sebuah furniture. Pilihan banyak warna dari produk plitur Biovarnish juga ditunjang dengan hasil yang tahan lama dan tahan goresan. 

Biovarnish Wood Stain telah menyediakan 20 jenis warna natural yang mirip dengan beberapa jenis kayu aslinya, misalnya kayu jati, oak dan juga walnut. Khusus warna kayu jati, Biovarnish menyediakan empat warna menarik yang bisa dipilih. 

  • Red Teak

Pilihan warna yang pertama adalah red teak. Warna ini cukup eksotik karena kayu jati memiliki warna semburat merah. Kemerahan yang dihasilkan tidak terlalu mencolok seperti kayu mahoni. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila kurang menyukai warna yang terlalu merah. Justru warna merah ini akan memberikan kesan berbeda dengan furniture kayu jati kebanyakan. Furniture  dengan warna red teak bisa Anda pilih untuk mengisi set ruang tidur atau ruang tamu.

  • Gardena Teak

Warna gardena teak ini paling banyak dipilih untuk furniture luar ruangan. Gardena teak akan membuat kayu memiliki warna yang lebih cerah. Tampilan cerah ini bertujuan untuk menonjolkan kesan keemasan dari kayu jati asli. Walaupun tone warna yang dimiliki sedikit lebih tinggi, tetapi tidak mudah pudar walaupun sering terkena sinar UV. 

  • Dark Teak

Bagi Anda yang sangat suka dengan tampilan eksotis kayu jati perlu memilih warna ini. Dark teak akan menonjolkan tampilan serat kayu. Warnanya lebih dalam karena gelap sehingga kayu jati tampak mahal karena eksotis. Cocok sekali digunakan untuk furniture ruang keluarga dan ruang tamu agar bisa dipamerkan. 

  • Light Brown

Anda yang suka dengan warna kayu jati pastikan memilih warna ini. Di antara ketiga warna lainnya, light brown memberikan kesan hangat lebih tinggi. Kayu jati seolah-olah tidak dilapisi dengan plitur karena kemiripan yang sangat tinggi. Cocok sekali untuk finishing mebel dapur atau ruang makan. 

Cara Menggunakan Plitur Biovarnish untuk Furniture Jati yang Aman

Biovarnish Wood Stain akan melindungi dengan sempurna, baik untuk penggunaan furniture indoor ataupun outdoor, aman dan memiliki pilihan warna yang yang beragam. Kemampuannya untuk melindungi furniture dari sinar UV membuatnya memiliki kelebihan tersendiri. Proses penggunaannya pun terbilang cukup mudah, terutama bagi para awam dan pemula dalam dunia kayu.  Untuk Anda yang ingin mencoba finishing dengan plitur kayu bisa memulai dengan Biovarnish Wood Stain. Langkah aplikasinya sebagaimana dijelaskan berikut ini. 

Persiapan bahan dan alat:

  1. Biovarnish Wood Stain sesuai dengan warna yang diinginkan. 
  2. Kuas berbulu nilon dengan kualitas tinggi. 
  3. Amplas alumunium oxide nomor 400. 
  4. Kain katun bersih dan kering. 
  5. Air 
  6. Gelas atau wadah untuk melarutkan cat. 
  7. Pengaduk. 

Cara Aplikasi Plitur Untuk Kayu Jati Furniture:

  • Cek kembali apakah permukaan furniture jati yang ingin diplitur sudah aman, bersih dan kering. Jika terdapat sisa kotoran menempel maka segera bersihkan. Permukaan harus merata, bebas cacat dan juga kering. MC kayu harus 12-15% agar kayu tetap lentur. 
  • Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air ke dalam wadah. Anda bisa menggunakan perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dan tidak ada cat yang mengendap. 
  • Kuaskan Biovarnish Wood Stain searah serat jati. Pastikan tidak ada brush mark yang muncul. Kemudian diamkan furniture selama 60 menit. 
  • Furniture yang sudah mengering bisa diamplas ambang searah serat. Jika dicek kembali warna belum merata ulangi langkah mengecat sekali lagi. 

Langkah demi langkah cara plitur kayu jati Biovarnish harus diperhatikan. Setiap lapisan yang diciptakan harus tipis agar plitur lebih cepat mengering dan warna yang dihasilkan lebih tajam. Setiap kali warna kurang gelap Anda perlu mengulangi aplikasinya sekali lagi. 

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan juga Biovarnish Wood Filler untuk memperbaiki cacat kayu. Gunakan juga Biovarnish Clear Coat gloss atau matte sesuai selera untuk menambahkan perlindungan. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com