Alasan Menggunakan Sanding Sealer Water Based Bebas Formaldehid

Pernahah Anda mempertimbangkan masalah kesehatan yang selama ini mengancam? Kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan namun modern ini ada banyak bahan kimia yang digunakan ternyata mengancam kesehatan manusia. Salah satu bahan kimia berbahaya dan mengancam tidak lain adalah sanding sealer.

Apa itu sanding sealer? Apakah Anda pernah mengira apa saja kandungan yang ada di dalam sanding sealer atau bagaimana Anda bisa terkena penyakit hanya karena penggunaan sanding sealer? Bahan kimia yang membuat cat itulah yang berbahaya.

Bahan finishing akan mengalami penguapan dan inilah yang akan menjadikannya berbahaya. Ketika bahan finishing menguap begitupula dengan bahan kimia yang ada di dalamnya. Ada banyak bahan kimia yang menguap seperti formalin.

Penguapan formalin menjadi uang dan mencemari udara bernama foraldehid. Ketika manusia menghirup kandungan formaldehid dalam jumlah yang banyak dan juga terus menerus maka akan menimbulkan penyakit kanker. Bagaimana bisa dan apakah ada jenis sanding sealer yang lebih aman untuk digunakan?

Mengenal Bahan Formaldehid dalam Sanding Sealer

Formaldehid adalah bahan kimia yang tidak berwarna, mudah terbakar, berbau kuat yang digunakan dalam bahan bangunan dan untuk menghasilkan banyak produk rumah tangga. Ini digunakan dalam produk kayu tekan, seperti papan partikel, kayu lapis, dan papan serat; lem dan perekat; kain tekan permanen; pelapis produk kertas; dan bahan isolasi tertentu. Selain itu, formaldehida umumnya digunakan sebagai fungisida industri, pembasmi kuman, dan disinfektan, dan sebagai pengawet di kamar mayat dan laboratorium medis.

Menurut laporan 1997 oleh Komisi Keamanan Produk Konsumen AS, formaldehida biasanya hadir baik di udara dalam maupun di luar ruangan pada tingkat rendah, biasanya kurang dari 0,03 bagian formaldehida per sejuta bagian udara (ppm). Bahan yang mengandung formaldehida dapat melepaskan gas formaldehida atau uap ke udara. Salah satu sumber paparan formaldehyde di udara adalah emisi knalpot mobil dan juga cat.

Ketika formaldehida hadir di udara pada tingkat melebihi 0,1 ppm, beberapa individu mungkin mengalami efek samping seperti mata berair; sensasi terbakar di mata, hidung, dan tenggorokan; batuk; mengi; mual; dan iritasi kulit. Beberapa orang sangat sensitif terhadap formaldehida, sementara yang lain tidak memiliki reaksi terhadap tingkat paparan yang sama.

Meskipun efek kesehatan jangka pendek dari paparan formaldehida sudah diketahui dengan baik, namun kurang diketahui tentang potensi efek kesehatan jangka panjangnya. Pada tahun 1980, penelitian laboratorium menunjukkan bahwa paparan formaldehid dapat menyebabkan kanker hidung pada tikus. Temuan ini menimbulkan pertanyaan apakah paparan formaldehyde juga bisa menyebabkan kanker pada manusia.

Pada tahun 1987, Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) mengklasifikasikan formaldehida sebagai karsinogen manusia yang mungkin dalam kondisi paparan yang sangat tinggi atau berkepanjangan. Sejak saat itu, beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa paparan formaldehida dikaitkan dengan jenis kanker tertentu. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengklasifikasikan formaldehida sebagai karsinogen manusia. Pada tahun 2011, Program Toksikologi Nasional, program antar departemen Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, bernama formaldehida sebagai karsinogen manusia yang dikenal dalam Laporan 12 tentang Karsinogen.

Alasan Menggunakan Sanding Sealer Water Based Bebas Formaldehid

Sejak tahun 1980-an, National Cancer Institute (NCI), sebuah komponen dari National Institutes of Health (NIH), telah melakukan penelitian untuk menentukan apakah ada hubungan antara paparan kerja terhadap formaldehida dan peningkatan risiko kanker. Hasil penelitian ini telah memberikan EPA dan Keselamatan dan Kesehatan Administrasi (OSHA) dengan informasi untuk mengevaluasi efek kesehatan potensial paparan kerja ke formaldehida.

Efek jangka panjang paparan formaldehida telah dievaluasi dalam studi epidemiologi (studi yang berusaha mengungkap pola dan penyebab penyakit dalam kelompok orang). Satu jenis studi epidemiologi disebut studi kohort. Kohort adalah sekelompok orang yang mungkin bervariasi dalam paparan mereka terhadap faktor tertentu, seperti formaldehida, dan diikuti dari waktu ke waktu untuk melihat apakah mereka mengembangkan suatu penyakit.

Jenis lain dari studi epidemiologi disebut studi kasus-kontrol. Studi kontrol kasus dimulai dengan orang yang didiagnosis memiliki penyakit (kasus) dan membandingkannya dengan orang tanpa penyakit (kontrol), mencoba untuk mengidentifikasi perbedaan dalam faktor, seperti paparan formaldehida, yang mungkin menjelaskan mengapa kasus mengembangkan penyakit tetapi kontrol tidak.

Analisis sebelumnya dari kohort NCI menemukan peningkatan kematian kanker paru di kalangan pekerja industri dibandingkan dengan populasi umum AS. Namun, tingkat kematian akibat kanker paru tidak meningkat dengan tingkat paparan formaldehida yang lebih tinggi. Pengamatan ini mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa faktor selain paparan formaldehida mungkin telah menyebabkan peningkatan kematian. Data terbaru tentang kanker paru-paru dari penelitian kohort tidak menemukan hubungan antara paparan formaldehyde dan mortalitas kanker paru.

Mengapa Sanding Sealer Water Based Aman Digunakan

Jika formaledhid dalam sanding sealer berbahaya lalu apakah ada bahan pengganti yang disarankan untuk digunakan? Tentu saja untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan pengecatan tetap saja dibutuhkan bahan finishing yang aman dan juga ramah lingkungan. Untuk menggantikan sanding sealer konvensional maka sanding sealer water based pun dibutuhkan.

Alasan Menggunakan Sanding Sealer Water Based Bebas Formaldehid

Apa itu sanding sealer water based? Sanding sealer ini memiliki kandungan rendah bahan kimia formalin sehingga penggunaannya aman di kalangan masyarakat serta lingkungan. Bahan pelarut yang dibutuhkan pun hanya air, Anda tidak perlu mencium aroma keras dari cat saat dibuka.

Apakah Anda ingin mendapatkan sanding sealer water based? Kini Anda bisa menggunakan sanding sealer water based BioColours. Sanding sealer ini akan memberikan berbagai macam kebutuhan kayu untuk menutup pori dan memberikan tampilan indah sekaligus tidak memberikan efek samping dengan mencemari lingkungan.

Bagi Anda yang selama ini belum menggunakan sanding sealer water based BioColours kini harus mencobanya. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan misalnya seperti warna yang tidak akan berubah dan tahan lama karena kandungan formalin yang rendah.

Sanding sealer juga lebih cepat kering dibandingkan dengan merk lainya. Sanding sealer sebagian besar akan membutuhkan panas matahari agar cepat kering. Sedangkan jika Anda menggunakan BioColours tanpa panas cat akan mengering dengan sempurna.

Proses aplikasi yang mudah tentu saja akan membuat Anda tidak perlu membuang waktu. Sekali diaplikasikan cat akan menempel dengan maksimal selain itu cat juga akan  memberikan hasil halus dan rata.

Keamanan sanding sealer BioColours dikarenakan produk ini dibuat beradasarkan dengan regulasi seperti ECHA dan US EPA. Regulasi tersebut membatasi penggunaan bahan kimia berbahaya seperti formalin, timbal dan juga merkuri. Bahan-bahan ini digantikan oleh air yang tidak mengandung bahan kimia behraya tersebut.

Apakah Anda ingin menjadi salah satu yang mendapatkan produk sanding sealer BioColours yang ramah lingkungan dan bebas formalin penyebab formaldehid? Tentu saja Anda bisa mendapatkannya mudah melalu situs ini yang menyediakan produk sanding sealer water based secara online. Sangat mudah mendapatknnya bukan?

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.