Mengapa Memilih Cat Kayu Transparan Bebas Formalin? Ini Alasannya

Masihkah anda menggunakan cat kayu transparan yang mengandung formalin dan berbau? Cat dengan formalin sangat berbahaya bagi kesehatan.

Formalin adalah senyawa kimia formaldehida yang merupakan aldehida dengan rumus H2CO. Berbentuk gas atau cair. Senyawa ini merupakan gas kimia yang berbau menyengat dan tidak berwarna. Formaldehida biasa digunakan pada cat kayu, sehingga saat melakukan finishing cat kayu akan mengeluarkan bau menyengat yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bentuk dari formalin pada cat bukanlah cairan melainkan gas yang menguap ketika cat mengering. Gas tersebut disebut dengan formaldehyde. Bahan kimia ini sangat berbahaya dan termasuk logam berat. Ciri adanya senyawa ini pada cat kayu adalah adanya bau menyengat yang anda peroleh ketika pertama kali membuka kemasan cat.

Bau tersebut juga akan tercium ketika anda telah menyelesaikan finishing pada rumah atau furniture. Tentu saja hal ini akan menyebabkan hal yang berbahaya bagi kesehatan anda. Berbagai penyakit hingga adanya resiko kematian bisa mengintai anda jika terus menerus menggunakan cat jenis ini.

Mengenal Bahaya Formalin Pada Cat Kayu Transparan

Formaldehid adalah bahan kimia yang banyak digunakan di berbagai industri dan produk rumah tangga. Senyawa ini digunakan dalam berbagai produk seperti cat, perekat, kosmetik, produk farmasi, produk kayu, disinfektan, antiseptik, dan tembakau. Penggunaan bahan ini dapat memiliki berbagai efek samping pada manusia, berdasarkan tingkat paparannya.

Sudahkah Anda Menggunakan Cat Kayu Transparan Bebas Formalin?

Menghirup udara yang terkontaminasi dengan formaldehid dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti batuk, bronkitis, nyeri dada dan mengi. Paparan akut untuk formaldehida melalui inhalasi menyebabkan iritasi pada rongga mata, tenggorokan dan hidung. Paparan formaldehida yang lama atau kronis melalui inhalasi juga dapat menyebabkan pernafasan dan lesi yang berlebih di paru-paru. Hal ini berpotensi menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada paru-paru.

Profesional yang bekerja dalam kontak konstan dengan senyawa ini harus memakai alat pelindung untuk menghindari masalah kesehatan yang terkait dengan penanganan formaldehida yang berkepanjangan. Formalin saat ini banyak ditemukan dalam makanan artifisial melalui kontaminasi. Penelanan formaldehid dapat menyebabkan korosi pada saluran pencernaan, bisul dan peradangan di mulut, kerongkongan, lambung dan usus.

Paparan yang parah untuk formaldehida melalui konsumsi dapat menyebabkan sakit perut, diare dan kemungkinan pendarahan di lambung atau usus. Menurut Health Protection Agency, tanda-tanda klinis termasuk pernapasan cepat, perubahan warna kekuningan pada kulit, darah di urin dan gagal ginjal. Menurut Badan Kesehatan dan Keselamatan Kerja untuk Perawatan Kesehatan di British Colombia, paparan formaldehid dalam jangka panjang dapat menyebabkan sensitisasi kulit dan peningkatan risiko kanker.

Jenis Cat yang Mengandung Formalin Rendah dan Aman

Setelah Anda mengetahui bagaimana berbahayanya formalin apakah Anda tetap akan menggunakan bahan ini? Sebaiknya Anda beralih dan menggunakan bahan cat yang lebih aman dan ramah lingkungan seperti menggunakan jenis cat water based.

Sudahkah Anda Menggunakan Cat Kayu Transparan Bebas Formalin?

Jenis cat water based adalah cat yang mengandung formalin sesuai peraturan atau regulasi yang telah ditetapkan. Dengan adanya regulasi seperti ECHA dan juga US EPA yang mengatur penggunaan formalin, maka cat water based aman untuk digunakan dan tidak berbahaya.

Cat water based saat ini sudah menjadi standar penggunaan cat yang harus digunakan di negara asing seperti Eropa dan juga Amerika. Jadi jika perusahaan furnitur tempat Anda bekerja masih menggunakan cat berbasis minyak yang mengandung formalin, maka segeralah beralih menggunakan cat water based.

Anda bahkan tidak perlu menggunakan thinner sebagai bahan pelarut yang harganya cukup mahal di pasaran. Untuk menggunakan cat water based, tentu saja Anda hanya membutuhkan bahan pelarut air yang dengan mudah dan murah Anda temukan.

Rekomendasi Cat Water Based Transparan

Tingkat keamanan yang sesuai tentu saja cat water based yang mengandung formalin sesuai regulasi. Seperti contohnya cat kayu Biovarnish, salah satu produk cat water based buatan Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri.

Produk Liquid Stain

Produk Biovarnish mengandung VOC atau logam berat di bawah 50gr/liter sehingga aman dan tidak akan menimbulkan polusi udara bahkan menyebarkan banyak formalin. Saat menggunakan cat biovarnish liquid stain, kegiatan finishing akan jadi lebih aman dan mudah. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan tidak adanya aroma menyengat ketika Anda pertama kali membuka kaleng cat yang tidak bisa Anda rasakan ketika membuka kaleng cat solvent.

Dengan tidak adanya aroma maka penguapan formaldehyde tidak terjadi, udara yang Anda hirup tentu saja bebas dari bahan kimia berbahaya. Kelebihan lain dari cat water based Biovarnish liquid stain adalah cat ini cepat kering dan Anda tidak perlu menunggu panas matahari untuk melakukan finishing.

Dengan cuaca mendung atau bahkan hujan, cat akan tetap mengering dengan sempurna tanpa harus meninggalkan efek mengembun seperti cat formalin yang tidak dapat mengering dengan sempurna tanpa panas matahari.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU