Ini Alasan Mengapa Cat Kayu Water Based Cocok untuk Recoating Kusen

Ingin mendapatkan tampilan kusen seperti baru dengan mudah? Caranya mudah dengan cat kayu water based untuk kusen atau perabotan lain yang usang.

Ramadan tiba saatnya menyucikan hati dan diri. Tidak inginkah Anda untuk mendapatkan penampilan baru dari hunian baik itu pintu, kusen, jendela, atau perabotan kayu lainnya. Banyaknya produk tersebut bisa Anda kerjakan di waktu senggang sehingga ketika momen lebaran tiba hunian sudah tampak seperti baru dan siap untuk menyambut tamu.

Lalu produk apakah yang harus Anda gunakan untuk melakukan proses pengecatan ulang atau recoating? Proses recoating ini penting dilakukan karena pasti tidak ada yang abadi seperi lapisan film yang melapisi perabotan di rumah., terutama jika peletakan perabotan yang kurang terlindungi.

subsidi ongkir

Banyak faktor yang mengakibatkan lapisan coating pada perabot kayu cepat rusak baik itu karena perubahan cuaca seperti panas atau hujan,  goresan, kelembapan udara dan mikro organisme perusak kayu. Faktor tersebut tidak mungkin dicegah tetapi Anda bisa melakukan proses pengecatan yaitu recoating agar lapisan pelindung kayu terbentuk lagi.

Misalnya saja kusen jendela atau pintu, kusen memiliki dua sisi yaitu indoor dan outdoor. Kedua sisi ini akan memiliki tampilan yang berbeda akibat faktor yang tadi telah disebutkan. Perbedaan warna inilah yang akan merusak atau menurunkan keindahan hunian Anda.

Dalam menjaga faktor keindahan dan juga faktor pelindungan pada hunian dan perabotan yang terbuat dari kayu maka lakukan recoating secara rutin. Hanya saja tidak semua produk cat kayu memiliki masa ketahanan yang cukup lama.

Rata-rata ketahanan dengan tampilan yang baik dan terhindar dari foktor gangguan lapisan coating tadi bisa bertahan 3 tahunan. Maka dengan ketahanan terbaik merk-merk cat kayu yang beredar di pasaran saling bersaing untuk memberikan kualitas yang terbaik.

Ada dua jenis cat yang bersaing sesuai bahan pembuat dan bahan pelarutnya yaitu cat kayu water based dan juga cat kayu solvent based. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih produk cat untuk recoating dengan membandingkan antara lain harga, cara aplikasi yang paling mudah, memiliki pilihan warna yang bervariasi dan memiliki kualitas atau ketahan yang paling lama.

Untuk cara aplikasi paling mudah, Anda bisa menggunakan cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela atau perabotan yang lainnya. Anda hanya membutuhkan bahan pelarut air dan cara aplikasi paling mudah adalah dengan kuas.

Pahami Dulu Apa Itu Cat Kayu Water Based

Jika Anda masih bingung untuk memilih cat solvent based atau cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela atau perabotan maka sebaiknya pahami kedua produk tersebut. Tidak hanya sekedar hasil bagus tetapi bahan yang digunakan dan juga proses aplikasi yang akan didapatkan seperti apa.

Cat water based dan cat kayu solvent sama-sama berasal dari bahan resin hanya saja bahan pembandingnya yang berbeda yaitu air dan solvent. Jika resin dicampur dengan solvent maka akan mudah membentuk cairan. Akan tetapi ketika resin dicampur dengan air maka akan sulit untuk membentuk cairan yang menyatu. Maka bahan kimia cat water based sedikit berbeda dan membutuhkan bahan yang lebih kompleks lagi, untuk menyatukan resin dan air maka membutuhkan emulsi yang disebut dengan surfactants.

Bahan ini akan menyatukan air dan resin karena bukan berasal dari bahan yang sama dan juga dibutuhkan bahan lain untuk cat memiliki leveling yang baik, mudah diaduk dan diaplikasikan, memiliki kecepatan kering, serta mengurangi busa.

Cat Kayu Water Based Biovarnish

Bahan bahan yang digunakan tersebut akan membentuk cat kayu water based untuk kusen, pintu, jendela atau perabotan kayu lainnya dengan lapisan film yang baik. Lapisan film pada permukaan perabotan yang di recoating akan melindungi dari kelembapan, goresan, perubahan cuaca panas atau hujan dan juga mikro organisme perusak kayu.  Ketebalan lapisan film ini dipengaruhi oleh solid content yang juga akan mempengaruhi keborosan.

Solid content cat kayu water based mencapai 30% sedangkan untuk solvent hanya 20%- 25% saja. Hal ini dibuktikan ketika Anda menginginkan lapisan film yang memiliki ketebalan 4 mm. Jika Anda menggunakan solvent based sekali aplikasi saja dengan solid content 25% akan menimbulkan 0.8 mm saja.

Sedangkan untuk water based dengan sekali aplikasi solid content 35% misalnya akan menghasilkan ketebalan 1.4 mm. Itu jika diaplikasikan dengan spray gun. Hal ini membuktikan bahwa  jika Anda menggunakan produk solvent membutuhkan 5 kali lapisan sendangkan jika water based hanya membutuhkan tiga lapisan saja.

Kecepatan kering yang dihasilkan baik dari cat solvent dan cat water based berbeda. Cat solvent membutuhkan panas matahari agar larutan solvent cepat menguap dan menghasilkan tampilan yang menarik. Jika cat solvent kering tanpa panas matahari maka bisa menghasilkan bercak-bercak putih pada permukaan perabotan.

Berbeda dengan cat water based yang cepat kering walaupaun tanpa panas matahari. Hasilnya akan tetap berwarna baik dengan kering sentuh 5 hingga 10 menit saja. Anda akan cepat melakukan proses pengamplasan dan menyelesaikan recoating dengan baik.

Produk Biovarnish, Cat Kayu Water Based untuk Kusen Lama

Anda masih ragu menggunakan produk cat kayu water based? Anda harus mencoba mengguanakan produk cat kayu water based untuk kusen, jendela, pintu atau perabotan dengan produk Biovarnish. Produk ini sangat direkomendasikan terlebih untuk finishing furniture atau cat kusen.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena kusen atau perabotan yang lama pasti memiliki permukaan tekstur yang tidak rata akibat perubahan atau cacat kayu yang terbuka bahkan muncul cacat permukaan yang baru. Produk Biovarnish lengkap dengan produk dempul yaitu Biovarnish Wood Filler yang akan menutup permukaan cacat kusen lama Anda. Cara aplikasinya sangat mudah yaitu hanya dengan pisau scrape saja.

Sedangkan untuk masalah warna Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain yang lengkap dengan pilihan warna natural transparan dan akan memperlihatkan serat kayu lama terlihat seperti baru. Kunikan kayu tidak akan ketinggalan dengan pilihan warna natural seperti jati, mahoni, walnut brown, dll.

Melihat tampilan kusen juga akan kurang menarik jika Anda tidak memberikan tingkat glossy seperti doff atau gloss yang didapatkan dari Biovarnish Clear Coat. Baik Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Wood Stain cara aplikasinya sangat mudah yaitu dengan kuas dan bahan pelarut air saja.

Masalah penampilan Anda tidak perlu takut akan efek menguning atau yellowing yang ditimbulkan oleh clear coat seperti halnya pada clear coat solvent. Biovarnish tidak akan memberikan efek yellowing karena tidak ada kandungan formalin atau amonia di dalamnya.

Bahkan tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti timbal dan merkuri. Dengan tidak ada kandungan kimia berbahaya menandakan produk Biovarnish aman dan ramah lingkungan dan Anda bisa aman dan nyaman menggunakannya di dalam maupun di luar lingkungan rumah.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.