Cat Kayu yang Bagus dan Tahan Lama yang Cocok untuk Kusen Jendela

Kusen kayu sebagai bagian dari sebuah hunian akan memiliki penampilan menarik dengan cat kayu yang bagus untuk memperlihatkan serat kayu.

Dalam setiap hunian kusen adalah suatu bagian penting baik itu kusen jendela dan kusen pintu. Berdasarkan bahan pembuatnya kusen terdapat tiga macam yaitu kusen kayu, kusen logam dan kusen beton. Letak dari kusen ada dua yaitu di dalam dan di luar rumah yang pasti terkena oleh paparan sinar matahari.

Fungsi dari kusen sebagai masuknya cahaya matahari agar membuat ruangan tidak lembab. Selain itu juga sebagai bagian yang berfungsi untuk sirkulasi udara. Sebuah ruangan tentu akan terasa pengap tanpa adanya sebuah kusen. Melihat dari fungsi kusen begitu penting maka dalam sebuah hunian tidak mungin tidak memiliki kusen.

Berawal dari fungsi tersebut maka tampilan dari sebuah kusen bukan tidak mungkin untuk memperindah suatu bagunan hunian. Inovasi manusia untuk mendapatkan tampilan hunian yang menarik untuk menunjang kenyamanan juga dibutuhkan.

Maka cat kayu yang bagus dan tahan lama dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia ini. Kualitas tahan lama pada cat untuk kusen dibutuhkan karena bagian kusen yang terkena paparan panas matahari akan lebih cepat pudar dibandingkan kusen pada bagian dalam ruangan.

Maka agar memiliki warna yang tetap sama dibutuhkan cat kayu dnegan kualitas melindungi yang baik seperti lapisan film yang kuat, tahan gores, tahan cuaca.

Jenis Kayu untuk Kusen yang Bagus dan Tahan Lama

Selain dari peranancat kayu yang bagus, jenis kayu yang digunakan juga harus diperhatikan. Tidak semua jenis kayu bagus untuk digunakan sebagai kusen yang tahan lama.

Berikut ini beberapa jenis kayu yang kuat dan tahan lama demi menunjang baik penampilan dan ketahanan sebuah kusen.

  1. Kayu Jati, jenis kayu ini yang paling terkenal karena kekuatan dan ketahanannya terhadap rayap. Kelebihan tersebut bukan tidak ada sebabnya karena kayu jati memiliki kandungan minyak yang tidak disukai serangga seperti rayap sehingga ruska karena rayap akan jarang terjadi. Ketika menjadikan kayu jati sebagai kusen maka serat kayu dan teksturnya yang menarik harus ditonjolkan.
  2. Kayu Glugu, kayu glugu atau kayu kelapa ini digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati. Jenis kayu glugu sama kuatnya dengan kayu jati tetapi memiliki serat yang lain daripada yang lain. Bentuk seratnya yang tidak beraturan membuat kayu glugu memiliki nilai artistik yinggi yang harus ditonjolkan.
  3. Kayu Meranti, atau jenis kayu yang berasal dari Kalimantan dengan keindahan warnanya yang kemerahan. Harganya yang murah menjadi kan kayu meranti sebagai pengganti kayu jati dan glugu tetapi tidak dengan keawetannya. Disarankan untuk kayu meranti diolah menjadi kusen di dalam rumah saja.
  4. Kayu Merbau, jenis kayu yang banyak ditemui di Papua ini memiliki serat menarik yaitu searah tetapi terputus-putus. Warnanya yang kehitaman membuat kayu merbau sangat cocok digunakan sebagai kusen dengan artistik indah. Keawetannya tidak kalah seperti kayu glugu dan juga kayu jati.

Merk Cat Kayu yang Bagus untuk Kusen

Memilih jenis kayu untuk kusen akan menentukan merk cat kayu yang bagus yang akan digunakan sebagai finishing. Salah satu merk cat kayu kusen adalah Biovarnish yang bisa digunakan untuk kusen di luar ruangana atau di dalam hunian. Kemampuannya dalam melindungi serat kayu walaupun itu jenis kayu yang bagus akan membuat life time kusen kayu Anda bertambah panjang. Bahkan untuk pilihan warna Anda tidak perlu khawatir, demi menunjang penampilan kusen yang natural transparan cat kayu Biovarnish memiliki pilhan warna yang lengkap.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com